Dampak Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A dalam Tubuh yang Penting Diketahui

Posted on

Dampak Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A dalam Tubuh –¬†Vitamin A memiliki fungsi penting dalam tubuh, selain untuk membantu menjaga kesehatan mata, vitamin A juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, asalkan kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat.

Terlalu berlebihan dan kekurangan konsumsi vitamin A dapat menimbulkan penyakit. Penting untuk kita selalu menjaga keseimbangan vitamin A yang masuk dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk tetap menjaga asupan vitamin A tetap seimbang, dapat dilakukan dengan selalu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta menghindari konsumen suplemen buatan sebagai pengganti vitamin A kecuali atas izin Dokter.

Jumlah Asupan Vitamin A dalam Tubuh

Berdasarkan rekomendasi Institute of Medicine dari The Food and Nutrition Board, berikut ini jumlah vitamin A yang harus dipenuhi dalam sehari berdasarkan RDA (Recommended Daily Allowance).

Takaran jumlah asupan Vitamin A bagi Anak-anak

  • Umur 1-3 tahun : 1000 IU/hari
  • Umur 4-8 tahun : 1.320 IU/hari
  • Umur 9-13 tahun : 2.000 IU/hari

Takaran jumlah asupan Vitamin A bagi Remaja dan Dewasa

  • Laki-laki usia 14 tahun diatas : 3.000 IU/hari
  • wanita usia 14 tahun diatas : 2.310 IU/hari
  • Wanita hamil usia 14-18 tahun : 2.500 IU/hari
  • Wanita hamil usia 19 tahun keatas : 2.565 IU/hari
  • Wanita menyusui usia 19 tahun ke bawah : 4.000 IU/hari
  • Wanita menyusui usia 19 tahun ke atas : 4.300 IU/hari

Contoh tabel kadar kandungan Vitamin A dalam Makanan

Dampak Kekurangan Vitamin A

Dampak paling menonjol ketika tubuh kekurangan vitamin A yaitu terganggunya masalah penglihatan seperti mata kering, gangguan pada kulit dan lebih mudah terserang penyakit karena sistem ada tubuh lemah.

Sedangkan, kekurangan vitamin A dalam tubuh juga dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti cacar air, campak dan gangguan infeksi.

Sementara jika tubuh secara terus menerus kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan karena kurangnya produksi rhodopsin yang menjadi komponen pada retina yang berguna untuk mendeteksi cahaya.

Pada kebanyakan kasus kekurangan vitamin A sering ditemukan di beberapa daera seperti Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan, masyarakat Asia Tenggara mengkonsumsi makanan pokok dari padi yang digiling menjadi beras (yang mengandung sedikit vitamin A).

Kekurangan vitamin A dapat diatasi dengan memberikan vitamin A tambahan sebanyak 20 kali dosis harian yang dianjurkan selama 3 hari. Lalu diikuti dengan memberikan sebanyak 3 kali dosis harian yang dianjurkan dikonsumsi selama 1 bulan. Setelah gejala kekurangan vitamin A hilang, maka penggunaan vitamin tambahan harus di hentikan. Sedangkan jika gejala yang muncul tidak hilang dalam 2 bulan setelah pengobatan, harus segera dievaluasi untuk mengetahui kemungkinan adanya malnutrisi.

Dampak Kelebihan Vitamin A

Kasus kelebihan vitamin A sangat jarang terjadi di Indonesia, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti pusing, rambut rontok, terjadi pembengkakan pada limfa, iritasi kulit, emosi tidak stabil sehingga mudah marah.

Keracunan vitamin A juga dapat saja terjadi, hal ini dikarenakan mengkonsumsi suplemen vitamin A dengan dosis tinggi sehingga menyebabkan keracunan kronis. Dalam jangka panjang keracunan dapat menyebabkan rambut kasar, menipisnya alis, dan bibir pecah-pecah. Bahkan, menumpuknya vitamin A yang sebagian besar (90%) disimpan dalam hati juga akan menyebabkan gangguan hati dan risiko gangguan ginjal.

Untuk itu, sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin A dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin A. Namun jika anda terpaksa mengonsumsi suplemen vitamin A sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah penjelasan tentang Dampak Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.