18 Makanan yang Baik Untuk Menutrisi Kecerdasan dan Perkembangan Otak Anak

Posted on

Makanan yang Baik Untuk Menutrisi Kecerdasan dan Perkembangan Otak Anak – Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan dan perkembangan otak anak. Selain dari pola asuh dalam mendidik anak, kesehatan jasmani dan rohani sang anak juga penting untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan organ otak.

Otak memiliki tugas yang komplek untuk mengatur ribuan fungsi tubuh. Karena itulah otak membutuhkan asupan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan kekuatan otak. Seperti tubuh, otak juga menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan. Berikut ini adalah jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak anda.

Makanan untuk Kecerdasan dan Perkembangan Otak Anak

1. Ikan Salmon
Salmon merupakan sumber lemak omega-3 (DHA dan EPA) terbaik yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mendapatkan banyak asupan asam lemak omega3 diketahui lebih memiliki pemikiran yang tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Meskipun memiliki kandungan kolesterol pada bagian kuningnya juga terdapat kandungan kolin yang berfungsi sebagai zat untuk membantu perkembangan daya ingat atau memori.

3. Selai Kacang
Selai kacang memiliki kandungan tinggi vitamin E dan antioksidan yang berperan baik untuk melindungi membran-membran sel saraf. Selain itu, selai kacang memiliki kandungan tiamin yang membantu sel saraf dan otak dalam penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

4. Brokoli
Brokoli dapat membantu memicu pertumbuhan sel-sel baru di otak serta menghubungkan sel-sel secara alami sehingga bisa meningkatkan fungsi dan memori otak. Mengkonsumsi semangkuk brokoli tiga kali seminggu merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kekuatan otak.

5. Gandum Murni
Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum murni juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

6. Oat
Oat merupakan sumber nutrisi yang penting untuk otak. Oat memiliki kemampuan untuk menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan oleh anak-anak dalam mengawali kegiatan setiap harinya. Selain itu, kandungan serat pada oat juga berperan untuk menjaga otak anak untuk menjaga kebutuhan nutrisi setiap hari. Oat juga mengandung seng, potasium, vitamin B dan vitamin E yang ada pada oat dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.

7. Kenari
Kacang kenari memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan kekuatan otak karena mengandung asam lemak omega-3 tertinggi dibanding jenis kacang-kacangan lainnya. Omega-3 bisa melindungi otak karena meningkatkan fungsi neurotransmitter.

8. Buah Berry
Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seperti kandungan antioksidan pada bauh berry yang mampu mencegah kanker. Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kstrak stroberi dan blueberry berkhasiat menaikkan fungsi daya ingat. Biji buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.

9. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki banyak kandungan energi yang berasal dari karbohidrat dan protein. Kacang juga merupakan sumber serat, mineral dan vitamin. Kandungan energi pada kacang baik untuk otak dengan memberikan energi lebih lama dan membantu daya pikir anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

10. Tomat
Tomat memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekuatan otak karena tomat mengandung sumber antioksidan dan lycopene yang bisa mengatasi kerusakan radikal bebas pada sel-sel otak yang bisa menyebabkan demensia. Mengkonsumsi tomat setiap hari bisa mendorong memori otak lebih tajam.

11. Sayuran berwarna
Jenis sayuran berwarna seperti wortel, bayam, labu, ubi jalar dan tomat merupakan jenis sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang baik untuk membuat sel-sel otak menjadi lebih kuat dan sehat.

12. Daging Sapi tanpa Lemak
Daging sapi tanpa lemak menjadi sumber makanan kaya zat besi yang merupakan mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

13. Susu dan Yoghurt
Jenis makanan dari produk susu memiliki kandungan vitamin B dan Protein tinggi. Kedua nutrisi tersebut berperan membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yoghurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya, sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

14. Buah Apel dan Plum
Anak-anak biasanya banyak yang menyukai permen karena rasa manisnya, namun permen tidak baik untuk pertumbuhan anak karena banyak mengandung gula. Anda dapat mengganti permen dengan buah apel atau buah plum. Keduan buah tersebut mengandung kuersetin, antioksidan yang bisa melawan penurunan kemampuan mental.

15. Buah Bit
Bit mengandung nitrit yang akan diubah menjadi nitrat oleh tubuh yang membantu meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak. Studi menunjukkan relawan berusia lanjut (70 tahun atau lebih) mengalami peningkatan performa setelah diberi jus bit secara teratur.

16. Air Putih
Setiap organ tubuh memerlukan air untuk bekerja, sama seperti otak. Sekitar 3/4 bagian dari otak terdiri dari air. Selain air putih, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dari buah-buahan seperti semangka atau mentimun.

17. Buah Pisang
Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang akan memperlancar jalannya transmisi antar sel syaraf otak sehingga kemampuan berfikir dan respon pun akan lebih cepat.

18. Buah Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak nabati yang dibutuhkan oleh tubuh, selain itu kandungan vitamin E juga di butuhkan untuk otak dan mencegah penuaan dini. Mengkonsumsi alpukat secara rutin diketahui dapat mencerdaskan orak dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Memberikan nutrisi yang penting untuk otak bukan berarti akan membuat anak langsung menjadi cerdas. Karena kecerdasan otak dipengaruhi oleh tiga faktor penting yaitu faktor genetik, nutrisi dan faktor lingkungan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Makanan yang Baik Untuk Menutrisi Kecerdasan dan Perkembangan Otak Anak yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..