20 Daftar Makanan Penting untuk Kesehatan Wanita Yang Perlu di Perhatikan

Posted on

Daftar Makanan Penting untuk Kesehatan Wanita – Wanita dan Pria diciptakan dengan segala perbedaan, tidak dipungkiri juga dengan jenis makanan yang dikonsumsi keduanya. Secara umum, wasnita lebih banyak membutuhkan asupan kalsium, zat besi, asam lemak omega 3, dan serat dibandingkan dengan pria.

Wanita lebih banyak membutuhkan kalsium, hal ini sangat penting karena kalsium memiliki peran yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, karena wanita lebih rentang untuk terkena masalah tulang seperti osteoporosis.

Zat besi dibutuhkan oleh wanita karena berkaitan dengan beberapa hal seperti sebagai nutrisi dan kebutuhan darah selama siklus menstruasi, dan juga saat sedang mengandung.

Asam lemak omega 3 dibutuhkan untuk ibu hamil karena sangat penting untuk menjaga dan untuk pertumbuhan janin.

Sedangkan serat dibutuhkan wanita untuk mencegah masalah terkait gangguan sistem pencernaan dan kanker payudara.

Makanan Penting untuk Kesehatan Wanita

Untuk mengetahui apa sajakah daftar makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh wanita, simak uraian dibawah ini :

Ikan
Jenis ikan yang berlemak ada pada jenis salmon dan Tuna yang merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan asam lemak omega 3, vitamin D, dan DHA serta EPA yang tinggi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sel dan mencegah kondisi yang berkaitan dengan darah dan jantung. Jenis ikan berlemak dipercaya dapat menjaga kadar estrogen dan mencegah resiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer pada wanita menopause.

Untuk ibu hamil, salmon sangat penting dikonsumsi pada trimester terakhir. Kandungan asam lemak omega 3 nya sangat tinggi yang berperan penting mendukung perkembangan otot dan sistem saraf bayi.

1. Jamur
Jamur dipercaya memiliki efek pada produksi estrogen, hormon yang berperan besar dalam beberapa kanker payudara. Jamur juga memiliki kandungan antioksidan yang berperan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2. Kentang
Kentang adalah sumber karbohidrat yang jika diolah dengan tepat tidak menyebabkan kegemukan. Kandungan vitamin C dan Potassium kentang bermanfaat baik untuk mencegah kerusakan sel, membantu pembentukan kolagen dan mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, kentang mengandung zat patu resisten yang dapat membuat kenyang lebih lama dan membantu mengatur berat badan. Memasak kentang dengan cara direbus atau dikukus lebih bermanfaat dibandingkan dengan digoreng kering.

3. Brokoli
Sayuran berwarna hijau ini banyak mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oelh tubuh. Kandungan zat didalamnya bermanfaat baik untuk membantu mengendalikan jumlah estrogen dan mencegah kanker payudara. Selain itu, brokoli tinggi vitamin C, betakaroten dan mineral lainnya yang bermanfaat baik utnuk membantu dalam produksi sel-sel kulit baru yang sehat, menjaga elastisitas kulit, dan membuat Anda terlihat lebih segar dan muda.

4. Bayam
Bayam mengandung banyak vitamin A, C, dan K, serta mineral, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Kandungan kalsium dan magnesium pada bayam sangat diperlukan oleh wanita yang bermanfaat baik utnuk membantu memperlambat proses pengapuran dan penuaan dini. Kandungan asam folat dan vitamin B pada bayam bermanfaat baik untuk mencegah bayi cacat lahir.

5. Tomat
Tomat merupakan sumber lycopenen dan tinggi antioksidan terbaik yang snagat penting untuk membantu kesehatan wanita dan dalam melawan kanker payudara dan kanker serviks bagi wanita dan kanker prostat bagi pria.

Kandungan Polyphenol dalam tomat membantu mengencerkan darah secara alami yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

6. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan tinggi lemak yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan dan membantu mengurnagi lemak diperut. Asam lemak membantu mengendalikan resiko penyakit jantung dan keseuburan. Alpukat juga mengadnung protein, asam folat, vitamin B6, E, dan K, serta mineral lainnya yang membuat buah lezat ini menjadi power fruit dalam diet Anda.

7. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan, protein, asam folat, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Secara umum, semua jenis kacang adalah sumber nutrisi yang baik, tetapi beberapa di antaranya secara khusus bermanfaat bagi wanita. Mengkonsumsi kacang-kacangan juga dipercaya dapat membantu sistem reproduksi untuk wanita dalam masa program hamil.

8. Telur
Telur adalah sumber protein bagi tubuh. Pada bagian kuningnya memiliki kandungan kolin yang bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker payudara, serta kandungan antioksidannya yang dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

Namun untuk penderita penyakit jantung, disarankan untuk menghindari kuning telur karena dapat meningkatkan serangan jantung dan stroke.

9. Yogurt Yunani
Yogurt Yunani memiliki dua kali protein dibandingkan dengan jenis produk yogurt biasa. Yogurt adalah sumber kalsium dan kaya bakteri baik yang bermanfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

10. Flax Seed
Flax Seed adalah biji-bijian dengan bentuk pipih kaya asam lemak omega 3 yang bermanfaat baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker payudara. Flax Seed juga memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada sendi-sendi tubuh atau arthritis. Flax Seed juga berkhaisat untuk meringankan sindrom iritasi usus besar.

11. Cranberry
Mengkonsumsi jus cranberry setiap hari bermanfaat baik untuk terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing, kanker payudara dan penyakit jantung.

12. Kacang Kenari
Kacang Kenari memiliki kandungan Asam lemak omega-3, antioksidan dan phystosterols yang berkhaisat untuk mengurangi resiko kanker payudara.

13. Biji gandum
Masalah PMS, pemulihan tubuh pra dan pasca melahirkan dapat diatasi dengan mengkonsumi biji gandum. Biji gandum kaya vitamin B dan asam folat yang juga ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

14. Susu
Susu merupakan sumber kalsium yang jika dikombinasi dengan vitamin D berkhasiat untuk mencegah osteoporosis. Susu baik dikonsumsi oleh wanita pada semua umur.

15. Apel
Selain mengandung antioksidan untuk kekebalan tubuh, ternyata apel juga sangat baik untuk mempertahankan berat badan ideal, hal ini karena pemanis yang terkandungnya masuk secara bertahap sehingga mengontrol nafsu makan.

16. Coklat
Coklat memiliki kandungan theobromin yang dapat membantu mengaktifkan zat rasa senang dan mengatur zat stress sehingga mampu mengatasi gejala PMS. Coklat juga mampu mengurangi berat badan dan mencegah diabetes . Ternyata coklat juga dapat meningkatkan kecerdasan dan menambah anda untuk berkonsentrasi, flavonol yang terdapat pada coklat hitam membuat kita lebih cerdas.

17. Jeruk
Selain memang sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan wanita. Vitamin C dalam jeruk juga berperan penting untuk ibu hamil. Vitamin C dalma jeruk dapat membantu kekebalan tubuh ibu hamil, sedangkan asam folatnya penting untuk membangun sel-sel tumbuh kembang janin. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan senyawa yang dapat menjaga dinding pembuluh darah sehingga dapat membantu mengurangi peradangan selama kehamilan.

18. Buah Bit
Buah bit memiliki kandungan pigmen betalain yang bersifat antioksidan, anti inflamasi dan kemopreventif. Betalain dalam buah bit berperan juga untuk membantu melawan peradangan, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kadar serotonin, dan meningkatkan suasana hati.

19. Paprika
Paprika kaya akan vitamin C yang berperan baik untuk kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebaln tubuh. Hal ini sangat penting agar kulit tetap terlihat cantik dan tubuh tetap terasa bugar.

20. Daun mint
Daun mint mengandung vitamin K, zat besi, dan asam folat. Nutrisi ini berguna untuk menghindarkan tubuh dari anemia karena masa menstruasi yang berat serta mencegah insomnia.

Konsumsi jenis makanan diatas setiap hari dalam segala bentuk olahan tanpa mengurangi atau menghilangkan nutrisi yang ada didalamnya agar anda merasakan manfaatnya untuk kesehatan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Daftar Makanan Penting untuk Kesehatan Wanita yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..