10 Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif

Posted on

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan – Yoga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan pikiran, seperti menguatkan tubuh dan otot, meningkatkan kelenturan tubuh, menenangkan pikiran dan sebagainya. yoga juga terbukti efektif untuk membantu dalam proses penurunan berat badan.

Menurut Beth A. Lewis, profesor di University of Minnesota di Amerika Serikat, yoga yang disertai dengan meditasi dapat membakar lebih banyak kalori. Satu jam yoga dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan kaki dengan durasi yang sama. Semakin banyak kalori yang terbakar, maka semakin cepat metabolisme tubuh bekerja untuk membakar timbunan lemak.

Selain karena banyaknya kalori yang terbakar, yoga juga berperan menurunkan tingkat stress dan meningkatkan pengendalian emosional yang berpengaruh terhadap pengendalian nafsu makan. Pengendalian nafsu makan penting dilakukan untuk mengurangi asupan makanan yang memiliki resiko besar untuk menaikkan berat badan.

Berikut ini beberapa gerakan yoga yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

1. Suryanamaskar


Gerakan Suryanamaskar dilakukan dengan cara menghadap matahari yang berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh. Suryanamaskar akan membuat otot pada bagian perut meregang sehingga akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik. Gerakan Suryanamaskar juga bermanfaat untuk menghindari penumpukan lemak dan membakar kalori lebih cepat.

2. Bhujangasana


Pose Bhujangasana bermanfaat untuk membakar lemak perut lebih cepat. Selain itu gerakan Bhujangasana juga akan membuat otot perut. otot punggung, dan tulang belakang menjadi lebih fleksibel.

3. Virabhadrasana


Pose Virabhadrasana bisa merangsang organ perut dan meningkatkan upaya proses penurunan berat badan. Pada gerakan Virabhadrasana, berat tubuh akan bertumpu pada kaki saat membungkuk, sehingga otot kaki, otot paha dan pergelangan kaki menjadi lebih kuat.

4. Utkatasana


Gerakan Utkatasana akan memberikan dampak untuk menguatkan otot kaki, membakar kalori. dan meluruhkan lemak pada bagian paha dan perut. Pada gerakan Utkatasana, anda juga bisa mengangkat kedua tangan agar tumpukan lemak di lengan juga ikut terbakar.

5. Setubandhanasana


Setubandhanasana adalah gerakan yang menantang untuk dilakukan,. Meskipun sedikit menantang, gerakan ini baik untuk memperkuat leher, dada, tulang belakang, paha, dan pantat. Lemak di perut akan meleleh lebih cepat saat kamu melakukan gerakan ini.

6. Bow Pose


Bow Pose adalah gerakan dengan berbaring diatas matras, lalu tangan diangkat ke belakang dan pegang jari-jari kaki. Pada gerakan ini, anda juga mengangkar dada, namuan usahakan paha tetap menempel pada matras. Setelah itu, tarik nafas dalam-dalam dan berusaha untuk tetap membuat tubuh menjadi lebih santai. Gerakan ini dapat membantu menghilangkan lemak pada bagian tersulit dna lipatan pad atubuh. Latihan ini juga menegangkan otot bagian perut, dada, pinggang dan bokong sehingga dapat membakar kalori didalamnya.

7. Paschimottanasana


Paschimottanasana adalah gerakan yoga yang mirip dengan gerakan senam mencium lutut. Namun gerakan ini menggunakan alat bantu dari balok kayu untuk menyangga telapak kaki. Posisi ini efektif untuk membakar lemak pada bagian perut dan dapat mengatasi nyeri punggung.

8. Tree Pose


Tree Pose adalah gerakan yoga dengan posisi tubuh berdiri stabil, lalu angkat satu kaki keatas dan tekuk telapak kaki sampai menempel pada kaki sebelahnya. Kemudian angkat kedua tangan ke atas kepala. Gerakan ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menenangkan pikiran. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda dapat melakukan gerakan ini saat perut dalam kondisi kosong.

9. Butterfly Pose


Butterfly Pose adalah posisi yang paling mudah dilakukan saat yoga, posisi dilakukan hanya dengan duduk bersila, mempertemukan kedua telapak kaki dan pegang kedua tangan dengan posisi duduk tegak. Meskipun sederhana, posisi ini efektif unuk menurunkan berat badan, karena posisi tersebut akan bekerja efektif pada bagian perut dan paha. Anda yang sering melakukan gerakan ini akan memiliki bentuk kaki yang lebih ramping.

10. Kundalini


Kundalini adalah posisi yang mengandalkan keseimbangan tubuh. Caranya dengan posisi duduk, lalu secara perlahan angkat kaki ke atas dan tubuh ke belakang. Bertumpulah pada bokong dan rentangkan tangan untuk menyeimbangkan tubuh. Posisi ini membantu proses pembakaran lemak pada bagian perut dan paha, serta merampingkan kaki.

Selain melakukan yoga, anda juga harus selalu menjaga pola hidup dan pola makan sehat untuk membantu proses penurunan bera badan.

Itulah penjelasan tentang Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.