21 Jenis Makanan Penyebab Rasa Kantuk dan Menguap Saat Siang Hari

Posted on

Makanan Penyebab Rasa Kantuk dan Menguap – Sering merasa ngantuk setiap hari bukan hanya disebabkan karena kurang waktu tidur yang cukup, sering mengantuk juga disebabkan karena makanan. Menurut Jacob Teitelbaum, direktur medis di Fibromyalgia and Fatigue Centers, faktor makanan juga bisa membuat Anda terus menerus menguap di siang hari.

Untuk terhindari dari rasa ngantuk pada siang hari, ada baiknya untuk menghindari mengkonsumsi atau sedikit mengurangi porsi makan beberapa jenis makanan berikut ini.

Makanan Penyebab Rasa Kantuk dan Menguap

1. Buah Pisang
Salah satu makanan yang menyebabkan datangnya rasa kantuk lebih cepat adalah buah pisang. Pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membuat saraf otot lebih tenang sehingga lebih mudah membuat seseorang merasa mengantuk. Selain itu kandungan vitamin B6 pada buah pisang akan membuat trytopan berubah menjadi serotonin sehingga tubuh yang tegang akan menjadi lebih santai. Dengan begitu anda akan merasa lebih cepat mengantuk setelah mengkonsumsi buah pisang.

2. Nasi Putih
Nasi putih menjadi salah makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat menyebabkan tubuh lebih cepat mengantuk. Hal ini karena nasi putih memiliki kadar glikemik tinggi sehingga jika mengkonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering dapat menyebabkan rasa kantuk lebih cepat.

Anda dapat mengkonsumsi lebih banyak nasi putih pada malam hari, karena malam hari adalah waktu paling tepat untuk beristirahat sehingga kualitas tidur akan menjadi lebih baik.

3. Kacang
Kacang menjadi salah satu makanan selanjutnya yang dapat menyebabkan rasa kantuk lebih cepat. Hal ini karena adanya kandungan magnesium didalamnya, seperti pada kacang almond, kacang mete, dan kacang tanah. Kacang memiliki kandungan magnesium cukup tinggi dan kandungan tryptopan yang berperan membuat fungsi saraf otot menjadi menjadi berkurang sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan perlahan akan muncul rasa kantuk dan lebih cepat menguap.

4. Coklat Hitam
Makanan selanjutnya yang menyebabkan rasa kantuk adalah coklat hitam. Coklat hitam menjaid solusi yang tepat untuk dinikmati pada saat bersantai atau berada dalam keadaan stress maupun saat tertekan karena dapat memberikan efek menenangkan tubuh dan pikiran. Namun mengkonsumsi terlalu banyak coklat hitam pada pagi atau siang hari dapat menyebabkan rasa kantuk lebih cepat.

5. Kangkung
Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang dapat membuat menyebabkan kantuk lebih cepat. Meskipun belum ada penelitian mengenai kebenaran dari efek kangkung tersebut. Tetapi banyak yang mengatakan adanya zat dalam makanan yang bikin ngantuk ini yang dapat membuat pengonsumsinya menjadi lebih tenang. Ketika pikiran sudah rileks dan tenang, seseorang akan mudah mengantuk dan tertidur dengan lelap.

6. Salad
Meskipun menyehatkan, mengkonsumsi salad pada waktu yang tidak tepat dapat menyebabkan lebih cepat mengantuk. Dalam semangkuk salad biasanya berisi sayuran seperti potongan selada, wortel, tomat dan sayuran segar lainnya yang mengandung kalori sekitar 200 kal. Salad yang ditambahkan dengan saus seperti madu mustard atau raspberry vinaigrette juga mengandung tinggi gula sehingga dapat membuat rasa ngantuk

7. Roti Gandum
Meskipun menyehatkan, roti gandum juga ternyata dapat menyebabkan rasa kantuk lebih cepat. Roti gandum biasa dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi yang membuat tubuh menjadi berenergi. Namun asupan glukosa dari makanan yang bikin ngantuk ini akan cepat turun sehingga bisa membuat kamu cepat mengantuk meski masih terlalu pagi. Sebaiknya hindari sarapan dengan menu roti gandum pada pagi hari agar tidak cepat merasa ngantuk.

8. Keju
Keju menjadi salah satu prosuk olahan susu yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Namun berdasarkan pakar gizi klinik dari Pusat Kedokteran Integratif di klinik Cleveland mengatakan bahwa produk olahan susu dapat mengembangkan reaksi imunologis atau intolerasi kasein dan whey terhadap protein sehingga mereka rentan mengalami kelelahan. Kandungan kalsium yang ada pada makanan yang bikin ngantuk ini membuat otak memanfaatkan tryptophan. Selanjutnya, melatoninlah yang akan terproduksi sehingga akan mengantuk dan akan cepat tertidur.

9. Buah Cherry
Buah cherry memiliki kandungan zat melatonin yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga akan lebih merasa mengantuk lebih cepat. Bagi anda yang memiliki jadwal kegiatan padat sebaiknya menghindari makan buah cherry karena dapat menyebabkan kantuk. Sedangkan mengkonsumsi buah cherry baik untuk penderita insomnia karena dapat meningkatkan kualitas tidur anda.

10. Ikan Tuna
Ikan tuna sebenarnya memiliki fungsi yang penting dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit dalam tubuh. Ikan tuna memiliki kandungan vitamin B6, karena kandungan vitamin B6 nya itulah akhirnya produksi melatonin dan serotonin dapat meningkat di dalam tubuh sehingga dalam waktu singkat, rasa kantuk akan tercipta dan Anda akan sulit untuk menahannya. Pilihan paling tepat untuk mengkonsumsi ikan tuna adalah pada malam hari.

11. Madu
Madu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut, namun hal perlu diketahui jika madu tinggi kandungan glukosa. Glukosa ini yang membuat produksi zat kimia otak terjaga. Zat kimia tersebut dikenal dengan sebutan orexin dan gunanya adalah membuat Anda terus terjaga, maka jika produksinya ditutup otomatis Anda akan merasakan kantuk seketika itu juga.

12. Oatmeal
Oatmeal sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Mengkonsumsi oatmeal maka dapat meningkatkan produksi insulin sehingga gula darah akan ikut naik. Oatmeal juga tinggi kandungan zat melatoninnya sehingga tubuh dapat menjadi tenang sehingga tidur pun menjadi lebih cepat.

13. Selada
Selada adalah jenis sayuran tinggi serat yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan membantu diet alami. Namun, mengkonsumsi beberapa lembar daun selada dapat membuat perut terganjal dan menimbulkan rasa kantuk. Hal ini karena selada memberikan efek ngantuk akibat zat alami lactucarium yang menjadikan istirahat menjadi lebih maksimal.

14. Sereal
Sereal berbeda dengan oatmeal namun efek yang diberikan sama besarnya seperti pada oatmeal yaitu dapat membuat tubuh menjadi rileks dan membuat tidur lebih cepat. Mengkonsumsi satu mangkuk sereal dapat meningkatkan energi namun juga dapat membuat mengantuk lebih cepat.

15. Buncis
Buncis memiliki kandungan tryptophan yang dibutuhkan untuk menciptakan rasa kantuk dan membuat tubuh lebih rileks. Mengkonsumsi buncis pada pagi atau siang hari dapat membuat tubuh menjadi mengantuk sehingga mengganggu aktivitas harian tubuh.

16. Bayam
Bayam memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh namun dapat meningkatkan rasa ngantuk yang juga tinggi. Bayam memiliki kandungan kalsium tinggi yang sangat baik untuk mengatasi masalah insomnia, namun tidak baik dikonsumsi pada pagi hari karena dapat menyebabkan rasa kantuk yang dapat mengganggu aktivitas sehati-hari.

17. Daging Kalkun
Daging kaklun memiliki kandungan tryptophan yang akan dimetabolisme menjadi melatonin dan serotonin. Kedua zat tersebut dapat menyebabkan rasa kantuk lebih cepat dari biasanya. Mengkonsumsi daging kalkuk paling tepat yaitu pada malam hari.

18. Teh Hijau
Teh hijau dikenal memiliki khasiat untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, karena dalam teh hijau memiliki kandungan theanine yang membuat tubuh menjadi rilek sehingga menyebabkan tubuh menjadi cepat mengantuk. Selain itu, teh hijau juga dapat mengurangi kandungan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

19. Teh Markisa
Mengkonsumsi satu cangkir teh markisa dapat merileks kan tubuh dan pikiran, karena itulah mengkonsumsi satu cangkir teh markisa 60 menit sebelum berangkat tidur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Sedangkan mengkonsumsi teh markisa di pagi atau siang hari dapat menyebabkan mengantuk.

20. Teh Chamomile
Teh Chamomile dapat memberikan efek tenang dan rileks, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi pada malam hari ketika tubuh beristirahat. Namun jika mengkonsumsi Teh Chamomile pada pagi atau siang hari dapat menimbulkan rasa mengantuk sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari.

21. Susu
Susu dan produk olahan susu lainnya mengandung triptofan serta nutrisi tinggi. Jadi otak akan lebih cepat melepas stress dan menjadi rileks, sehingga kita akan mudah mengantuk.

Itulah pembahasan singkat tentang Jenis Makanan Penyebab Rasa Kantuk dan Menguap yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..