15 Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami Dengan Mudah dan Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami  – Mata Ikan adalah penyakit kulit yang biasanya muncul pada area kaki. Banyak orang menganggap mata ikan sebagai masalah yang kecil, namun jika dibiarkan tanpa adanya pengobatan cara penanganannya membutuhkan operasi kecil untuk mengangkat mata ikan.

Penyakit mata ikan disebabkan oleh virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV). Mata ikan biasanya muncul diarea telapak kaki, sperti pada tumit, jari-jari kaki, telapak tangan, jari-jari tangan hingga wajah dan mulut.

Gejala yang muncul pada penyakit mata ikan biasanya penebalan dan pengerasan pada bagian kulit. Muncul benjolan kecil seperti mata ikan, benjolan biasanya bergerombol atau berpisah-pisah dan didalam benjolan tersebut seperti ada rambut halus berwarna putih hingga kehitaman.

Penyebab Mata Ikan

Penyakit Mata Ikan disebabkan oleh virus HUman Papillomavirus (HPV) yang menyebabkan timbulnya mata ikan yang juga disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

  • Kebersihan yang tidak terjaga, seperti jarang mengganti kaus kaki, sepatu kotor sehingga membuat sepatu menjadi lembab.
  • Menggunakan sepatu terlalu sempit, sehingga membuat kaki tertekan berlebihan
  • Adanya gesekan secara terus menerus pada kaki atau pada tahan
  • Penggunaan kamar mandi secara bersamaan

Untuk itu segera ubah kebiasaan buruk anda menjadi lebih sehat dan senatiasa jaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari masalah mata ikan.

Cara Mengatasi Mata Ikan

Jika tidak ditangani dengan segera, masalah mata ikan akan menjadi lebih parah sehingga membutuhkan operasi kecil untuk mengangkat mata ikan. Untuk mengatasi masalah mata ikan, gunakan beberapa cara berikut ini:

1. Getah Pepaya

Getah pepaya dapat dana manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah mata ikan. Cara mengobati mata ikan dengan getah pepaya yaitu dengan terlebih dahulu bersihkan bagian yang terdapat mata ikan dengan merendamkan pada air hangat dan campuran garam selama 15 menit. Bersihkan dan keringkan menggunakan handuk. Setelah kering oleskan getah pepaya pada area mata ikan. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam atau ketika berhenti melakukan aktivitas untuk lebih mengoptimalkan kerja dari penyembuhan mengunakan getah pepaya.

2. Getah Kamboja

Cara selanjutnya untuk mengobati mata ikan yaitu dengan menggunakan getah kamboja. Getah kamboja sudah lama diyakini ampuh untuk mengatasi masalah kulit, tidak terkecuali juga untuk mengobati masalah mata ikan. Cara pengobatan yang dilakukan dengan getah kamboja adalah dengan oleskan getah kamboja pada luka mata ikan secara rutin hingga mata ikan menghilang.

3. Daun Dewa

Daun dewa mmerupakan tanaman obat herbal yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Cara mengobati mat aikan dengan daun dewa adalah dengan menumbuk halus 5 lembar daun dewa lalu balurkan pada luka mata ikan secara merata.

4. Rokok

Cara selanjutnya untuk mengobati masaha mata ikan adalah dengan menggunakan rokok yang menyala. Caranya dengan letakkan rokok yang menyala pada luka mata ikan dengan jarak setiak 1/2 cm dari kulit, dan tahan hingga 5 menit. Cara tersebut berguna untuk membunuh perkembang biakan virus dalam mata ikan.

5. Batu Apung

Cara Alami selanjutnya untuk mengatasi mat aikan adalah dengan menggunakan batu apung. Sebelum melakukan perawatan dengan batu apung, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu mata ikan secara menyeluruh. Setelah itu, keringkan dan gosok-gosok perlahan mata ikan dengan batu apung untuk menipiskan penebalan kulit pada area tersebut.

6. Bawang Putih

bawang putih tinggi akan kandungan antiseptik yang baik untuk mengobati luka, tidak terkecuali untuk mengobati masalah mata ikan. Caranya dengan tumbuk halus bawang putih lalu balutkan pada mata ikan dan tutup dengan kain kasa agar kandungan antiseptik meresap sehingga menyembuhkan masalah mata ikan.

7. Lemon

Lemon memang dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit kasar, tidak terkecuali untuk mengatasi masalah mata ikan. Cara mengobati mata ikan dengan lemon adalah dengan menggosokkan lemon secara rutin ke area kulit yang terkena mata ikan. Maka semakin lama area kulit akan terasa lebih halus dan masalah mata ikan akan memudar hilang.

8. Cuka Apel

Cuka sari apel bermanfaat untuk membantu menghaluskan daerah kulit yang terkena mata ikan. Caranya dengan rendam are yang terdapat mata ikan dnegan cuka apel selama 20 menit lalu gosok dengan batu apung. Lakukan cara ini dengan rutin agar hasil lebih optimal dan mata ikan cepat hilang.

9. Bawang Merah

Cara selanjutnya untuk mengobati masalah mata ikan adalah dengan menggunakan bawang merah. Caranya dengan tusuk dan bakar bawang merah hingga menjadi agak gosong, lepaskan dan geprek bawang merah. Letakkan bawang merah pada bagian yang terkena mata ikan yang masih panas. Meskipun terasa panas, cara ini efektif untuk mengeluarkan kotoran dalam mata ikan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

10. Baking Soda

Baking soda memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mampu untuk mengelupas mata ikan sehingga lebih cepat sembuh. Caranya dengan buat pasta baking sida lalu balutkan pada luka mata ikan.

11. Minyak terpentin

Minyak terpentin adalah minyak antiseptik yang sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah mata ikan. Minyak terpentin dapat menembus kedalam kulit dengan cepat sehingga dapat menyembuhkan mata ikan lebih cepat. Caranya dengan kompres mata ikan dengan es terlebih dahulu dan keringkan. Setelah itu beri minyak terpentin pada mata ikan lalu balut dengan kain kasa. Lakukan cara ini pada malam hari ketika tidak sedang melakukan aktivitas.

12. Akar Manis

Akar manis dapat anda gunakan untuk mengobati masalah mata ikan, caranya dengan campurkan satu sendok bubuk akar manis dan beri minyak mustar secukupnya hingga menjadi pasta. Balurkan pada luka mata ikan dan balut dengan kain kasa, diamkan selama semalam.

13. Kunyit

Kunyit mengandung antiinflamasi yang baik untuk mengatasi masalah mata ikan, kunyit berperan untuk meringankan ketidaknyamanan, mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Caranya dengan campurkan satu sendok bubuk kunyit dengan madu hingga menjadi pasta kental. Oleskan pasta tersebut pada area mata kaki dan biarkan kering dengan sendirinya. Ulangi cara ini 2 kali dalam sehari untuk hasil lebih optimal.

14. Nanas

Cara selanjutnya untuk mengatasi mata ikan yaitu dengan menggunakan nanas. Namun bagian yang digunakan untuk mengobati mata ikan adalah bagian kulitnya, karena kulit nanas mengandung enzim yang membantu melembutkan mata ikan. Potong persegi kulit nanas dan tempelkan bagian dalam kulit nanas pada mata ikan, balut dan kencangkan. Gunakan cara ini pada malam hari dan bilas pada pagi harinya.

15. Berobat ke dokter

Jika mata ikan yang anda alami semkain parah, cara terbaik untuk melakukan pengobatan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Jika mata ikan sudah parah, biasanya dokter akan melakukan tindakan operasi kecil untuk membuang mata ikan dengan memotong beberapa kulit yang menebal. Hal ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada jaringan bawah mata ikan.

Untuk mencegah mata ikan, anda hanya perlu merawat diri dan menjaga kebersihan lingkungan anda. Itulah penjelasan tentang Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.