25 Daftar Makanan Peningkat Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil Efektif Terbukti

Posted on

Daftar Makanan Peningkat Kesuburan Wanita  – Pasangan yang baru saja menikah pastinya berharap ingin segera merasakan mendapatkan tanda-tanda kehamilan, terutama bagi wanita. Anak merupakan anugerah Tuhan yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Namun, terkadang wanita belum dapat merasakan gejala kehamilan meskipun mereka telah lama menikah. Ada beberapa penyebab kesulitan untuk hamil, seperti kandungan lemah, adanya riwayat penyakit pada rahim atau alat reproduksi, kemandulan dan beberapa penyebab lainnya. Namun kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara metode dan usaha yang dilakukan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menunjang dan merangsang kesuburan bagi wanita.

Pada intinya, makanan yang baik untuk kesehatan sudah pasti baik untuk kesuburan. Namun yang perlu diperhatikan adalah pola makan yang seimbang dan pemilihan jenis makanan yang tepat, serta memperhatikan agar manfaat untuk kesuburan tidak mubazir.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk kesuburan wanita, antara lain:

Makanan Untuk Kesuburan Wanita

1. Biji Labu
Biji labu tinggi kandungan zat non-heme, yaitu sejenis zat besi yang hanya ada dibeberapa makanan tertentu. Secara teratur mengkonsumi suplemen zat non-heme memiliki 40% lebih mudah untuk hamil dibandingkan wanita yang kekurangan zat besi ditubuhnya. Untuk mengkonsumsinya, panggang biji labu dalam oven hingga kering lalu buat sebagai cemilan renyah yang bermanfaat untuk merangsang kesuburan anda.

2. Pisang
Pisang tinggi akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 merupakan vitamin yang sangat penting dalam proses pembuahan, karena vitamin tersebut berfungsi untuk mengatur hormon. Sedangkan, kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan menyebabkan pertumbuhan sel sperma dan sel telur terganggu.

3. Asparagus
Asparagus memiliki kandungan Asam Folat. Asam Folat memiliki peran yang penting untuk membantu mengurangi resiko kegagalan ovulasi. Untuk itu wanita disarankan mengkonsumsi asparagus atau suplemen tinggi asam folat ketika sedang melakukan program hamil.

4. Kerang-kerangan
Kerang memiliki nutrisi penting yang berperan penting untuk progam kehamilan yaitu vitamin B12. Vitamin B12 bermanfaat membantu memperkuat lapisan endometrium dalam pembuahan sel telur, sehingga mengurangi risiko keguguran. Sedangkan kekurangan vitamin B12 dan kadar estrogen yang abnormal dapat mengganggu implantasi telur ketika dibuahi.

5. Telur
Telur memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Telur juga memiliki kandungan protein tinggi yang berperan untuk mrmbuat sel telur tidak cepat rusak.

6. Kacang Almond
Kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, selain itu kandungan antioksidan dalam kacang almond juga berperan untuk menjaga DNA pada sel telur agar tetap sehat dan kesehatan anda tetap terjaga.

7. Buncis
Buncis mengandung protein nabati yang cukup tinggi, oleh karena itu baik untuk kesuburan jika Anda sering mengkonsumsinya. Anda dapat mencampurkan buncis dalam salad atau dengan membuatkan sebagai tumisan atau sayur kegemeran anda.

8. Minyak Zaitun
selain sangat baik untuk mengatasi masalah kecantikan kulit, minyak zaitun juga memiliki peran yang baik untuk kesuburan wanita. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat mencegah gangguan ovulasi dan gangguan pembuahan. Karena itulah minyak zaitun sangat baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang melakukan program hamil.

9. Tauge
Tauge telah dikenal banyak orang sebagai makanan yang membantu wanita agar cepat hamil. Hal ini karena dalam tauge terdapat kandungan asam folat dan kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat baik untuk meningkatkan produksi hormon estrogen. Jenis tauge yang terkenal untuk meningkatkan kesuburan adalah jenis tauge kacang hijau. Selain meningkatkan kesuburan, tauge juga bermanfaat baik untuk menjaga perkembangan janin dalam rahim.

10. Kentang
Kentang memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang berkhasiat untuk membantu meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, kandungan vitamin B dan vitamin C pada kentang juga dapat membuat sel telur menjadi baik dan sehat. Kentang juga menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah morning sicness pada masa hamil muda.

11. Brokoli
sayuran yang memiliki warna hijau gelap ternyata memiliki kandungan asam folat dan tinggi zat besi. Salah satunya adalah brokoli, selain itu brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk pematangan sel telur dan proses ovulasi. Tidak hanya baik dikonsumi untuk wanita yang sedang mengikuti program hamil, brokoli juga baik dikonsumsi untuk menutrisi tubuh anda.

12. Roti Gandum
Roti gandum biasanya dikonsumsi untuk membantu kontrol gula darah, karena roti gandum tinggi kandungan karbohidrat yang sangat baik untuk menjaga insulin. Namun, tahukah anda? jika kadar insulin juga dapat berpengaruh pada kehamilan? Kadar insulin yang tinggi dalam tubuh dapat mempersulit kehamilan. Maka dari itu, mengkonsumsi roti gandum merupakan cara terbaik untuk menjaga gula darah sehingga dapat mempercepat proses kehamilan.

13. Lemon
Lemon tinggi kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada lemon juga dapat membantu pelepasan telur dari ovum dengan baik. Oleh karena itulah, lemon dapat dijadikan buah yang dapat dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalankan program hamil.

14. Salmon
Anda yang sedang menjalani program hamil, disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon. Ikan salmon mengandung omega tiga dan nutrisi penting lainnya yang sangat penting untuk kesuburan wanita. Selain itu Ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi hingga baik untuk pertumbuhan anak-anak.

15. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan selenium dan mineral yang bisa mencegah keguguran dini dan juga bisa membantu Anda yang ingin segera hamil. Anda dapat mengkonsumsi bawang mentah secara langsung atau dengan menggunakan bawang putih pada bumbu masakan untuk mendapatkan manfaatnya.

16. Cabai
Cabai ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan bahkan bisa untuk mempercepat kehamilan. Cabai juga meningkatkan aliran peredaran darah dan memastikan jika darah juga sampai ke sistem reproduksi, cabai juga membantu meningkatkan produksi hormon endrofin sehingga menyuburkan kandungan wanita.

17. Kubis
Kubis bisa membantu meningkatkan kesuburan Anda,karena kubis mengandung zat yang berperan penting dalam metabolisme hormon estrogen. Anda yang sedang melakukan program hamil sebaiknya konsumsi kubis lebih sering.

18. Buah Berry
Berbagai macam buah berry seperti strawberry, bluberry, rasberry, dan lain-lainnya memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan seperti mencegah pertumbuhan kanker dan tumor. Buah berry juga termasuku jenis buah yang tinggi antioksidan. ntioksidan yang tinggi dalam buah-buahan berry ini dapat menjaga kesehatan sel telur dan juga bisa mencegah terjadinya keguguran. Ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini 3 kali seminggu, Anda bisa mengolahnya sebagai smoothie atau dicampur dengan sallad buah untuk meningkatkan kesuburan anda.

19. Jahe
Untuk program kehamilan jahe juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah penyakit pada sistem reproduksi Anda dan berdampak pada kesehatan sel telur. KOnsumsi wedang jahe secara rutin, selain menghangatkan juga bermanfaat untuk kesuburan.

20. Kayu Manis
Kayu manis terkenal dengan banyaknya manfaat yang baik untuk kesehatan, tak terkecuali juga untuk kesuburan wanita. Kayu manis bisa memperbaiki fungsi dari ovarium dan mendorong produksi sel telur yang akan berdampak pada kesehatan kandungan Anda. Ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi rempah satu ini ¼ sendok teh setiap harinya, Anda bisa mencampurkannya dengan roti bakar, sereal, atau bubur yang Anda makan.

21. Olahan susu
Anda yang sedang menjalankan program kehamilan ada baiknya perbanyak mengkonsumsi olahan susu seperti susu murni, yoghurt, maupun keju. Hal ini karena produk susu adalah sumber protein tinggi yang bermanfaat baik untuk meningkatkan kesuburan. Jika anda alergi terhadap oleahan susu sapi, anda dapat menggantinya dengan produk susu kedelai.

22. Daging Merah
Sumber utama protein adalah daging, selain sebagai sumber tenaga, daging juga baik untuk pertumbuhan. Mengkonsumsi daging emrah bermanfaat baik untuk meningkatkan kemampuan untuk menyuburkan kandungan wanita maupun memperbaiki kualitas sperma pria. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi lebih berisiko untuk menderita kemandulan dibandingkan mereka yang kebutuhan zat besinya tercukupi. Kandungan zat besi dalam daging merah sangat berguna menurunkan risiko kemandulan yang timbul dalam proses ovulasi. Zat besi membantu meningkatkan sel darah merah, selain juga mengurangi ancaman anemia. Daging merah juga mendukung ovulasi serta sangat efisien dalam membantu proses pembelahan sel.

23. Madu
Madu menjadi salah satu obat yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Madu juga memiliki kandungan yang sangat mudah dicerna dalam darah yang juga bermanfaat unuk menjaga vitalitas tubuh menjadi lebh baik karena sel-sel darah dalam tubuh semakin sehat.

24. Kurma
Kurma memiliki sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesuburan pria dan wanita, beberapa nutrisi tersebut seperti folat, zat besi, protein, kalium dan lainnya. Anda dapat mengkonsumsi beberapa olahan kurma seperti sari kurma, serbuk kurma, atau kurma muda untuk membantu meningkatkan kesuburan.

25. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan terbaik untuk merangsang kesuburan wanita. Kacang-kacangan adalah tinggi sumber protein yang sangat baik untuk kesuburan anda. Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang banyak mengkonsumsi protein nabati tidak mengalami kesulitan untuk hamil dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak mengkonsumsi protein hewani yang 39% lebih sulit untuk hamil. Untuk itu, cobalah memasukan kacang-kacangan sebagai makanan harian anda.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Daftar Makanan Peningkat Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..