15 Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Posted on

Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Mawar adalah jenis tanaman semak yang memiliki tampilan bunga cantik dan indah sehingga banyak wanita yang menyukai bunga mawar. Namun tahukah anda, selain menikmati keindahannya, bunga mawar ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya produk kesehatan dan produk kecantikan yang menggunakan ekstrak air mawar sebagai salah satu bahan kandungannya.

Air mawar didapatkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan kelopak bunga mawar akan menghasilkan cairan aromatik yang memiliki banyak khasiat.

Penggunaan bunga mawar sebagai produk perawatan kecantikan pertama kali digunakna oleh Ratu Cleopatra di Mesir. Oleh Ratu, bunga mawar sering dimanfaatkan untuk spa, sebagai pembersih wajah hingga digunakan sebagai masker. Sedangkan di India, air mawar menjadi barang wajib yang ada di rumah wanita India.

Lalu, kandungan apa sajakah yang ada didalam air mawar? Air mawar memiliki kandungan antiseptik dan antinbakteri yang bermanfaat untuk merelaksasi kulit, air mawar juga bersifat anti inflamasi yang bekerja untuk meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit. Air mawar juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang bekerja dengan baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah sebagai antioksidan yang ampuh untuk melawan penuaan (sebagai ant aging).

Itulah beberapa kandungan yang ada pada air mawar yang sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Manfaat Air Mawar

Banyaknya kandungan zat pada air mawar sudah pasti ada banyak pula manfaat yang didapatkan dari penggunaan air mawar untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Air mawar juga cocok untuk digunakan oleh berbagai jenis kulit seperti untuk kulit kering, berminyak hingga kombinasi. Untuk mengetahui berbagai manfaat air mawar untuk kecantikan, berikut ini beberapa manfaat air mawar untuk kecantikan, antara lain:

1. Meredakan peradangan dan jerawat
jerawat yang meradang akan membuat wanita tidak percaya diri dan mereka akan lebih sering menggunakan produk-produk kimia untuk mengatasinya. Sedangkan produk kimia jika digunakan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kulit wajah rusak. Untuk itu lebih baik anda mengunakan air mawar untuk membantu mengurangi peradangan. Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang berkerja membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan dari peradangan jerawat, iritasi dan berbagai peradangan yang terjadi pada kulit.

2. Sebagai Toner Wajah
Manfaat air mawar yang sering didengar dan paling populer yaitu digunakan sebagai toner wajah yaitu dengan meneteskan air mawar pada kapas dan menepuk-nepukkan pada wajah anda. Toner air mawar juga membantu melembabkan, menghidrasi dan merevitalitas kulit wajah. Penggunaan toner akan membuat wajah terlihat lebih segar dan lembab.

3. Sebagai anti aging
Wanita paling takut jika wajahnya terlihat tua dan keriput yang disebabkan oleh bertambahnya umur. Anda dapat melakukan perawatan dengan air mawar untuk membantu mencegah penuaan dini. Air mawar memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin C bermanfaat juga untuk membantu mengurangi flek hitam akibat penuaan dini. Vitamin C pada air mawar juga bermanfaat untuk menyerap nutrisi lebih maksimal untuk membantu mengurangi munculnya garis halus dan berbagai kerutan diwajah.

4. Mencegah munculnya jerawat
Manfaat air mawar selanjutnya adalah sebagai skin care yang bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat. Hal tersebut karena air mawar memiliki antiseptik yang berkerja untuk melawan penyebab bakteri dan baik untuk anda yang memiliki kulit yang sensitif. Gunakan air mawar secara rutin pada malam hari sebelum anda mengunakan produk skin care anda.

5. Mencerahkan kulit
Air mawar memiliki kandungan vitamin A dan vitamin B yang memili peran penting dalam eklfloliasi wajah dan mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin C pada air mawar juga berfungsi baik untuk membantu mencerahkan kulit wajah . Dan sifat antioksidan pada air mawar bermanfaat untuk meregenerasi jaringan sel baru dan menguatkan sel-sel kulit.

6. Mencegah komedo
Air mawar sering sekali digunakan sebagai toner wajah, selain itu air mawar juga memiliki manfaat untuk membantu mencegah munculnya komedo pada wajah. Air mawar memiliki kandungan antibakteri, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Selain itu, air mawar juga bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit serta membantu membersihkan sisa kotoran penyebab komedo pada wajah.

7. Sebagai lapisan sebelum menggunakan masker
Penggunaan air mawar sebelum menggunakan masker bermanfaat untuk memaksimalkan hasil penggunaan masker yang kita lakukan. Bersihkan terlebih dahulu wajah sebelum anda mengunakan masker seperti biasanya. Penggunaan air mawar sebelum melakukan treatment masker bermanfaat untuk membuat masker lebih maksimal dan memberikan hasil yang lebih bagus.

8. Penyegar setelah make-up
Pemanfaatkan air mawar selanjutnya adalah untuk membuat hasil riasan menjadi lebih bagus. Caranya dengan menyemprotkan air mawar pada wajah yang sudah diberi make-up. Cara ini dilakukan untuk membuat riasan wajah menjadi lebih segar, lembut dan lebih bercahaya.

9. Melembabkan kulit wajah
Untuk melembabkan kulit wajah, anda harus menggunakan masker air mawar dan pisang. Campurkan dua sendok pisang yang telah dihaluskan dengan dua sendok air mawar lalu oleskan secara merata pada kulit wajah dan diamkan 20 menit lalu bilas hingga bersih. Gunakan masker ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Mengatasi Puffy Eyes
Puffy Eyes adalah kondisi mata yang bengkak akibat terlalu kurang istirahat atau kurang tidur yang mengakibatkan kondisi mata menjadi terlihat lebih lelah. Untuk mengurangi Puffy Eyes, anda dapat menggunakan air mawar untuk mengkompres mata yang kelelahan. Cara mengkompres mata dengan air mawar sangatlah mudah yaitu dengan meneteskan air mawar pada kapas lalu kompres mata dengan tetesan air mawar pada kapas sekitar 10 menit dan mata akan terlihat lebih baik.

11. Sebagai obat kumur
Air mawar memili sifat anti bakteri sehingga sering digunakan sebagai obat kumur oleh pada pecinta alam. Jika anda bosan dengan aroma mouthwash pada umunya, anda juga dapat menggantinya dengan air mawar. Air mawar akan memberikan aroma dan efek sensasi baru yang menenangkan.

12. Merileksasi tubuh
Aktivitas sehari-hari yang padat akan membuat tubuh merasa kelelahan pada sore hari. Beristirahatlah dengan menggunakan campuran air hangat dan air mawar untuk berendam. Berendam dengan air mawar akan membuat tubuh menjadi rileks. Campurkan dua gelas air mawar asli pada bak mandi anda dan gunakan untuk berendam.

13. Merawat kesehatan rambut
Selain bermanfaat baik untuk kesehatan kulit dan wajah, air mawar asli juga memiliki manfaat baik untuk merawat rambut agar tetap sehat. Pemanfaatan air mawar untuk rambut karena kandungan antiseptik pada air mawar bermanfaat baik untuk membantu mencegah iritasi pada kulit kepala.

14. Memanjangkan Rambut
Tidak hanya baik untuk kulit wajah, air mawar juga baik untuk menjaga kesehatan kulit rambut. Air mawar bermanfaat juga untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut. Usapkan air mawar asli pada rambut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

15. Mengatasi ketombe
Selain memanjangkan rambut, air mawar juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe anda dapat membasuh bagian kepala dengan air mawar asli secara rutin.

Itulah penjelasan tentang Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.