Diet Golongan Darah AB : Menu dan Pantangannya untuk Menurunkan Berat Badan EFEKTIF

Posted on

Diet Golongan Darah AB : Menu dan Pantangannya  : Saat ini terdapat berbagai macam jeni diet yang dapat dilakukan untuk anda yang menginginkan memiliki bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Mulai dari diet OCD yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier, hingga melakukan diet golongan darah. Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya mengenai diet golongan darah, kali ini kita akan membahas tentang diet golongan darah AB.

Seseorang dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan antigen B, namun tidak menghasilkan antibodi A dan antibodi B. Golongan darah AB dapat menerima darah A, B, maupun darah O dan tidak menimbulkan efek samping buruk di kemudian hari. Namun golongan darah AB tidak dapat mentransfusikan ke darah apapun kecuali kepada darah AB sendiri.

Karakteristik Golongan Darah AB

Golongan darah AB pada umumnya memiliki karakteristik dan sifat seperti berikut ini:

  • Memiliki kepekaan yang cukup tinggi
  • Memiliki empati yang tinggi
  • Mengingikan cinta yang romantis
  • Memiliki watak yang baik, setia, tulus, namun cuek dan egois
  • Menjunjung tinggi kejujuran dan senang mengkritik
  • Memiliki kecurigaan yang tinggi
  • Tidak suka mencari masalah
  • Ketika marah melampiaskan kemarahannya kepada benda

Golongan darah AB cukup rentang terhadap berbagai masalah kesehatan seperti :

  • Anemia
  • Depresi
  • Alzheimer
  • Penyakit kanker
  • Penyakit jantung
  • Penyakit sistem saraf
  • Komplikais hati dan empedu

Dalam melakukan diet golongan darah AB merupakan diet yang cukup rumit karena menggabungkan dari golongan darah A dan B. Untuk mengetahui apa saja menu yang dapat dikonsumsi dan tips melakukan diet golongan darah AB, berikut ulasannya.

Menu Makan Diet Golongan Darah AB

Contoh Menu Makan

Sarapan
Menu sarapan pagi diet golongan darah Ab disarankan mengkonsumsi 1 buah roti dengan selai keju feta, segelas teh hijau atau air hangat dengan perasan jeruk nipis.

Makan Siang
Menu makan siang diet golongan darah AB disarankan untuk mengkonsumsi salad yang berisi kubis, mentimun, bawang bombai, selada dan mayones, dengan satu gelas teh segar dan potongan buah semangka sebagai makanan penutup.

Makan Malam
Menu makan malam pada diet golongan darah AB disarankan untuk mengkonsumsi nasi dengan lauk ikan mas goreng, dengan satu gelas teh panas atau jus buah. Namun hindari makan malam diatas jam 7 malam.

Tips Melakukan Diet Golongan Darah AB

Diet golongan darah AB dilakukan dengan menyatukan kelemahan yang dimiliki oleh golongan darah A dan B. Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya untuk dikonsumsi dan makanan yang dihindari oleh golongan darah AB.

Daging
Pada golongan darah AB tidak memiliki asam lambung yang cukup untuk mencerna makanan dan melakukan metabolisme pada protein hewani. Jenis daging yang baik dikonsumsi untuk diet golongan darah Ab adalah daging domba, kelinci, dan ayam kalkun. Beberapa jenis daging yang baik dihindari adalah daging sapi, ayam, dan babi. Seperti pada daging ayam dapat menyebabkan penyakit autoimun pada golongan darah AB, maka sebaiknya membatasi konsumsi daging ayam.

Produk Susu
Golongan darah Ab rentan kelebihan lendir sehingga mereka lebih rentan terkena masalah pernapasan seperti infeksi telinga atau sinus. Beberapa jenis produk susu yang sebaiknya dibatasi oleh golongan darah Ab adalah butter, keju Amerika, susu murni, atau keju Parmesan. Hindari juga telur bebek, es krim, dan blue cheese. Sementara, olahan produk susu yang baik dikonsumsi oleh diet golongan darah Ab adalah susu kambing, keju dari susu kambing, dan yogurt.

Buah-buahan
Sebagian besar semua jenis buah-buahan baik untuk golongan darah AB, namun terdapat buah yang sebaiknya dihindari seperti buah mangga, pisang, alpukat, kelapa, belimbing, jeruk dan buah jambu. Buah yang baik untuk golongan darah AB seperti cherry, anggur, kiwi, lemon, nanas, semangka, plum, cranberry, dan grapefruit.

Sayur-sayuran
Golongan darah AB dapat mengkonsumsi semua jenis sayur-sayuran, kecuali jagung, jamur, paprika, acar, dan lobak, yang sebaiknya sedikit dibatasi karena dapat meningkatkan asam lambung.

Minyak
Jenis minyak yang bermanfaat untuk tipe darah AB adalah minyak zaitun dan walnut, Sedangkan minyak yang sebaiknya dihindari adalah minyak bunga matahari, minyak wijen dan minyak kelapa.

Kacang dan biji-bijian
Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik dikonsumsi pada diet golongan darah AB, seperti walnut, kacang tanah, lentil, dan kedelai. Sedangkan beberapa jenis yang sebaiknya dibatasi adalah jenis kacang dan biji-bijian seperti hazelnut, biji labu, biji bunga matahari, dan wijen.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari oleh orang dengan golongan darah AB. Melakukan diet di atas akan membuat tubuh lebih sehat dan menjaga berat badan.

Itulah penjelasan tentang Menu Diet Golongan Darah AB dan Menu Pantangan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.