Efek Zombie Flakka, Narkoba Jenis Baru yang Mematikan

Posted on

Efek Flakka, Narkoba Jenis Baru – Flakka adalah jenis Narkoba yang baru-baru ini menghebohkan masyarakat di Indonesia. Flakka memiliki efek samping yang membuat penggunanya berperilaku seperti zombie dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kematian.

Kebanyakan tujuan para penguna mengkonsumsi narkoba adalah karena efek sensasi yang diterima setelah mengkonsumsinya memiliki rasa rileks, terbang dan melayang. Maka tidak heran hingga saat ini narkoba masih menjadi barang haram yang menjadi favorit penggunanya. Meskipun mereka mengetahui efek negatif yang akan diterimanya setelah mengkonsumsi barang tersebut.

namun berbeda dengan narkoba dan jenis lainnya yang memiliki efek menyenangkan, Flakka memiliki efek samping yang lebih parah seperti mengalami paranoid parah dan memberikan efek gelagat seperti orang gila. Efek parah lain dari mengkonsumsi Flakka adalah bertingkah seperti zombie yang hidup tapi mati.

Meskipun memiliki efek yang sangat parah, narkoba jenis flakka ini tetap saja laris dipasaran. Dilansir dari beberapa sumber, narkoba jenis flakka ini dijual dnegan harga yang begitu murah. Di Amerika, barang haram ini dapat dibeli dengan harga sangat murah yaitu sekitar 64 ribu rupiah. Hal tersebutlah yang membuat peredarannya sangat cepat karena setiap orang sanggup untuk membelinya. Flakka dikategorikan dalam daftar narkoba paling murah di dunia.

FLAKKA

Flakka atau pyrrolidinopentiophenone adalah senyawa kimia yang ditemuakan pada tahun 1960 silam. Menurut lembaga obat-obatan terlarang di Amerika, Flakka dapat digunakan dengan cara dihirup langsung, dimakan atau disuntikkan ke dalam darah hingga dinikmati dengan menggunakan alat vaping (rokok elektrik).

Penyalahgunaan narkoba jenis flakka telah menjadi perhatian sejak tahun 2015. Sedangkan di Indonesia, flakka kini baru mulai ramai menjadi perbincangan setelah adanya kasus-kasus penyalahgunaan obat PCC khususnya oleh kaum remaja yang memiliki efek mirip dengan penggunaan flakka.

Berdasarkan data yang ebrasal dari Texas Poison Center Network, Narkoba jenis Flakka mengandung alpha-pyrrolidinopentiophenone dan disingkat Alpha PAP yang diproduksi di China. Dilansir laman Independent, kebanyakan narkoba jenis ini karena itu berasal dari negara tersebut.

Narkoba jenis flakka termasuk dalam jenis katinona memiliki bentuk seperi garam mandi dan telah masuk dalam daftar jenis obat terlarang di Amerika Serikat. Namun berdasarkan data Institut Penanggulangan Narkoba Nasional AS, flakka kadang-kadang disebut dengan gravel karena menyerupai batu kecil, atau biasa juga ditemukan dalam bentuk butiran seperti kristal berwarna merah muda atau putih.

Efek Penggunaan Flakka

Flakka bekerja dengan menstimulasi tubuh layaknya pengunaan kokain dan methamphetamine. Karena harganya yang murah, flakka sangat populer dikalangan pengguna remaja dan mahasiswa. Flakka memberikan efek lebih mengerikan 10 kali lipat dibandingkan dengan kokain.

Efek yang diterima oleh pengguna flakka pertama kalinya akan merasa lebih fokus dan bergairah. Namun, lama kelamaan akan muncul halusinasi dan paranoid, penguna juga akan merasa hyperaktive secara bersamaan. Jantung menjadi lebih cepat berdetak, merasa panik bahkan tidak jarang menyebabkan pengunanya menjadi depresi hingga melakukan tindakan tidak manusiawi dan menyakiti diri sendiri.

Flakka memiliki efek samping yang sangat parah sehingga membuat pengunanya berhalusinasi, berubah lebih ganas sehingga sering disebut sebagai zombie, yang hidup tapi mati.

Flakka mampu meningkatkan suhu tubuh hingga mencapai 104 derajat celcius. Suhu tubuh yang terus meningkat secara drastis menyebabkan pengguna mengalami gagal ginjal hingga kematian.

Narkoba jenis flakka juga mampu meningkatkan tekanan darah sehingga pengguna berresiko terkena serangan jantung, stroke hingga gagal jantung.

Flakka berpotensi menyebabkan efek samping lain yang tak kalah serius pada kesehatan ginjal. Flakka juga dapat menyebabkan otot-otot pecah, sebagai akibat dari hipertermia. Para ahli khawatir bahwa para pengguna flakka yang overdosis mungkin akan menjalani dialisis sepanjang sisa hidup mereka.

Fakta Penggunaan Flakka

Point penting yang menjadi perhatian adalah flakka menyebabkan pengunanya merasa memiliki kekuatan super dan kemarahan yang seakan akan bisa meledak hingga berhalusinasi tinggi.

Kasus flakka pertama kali menjadi ramai karena adanya kasus yang dikaitkan dengan pembunuhan dua orang oleh seroang pemuda di Floridina pada tahun 2004, dan penyelidikan kasus tersebut berlanjut hingga tahun 2015.

Masih di Floridina, seorang pria di Floridina selatan merusak pintu penahan badai dan setelahnya ia mengakui bahwa ia dalam pengaruh penggunaan flakka.

Di Melbourne, Floridina, seorang wanita berlari ditengah jalan dan berteria bahwa dirinya adalah setan, saat dibawah pengaruh flakka.

Selain di Floridina, kasus penyalahgunaan flakka juga telah dilaporkan di Alabama, Missisppi dan New Jersey. Sedangkan di Indonesia, baru-baru telah dihebohkan dengan banyaknya korban dari penyalahgunaan jenis obat PCC.

Lindungi diri anda, keluarga, teman dan sekitar anda dari penyalahgunaan barang haram ini. Jauhi pergaulan yang tidak sehat, hindari penggunaan narkoba jenis apapun karena akan sangat berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain. Terimakasih, smeoga bermanfaat.