Dampak Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama yang Penting Diketahui

Posted on

Dampak Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama –¬†Kebiasan menahan kencing pasti kerap kita lakukan terutama ketika sedang berada disituasi yang tidak tepat seperti ditengah kemacetan lalu lintas atau sulit menemukan toilet yang cukup bersih. Padahal seperti kita ketahui jika menahan kencing tidak baik dilakukan karena berbahaya untuk kesehatan.

Menurut dr. Sudung O Pardede, Sp.A(K), menahan kencing merupakan tindakan yang dapat membahayakan kesehatan. Hal tersebut karena pada saat menahan kencing, air yang seharusnya keluar, ditampung dalam kandung kemih. Jika terlalu lama ditahan maka air yang seharusnya dikeluarkan akan bercampur dengan air yang baru masuk. Sehingga jika air dalam kandung kemih sudah penuh maka cairan didalamnya akan naik menuju ginjal. Hal tersebut sangat berbahaya, karena urin mengandung bakteri yang dapat mengakibatkan terjadinya infeksi ginjal bahkan gagal ginjal.

Biasanya setelah menahan kencing cukup lama, urin yang dikeluarkan akan lebih sedikit, malah terkadang disertai rasa nyeri dan ngilu atau disebut dengan anyang-anyangan. Karena itulah, sebaiknya kita membiasakan diri untuk tidak menahan kencing akan membuat kandung kemih sehat. Berikut ini dampak bahaya yang terjadi akibat sering menahan kencing terlalu lama.

Dampak Menahan Kencing Terlalu Lama

1. Infeksi Saluran Kencing
Dampak yang sering terjadi akibat terlalu sering menahan kencing adalah terjadi infeksi saluran kencing yang disebabkan karena tumpukan bakteri di sekitar pembukaan uretra Anda (tabung yang membawa urin dari dalam kandung kemih ke luar) cenderung masuk ke dalamnya ketika Anda tidak buang air kecil cukup sering.

2. Kandung Kemih menjadi Lebih Sensitif
Kandung kemih seseorang memiliki tingkat sensitifitas berbeda-beda yang juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi, namun menahan air kencing dapat membuat kandung kemih menjadi lebih sensitif. Hal ini karena kandung kemih membentang menyesuaikan peningkatan jumlah urin didalamnya, yang menyebabkan sensor menjadi terlalu aktif sehingga menyebabkan anda merasa kencing lebih sering dari biasanya. Hal tersebut juga merupakan tanda umum terjadinya infeksi saluran kencing.

3. Disfungsi buang air kecil
Dampak selanjutnya akibat menahan buang air kecil adalah disfungsi buang air kecil atau sering disebut dengan istilah Lower Urinary Tract Symptomps (LUTS). Biasanya masalah ini muncul ketika anda tidak bisa mengendalikan kandung kemih dan saluran kemih. Sehingga menyebabkan koordinasi yang buruk antara otot kandung kemih dengan utera yang mengakibatkan masalah saat buang air kecil. Beberapa masalah tersebut seperti ngompol, tidak buang air kecil dengan tuntas, hingga kualitas seks menurun.

4. Tidak dapat menahan kencing lagi
Masalah selanjutnya yang terjadi akibat terlalu sering menahan kencing adalah anda tidak bisa lagi menahan kencing, dan biasanya terjadi pada orang sudah berusia lanjut. Sehingga merekan sering mengompol atau langsung buang air kecil pada saat itu juga.

5. Menyebabkan gagal ginjal
Adanya tumpukan kotoran dari urin yang seharusnya dikeluarkan namun ditahan, maka menyebabkan ginjal dapat mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama sehingga mengakibatkan gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah parah, dan tidak bisa disembuhkan. Gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan cara melakukan pendonoran pada ginjal pasiennya.

6. Menyebabkan Batu ginjal
Salah satu masalah yang terjadi karena terlalu sering menahan kencing adalah batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika urin yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan tersebut terjadi karena urin memiliki kandungan kristal-kristal garam yang dapat menggumpal dan mengeras jika bertambah banyak.

Banyaknya dampak buruk yang terjadi akibat menahan kencing, maka sebaiknya mulai sekarang kita menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Itulah penjelasan tentang Dampak Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.