Diet Dukan – Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Tanpa Rasa Lapar

Posted on

Diet Dukan Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Rasa Lapar – Diet Dukan adalah jenis diet yang dikenalkan oleh Dr.Pierre Dukan seorang ahli nutrisi dan juga spesialis perilaku makan, lewat bukunya yang berjudul The Dukan Diet pada tahun 2000, buku itu pun langsung menempati tempat teratas best seller di Perancis. Dr.Pierre Dukan melakukan penelitian selama 35 tahun untuk mengembangkan proses diet ini dengan baik agar program diet dukan sukses untuk membantu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Katte middleton adalah salah satu publik figur yang sukses menjalankan program diet dukan.

Diet Dukan adalah diet dengan melakukan suatu pola makan tertentu agar tubuh dapat menekan nafsu makan secara alami tanpa merasa kelaparan ketika menjalankannya.

Prinsip pada diet dukan adalah bagaimana menurunkan berat badan dengan cepat dan tidak membuat berat badan kembali naik secepat anda menurunkan berat badan. Pada diet ini anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan selama jenis makanan tersebut ada dalam daftar menu makanan diet dukan. Diet dukan dipercaya mampu menurunkan berat badan sebanyak 10 pon (4,5 – 5 kg) dalam seminggu.

Diet dukan terdiri dari 4 fase makanan secara berbeda yang mengikuti satu sama lain. Fase diet dukan diawali dengan penurunan berat badan dengan cepat, menghasilkan pengaturan makan sederhana, terstruktur, dan berlaku dalam jangka panjang, serta memastikan agar tubuh tidak mendapatkan kembali berat badan yang sudah hilang. Berikut ini 4 fase yang dilakukan pada diet dukan, antara lain:

Fase Diet Dukan

Fase attack

Fase attack adalah fase serangan protein murni dalam artian dalam fase ini diharuskan hanya mengkonsumsi protein seperti protein hewani dan protein nabati, yaitu daging merah, daging unggas, ikan, seafood, dan produk olahan susu bebas lemak. Fase ini berlangsung hingga 3 sampai 10 hari, tergantung dari target anda. Pada fase ini anda juga harus mengimbangi konsumsi air putih 3 liter setiap hari.

Fase ini bertujuan untuk membersihkan kelebihan air dalam tubuh, menurunkan nafsu makan karena saat mengkonsumsi protein tubuh akan memproduksi sel-sel ketonik yang secara alami mampu menekan nafsu makan, dan tetap menjaga bentuk otot dan kehalusan kulit.

Contoh menu fase attack:

Menu Sarapan → kopi atau teh tanpa gula, 1 atau 2 sajian yogurt rendah lemak atau 200gram fromag frais, dan 1 iris daging kalkun atau ham tanpa lemak, atau sebutir telur rebus, atau sebuah pancake dari tepung kulit gandum.
Snack  → 1 sajian yogurt atau 100gram fromage frais bebas lemak.

Makan siang  → sate kerang (atau makanan sari laut lainya), ketam, 1 escalope kalkun, dan satu sajian fromage frais atau sebuah pancake dari tepung kulit gandum.
Snack  → 1sajian yogurt atau 100gram fromage frais bebas lemak=(opsional)

Makan malam  → hati ayam atau sebutir telur rebus, ikan atau kerang,1 sajian yogurt.

Fase cruise

Fase cruise hampir mirip dengan fase attack, hanya saja secara berangsur protein diberi tambahan sayuran. Pada fase ini juga tidak dibolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tepung seperti jagung, kentang, kacang polong, kacang lentil, buncis, dll.

Fase ini dijalankan secara silih berganti hingga mencapai berat badan yang dikehendaki namun penurunan berat badan maksimal 1kg seminggu. Pada fase ini anda dapat memulai dengan makan salad atau sup, diikuti dengan makan daging atau ikan yang ditumis dengan sayuran. Berat badan akan turun sekitar 900gram seminggu.

Fase konsolidasi

Fase ini dilakukan setelah anda mencapai berat badan yang di inginkan, anda dapat kemali kepola makan normal selambat mungkin, namun hindari mengkonsumsi nasi, rotim pasta dan keju secara bertahap.

Setiap penurunan 1kg berat badan lakukan 10 hari konsolidasi. Hal ini bertujuan mencegah anda untuk kembali ke kebiasaan lama dan mengatur keseimbangan dengan tubuh anda yang baru.

Fase stabilisasi

Setelah ase konsolidasi berlalu, berat badan akan mulai stabil. Karena itu anda bebas makan dan minum apa saja yang anda suka.
Anda boleh makan secara normal dengan menerapkan dua aturan:

 → Menetapkan satu hari dalam seminggu untuk mengonsumsi protein murni (disarankan hari kamis) seumur hidup.

 → Makan tiga sendok makan oats dan dedak gandum setiap hari.

Tips Diet Dukan

Berikut ini beberapa tips dan aturan yang dapat dilakukan saat menjalankan program diet dukan, antara lain:

  • Diet dukan mendominasi asupan protein hewani dan nabati dalam tubuh, namun anda juga harus membatasi jumlah asupannya agar tubuh tidak kelebihan protein.
  • Diet dukan membatasi jumlah konsumsi telur, anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi 4 telur utuh dalam seminggu, Namun anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi putih telur kapan saja karena dalam putih telur tidak mengandung kolesterol tinggi.
  • Diet dukan hanya diperbolehkan mengkonsumsi dada ayam rebus tanpa lemak dan dimasak tanpa minyak, untuk menghindari tingginya kandungan kalori.
  • Dianjurkan untuk mengkonsumsi kerang, karena kerang memiliki vitamin yang banyak untuk memulihkan energi dalam tubuh.
  • Diperbolehkan mengkonsumsi daging merah tanpa lemak seminggu sekali.
  • Penggunaan garam pada diet dukan juga harud dibatasi, karena garam mampu meningkatkan berat badan dalam tubuh.
  • Selain mengkonsumsi protein, diet dukan juga harus mengkonsumsi serat agar tubuh tetap sehat. Serat bisa diperoleh dari gandum utuh, sayuran dan buah.

Itulah beberapa peraturan dari diet dukan. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk mengonsumsi banyak air putih di pagi hari untuk meluruhkan lemak di dalam tubuh dan tetap berolahraga secara rutin.

Itulah penjelasan tentang Diet Dukan – Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Tanpa Rasa Lapar . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.