24 Daftar Makanan Penting untuk Kesehatan Pria Yang Perlu di Perhatikan

Posted on

Daftar Makanan Penting untuk Kesehatan Pria¬† –¬†Melakukan aktivitas setiap hari selalu membutuhkan kesehatan tubuh yang selalu prima dan bugar, hal tersebut selalu menjadi prioritas utama yang harus selalu diperhatikan. Terkhusus untuk pria, kesehatan tubuhnya selalu membutuhkan perhatian penting yang harus selalu dijaga dan tidak boleh diabaikan. Hal tersebut dikarenakan, pria cenderung lebih melakukan pekerjaan yang relatif lebih berat dibandingkan dengan wanita. Namun kebanyakan dari pria tidak mempermasalahkan dan cenderung mengabaikan berbagai aturan hidup sehat serta tidak terlalu repot dengan berbagai aturan untuk kondisi kesehatannya terutama mengenai jenis makanan yang harus dikonsumsi.

Untu pria, mengkonsumsi jenis makanan yang sama dengan wanita mungkin tidak selalu membuat tubunya merasa bugar dan sehat. Hal tersebut disebabkan pria dan wanita membutuhkan nutrisi yang berbeda agar tubuh berfungsi dengan baik. Serta resiko kesehatan yang dialami pria dan wanita juga berbeda.

Hal tersebut berdasarkan pernyataan dari ahli gizi asal Bangalore, India, dokter Anju Sood mengelaborasi tentang perbedaan mendasar antara pria dan wanita. Menurutnya, ” Perbedaan utama antara tubuh laki-laki dan tubuh perempuan adalah bahwa massa otot di tubuh laki-laki lebih tinggi daripada pada wanita. Dengan demikian, makanan yang kaya protein adalah merupakan keharusan bagi pria. Jumlah kalori juga harus lebih tinggi, bergantung pada pada tingkat aktivitas fisik masing-masing individu. Lalu, karena pria mereka membutuhkan lebih banyak protein, maka mereka memerlukan tambahan vitamin dan mineral untuk mencernanya.”

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Pria

Berikut jenis makanan yang dapat membantu melindungi Anda dari masalah kesehatan pria :

1. Labu
Labu memiliki kandungan seng yang tinggi, sehingga berkhasiat baik untuk membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

2. Bayam
Bayam tinggi kandungan zat besi, vitamin K, dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pria. Selain itu bayam juga mengandung beta-karoten (vitamin A) yang penting untuk penglihatan.

3. Kacang Almond
Almond tinggi kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh dan salah satu cemilan banyak manfaat untuk pria. Konsumsi kacang almond setidaknya 8-10 butir almond setiap harinya untuk mendapatkan khasiatnya.

4. Kedelai
Kedelai tinggi zat besi dan kalsium yang berperan penting untuk pria yaitu menambah dan memperbaiki kekuatan tulang.

5. Tomat
Tomat adalah buah yang mengandung potassium. vitamin C dan Serat tinggi yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung bagi pria.

6. Kacang Pistachio
Jadikan kacang Pistachio sebagai cemilan alternatif yang sehat, karena Kacang Pistachio mengantung tinggi protein yang diperlukan pria. Selain itu Kacang Pistachio juga baik untuk jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

7. Kubis
Kubis mengandung vitamin K dan non kolesterl yang sangat baik untuk kebugaran tubuh pria. Tambahkan irisan kol segar dalam saatu mangkuk salad untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

8. Tiram
Tiram lbih tinggi kandungan zinc dari pada jenis makanan lainnya. Zinc adalah mikronutrien yang penting untuk kesehatan prostat. Tubuh tidak dapat memproduksi zinc secara alami, karena itu konsumsi tiram penting untuk mejaga asupan zinc dalam tubuh agar terhindar dari masalah prostat.

9. Kacang Kenari
Kacang kenari memiliki kandungan asam lemak omega-3, antioksidan, dan fitokimia, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Nutrisi tersebut bermanfaat baik untuk membantu menangkal depresi dan mempertahankan fungsi kognitif. Kenari juga melawan stres oksidatif dan peradangan yang terjadi secara alami dengan penuaan.

10. Susu Coklat
Tubuh pria membutuhkan asupan nutrisi untuk pemulihan otot dan cairan setelah melakukan gym. Susu cokelat dapat anda jadikan sebagai minuman yang efektif untuk pemulihan. Susu cokelat juga memberikan cairan dan natrium yang dibutuhkan untuk membantu dalam pemulihan pasca-olahraga. Studi merekomendasikan minum susu cokelat segera setelah olahraga dan dua jam kemudian.

11. Strawberry
Strawberry memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi baik untuk menjaga dan meningkatkan fungsi dari organ otak, sehingga buah ini sering dijadikan sebagai salah satu buah yang menyehatkan bagi pria.

12. Brokoli
Brokoli adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, kalium serta sulforaphane yang mana berfungsi untuk mencegah kanker prostat, menyehatkan organ jantung dan menghindarkan dari penyakit stroke.

13. Gandum
Gandum adalah salah satu makanan tinggi serat, mineral dan vitamin yang berfungsi baik untuk menjaga kesehatan organ jantung serta membangun massa otot bagi para pria.

14. Ikan
Aneka jenis ikan laut seperti Tuna, Salmon dan Sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin D. Asam lemak omega 3 bermanfaat baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah kanker prostat. Sedangkan vitamin D nya berfungsi baik untuk menangkal penyakit kanker, hipertensi, pengeroposan tulang serta diabetes tipe 2.

15. Jeruk
Jeruk tinggi kandungan vitamin B-9 yang sangat baik untuk membantu memperbaiki aliran darah dalam tubuh.

16. Ubi
Ubi khususnya ubi ungu dan ubu kuning memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga bermanfaat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

17. Kiwi
Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C nya yang bermanfaat baik untuk melancarkan aliran darah dan membantu melawan kecemasan pada pria.

18. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi baik sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penyakit.

19. Mustar
Mustar adalah jenis tanaman rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi. Mustar tinggi kandungan folat yang sangat baik untuk membantu penurunan berat badan. Selain itu penggunaan minyak mustar untuk memasak juga bermanfaat baik untuk membantu kerja liver tetap stabil.

20. Kacang Mete
Kacang mete merupakan tinggi sumber magnesium yang bermanfaat baik untuk membantu mempertahankan otot tubuh.

21. Daging merah
Daging merah memiliki kandungan tinggi protein dan rendah lemak dibandingkan dengan dada ayam. Daging merah merupakan salah satu sumber baik seperti asam amino yang bisa membantu membangun otot.

22. Jahe
Jahe memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan pria, yaitu dnegan membantu meredakan peradangan dalam tubuh, dan membantu mengurangi sakit akibat cidera otot saat melakukan olahraga.

23. Olahan Susu
Olahan susu seperti yoghurt atau susu murni berperan sebagai sumber lain dari leucine, dan asam amino yang berguna untuk membangun otot pria. Susu dan yogurt juga mengandung kalsium, protein, kalium dan juga bakteri baik yang membuat usus sehat.

24. Buah dan Sayuran
Buah dan sayur yang tinggi kandungan serat dan fitronutrieny berperan untuk membantu melindungi jantung, melawan kelelahan dan membuat situasi mood menjadi baik. Mengisi setengah dari piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran setiap kali makan. Setengahnya lagi untuk biji-bijian dan protein berkualitas baik, seperti kacang dan kacang-kacangan, ikan dan unggas dalam jumlah sedang, daging merah sesekali, dan susu akan membuat tubuh pria menjadi lebih sehat dan bugar.

Konsumsi jenis makanan diatas setiap hari dalam segala bentuk olahan tanpa mengurangi atau menghilangkan nutrisi yang ada didalamnya agar anda merasakan manfaatnya untuk kesehatan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Daftar Makanan Penting untuk Kesehatan Pria yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..