10 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Paling Ampuh dan Efektif

Posted on

Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut – Memiliki perut buncit memang membuat kepercaan diri menurun. Lipatan-lipatan pada bagian perut akan membuat penampilan menjadi tidak menarik. Sehingga tidak heran jika banyak orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan perut rata seperti melakukan diet ketat, olahraga extra hingga mengatur pola makan sehat, Namun usaha tersebut kadangkala belum mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain melakukan diet sehat atau pola makan sehat, ada juga perlu melakukan beberapa gerakan yoga yang bermanfaat untuk membakar timbunan lemak dalam perut. Beberapa jenis gerakan yoga ada yang bermanfaat untuk membakar lemak dan menghilangkan gas dalam perut sehingga pencernaan menjadi lancar dan lipatan pada perut dapat berkurang.

Berikut ini beberapa gerakan yang efektif untuk membantu mengecilkan perut.

Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut

1. Tadasana


Gerakan paling awal yang dapat dilakukan untuk membantu mengecilkan perut adalah gerakan Tadasana. Gerakan ini termasuk gerakan awal pada yoga sehingga sangat mudah untuk dilakukan. Cara melakukan gerakan tadasana adalah dengan berdir tegak diatas matras dan letakkan tangan disamping badan. Lalu dalam posisi kaki berjinjit, tarik kedua tangan sambil menarik nafas. Setelah 5 detik kembali ke posisi awal, kaki menapak dan menghela nafas, Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali.

Pose tadasana bermanfaat untuk melatih posisi tubuh tetap tegak secara alami dan membuat otot tubuh bekerja secara seimbang, Posisi ini juga bermanfaat melancarkan sirkulasi darah sealigus mengencangkan otot perut terutama pada posisi menjinjit dan menapak.

2. Vrksasana


Posisi tubuh pada gerakan ini adalah dengan berdiri tegak, kedua kedua tangan berada di samping. Pastikan kedua kaki rapat dan saling bersentuhan. Kemudian taruh telapak kaki kiri ke bagian dalam paha kanan. Lalu tarik tangan ke depan sejajarkan dengan tinggi dada hingga keduanya menempel. Tahan gerakan ini selama 30 detik , lalu ulangi dengan kaki sebelahnya. Lakukan sebanyak 5-10 kali untuk hasil maksimal.

3. Padahastasana


Posisi Padahastasana dilakukan dengan badan tegak kemudian angkat kedua tangan ke atas sambil menarik nafas. Kemudian letakkan kedua tangan ke telapak kaki sambil menghembuskan nafas. Bertahanlah pada posisi ini selama 60 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-10 kali.

Posisi ini bermanfaat untuk mengantarkan oksigen ke otak dan melenturkan otot kaku. Pose ini juga bermanfaatuntuk membantu pembakaran lemak dan mengencangkan otot perut sehingga perut buncit perlahan akan hilang.

4. Paschimottanasana


Gerakan ini dilakukan dengan cara duduk diatas matras dengan kedua kaki lurus kedepan, punggung dalam posisi tegak, kemudian tarik nafas dan kempeskan perut. Setelah itu pegang kedua kaki sembari mencium lutut kaki. Tahan posisi ini selam 60 detik, dan lakukan sebanyak 5-10 kali. Gerakan ini selain ampuh untuk membakar lemak juga dapat menenangkan pikiran.

5. Pavanamuktasana


Gerakan Pavanamuktasana dilakukan dengan cara merebahkan tubuh, lalu secara perlahan tarik nafas dan angkat wajah serta kaki kanan, lalu cium lutut sambil menghembuskan nafas dan pastikan tubuh tetap rata diatas matras. Untuk menyempurnakan gerakan, anda bisa melakukannya dengan 3 tahap. Pertama, kaki kiri dulu sebanyak 5 kali. Kedua, kaki kanan sebanyak 5 kali. Dan ketiga, kedua kaki sebanyak 5 kali. Gerakan ini bisa membantu tubuh lebih lentur, mengolah nafas, dan yang pasti mengecilkan perut buncit.

6. Naukasana


Naukasana dilakukan dengan pertama-tama berbaring diatas matras, rapatkan kedua kaku dan tangan dalam sikap sempurna. Perlahan-lahan tarik nafas dan angkat lengan, kepala, dan bahumu keatas. Setelah itu angkat kaki hingga posisi seperti kapal. Pusatkan beban tubuh pada bagian pusar dan tahan selama 30-60 detik sesuai kemampuan anda. Untuk hasil terbaik ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali. Kontraksi pda gerakan ini bermanfaat untuk membuat otot perut menjadi kencang dan terlatih dengan baik, sehingga tumpukan lemak dalam tubuh bisa terbakar secara optimal.

7. Uttanpadasana


Posisi ini selain bisa mengecilkan perut, juga bisa membuat kaki menjadi lebih jenjang. Gerakan ini dilakukan dengan cara posisi tubuh berbaring diatas matras dengan sikap sempurna, lalu secara perlahan angkat kaki 40 derajat hingga tegak lurus. Tahan posisi selama 60 detik dan turunkan, ulangi gerakan ini minimal 5 kali.

8. Bhujangasana


Bhujangasana adalah gerakan yang mirip dengan ular cobra, selain ampuh untuk mengencangkan otot perut, posisi ini juga bermanfaat untuk membantu mengatasi sakit pinggang. Gerakan ini dilakukan dengan cara tubuh dalam posisi tengkurap dann kaki lurus diatas matras. Letakkan kedua telapak tangan tepat di bawah bahu. Kemudian tekanlah telapak tangan dan angkat tubuh secara perlahan hingga seperti pada gambar sembari menarik nafas. Tahan pada posisi ini selama 60 detik.

9. Marjariasana


Gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh seperti merangkak dengan pergelangan tangan sejajar bahu, posisikan lutut di bawah bahu. Kemudian tarik nafas panjang dan kuatkan otot perut sambil menarik bagian bo’kong ke atas. Tahan posisi ini selama 30 detik dan hembuskan napas sambil mengangkat dagu ke atas dada. Usahakan dalam posisi ini punggung dan bokong lengkung ke bawah.

10. Kumbhakasana


Gerakan Kumbhakasana cukup mudah dilakukan, namun efektif untuk membakar lemak perut. Gerakan ini dilakukan dengan posisi awal tubuh tengkurap diatas matras, dengan kaki dan telapak tangan menempel diatas matras sejajar dengan bahu. Tekuk jari-jari kaki untuk dijadikan penopang kaki. Luruskan kedua tangan sehingga mengangkat tubuh. Pastikan pandangan ketelapak tangan agar otot leher ikut bekerja. Kencangkan dan tahan otot perut agar hasilnya maksimal. Supaya tubuh seimbang, letakkan tangan di lantai dengan jari-jari melebar ya, ladies. Tahan gerakan ini selama 15-30 detik, lalu turunkan lutut dan istirahat 15 detik. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali. Manfaat gerakan postur papan adalah menguatkan otot-otot pada bahu, lengan, punggung, perut, bokong, dan paha.

Tidak harus melakukan diet extra atau mengkonsumsi obat-obatan. Dengan melakukan yoga secara rutin dan mengkonsumsi asupan makan sehat juga dapat membantu mengecilkan perut buncit. Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan manfata lainnya yaitu memiliki perut lebih kencang dan bentuk tubuh yang ideal.

Itulah penjelasan tentang Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.