25 Kandungan dan Manfaat Jagung Bagi Kesehatan dan Kecantikan Penting Diketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Jagung Bagi Kesehatan dan Kecantikan –¬†Jagung adalah salah satu bahan pangan pokok selain padi dan gandum yang memiliki nama latin Zea Mays L, termasuk dalam famili Poacear dan berasal dari Amerika Latin. Jagung sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan, pakan ternak, tanaman biogas atau untuk memproduksi bahan bakar dan sebagai dasar untuk pembuatan berbagai macam produk lainnya. Dari banyaknya pemanfaatan jagung diatas, sudah dapat dikatakan jika jagung memiliki banyak kandungan nutrisinya.

Di Indonesia sendiri jagung masih dikonsumsi sebagai bahan pokok sheari-hari. Padahal budidaya jagung banyak dilakukan di berbagai tempat di Indonesia dan sangat mudah untuk didapatkan. Umumnya masyarakat mengolah jagung sebagai campuran sup. Sehingga pemanfaatan jagung masih kurang maksimal dilakukan. Tahukah anda jika didalam jagung memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Jagung

Jagung tinggi akan kandungan serat, sumber karbohidrat kompleks, dan sejumlah kandungan gizi lainnya seperti vitamin B, dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Dalam 100gr jagung mengandung gizi sekitar :

  • Energi: 129 kal
  • Protein: 4,1 g
  • Lemak: 1,3 g
  • Karbohidrat: 30,3 g
  • Serat: 2,9 g
  • Kalsium: 5 g
  • Fosfor: 108 mg
  • Zat Besi: 1,1 mg
  • Vitamin A: 117 IU
  • Vitamin B1: 0,18 mg
  • Vitamin C: 9 mg
  • Air: 63,5 g

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kandungan nutrisi pada jagung, sebaiknya anda mengkonsumsi jagung utuh bukan dari jagung olahan.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin pada jagung merupakan bagian dari senyawa Karotenoid yang bermanfata untuk membentuk pigmen kuning pada retina dan menyerap sinar biru, sinar berbahaya dari matahari, penyebab katarak dan makula degeneratif.

2. Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat kasar pada jagung dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga sangat cocok untuk membantu anda dalam melaksanakan program diet penurunan berat badan. Selain itu, serat pada jagung juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar sehingga mencegah kegemukan.

3. Mencegah Kanker
Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh Louisiana State University, mereka yang rajin mengkonsumsi jagung terbukti jarang terkena penyakit kanker usus besar, payudara, dan prostat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan betakaroten dan serat yang tinggi pada jagung. Selain itu jagung juga memiliki kandungan protease inhibitor (saat diteliti pada hewan ternyata dapat mencegah pembentukan sel kanker).

4. Mencegah Penyakit Jantung
Dari penelitian dari Illionis States University menunjukkan, bahwa pria yang menjalani diet rendah lemak dengan ditambah 20gr jagung setiap hari selama 6 minggu akan memiliki kadar trigliserida lebih rendah sekitar 13%, hal ini bermanfaat baik untuk mencegah penyakit jantung.

5. Mencegah Diabetes
Jagung memiliki kandungan indeks glikemik rendah yang tidak membuat kadar gula darah menjadi naik sehingga baik sebagai asupan untuk penderita diabetes mellitus.

6. Mengurangi Wasir
Dalam satu cangkir jagung memiliki kandungan serat cukup tinggi yaitu sekitar 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh.Serat berperan untuk mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat juga membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat juga membantu melancarkan proses buang air besar yang merangsang gerak peristaltik serta merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal tersebut juga dapat mengurangi diare.

7. Melindungi Kesehatan Jantung
Jagung juga diolah menjadi minyak, yang terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Mengkonsumsi minyak jagung baik untuk meningkatkan kesehatan jantung hal ini karena jagung memiliki kombinasi asam lemak yang optimal. Asam lemak omega-3 memiliki peran untuk merusak kolesterol jahat pada tubuh. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan arteri menjadi tersumbat, mengurangi tekanan darah dan mengurangi resiko serangan stroke dan jantung.

8. Mencegah Anemia
Kandungan vitamin B12 dan asam folat pada jagung bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain itu, kandungan zat besi pada jagung juga penting untuk membentuk sel darah merah yang baru. Karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

9. Menurunkan Kolesterol Jahat
Berdasarkan jurnal of Nutritional Biochemistry, mengskonsumi minyak jagung bermanfaat baik untuk menurunkan kolesterol jahat LDL. Minyak jagung bekerja dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Penurunan LDL ini tidak berpengaruh pada mengurangnya HDL dalam tubuh yang berperan baik dan menguntungkan tubuh.

10. Membantu Masalah Pencernaan
Jagung memiliki kandungan serat larut dan serat tidak larut yang cukup tinggi. Serat larut berfungsi untuk memblokir penyerapan kolesterol menjadi konsistensi seperti gel, sedangkan serat tidak larut berperan untuk mencegah sembelit dan masalah usus sehingga mengurangi kemungkinan rritable Bowel Syndrome dan diare.

11. Meningkatkan Energi
Jagung memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang menyediakan energi jangka pendek dan jangka pendek. Dalam satu cangkir jagung mengandung sekitar 29gr karbohidrat. Selain itu, jagung juga merupakan tumbuhan dengan karbohidrat kompleks yang akan dicerna dengan lambat, sehingga menghasilkan tingkat energi yang seimbang.

12. Meningkatkan fungsi penglihatan
Kernel kuning jagung mengandung karotenoid yang berfungsi untuk mengurangi resiko degenerasi makula (gangguan penglihatan dipusat garis pandang). Betakaroten dalam jagung juga membantu dalam memproduksi vitamin A, sehingga sangat baik untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

13. Baik untuk Ibu Hamil
Jagung tinggi asam folat yang bermanfaat baik untuk ibu hamil. Karena kekurangan asam folat pada ibu hamil bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur dan menyebabkan cacat lahir. Meskipun demikian, takarannya harus selalu diperhatikan dan sesuai anjuran dokter.

14. Mencegah penyakit Alzheimer
Jagung memiliki kandungan tinggi timin, yaitu unsur yang tidak terpisahkan dalam reaksi enzimatik pusat produksi energi serta sel otak (fungsi kognitif). Hal ini juga diperlukan untuk sintesis asetilkolin, yaitu sebuah neurotransmitter yang penting untuk memori.

15. Menguatkan Tulang
Kandungan nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga, dan fosfor, bermanfaat untuk menutrisi tulang untuk lebih kuat dan lebih kokoh. Hal ini baik untuk meniminalkan resiko terkena resiko osteoporosis.

16. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan antioksidan pada jagung yang berlimpat berperan membantu menutrisi seluruh jaringan kulit dalam tubuh. Anda dapat menjadikan jagung sebagai salah satu alternatif utnuk menjadikan kulit lebih awet muda dan menjadi lebih fresh.

17. Memperbaiki Jaringan Ikat
Jaringan ikat terdiri atas tulang, ligamen, tendon, otot dan tulang rawan. Kandungan mangan bermanfaat untuk memperkuat jaringan ikat. Dalam satu cangkir jagung mengadnung sekitar 12% mangan dari total kebutuhan tubuh setiap hari. Mangan juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan memecah karbohidrat serta lemak untuk menyediakan energi. Jagung juga mengandung beberapa jenis mineral yang baik untuk kesehatan tulang seperti magnesium, besi, tembaga, dan fosfor.

Manfaat Jagung untuk Kecantikan

Dalam jagung muda memiliki kandungan vitamin yang mampu menutrisi kulit baik dari luar maupun dari dalam. Dalam jagung muda memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, Thiamin, Niacin, Mineral, dan Tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan. Pada umumnya pemanfaatan jagung muda untuk kecantikan adalah dengan dibuat masker kecantikan. Beberapa manfaat jagung untuk kecantikan , antara lain:

1. Menghaluskan Kulit
Menggunakan masker dari jagung muda bermanfaat baik untuk menghaluskan dan membersihkan kulit wajah. Hal ini karena kandungan vitamin C, vitamin A dan Lycopenen dalam jagung yang bekerja untuk menghaluskan dan membersihkan kulit wajah.

2. Mencegah Kerusakan Akibat Sinar UV
Jagung muda memiliki kandungan betakaroten yang baik, sehingga tidak heran jika jagung muda dapat melindungi kulit dari sinar UV. Jagung muda juga bermanfata untuk meningkatkan produksi kolagen yang membantu kulit lebih sehat dan lebih halus.

3. Menyamarkan Bekas Luka
Minyak jagung juga diyakini dapat membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka seperti bekas jerawat atau cacat air. Caranya adalah dengan menggunakan masker jagung muda atau mengoleskan minyak jagung pada bekas luka secara rutin.

4. Menyegarkan Kulit
Kandungan air dan vitamin pada jagung muda berperan untuk menyegarkan kulit wajah dan membuat wajah tampak lebih segar, dan bersih.

5. Mengangkat Sel kulit mati
Sel kulit mati dapat diatasi dengan menggunakan masker jagung muda. Hal in berkat kandungan antioksidan dan pati yang ada pada jagung yang menjadi bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati.

6. Menjaga Kesehatan Kulit
Jagung tinggi betakaroten yang membentuk vitamin A yang berperan penting untuk memelihara kesehatan kulit. Sedangkan kandungan Vitamin C dan lycopene pada jagung juga merupakan antioksidan potensial yang dapat mencegah UV dan meningkatkan produksi kolagen yang membantu memelihara kelembutan kulit.

7. Meredakan iritasi kulit
Jagung memiliki kandungan pati yang sering digunakan sebagai salah satu bahan produk kosmetik. Selain itu, pati jagung juga dapat digunakan untuk meredakan ruam atau iritasi dengan cara mengoleskan pati jagung pada kulit yang bermasalah.

8. Mencegah Kerontokan Rambut
Jagung memiliki kandungan asam lemak dan vitamin E yang menjadi kombinasi terbaik untuk menjaga folikel rambut dan mencegah penuaan dini. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan dan vitamik K yang efektif untuk mengatasi kerontokkan rambut dan rambut kering serta mencegah kerusakan pada sel-sel kulit kepala.

Catatan : Hentikan penggunaan masker jagung pada wajah anda, jika timbul iritasi. Terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Kandungan dan Manfaat Jagung Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..