50 Kandungan dan Manfaat Chia Seed serta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Penting Diketahui

Posted on

Kandungan dan Manfaat Chia Seed serta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan – Chia seed adalah jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Chia Seed belakangan ini menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena diyakini memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat yang paling dikenal adalah untuk menurunkan berat badan.

Biji chia seed merupakan sumber protein lengkap yang menyediakan asam amino yang penting untuk tubuh. Terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang ada pada biji chia seed. Beberapa diantaranya adalah:

  • Kandungan Omega-3 dalam chia seed 8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan ikan salmon.
  • Kandungan Kalsium dalam chia seed 6 kali lipat besarnya dibandingkan dengan susu.
  • Jumlah Protein dalam biji chia 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.
  • Kandungan Pottasium dalam chia seed 6 kali lebih banyak dibandingkan dengan pisang.
  • Jumlah Antioksidan dalam chia seed 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan bluberry.
  • Kandungan Zat besi yang terdapat dalam chia seed 3 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayam.
  • Karbohidrat baik untuk energi dan stmina dalam beraktifitas
  • Vitamin A, B 12, C baik untuk menyehatkan jaringan tubuh
  • Kalori baik sebagai sumber pembentukan tenaga yang dibutuhkan sehari hari
  • Serat baik untuk menstabilkan kolesterol, mencegah sembelit dan menekan meningkatkan gula dalam darah
  • Fosfor baik untuk membentuk tulang, memperbaiki metabolisme tubuh
  • Protein baik untuk menyehatkan otak, meningkatkan perkembangan tubuh
  • Kalium baik untuk menyehatkan sistenm pencernaan dan lambung
  • Mangan baik untuk membantu tubuh dalam mempercepat proses mertabolisme tubuh
  • Tembaga baik untuk membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi9
  • Zinc, natrium baik untuk menunjang perkembangan otak dan kesehatan kulit
  • Zat besi baik untuk pencegahan anemia dan meningkatkan kualitas sel darah merah
  • Omega 3 baik untuk kesehatan jaringan otak, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kinerja jantung
  • Kalsium baik bagi kepadatan tulang dan gigi, mencegah pengapuran dan osteoporosis dini
  • Triptofan (asam amino essensial) baik untuk memperbaiki gangguan sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan
  • Alpha linolenic acid (ALA) baik bagi kesehatan organ vital dalam tubuh agar selalu berada dalam kondisi terbaiknya.

Manfaat Chia Seed

  1. Membantu Program Diet
    Biji chia seed mampu menyerap banyak air hingga membentuk gel, hal inilah yang memerikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat pula membantu seseorang untuk mengatasi keinginan untuk makan atau ngemil. Selain itu biji chia seed juga mampu mencegah penyerapan kalori dalam tubuh.
  2. Biji chia memiliki kandungan tinggi serat dan protein yang bila dikonsumsi mampu membantu menurunkan berat badan. Jadi sangat pas sekali jika anda memasukan chia seed kedalam menu diet harian anda.
  3. Mengatasi Diabetes
    Mengkonsumsi chia seed bermanfaat baik untuk mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Kadar gula darah yang terlalu tinggi akan berdampak tidak baik untuk kesehatan dan memicu munculnya masalah kesehatan lainnya. Chia seed memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Hal ini karena biji chia seed bekerja untuk mengurangi resistensi insulin dalam tubuh.
  4. Menurunkan kolesterol jahat
    Kandungan serat dan omega 3 pada biji chia seed bermanfaat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Fungsi dari omega-3 yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga kestabilan tekanan darah, menurunkan kadar trigliserida, mengurangi plak aterosklerosis dan meningkatkan fungsi endotel.
  5. Mencegah Penyakit Jantung
    Chia seed memiliki kandungan omega-3 yang berperan melawan penyakit jantung. Omega 3 juga mampu menurunkan resiko trombosis dan aritmia, dimana itu merupakan gangguan yang bisa memicu serangan jantung dan stroke.
  6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Chia seed memiliki kandungan serat tinggi yang berfungsi menyeimbangkan kadar insulin, penyeimbang gula darah dan mempromosikan keteraturan usus atau sistem pencernaan. Kandungan serat larut dalam biji chia juga bekerja untuk mendukung pertumbuhan probiotik dalam usus, yang berguna untuk kesehatan pencernaan.
  7. Meningkatkan energi
    Mengkonsumsi chia seed bermanfaat juga untuk menambah energi dalam tubuh, karena dalam chia seed memiliki kandungan omega-3, serat, karbohidrat, protein, antioksidan dan kalsium. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi sebgai kalori bagi tubuh, dimana kalori merupakan sumber pembentukan tenaga yang sangat diperlukan dalam sehari hari.
  8. Melancarkan peredaran darah
    Chia seed memiliki kandungan protein dan zat besi yang bermanfaat untuk membantu menghindari masalah pembekuan darah, serta bermanfaat untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah.
  9. Menangkal serangan virus
    Chia seed memiliki manfaat sebagai antioksidan bagi tubuh, selain itu juga bermanfaat untuk menangkal serangan virus. Dimana berkembangnya virus di dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya penyakit.
  10. Menjaga kesehatan Tulang dan Gigi
    Chia seed memiliki kadar kalsium tinggi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan pada tulang & gigi, mencegah penyakit osteoporosis, menjaga kekuatan sendi tubuh, dan membantu memperbaiki fungsi tubuh.
  11. Membantu Proses Detoksifikasi
    Chia seed juga bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dari sisa metabolime tubuh melalui proses keringat, buang air besar atau buang air kecil. Dengan teraturnya proses buang air membuat racun-racun yang ada dalam tubuh keluar secara maksimal.
  12. Menjaga kesehatan ibu hamil
    Chia seeds kaya akan nutrisi yaitu berupa serat, protein, omega-3, antioksidan, potasium, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, vitamin B1 (thiamine), dan vitamin B2 dan vitamin B3 (niacin). Kandungan nutisi tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Satu porsi chia seeds memenuhi sebanyak 15% kebutuhan protein harian dan sepertiga kebutuhan serat harian bagi ibu hamil .
  13. Memerangi sel kanker
    Biji chia seed memiliki kemampuan untuk memerangi sel kanker. Biji chia seed merupakan sumber asam alpha-linoleat yang baik dan dapat membantu mencegah kanker payudara. Selain itu, minyak biji chia juga ditemukan memiliki sifat anti-kanker yang ternyata dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan menghambat replikasi sel kanker.
  14. Anti Peradangan
    Biji chia seed merupakan biji berminyak yang dilengkapi dengan asam lemak esensial omega-3. Sebagai salah satu sumber nabati terkaya dari omega-3 dan asam alpha-linolenic, chia seed mengobati berbagai gangguan kesehatan. Chia seed melawan radikal bebas, mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol.

Menjaga Kesehatan Kulit

  1. Kandungan vitamin E pada chia seed berguna untuk menjadikan kulit lebih halus dan awet muda.
  2. Chia seed memiliki konsentrasi total senyawa fenolik alami (salah satu jenis senyawa antioksidan). Fungsi senyawa antioksidan untuk menangkal dan menghentikan hingga 70% dari dampak buruk akibat aktivitas radikal bebas.
  3. Antioksidan pada chia seed juga bermanfaat untuk mengoptimalkan proses regenerasi dan perbaikan kulit, serta mencegah kerusakan pada kulit.
  4. Mengkonsumsi biji chia seed bermanfaat baik untuk mencegah penuaan dini seperti keriput atau garis-garus halus pada wajah.
  5. Kandungan omega 3 dan protein dalam chia seed bermanfaat untuk menutrisi kulit.
  6. Rajin mengkonsumsi chia seed berdampak baik untuk melembabkan kulit, mencegah iritasi kulit, membantu penyembuhan sel dan jaringan kulit rusak.
  7. Kandungan zinc pada chia seed bermanfaat untuk melawan masalah jerawat, sedangkan omega 3 nya berfungsi untuk melembabkan dan mengempeskan jerawat secara alami.
  8. Chia seed memilki kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk mencegah iritasi kulit dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka jerawat.
  9. Zinc dalam chia seed juga berfungsi sebagai anti-aging (anti-penuaan) dan membantu mencegah jerawat.

Efek Samping chia Seed

Dibalik banyaknya manfaat yang ditawarkan chia seed, tersimpan juga efek samping didalamnya. Berikut beberapa efek samping dari chia seed.

  1. Menimbulkan gastrointestinal
    Gastrointestinal adalah efek samping yang paling umum terjadi dari mengkonsumsi chia seed, termasuk konstipasi, feses keras dan perut kembung.
  2. Meningkatkan resiko kanker prostat
    Chia seed memiliki kandungan asam alfa-linolenat tinggi, kandungan tersebut diyakini dapat meningkatkan resiko kanker prostat.
  3. Menyebabkan sakit tenggorokan
    Mengkonsumsi chia seed menyebabkan tenggorokan sakit karena saluran tenggorokannya menderita penyempitan akibat penyumbatan makanana chia seed yang terkadang mampu mengikat air disekitar saluran esofagus sehingga menyebabkan makanan tidak dapat lancar berjalan.
  4. Tidak untuk berbadan kurus
    Chia seed memiliki kemampuan untuk membakarlemak dan menekan rasa lapar sehingga cocok untuk pelaku diet sehat, namun chia seed tidak disarankan untuk dikonsumsi untuk orang bertubuh kurus karena dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan dan mengganggu kesehatan lainnya.
  5. Menyebabkan kembung
    Mengkonsumsi chia seed minim air dapat membuat tekanan pada sistem pencernaan dan lambung yang menimbulkan perut kembung .
  6. Menyebabkan alergi kulit
    Sebagian orang bisa saja mengalami alergi yang disebabkan karena lemak jenuh yang ada pada chia seed seperti munculnya ruam-ruam kemerahan dan rasa gatal setelah mengkonsumsi chia seed.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed

  • Penyajian biji chia bisa dibuat menjadi bentuk jelly (agar-agar). Caranya dengan melarutkan 8 sendok makan biji chia bersama 2 gelas air putih, kemudian aduk merata, lalu simpan di dalam kulkas.
  • Jelly chia seed ini bisa Anda tambahkan pada puding ataupun saus salad.
  • Biji chia mempunyai tekstur yang lembut, yang bisa dicampurkan dengan yogurt, sereal, sayuran, nasi dan juga pada beberapa jenis minuman.
  • Anda bisa memanfaatkan chia seed dengan memasukkannya ke dalam minuman jus.
  • Memanfaatkan biji chia juga bisa dengan menebarkannya diatas buah yang sudah dipotong-potong.
  • Jika merendam biji chia dengan lebih lama, maka kandungan nutrisinya menjadi semakin tinggi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Kandungan dan Manfaat Chia Seed serta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..