10 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat Secara Efektif dan Aman

Posted on

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat – Bintitan atau dalam bahasa medis disebut dengan Hordeolum adalah kondisi munculnya bintil yang tumbuh di bagian tepi kelopak mata mirip jerawat yang menyakitkan. Meskipun menyakitnya, bintitan tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan bagi penderita. Pada umumnya, bintitan terjadi di kelopak mata bagian luar, namun ada juga bintitan yang muncul di bagian dalam kelopak yang lebih menyakitkan.

Bintitan kerap kali dikaitkan dengan kebiasaan mengintip. Padahal kenyataanya, bintitan adalah sebuah innfeksi atau peradangan yang terjadi pada bagian kelopak mata akibat infeksi dari bakteri staphylocococcus aureus. Benjolan yang muncul disekitar kelopak mata biasanya terasa nyeri, memerah, dan membengkak. Ada pula yang mengeluhkan bintitan bisa menyebabkan mata berair.

Umumnya, pembengkakan pada bintitan hanya sekitar tiga hari, kemudian akan mengempis dan sembuh sekitar satu minggu. Meskipun demikian, kita tidak disarankan memencet bintitan, karena dapat menyebabkan timbulnya masalah baru. Cairan yang keluar dapat menyebabkan infeks disekitar lokasi bintitan. Hal ini hanya boleh dilakukan oleh dokter ahli.

Gejala Bintitan

Gejala munculnya bintitan ditandai dengan adanya benjolan merah yang tumbuh mirip seperti bisul kecil pada bagian kelopak mata bagian dalam atau bagian luar kelopak mata. Namun, berikut ini beberapa gejala lainnya yang muncul akibat bintitan, antara lain:

  • Mata mudah berair
  • Mata dan kelopak mata memerah
  • Kelopak mata bengkak dan terasa nyeri
  • Kelopak mata terasa gatal dan sulit berkedip

Pada umumnya, kasus bintitan tidak membutuhkan penangan medis dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, masih tetap ada resiko komplikasi. Kareana itulah anda msih perlu malakukan pemeriksaan jika dalam 3 hari masih terjadi pembengkakan pada area kelopak mata, hingga menyebar ke bagian lain seperti wajah dan pipi.

Penyebab Bintitan

Bintitan disebabkan akibat adanya infeksi pada akar bulu mata, kelenjar minyak dan kelenjar keringat yang disebabkan oleh bakteri staphylocococcus aureus. Selain itu, beberapa faktor lainnya yang menyebabkan bintitan antara lain:

  1. Peradangan pada kelopak mata atau blefaritis.
  2. Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.
  3. Penggunaan lensa kontak pada saat tangan kotor.
  4. Tidak membersihkan kosmetik ketika akan tidur.

Cara Mengobati Bintitan

Pada umumnya bintitan akan sembuh dalam waktu 7 hingga 20 hari dengan sendirinya. Bintitan akan sembuh setelah pecah dan nanah yang ada didalamnya pecah dengan sendirinya. Meskipun demikian, anda dapat melakukan berbagai cara pengobatan untuk mempercepat penyembuhan. Beberapa cara untuk mengobati bintitan antara lain:

1. Kompres Air Hangat
Untuk membuat kelopak menjadi rileks dan mengurangi rasa nyeri, anda dapat mengkompreskan air hangat pada kelopak mata. Mengkompreskan air hangat pada kelopak mata yang dilakukan secara rutin 3-4 kali sehari dapat membantu meredakan bintitan.

2. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan antibakteri yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bakteri pada bintitan. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang putih lalu oleskan pada bagian bintitan, namun jangan sampai terkena mata.

3. Daun Sirih
Daun sirih juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bintitan. Cara mengobati bintitan dengan daun sirih adalah dengan mencelupkan daun sirih pada air panas, tunggu hingga air dingin lalu teteskan pada mata. Melakukan cara ini secara rutin 2x sehari dapat membantu meredakan bintitan.

4. Kantung Teh Celup Bekas
Dalam kantung teh celup tinggi kandungan antioksidan yang berperan sebagai media relaksasi mata yang dapat mengatasi bintitan. Caranya dengan menempelkan kantung bekas teh celup pada mata dengan posisi tidur selama 15-30 menit.

5. Biji Ketumbar
Biji ketumbar yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur juga memiliki peran untuk mengatasi masalah bintitan. Hal ini karena adanya kandungan anti-inflamasi didalamnya. Biji ketumbar mampu mengurangi rasa sakit, kemerahan dan bengkak pada mata. Cara mengobati bintitan dengan biji ketumbar adalah dengan merebus biji ketumbar dalam satu gelas air hingga mendidih dan dinginkan. Setelah dingin gunakan untuk membasuh area kelopak mata secara rutin, agar bintitan segera sembuh.

6. Kunyit
Kunyit memiliki sifat anti bakteri dan sifat anti inflamasi yang dapat membantu menyingkirkan bintitan dengan cepat. Kunyit juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan unsur penyebab infeksi. Cara menyembuhkan bintitan dengan kunyit adalah dengan merebus 2 ruas kunyit dengan satu gelas air hingga mendidih, dan tunggu dingin. Gunakan air kunyit untuk membasuh kelopak mata.

8. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki sifat yang dapat menenangkan, antibakteri dan anti-inflamasi. Ini bisa membantu mengurangi kemerahan, dan pembengkakan di mata sekaligus mempercepat proses penyembuhan bintitan. Cara mengobati bintitan dengan lidah buaya adalah dengan menggosokkan gel lidah buaya pada kelopak mata, biarkan selama 20 menit lalu cuci mata dengan air hangat.

9. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji memiliki kandungan anti-inflamasi yang membantu menghilangkan kemerahan dan pembengkakan kelopak mata yang terkena. Cara menyembuhkan bintitan dengan daun jambu biji adalah dengan mengkompreskan rendaman daun jambu biji pada kelopak mata dengan kain hanga. Lakukan sehari 2-3kali, hingga bintitan reda.

10. Membersihkan Area Kelopak Mata
Selain dengan menggunakan cara herbal diatas, cara untuk menyembuhkan bintitan selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan lokasi mata yang terinfeksi. Caranya dengan menggunakan air bersih atau air sabun yang lembut, lalu gunakan kain lembut untuk membersihkan area kelopak mata dan hindari mengenai mata, karena dapat memicu iritasi disekitar mata.

Meskipun bukan masalah yang serius, jika tidak segera diobati, bintitan dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat Secara Efektif yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..