31 Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami dan Aman Dilakukan

Posted on

Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami  – Mata minus atau mata rabun adalah salah satu gangguan pada organ mata yang membuat seseorang tidak dapat melihat dengan baik. Menderita mata minus dapat menyebabkan banyak aktivitas yang terhambat, contohnya olahraga. Ada beberapa hal yang menyebabkan mata minus seperti terlalu banyak melakukan aktivitas di tempat minim cahaya seperti membaca di tempat yang redup, menonton dari jarak yang dekat, memakai komputer dalam waktu lama dan berbagai aktivitas lainnya.

Masalah mata minus masih bisa disembuhkan dengan melakukan beberapa tindakan seperti operasi lasik, latihan mata atau dengan beberapa cara lainnya. Namun, tidak semua orang berani melakukan tindakan tersebut, sehingga mereka lebih memilih menggunakan cara alami untuk menyembuhkan mata minus.

Gejala Mata Minus

Terdapat beberapa gejala yang umum dialami oleh penderita mata minus, seperti:

  1. Sering timbul rasa sakit kepala.
  2. Sensitif ketika melihat cahaya pada malam hari.
  3. Sering mengedipkan mata atau menggosokkan mata.
  4. Fokus mata yang tegang dapat membuat mata menjadi juling.
  5. Mata terasa tertekan ketika berusaha untuk melihat secara fokus pada suatu objek.
  6. Pandangan mata menjadi kabur saat melihat objek yang letakkan jauh meskipun mata sudah berusaha untuk fokus.
  7. Penglihatan mata bertambah buruk saat malam hari seperti pada saat berkendara atau terkena lampu kendaraan.

Penyebab Mata Minus

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mata minus, antara lain:

1. Faktor Etnis
Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa persentase penderita minus paling ditemukan pada orang Asia yaitu sebesar 70-90%, kedua pada orang Eropa atau Amerika yaitu sebesar 30-40%, dan terakhir pada orang Afrika yaitu sebesar 10-20%.

2. Faktor Keturunan
Jika dalam keluarga anda memiliki riwayat mata minus dan menggunakan kaca mata, maka ada kemungkinan besar anda juga memiliki riwayat mata minus. Karena faktor genetik menjadi penyebab paling tinggi memiliki mata minus.

3. Faktor Kesehatan
Sering mengkonsumsi berbagai macam jenis obat-obatan karena suatu penyakit, juga menjadi salah satu faktor penyebab memiliki mata minus.

4. Kebiasaan Buruk
Faktor penyebab mata minus lainnya adalah memiliki kebiasaan pola hidup buruk yang dilakukan setiap hari.

5. Kurang Istirahat
Faktor penyebab mata minus lainnya adalah kebiasan begadang atau kurang tidur yang menyebabkan mata kelelahan sehingga kinerja mata menjadi menurun sehingga menimbulkan mata minus.

Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Herbal

1. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Daun Sirih
Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk juga untuk mengatasi masalah mata minus. Cara menggunakan dan sirih untuk mata minus juga cukup mudah yaitu dengan cara bersihkan daun sirih lalu tempelkan pada kelopak mata saat tidur dan lakukan secara teratur. Jika cara ini dilakukan secara teratur maka secara berangsur mata minus dapat kembali pulih.

2. Konsumsi campuran Jus Buah
Membuat jus dengan campuran buah juga bermanfaat untuk megurangi mata minus jika dilakukan secara rutin selama 6 bulan berturut-turut. Campuran jus buah tersebut seperti mencampurkan buah bit, wortel , belimbing sega, lalu mixer semua bahan dan ambil sarinya. Konsumsi jus ini 2x sehari secara rutin untuk hasil maksimal.

3. Kompres Air Hangat
Cara selanjutnya untuk membantu mengatasi mata minus adalah dengan menggunakan air hangat. Mengkompreskan air hangat pada mata bermanfaat untuk membuat rileks dan menghilangkan urat berwarna merah pada bola mata.

4.  Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Alpukat
Alpukat juga memiliki manfaat untuk mengatasi mata minus, hal ini karena alpukat memiliki kandungan lutein yang berfungsi untuk mengurangi resiko mata terkena gangguan mata minus atau mengobati mata minus secara bertahap.

5. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Amla
Amla atau gooseberry India atau Phyllanthus emblica yang dalah bahasa jawa dikenal dengan buah kemlaka memiliki kandungan anti bakteri serta antiviral serta menjadi sumber vitamin C tinggi yang akan membantu mengurangi mata minus dengan cara berperan sebagai tonik mata. Mengkonsumsi buah amla secara rutin dapat membantu mengurangi masalah mata minus.

6. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Eyebright
Eyebright adalah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai tanaman untuk pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah mata yang aman untuk digunakan. Kandungan nutrisi yang ada pada Eyebright bermanfaat untuk membantu mata minus, mata merah, mata plus, radang kelopak mata, katarak serta penyakit mata kronis lainnya.

7. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Bunga Kitolod
Bunga kitolod atau sering dikenal dengan bunga jangar atau bunga bintang lima adalah jenis tanaman semak yang biasa tumbuh liar. Tanaman ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti mata minus, mata plus, mata silinder, rabun jauh, rabun dekat, katarak dan beberapa masalah mata lainnya.

8. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Buah Takokak
Buah tekokak adalah tanaman yang memiliki buah berukuran kecil berwarna hijau mirip dengan buah leunca. Buah takokak memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah mata minus secara alami. Dengan mengkonsumsi buah takokak 5 sampai 10 buah setiap hari selama satu bulan, akan mendapatkan hasil maksimal untuk mengatasi masalah mata minus.

9. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Ekstrak Biji Keben
Keben adalah sejenis pohon yang tumbuh wilayah tropika, sejenis tanaman berkayu lunak dengan biji yang memiliki kandungan saponin, asam galat, monosakrida, triterpneoid, asam bartogenat, asam 19-epibartogenat serta asam anhidrobartogenat yang sangat baik untuk menyembuhkan mata minus. Ekstrak dari biji keben ini dapat menyegarkan saraf optik yang melemah sehingga mata minus bisa kembali normal dengan cara memakai ekstrak biji keben untuk obat tetes mata yang dilakukan sebanyak 2 kali sehari sebanyak 2 tetes.

10. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Daun Kelor
Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi masalah mata minus. Hal ini karena daun kelor memiliki banyak nutrisi serta antioksidan seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin D, vitamin C, vitamin B7, vitamin B6, vitamin B3, vitamin B1, vitamin B2, magnesium, tembaga, kalium, kalsium, seng, mangan dan besi yang merupakan kandungan paling dibutuhkan untuk kesehatan mata khususnya mata minus. Mengkonsumsi ekstrak biji daun kelor terbukti ampun berperan sebagai antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

11. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Binahong
Tanaman binahong atau sering disebut dengan gondola sering dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Mulai dari bagian batang, umbi dan daunnya bisa digunakan untuk pengobatan herbal seperti mengatasi mata minus, penyakit jantung, masalah kulit dan penyakit lainnya. Cara menyembuhnya mata minus dengan daun binahong adalah dengan mengkompreskan tumbukkan daun binahon pada mata selama beberapa menit.

12. Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Jus Wortel
Wortel mengandung beberapa jenis senyawa termasuk vitamin A yang bagus dalam menjaga kesehatan mata dan tentunya hal ini juga akan berdampak positif pada mata minus anda. Mengkonsumsi jus wortel dengan tambahan anggur minimal 2-3 sehari secara rutin dapat membantu mengurangi masalah mata minus.

Cara Mengurangi Mata Minus

Selain menggunakan cara-cara herbal seperti diatas, anda juga dapat menggunakan beberapa cara berikut ini untuk menunjang keberhasilan mengatasi masalah mata minus.

  1. Operasi lasik.
  2. Lepas kacamata jika tidak digunakan
  3. Sering mengganti objek pandangan anda
  4. Pijatlah titik-titik di sekitar mata Anda.
  5. Latih mata dengan melihat benda-benda yang bergerak.
  6. Mengkonsumsi nutrisi untuk mata atau suplemen mata
  7. Sering-sering menatap objek yang jauh, terutama yang berwarna hijau.
  8. Istirahatkan mata Anda dengan menggunakan teknik eye palming.
  9. Biasakan untuk menyisihkan waktu 15 menit setiap jamnya untuk mengisitirahatkan mata.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..