16 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami dengan Cepat 100% Terbukti

Posted on

Cara Menghilangkan Panu – Menghilangkan panu sangat mudah dilakukan, saat ini sudah banyak sekali jenis obat  yang terbukti ampuh untuk menghilangkan bakteri penyebab panu, jadi bisa dikatakan jika panu sudah bukan lagi menjadi masalah yang serius dalam pengobatannya.

Banyak orang menggunakan obat panu yang banyak dijual di toko maupun apotek untuk  menghilangkan panu secara cepat. Selain menggunakan obat-obatan kimia cara  menghilangkan panu juga efektif menggunakan metode bahan-bahan alami.

Untuk cara yang lebih aman tanpa efek samoing jangka panjang, biasanya sebagian  orang lebih memilih menggunakan cara herbal atau bahan alami untuk melakukan  pengobatan. Hanya saja untuk melihat hasil dari pengobatan cara herbal atau alami membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan cara kimia atau  obat-obatan kimia.

Dibawah ini adalah bahan can cara alami untuk menghilangkan panu. Simak penjelasan  selanjutnya.

Cara Alami Menghilangkan Panu

Terdapat bahan yang tersedia oleh alam untuk menghilangkan panu. Bahan alami tersebut dapat dikatakan efektif untuk menghilangkan panu secara tuntas. Cara menghilangkan panu dengan bahan alami menggunakan 2 metode, yaitu dengan metode bahan kasar dan metode bahan lembut.

Biasanya metode kasar dilakukan sebagai tahapan awal untuk menghilangkan panu, yang biasanya memiliki rasa amat perih dalam penerapannya. Sedangakan metode lembut digunakan untuk tahap lanjutan atau tahap penyembuhan dan pencegahan tumbuhnya jamur setelah dilangkan.

Berikut ini bahan yang cara yang digunakan untuk menghilangkan panu secara alami.

Metode Kasar

1. Menggunakan Bawang Putih
Kandungan antibiotik yang ada dalam bawang efektif untuk membunuh jamur penyebab panu. Cara ini lebih sering digunakan karena dinilai mudah dan cepat untuk menghilangkan panu. Namun cara pengobatan ini menimbulkan rasa perih yang sangat. Rasa perih tersebut merupakan reaksi dari antibiotik yang bertemu dengan jamur.

Cara pengobatan menggunakan bawang yaitu dengan menggosokkan bawang putih yang telah dibelah ke bagian kulit yang terdapat jamur atau panu. Gosokkan bawang hingga beberapa menit sampai kondisi bawang mengering. Hentikan cara tersebut untuk sementara waktu jika anda tidak tahan menahan merasa perihnya dan lakukan kembali sampai kulit menjadi kemerahan dan bawang mengering.

2. Lengkuas dan Garam
Sama seperti bawang, pengobatan panu dengan lengkuas dan garam juga akan menimbulkan rasa perih yang teramat sangat. Lengkuas mengandung flavonoid, amilium dan kuersetin yang terbukti ampuh untuk mengatasi jamur dan bakteri.

3. Jahe merah
Sejak jaman dahulu jahe konon efektif digunakan untuk menghilangkan panu karena bagus untuk mengusir jamur penyebab panu. Kandungan zat aktif pada jahe yang efektif untuk mengusir panu. Penggunaan jahe untuk menghilangkan panu sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menggosokkan jahe yang sudah dibelah secara vertikal pada bagian kulit yang terdapat panu atau jamur. Cara ini akan memberikan efek yang sangat perih, jadi anda dapat menghentikan penggosokkan dan mengulangi kembali jika rasa perih sudah sedikit menghilang hingga jahe mulai mengering dan panu memerah.

Cara pengobatan menggunakan lengkuas dan garam untuk menghilangkan panu yaitu dengan menyiapkan lengkuas yang sudah dibelah lalu gosokkan kebagian kulit yang terkena panu , sembari digosok dengan belahan lengkuas beri taburan garam disekitar panu untuk proses maksimal. Cara ini akan menimbulkan rasa perih yang luar biasa, jadi anda dapat menghentikan pengobatan jika dirasa tidak kuat, lalu lanjutkan kembali sampai kulit memerah.

Metode Lembut

4. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh dan kapur sirih adalah kombinasi yang efektif untuk menghilangkan panu dan masalah jamur. Cara penggunaannya yaitu dengan menumbuk halus belimbing wuluh dan kapur sirih lalu dioleskan pada bagian panu secara merata dan tunggu hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

5. Jeruk nipis dan belerang
Kombinasi belerang dan jeruk nipis yang mengandung ekstrak vitamin C ampuh untuk membunuh kuman dan jamur membandel terutama pada panu. Cara penggunaanya yaitu dengan menumbuk halus belerang yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan kemudian oleskan pada panu. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal.

6. Minyak pohon teh
Tea tree oil memiliki kandungan anti-jamur sehingga dapat digunakan untuk menghentikan penyebaran infeksi dan mencegah panu datang kembali. Selain itu tea tree oil juga bisa meredakan rasa gatal. Cara pengobatannya yaitu dengan meneteskan tea tree oil dengan satu tetes minyak zaitun lalu oleskan ke area panu dengan cottonball. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini 2x sehari selama beberapa minggu.

7. Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Cara penggunaanya cukup mudah yaitu hanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada panu dan tunggu hingga minyak mengering dengan sendirinya.

8. Lidah buaya
Lidah buaya mengandung protein 14 kDA yang bermanfaat sebagai antiradang dan antijamur, cara pengobatannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terkena panu hingga mengering. Lakukan secara rutin yaitu 2-3x sehari hingga beberapa minggu.

9. Yogurt
Yogurt tawar memiliki kandungan probiotik yang mampu mengontrol keberadaan jamur sehingga tidak lepas kembali menyebar pada area kulit lainnya. Caranya yaiut dengan mengoleskan yougurt pada infeksi jamur atau panu dan diamkan hingga 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Minyak esensial Oregano
Campurkan minyak oregano dengan minyak zaitun perbandingan sama, lalu oleskan pada infeksi panu dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

11. Cuka Apel
Cuka apel memiliki kandungan antimikroba yang ampuh untuk mengontrol pertumbuhan jamur. Caranya yaitu dengan mencampurkan cuka apel dengan air hanngat (perbandingan sama) lalu oleskan pada kulit berjamur dan diamkan selama 15 menit lalu bilas.

12. Kunyit
Kunyit juga memiliki kandungan antiseptik, antibiotik dan antijamur yang juga mampu untuk menghilangkan jamur panu.

13. Daun pare
Daun pare juga dapat digunakan untuk menghilangkan jamur panu, dengan cara menumbuk daun pare dengan ditambah sedikit kapur sirih lalu oleskan pada daerah kulit yang terkena panu. Diamkan beberapa saat hingga mengering lalu bilas.

14. Daun Tembakau
Daun tembakau yang merupakan bahan baku untuk membuat rokok juga dapat digunakan untuk menghilangkan jamur panu, caranya dengan menghaluskan tembakau lalu oleskan pada kulit bagian terkena jamu, dan tunggu hingga mengering.

15. Buah Pala
Buah pala juga dapat digunakan untuk meghilangkan panu, caranya dengan meramu terlebih dahulu menjadi salep. Bahan yang digunakan yaitu buah pala, belerang dan satu sendok minyak kelapa. Caranya dengan menumbuk halus buah pala dan belerang, lalu panaskan dengan dicampur dengan minyak kelapa. Setelah dingin, oleskan pasta resep tersebut pada panu. Lakukan cara ini berulang kali untuk hasil yang maksimal.

16.Kulit pohon pinang
Bagian kulit pohon pinang yang masih hijau lalu serut dengan menggunakan pisau. Gosokkanlah hasil serutan tersebut pada tubuh Anda.

Gejala panu biasanya diawali dengan timbulnya rasa gatal di kulit, kulit kemerahan, bersisik hingga berubah menjadi bercak bercak putih. Faktor munculnya panu dapat berasal dari suhu yang terlalu panas yang memicu keringat, udara lembab, terlalu lama terpapar matahari, gesekan antar sesama kulit atau terlalu banyak melakukan aktivitas fisik tanpa diimbangi dengan menjaga kebersihan badan, Penggunaan handuk secara bergantian juga menjadi salah satu penyebab munculnya panu. Jika anda sudah terlanjur memiliki panu, semoga artikel tentang cara menghilangkan panu secara alami dapat bermanfaat. Terimakasih