Gerakan Acroyoga Bagi Pemula Paling Mudah dan Aman Dilakukan Beserta Tips dan Manfaat Acroyoga

Posted on

Gerakan Acroyoga Bagi Pemula – Acroyoga saat ini sedang menjadi tren gaya hidup masyarakat di Indonesia, khususnya para selebritis tanah air. Selain karena gaya hidup, acroyoga juga dapat menajdi alternatif untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal secara alami.

Acryoga adalah salah satu jenis olahraga yang setiap gerakan yang dilakukan mengandung unsur yoga dan akrobatik sehingga lebih menantang untuk dilakukan. Pose-pose dalam acroyoga terlihat sulit untuk dilakukan, butuh keahlian dan kelenturan badan untuk bisa melakukan pose acroyoga dengan benar. Acroyoga lebih mengandalkan kelenturan, kekuatan, kerjasama dan kepercayaan, hal ini karena acroyoga dilakukan dengan berpasangan. Meskipun terbilang sulit, untuk anda yang ingin melakukan acroyoga, berikut ini beberapa gerakan pemula yang bisa anda coba pada acroyoga.

Gerakan Pemula Acroyoga

1. Birdy Pose Acroyoga


Birdy adalah gerakan acroyoga yang harus terlebih dahulu bisa dikuasai oleh pemula. Gerakan ini membutuhkan kelenturan, konsentrasi, dan kepercayaan dengan pasangannya. Birdy pose dilakukan dengan meluruskan tubuh diatas kelapak kaki pasangannya seolah melayang diatas udara seperti burung, dan kedua tangan pada posisi bertumpu pada pasangan dibawahnya.

2. Free Bird Pose Acroyoga


Setelah bisa melakukan birdy pose dan bisa mengatur napas dengan baik, lanjut ke pose free bird. Gerakan pada free bird pose sama seperti gerakan pada birdy hanya saja tangan tidak bertumpu pada pasangan. Saat melakukan acroyoga usahakan tubuh dalam keadaan rileks dan tidak tegang.

3. Boat Pose Pose Acroyoga


Setelah menguasi kedua gerakan diatas, gerakan selanjutnya adalah Boat Pose. gerakan ini masih berawal dari gerakan birdy, namun kedua tangan diayunkan kebelakang untuk memegang kedua kaki. Gerakan ini membutuhkan keseimbangan dan kelenturan pada kaki, tangan dan perut. Latihan acroyoga tidak menggunakan hitungan menit melainkan menggunakan hembusan napas.

4. Flying Camel pose acroyoga


Setelah berhasil melakukan ketiga gerakan sebelumnya, selanjutnya anda bisa menerapakan pose lainnya. Namun disarankan untuk emncoba gerakan yang mudah dahulu seperti flying camel. Flying Camel pose dilakukan dengan cara berbaring menghadap keatap, sedangkan posisi kaki pasangan berada tepat pada punggung anda. Tubuh membentuk lengkungan seperti punuk unta dan kedua kaki lurus ke bawah. Dalam gerakan ini, kedua pergelangan kaki masih dipegang oleh pasangan yang bawah.

Tips Melakukan Acroyoga

Beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melakukan acroyoga sebagai pemula, antara lain:

  1. Lakukan latihan acroyoga dengan pasangan dan hindari melakukan latihan sendiri.
  2. Latihan yoga mengandalakan pengaturan pernapasan, anda bisa mencoba menyamakan pernapasan dengan pasangan. Hal ini bermanfaat untuk membangun koneksi dan emosional antara anda dengan pasangan.
  3. Ketika sudah menguasai satu gerakan, cobalah untuk melakukan pose yang sama namun dari berbagai angel.
  4. Membangun komunikasi yang baik antara anda dan pasangan acroyoga sangat diperlukan untuk membangun kerjasama yang kompak dan kepercayaan.
  5. Salah satu kunci melakukan acroyoga adalah kesabaran. Karena latihan ini dilakukan berpasangan, maka anda harus memiliki kesabaran yang tinggi.

Manfaat Acroyoga

Manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan latihan acroyoga, antara lain:

1. Melatih kekuatan otot
Manfaat paling utama yang didapat dari melakukan acroyoga adalah melatih kekuatan otot seperti pada otot besar. Seperti pada gerakan acroyoga terbang diatas kaki, gerakan tersebut dilakukan karena otot berada diantara perut dan kemaluan diaktifkan sehingga dapat melatih kekuatan otot.
Untuk anda yang ingin melakukan acroyoga namun tidak pernah melakukan olahraga, biasanya otot dalam tubuh menjadi tidak aktif, sehingga anda terlebih dahulu perlu melakukan yoga untuk mengaktifkan kelenturan otot dalam tubuh.

2. Melatih Keberanian
Banyak orang menganggap jika acroyoga menjadi salah satu olahraga yang sulit dan menakutkan untuk dilakukan. Dengan begitu, anda harus memerangi diri sendiri untuk berani melakukan acroyoga. Dengan begitu anda telah berhasil melawan ketakutan yang ada dalam diri sendiri.

3. Membentuk Tulang
Manfaat selanjutnya dari latihan acroyoga adalah utnuk membantu pembentukan tulang. Hal ini karena pada beberapa gerakan acroyoga seperti kayang diatas kaki dengan membuka dada dapat memberikan manfaat menegakan tulang belakang dan mengurangi rasa sakit pada pinggang. Dengan kaki sebagai pondasi membuat gerakan kayang ini semakin sempurna dalam pembentukkan tulang.

4. Menjaga Keharmonisan
Selain untuk kesehatan, acryoga bermanfaat untuk menjaga keharmonisan. Hal ini karena melakukan acroyoga harus berpasangan, seperti dengan suami, istri, keluarga, teman atau sahabat. Acroyoga juga melatih kepercayaan, chemistry, dan komunikasi, dengan begitu hubungan anda dan pasangan akan menjadi lebih harmonis.

5. Mengencangkan Alat Vital
Manfaat acroyoga bagi wanita dapat mengencangkan bagian vital. Hal ini karena gerakan acroyoga dapat dirasakan hingga paha dalam, yang berfungsi untuk mengencangkan bagian alat vital.

6. Melatih Kesabaran
Sama seperti melakukan yoga, pada acroyoga juga bermanfaat untuk melatih kesabaran diri. Untuk itu anda perlu mengatur pernapasan dengan baik.

Itulah penjelasan tentang Gerakan Acroyoga Bagi Pemula Paling Mudah dan Aman  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.