10 Gerakan Yoga untuk Meninggikan Badan dengan Cepat dan Efektif

Posted on

Gerakan Yoga untuk Meninggikan Badan  – Memiliki postur tubuh tinggi memang lebih menarik dan lebih menguntungkan dibandingkan dengan yang memiliki postur tubuh cenderung pendek. Alasan itulah yang biasanya membuat mereka yang memiliki tubuh cenderung pendek ingin memiliki tubuh tinggi. Sehingga melakukan banyak cara untu mendapatkan keinginannya seperti melakukan olahraga ekstra hingga mengkonsumsi berbagai macam jenis obat peninggi badan.

Sebenarnya ada cara sederhanya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tinggi badan yang diinginkan, yaitu dengan melakukan Yoga. Melakukan gerakan yoga secara benar akan membantu anda mendapatkan posrtur tubuh yang ideal, meningkatkan kelenturan dan memperbaiki posisi tulang.

Melakukan yoga secara rutin akan membuat tubuh secara bertahap berangsur normal, sehingga tekanan pada tulang belakang berkurang, sehingga membuat tulang menjadli lebih fleksibel dan tubuh akan menjadi lebih tinggi.

Posisi Yoga untuk Meninggikan Badan

1. Tadasana Pose


Saat melakukan posisi tadasana pose, tubuh ditegangkan dan urus kearah langit. Posisi ini bertujuan untuk meregangkan tulang seluruh tubuh dan bagus untuk memperbaiki postur tubuh.

2. Spinal Flexibility Pose


Gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk sila, pegang pergelangan kaki, ambil nafas kuat-kuat dengan keadaan punggung tegap, saat mengambil nafas rasakan energy seolah-olah menuju ke tulang belakang. Lalu saat menghembuskan nafas, bungkukkan tubuh seolah-olah energi tersebut keluar dari tubuh. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

3. Cobra Pose


Cara melakukan gerakan cobra pose adalah dengan seperti melakukan gerakan Push-up, namun pada bagian ujung kaki diletakkan dilantai, dan jarak kaki tidak terlalu lebar. Perlahan lakukan tolakang dengan kedua tangan, angkat tubuh bagian atas hingga tulang punggung melengkung kearah belakang dan disusul dengan pandangan mengarah keatas.

4. Lying Down by Twisting Body Pose


Lying Down Pose dilakukan dengan cara tidur dilantai dengan posisi tangan melebar kesamping badan sejajar dengan pundak sedangkan posisi satu kaki menekuk dan menempel pada kaki sebelahnya. Posisi tubuh masih tetap lurus dan tengokkan kepala kearah tangan yang melebar kesamping atau berlawanan dengan degan arah tekanan lutut.

5. Virabhadrasana Pose


Virabhadrasana pose dilakukan dengan posisi tubuh berdiirm rentangkan salah satu kaki kedepan, turunkan badan sehingga lutut menekuk, angkat tangan keatas hingga sejajar dengan pundak. Beban tubuh diarahkan kepada satu kaki yang di tekuk ke depan, rasakan otot lutut, tulang pelvis serta punggung meregang dan memanjang. Posisi ini dapat membantu mengencangkan otot paha, otot lengan dan meregangkan tulang belakang.

6. Tree Pose


Tree Pose dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan cara mengangkat kedua tangan lalu tempelkan telapak tangan seperti saedang berdoa, angkat salah satu kaki dan tahan selama kurang lebih 5 menit, aturlah nafas.

7. Triangle Pose


Triangle Pose bertumpu pada keseimbangan tubuh. Lakukan Triangle Pose selama 30 detik setiap pagi sebelum sarapan. Selain bermanfaat untuk meregangkan otot yang juga dapat meninggikan badan, pose ini juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi tubuh, meguatkan lutut kaki, mengatasi sakit leher maupun stress.

8. Cat Pose


Cat pose sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat belum sarapan selama minimal 10 detik. Pose ini bermanfaat untuk membuat tulang belakang menjadi lebi fleksibel dan menguatkan bahu. Gerakan ini juga bermanfaat untuk mengaktifkan organ pencernaan dan membentuk perut dengan cara mengikis timbunan lemak berlebih. Cat pose juga bermanfaat untuk melancarkan proses peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.

9. Seated Forward Bend Pose


Seated Forward Bend pose paling baik dilakukan pada pagi hari sebelum makan, atau tidak tidak sempat anda dapat melakukan pada malam hari 4-6jam sesudah makan. Tahan gerakan ini selama 30-60 detik. Manfaat gerakan Seated Forward Bend yaitu baik untuk stretching tulang belakang dan hamstring. Pose ini juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, mengurangi sakit kepala, mencegah stress, mengatasi tekanan darah serta mencegah insomnia.

10. Sun Salutation Pose


Waktu terbaik untuk melakukan Sun Salutation pose adalah pada pagi hari sebelum terbitnya matahari dan perut dalam keadaan kosong. Sun Salutation pose bermanfaat untuk memperbaiki sirkulasi darah dan memastikan saraf dalam tubuh berfungsi dengan baik. Sun Salutation pose juga dapat menstabilkan aktivitas tiroid, mengurangi stres maupun kecemasan. Secara fisik, asana ini bisa memperbaiki fleksibelitas tulang belakang dan menguatkan otot serta sendi.

Tips Melakukan Yoga untuk Meninggikan Badan

  • Setelah Anda melakukan gerakan-gerakan yoga, berbaringlah dan rasakanlah kebugaran pada tubuh dan mental Anda.
  • Waktu terbaik ketika akan menjalankan latihan gaya yoga ini yaitu 3 jam setelah makan, sebelum tidur dan setelah bangun tidur.
  • Setelah latihan, baiknya minum segelas air yang dicampur dengan satu sendok teh dan gula ditambah seperempat garam.

Itulah penjelasan tentang Gerakan Yoga untuk Meninggikan Badan   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.