28 Makanan Terbaik Untuk Menjaga Sistem Pencernaan dan Menyehatkan Usus Yang Perlu Diketahui

Posted on

Makanan Terbaik Untuk Menjaga Sistem Pencernaan dan Menyehatkan Usus¬† –¬†Gangguan sistem pencernaan saat ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan pada anak-anak atau remaja yang memiliki banyak aktifitas setiap harinya. Hal tersebut disebabkan dari pola makan tidak sehat yang dilakukan sehingga mempengaruhi kerja enzim pencernaan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Sistem pencernaan utama kita adalah lambung, lambung memiliki peran untuk mencerna semua makan yang masuk, seperti lemak, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin. Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung hingga anus. Usus terbagi menjadi dua, yaitu usus besar dan usus kecil. Fungsi usus sangat penting yaitu sebagai pencernaan manusia dan sebagai saluran pembuangan dari makanan yang telah dicerna.

Pentingnya fungsi usus dan sistem pencernaan dalam tubuh membuat kita harus menjaga keduanya agat tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah pencernaan seperti, konstipasi, masalah usus besar, susah buang air besar, hingga terjadinya kanker usus. Cara paling utama yang perlu dilakukan untuk menjaga sistem pencernaan dan kesehatan usus adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk kesehatan pencernaan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan usus, antara lain.

Makanan Terbaik Untuk Menjaga Sistem Pencernaan dan Menyehatkan Usus

1. Pisang
Selain mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk masalah kesehatan, tekstur pisang yang lembut sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Selain karena lembut, pisang juga tinggi serat yang dibutuhkan sistem pencernaan. BUah pisang juga bisa menyembuhkan diare pada balita dan dewasa. Manfaat Pisang

2. Alpukat
Alpukat adalah buah kaya serat dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat mudah untuk dicerna. Buah alpukat juga menjadi salah satu buah yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Manfaat Alpukat

3. Apel
Apel memiliki beberapa kandungan zat yang dibutuhkan untuk sistem pencernaan, seperti kandungan vitamin dan mineral bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung. Serat pada apel membantu meringankan masalah konstipasi, sedangkan zat pectin dalam apel bermanfaat merangsang perkembangan bakteri baik pada usus yang dapat meningkatkan laju kerja usus. Manfaat Buah Apel

4. Buah Bit
Buah bit memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi sembelit. Buah bit memiliki kandungan kalium, serat dan magnesium yang bermanfaat penting dalam pembersihan sistem pencernaan. Manfaat Buah Bit

5. Pepaya
Pepaya sangat terkenal dengan manfaatnya untuk membantu sistem pencernaan dan meredakan sembelit. Pepaya memiliki kandungan enzim pencernaan alami yang mampu memecah makanan yang mengiritasi perut dan chymopapain bermanfaat memecah protein dan menenangkan perut. Manfaat Pepaya

6. Blueberry
Blueberry memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan usus. Mengkonsumsi satu genggam blueberry setiap hari mampu mengurangi tingkat kadar racun atau bahan kimia yang tidak diingikan dalam usus.

7. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan tinggi serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan usus. Selain itu brokoli juga memiliki manfaat untuk mendetoksifikasi usus besar, hal ini berperan serta untuk mencegah terjadinya kanker usus. Manfaat Brokoli

8. Semangka
Semangka merupakan buah dengan tinggi air yang bermanfaat baik untuk membilas racun dari saluran pencernaan. Dengan begitu anda akan memiliki usus yang lebih sehat dan terbebas dari racun-racun yang ada didalamnya. Manfaat Semangka

9. Jeruk
Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan serat yang bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menjaga kesehatan perut. Manfaat Jeruk

10. Lemon
Lemon memiliki kandungan asam larut yang bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan. Lemon bekerja dengan melancarkan serta mencegah terjadinya sembelit. Manfaat Lemon

11. Bayam
Bayam memiliki kandungan seng, vitamin dan tinggi antioksidan, karena itulah bayam bermanfaat baik untuk mencegah terjadinya penyakit usus yang disebabkan oleh racun.

12. Paprika
Perut rentan terkena infeksi sehingga menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi paprika. Paprika memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien tinggi yang bermanfaat untuk mencegah beberapa masalah infeksi perut.

13. Ubi
Jenis ubi-ubian sangat baik dan menyehatkan, terutama untuk sistem pencernaan. Pada ubi jalar mengandung karbohidrat komplesk dan mineral mangan yang berkhasiat untuk mengobati tukak lambung dan masalah sistem pencernaan.

14. Kimchi
Kimchi adalah sayur fermentasi berbahan sawi putih dan bawang yang berasal dari korea. Kimchi memiliki kandungan serat tinggi serta bakteri baik didalamnya. Kandungan seratnya bermanfaat baik untuk kesehatan lambung, sedangkan bakteri baik dalam kimchi bermanfaat untuk melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan.

15. Asparagus
Asparagus memiliki kandungan inulin tinggi. Inulin adalah serat yang dicerna dan bertindak sebagai prebiotik, yang memberikan nutrisi kepada bakteri ramah dan hidup dalam saluran pencernaan. Asparagus juga memiliki kandungan vitamin B dan antioksidan yang melawan peradangan.

16. Zucchini / timun jepang
Zucchini atau timun jepang adalah sayuran sehat kaya serat dan tinggi air. Kandungan air pada timun jepang bermanfaat baik untuk membantu tubuh tetap terhidrasi, sedangkan kandungan seratnya baik untuk membantu melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, serta membersihkan usus dari bakteri dan racun penyebab kanker.

17. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dari luar atau dalam tubuh. Lidah buaya menjadi suplemen alami yang dapat meredakan peradangan dalam tubuh, dan membantu mencegah masalah pencernaan. Lidah buaya juga mampu meringankan sembelit dan melegakan sistem pencernaan. Manfaat Lidah Buaya

18. Ghee
Ghee adalah sejenis mentega kaya lemakn susu namun rendah glukosa. Ghee berperan utnuk membantu merangsang sekresi asam lambung sehingga mempercepat proses penghancuran molekul makanan.

19. Chia
Chia adalah tanaman biji-bijian yang banyak dibudayakan di Meksiko dan Guatemala. Chi memiliki kandungan asam lemak, omega3, serat, vitamin dan Mineral, nutrisi tersebut bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah peradangan dan mempercepat proses pencernaan.

20. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan anti-mikroba dan asam lemak yang baik untuk menjaga sistem pencernaan.

21. Jahe
Selain sebagai ramuan sehat untuk pencernaan, ramuan jahe juga mampu mengatasi peradangan dan sakit maag serta menangnkan jalur usus. Konsumsi rebusan jahe dengan beberapa tetes lemon setelah makan dan nikmati manfaatnya. Manfaat Jahe

22. Yoghurt
Yoghurt adalah produk olahan susu yang memiliki kandungan probiotik yang mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus sehingga mampu menjaga kesehatan perut, dan baik untuk pencernaan.

23. Kefir
kefir adalah produk olahan susu asli Pegunungan Kaukasus di tenggara Eropa yang meningkatkan kesehatan usus dalam cara yang berbeda. Kefir berperan sebagai probiotik dan prebiotik selain itu, kefir juga dibuat dengan oligosaccharide, karbohidrat kompleks yang memberikan makanan kepada bakteri baik di dalam usus.

24. Bawang
Bawang baik bagi sistem pencernaan dengan bertindak sebagai prebiotik yang memberikan tenaga bagi bakteri baik berkat level inulin yang tinggi. Bawang juga memiliki peran untuk memperbaiki kesehatan usus. Manfaat Bawang Putih

25. Oat
Oat mengandung beta-glukan, yaitu karbohidrat yang bisa dicerna dan memberikan asupan bagi bakteri baik di sistem pencernaan.

26. Gandum
Gandum merupakan salah satu makanan tinggi serat, selenium dan mangan yang juga berperan menjaga kesehatan perut supaya terhindar dari berbagai masalah penyakit usus.

27. Air Minum
Kebutuhan air minum dalam tubuh sangat penting bagi tubuh. Hal ini karena sebagian besar dari tubuh terdiri dari air. Kekurangan air dapat menyebabkan terjadinya penumpukan racun dalam usus. Maka sangat penting tubuh tercukupi asupan air agar terhindar dari dehidrasi dan masalah pencernaan.

28. Teh Hijau
Mengkonsumsi teh hijau bermanfaat baik untuk meningkatkan metabolisme, menjaga tubuh dan membakar lemak. Selain untuk melancarkan sistem pencernaan, teh hijau juga bermanfaat untuk menjaga berat badan dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Manfaat Teh Hijau

Menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus sangat penting dilakukan, karena keduanya memiliki fungsi vital dalam tubuh untuk membuang kotoran dna racun dari makanan yang dikonsumsi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Makanan Terbaik Untuk Menjaga Sistem Pencernaan dan Menyehatkan Usus yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..