Hubungan Diabetes Dapat Memicu Terjadinya Katarak Mata

Posted on

Hubungan Diabetes Dapat Memicu Terjadinya Katarak Mata – Katarak adalah salah satu penyakit degeneratif yang biasanya muncul pada usia lanjutan. Katarak tidak bisa dicegah, akan tetapi kemunculannya dapat diperlambat.

Bahaya Diabetes Dapat Memicu Terjadinya Katarak . Beberapa faktor yang timbul dapat menyebabkan terjadinya katarak lebih cepat muncul dan mengganggu penglihatan. Salah satunya faktor penyebab katarak adalah karena adanya penyakit diabetes melitus.

Nasrul Ikhsan adalah dokter spesialis mata yang mengungkapkan, beberapa orang yang gula darahnya tidak terkontrol, berisiko mengalami mata katarak lebih cepat.

“Kadar gula darah memengaruhi sel-sel lensa untuk bermigrasi. Lensa cepat degenerasi,” kata Nasrul seusai acara Kick Off 910 Operasi Katarak di JEC Kedoya, Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

Banyak pencegahan untuk memperlambat munculnya katarak, pasien yang mengalami diabetes harus mengendalikan kadar gula darahnya dan pengontrolan gula darah juga sangat baik untuk mencegah komplikasi penyakit lain.

Penyebab yang terjadi selain katarak, yakni diabetes yang juga dapat meningkatkan risiko retinopati diabetik. Penyakit yang dapat menyerang retina mata dan juga bisa menyebabkan kebutaan.

Yeni Dwi Lestari, adalah salah satu Ketua Satuan Penanggulangan Buta Katarak Perdami, menambahkan, selain faktor usia, yang dapat mempercepat munculnya katrak adalah karena sering terpapar sinar ultraviolet. Indonesia merupakan negara yang dilintasi garis khatulistiwa.

“Di luar negeri, katarak kebanyakan mulainya pada usia 60 tahun. Tapi di Indonesia bisa lebih awal,” kata Yeni. Sebagai negara tropis, penduduk Indonesia cenderung terkena katarak 15 tahun lebih cepat dibanding penduduk di daerah subtropik.

Indonesia adalah salah satu negara yang menempati peringkat kedua sebagai negara dengan pasien katarak terbanyak di dunia setelah Ethiopia.

Penyebab Katarak karena Diabetes Melitus

Penderita diabetes 2 hingga 4 kali lebih besar berpotensi menderita katarak dari pada bukan penderita diabetes. Lalu, bagaimana diabetes bisa menyebabkan katarak? Hal ini terjadi karena kadar glukosa pada penderita diabetes. Lensa mata mendapatkan nutrisi dari aqueous humor, yaitu cairan yang mengisi bagian depan mata. Aqueous humor menyediakan oksigen dan glukosa, sumber energi gula sederhana untuk sel-sel tubuh. Jika kadar glukosa tidak terkontrol dengan baik, maka kada r glukosa tersebut akan meningkat dalam aqueous humor dan lensa.

Tingginya kadar glukosa menyebabkan lensa membengkak sehingga mempengaruhi kejelasan penglihatan. Lensa juga memiliki enzim yang mengubah glukosa ke sorbitol. Ketika sorbitol terkumpul di lensa, hal ini berpengaruh terhadap sel-sel yang terjadi secara alamiah yang menyebabkan lensa menjadi kurang jelas dan menjadi buram. Kondisi tersebut yang menyebabkan pembentukan katatak yang membuat penglihatan menjadi kabur, pudar dan terasa silau.

Cara Mencegah Katarak pada Diabetes

Ada dua langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya katarak jika anda mengidap penyakit diabetes, antara lain:

1. Kontrol selalu kadar gula darah. Gula darah yang tidak terkontrol akan mengarah pada semua jenis komplikasi diabetes. Jaga keseimbangan gula darah anda agar tubuh memiliki jantung yang sehat, otak, ginjal, dan kaki yang kuat dan sehat. Untuk mencegah terjadinya katarak periksa dan kontrol kadar gula darah anda secara rutin.

2. Periksa mata rutin setahun sekali. Periksakan mata setahun sekali pada dokter spesialis mata. Kunjunga berkala tersebut diperlukan tergantung pada kontrol diabetes anda. Jika terdeteksi katarak, maka dokter akan memberikan pengobatan yang tepat.

Tetap jaga kadar glukosa anda untuk mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit lainnya. Terimakasih, smeoga bermanfaat. Terimakasih, semoga bermanfaat.