13 Cara Mengobati Penyakit Liver Secara Alami dengan Cepat 100%

Posted on

Cara Mengobati Penyakit Liver –┬áLiver adalah salah satu bagian dalam tubuh yang sering disebut sebagai hati. Liver merupakan organ yang sering dilupakan perhatiannya dalam menjaga kesehatan. Liver memiliki fungsi yang berat dalam tubuh karena liver bertanggung jawab pada lebih dari 500 fungsi yang berbeda.

Liver berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menyimpan vitamin, mengkontrol kolesterol serta manjaga metabolisme lemak dan mengatur hormon. Maka dari itu, jika fungsinya terganggu maka dapat menyebabkan penyakit liver, hal tersebut berdampak pada tubuh yang akan mengalami kelemahan karena tubuh tidak lagi menyerap racun dengan baik.


loading...

Penyakit liver terjadi karena adanya infeksi virus/ bakteri yang ada pada hati yang menyebabkan hati tidak dapat bekerja secara maksimal sebagai metabolisme tubuh. Setiap orang memiliki resiko terkena penyakit liver, baik anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Orang yang terkena penyakit liver biasanya membuat penderita sakit kuning yang disertai dengan lesu, lelah, lemah, lunglai dan letih.

Penyebab penyakit dapat dikarenakan adanya kelainan hati dari bawaan lahir atau adanya infeksi virus atau bakteri, faktor makanan serta gangguan pada proses metabolisme. Penyakit liver memiliki bahaya yang bisa mengakibatkan penderita mengalami kerusakan hati atau komplikasi lain sepertu radang hati atau bisa juga mengakibatkan kanker hati yang dapat menyebabkan kematian. Komplikasi liver akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Kita dapat mencegah sejak dini penyakit liver dengan mengetahui gejala awal yang paling umum terjadi pada penderita sebelum kondisi semakin parah. Berikut beberapa gejala penyakit liver:

Gejala Penyakit Liver

  • Terjadi perubahan pada perut, perut berubah semakin buncit yang disebabkan karena adanya pembengkakan di tulang rusuk bagian kanan bawah.
  • Terjadi perubahan warna kulit dan mata yang berumah warna menjadi agak kekuning-kuningan. Karena itulah banyak orang menyebutkan penyakit liver sebagai penyakit kuning.
  • Perubahan air seni yang berwarna kuning gelap
  • Perubahan bentuk kuku menjadi lebih melengkung serta mengalami keputihan
  • Berat badan menurun yang disebabkan karena kurang nafsu makan serta sering mimisan
  • Tubuh sering memar karena kekurangan protein
  • Sering buang air kecil, sering dahaga, bau mulut tidak sedap.

Liver termasuk dalam golongan penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan segera, Penyakit liver dapat menimbulkan komplikasi serius yang akan berakibat pada kerusakan hati hingga dapat mematikan.

Sebagai salah satu penyakit yang berbahaya, untuk menghindarinya kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab timbulnya penyakit liver untuk mengantisipasi agar tidak terjangkit penyakit liver. Penyebab yang paling umum terjadinya penyakit liver adalah pola makan yang kurang seimbang dan pola tidur yang tidak teratur. Untuk itu segera ubah kebiasaan buruk ini dengan cerdas mengatur pola makan dan pola istirahat yang baik. Selain itu, Penyebab lainnya karena kebiasaan minum minuman beralkohol berlebihan yang berakibat buruk pada organ-organ dalam tubuh. Untuk menghindari penyakit liver, sebaiknya ubah kebiasaan hidup kita menjadi lebih sehat dan lebih cerdas mengatur waktu untuk istirahat.

Namun untuk anda yang telah memiliki riwayat penyakit liver, berikut ini adalah cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit liver. Cara alami sering dilakukan karena tidak memiliki efek buruk untuk tubuh. Meskipun menggunakan cara alami, anda harus tetap memperhatikan pola makan sehari-hari, serta perhatikan asupan vitamin B6 dan B12 yang banyak terdapat pada hati dan ikan.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan makanan yang perlu dihindari seperti makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan yang dibakar atau diasap dan usahakan untuk menghindari makanan yang di olah dari Sapi, kambing, ayam, cumi, kepiting, udang dan kerang. Serta menghindari beberapa jenis buah seperti buah nanas, durian, nangka, dan belimbing sayur. Jika pantangan tersebut bisa dihindari maka akan mempercepat proses pengobatan.

Obat Liver Alami

Berikut ini adalah beberapa jenis obat tradisional yang bisa digunakna untuk mengobati penyakit liver, antara lain:

1. Daun pegagan (Centella asiatica)


Daun pegagan (Centella asiatica) yang biasa kita temui di pekarangan yang lembab, mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam, kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vallerine, zat samak. Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticosida dan senyawaan sejenis, mempunyai khasiat anti lepra (Morbus Hansen). Daun pegagan (Centella asiatica) memiliki efek hepatoprotektor pada penderita hepatitis dengan kandungan asiatikoside yang mekanismenya untuk meningkatkan perbaikan dan penguatan sel hati, selain itu asiatikoside juga berfungsu sebagai penangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel, Selain itu dan pegagan juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel liver yang rusak dan mengembalikannya menjadi sel-sel yang sehat.

2. Kunyit (Curcuma Domestica)


Kunyit (Curcuma Domestica) memiliki manfaat untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan. Rimpang kunyit juga diketahui memiliki kandungan minyak atsiri sekitar 6% yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen ((meliputi zingiberen, alfa, turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%, modesmetoksikurmumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi,dan vitamin C.

Kunyit digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik, dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalma bentuk perasan yang disebut dengan filtrat, juga diminum sebagai ekstral yang digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat dengan cara membakar kunyit dan menghirupnya.

3. Temulawak (Curcuma xathoriza)


Temulawak (Curcuma xathoriza) curcumin yang berawal dari ekstrak temulawak bermanfaat sebagai pelindung liver dan memperkuat sel-sel liver serta berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak merupakan tanaman rimpang yang berasal dari temu-temuan. Temualawak mengandung curcumin yang memiliki khasiat alami sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepatotoksik yang berguna untuk melindungi kesehatan hati.

4. Sambiloto (Andrographis paniculata)


Sambiloto (Andrographis paniculata) mengandung zat andrographolid yang menyebabkan dan menimbulkan rasa pahit pada daun sambiloto. Fungsi dan zat andrographolid adalah untuk merusak sel tumor dan meningkatkan daya tahan tubuh. Daun sambiloto juga efektif untuk mengatasi infeksi dan merangsang fagositosis yaitu kemampuan sel dalam bekerja membunuh benda asing seperti bakteri, virus yang masuk dalam tubuh, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai sumber penyakit.

5. Bawang Putih


Bawang putih memiliki sneyawa alami seperti allicin dan selenium yang berguna dalam proses pembersihan hati dan melindungi hati dari kerusakan racun. Selain itu juga berfungsi untuk membantu mengaktifkan enzim dalam hati yang membantu untuk mengeluarkan racaun dalam tubuh. Bawang putih juga berfungsi utnuk mengurangi kolesterol dan trigleseria yang dapat membebani hati dan menghambat fungsi hati.

6. Anggur


Anggur memiliki sumber vitamn C, Pektin dan aktioksidan yang baik untuk membantu proses pembersihan hati secara alami. Glutathione dan antioksidan yang dimiliki oleh anggir juga mampu menetralisir radikal bebas dan mendetoksifikasi hati. Glutathione membantu dalam proses detoktifikasi logam berat. Selain itu naringenin flavonoid dalam anggur membantu memecah lemak penyebab kerusakan pada hati.

7. Umbi Bit


Umbi buah bit memiliki manfaat yang baik untuk membersihkan dan mendukung fungsi hati. Umbi Bit juga memiliki kandungan Flavonoid dan kandungan beta-karoten. Senyawa tersbeut mampu membantu merangsang dan meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan, selain itu juga berfungsi untuk pemurni darah secara alami.

8. Lemon


Lemon mengandung senyawa antioksidan D-Limonene yang mampu mengaktifkan enzim dalam hati untuk proses detoksifikasi. selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi mampu membantu hati untuk menghasilkan lebih banyak enzim untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu lemon juga mampu meningkatkan penyerapan mineral oleh hati.

9. Green Tea


Dengan rutin minum teh hijau setiap hari mampu membantu mengeluarkan racun dan timbunan lemak dalam tubuh sekaligus untuk meningkatkan radiasi. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity tahun 2002 menemukan bahawa katekin dalam teh mampu membantu merangsang katabolisme lipid dalam hati. Green tea juga mampu melindungi hari dari kerusakan yang berasal dari alkohol.

10. Alpukat


Alpukat mengandung senyawa glutathione yang dibutuhkan oleh hati untuk membersihkan racun berbahaya. Alpukat mengandung banyak mineral, vitamin dan nutrisi yang mampu mendukung kesehatan hati dan membantu memecahkan lemak.

11. Apel


Apel merupakan sumber pektin terbesar, serat larut yang mampu membantu mengeluarkan racaun dari saluran pencernaan dan kolesterol dari darah yang berfungsi mencegah hati bekerja terlalu keras. Apel mengandung asam matat yang berfungsi sebagai pembersih alami dan menghilangkan karsinogen dan racun dalam darah.

12. Buah kenari


Tingginya kandungan asam amino l-arginin pada buah kenari mampu membantu proses detoksifikasi pada hati. Selain itu kandungan glutathione dan asam lemak omega-3 mampu membantu proses pembersihan hati secara alami.

13. Brokoli


Brokoli termasuk jenis sayuran yang bermanfaat untuk mendukung proses pembersihan hati secara alami. Brokoli kaya akan senyawa glucosinolates yang mampu membantu karsinogen flush dan racun dalam tubuh. Brokoli juga mengandung lemak-larut vitamin E yang penting untuk membantu fungsi hati.

Itulah cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit liver secara alami. Dengan penerapan yang rutin semoga penyakit liver yang diderita dapat disembuhkan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Terimakasih


loading...