31 Penyebab dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata atau Mata Panda dengan Cepat dan Alami TERBUKTI

Posted on

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam diMata atau Mata Panda –¬†Kantung mata atau orang banyak menyebutnya dengan mata panda adalah masalah yang kerap muncul seiring dengan bertambahnya usia. Munculnya masalah mata panda akibat melemahnya jaringan otot yang menopang kelopak mata.

Munculnya mata panda jarang disebabkan oleh kondisi medis yang serius melainkan karena masalah kecantikan saja. Dengan adanya kantung mata atau mata panda akan sangat mengganggu penampilan, apalagi jika disertai dengan adanya lingkar hitam di bawah mata, bengkak ringan, hingga kulit mengendur akibat kerutan.

Permasalahan mengenai kantung mata atau maat panda dapat diatasi dengan banyak perawatan yang tepat. Perawatan dapat dilakukan dirumah dengan menggunakna bahan-bahan alami atau melalui perawatan medis seerti menggunakan laser dsb. Namun sebelum kita membahas cara mengatasi masalah mata panda, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab munculnya kantung mata.

Penyebab Kantung Mata

Untuk dapat mengatasi masalah lingkat hitam pada mata atu mata panda, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu penyebab munculnya kantung mata. Selain karena faktor penuaan dan kelelahan, muncul nya kantung mata atau lingkat hitam pada mata dapat dipicu karena beberapa faktor lainnya. Beberapa penyebabnya antara lain:

1. Faktor Usia
Penyebab munculnya mata panda yang paling umum dan terjadi pada semua orang adalah karena faktor bertambahnya usia. Hal tersebut terjadi karena dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan colagen dan lemak sehingga membuat rongga mata bagian bawah terlihat cekung yang menyebabkan pembuluh dawah di bagian bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantung mata.

2. Faktor keturunan
Salah satu penyebab mata panda yaitu karena faktor genetik. Jika penyebabnya karena faktor genetik, mungkin perawatan yang anda lakukan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, namun akan sedikit menghilangkan atau menyamarkan mata panda.

3. Faktor Hiperpigmentasi
Kelebihan pigmentasi dapat menyebabkan munculnya mata panda. Gejala hiperpigmentasi dapat diketahui dengan cara menekan permukaan kulit area bawah mata. Jika ditekan warna hitam tidka menghilang maka dapat dipastikan anda memililiki masalah pada kondisi pigmen pada kantung mata.

4. Faktor Alergi
Beberapa jenis alergi dapat memyebabkan bertambahnya aliran darah disekitar sinus yang biasanya disertai dengan gejala gatal-gatal disekitar mata, dan kebanyakan dari mereka mengucek dan menggaruk mata. Kesalahan dari langkah anda menggaruk dan mengucek mata dapat menyebabkan area bawah mata menjadi hitam sebagai bentuk perlindungan tubuh dari iritasi akibat efek menggaruk dan mengucek bagian bawah mata.

5. Dehidrasi
Dehidrasi akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan lancar. Hal itu juga berpengaruh pada pembuluh darah yang banyak terletak dibawah area mata. Karena itu dengan banyak mengkonsumsi air mineral akan membantu untuk mengurangi masalah mata panda.

6. Faktor Kesehatan
Munculnya mata panda juga dapat menjadi faktor adanya penyakit tertentu seperti Anemia dan penyakit ginjal.

7.  Kurang Asupan Nutrisi
Kurangnya asupan nutrisi seperti zat besi dalam tubuh dapat mengurangi pasokan oksigen pada tubuh dan menyebabkan kantung mata menjadi bengkak.

8. Faktor kehamilan dan Menstruasi
Pada saat hamil dan menstruasi, wanita lebih banyak membutuhkan asupan zat besi. Karena itulah pada saat masa kehamilan atau menstruasi kantung mata akan berwarna lebih pucat bahkan kehitaman karena kekurangan zat besi.

10. Kurang Tidur
Kualitas tidur yang baik bertujuan untuk mengistirahtakan sebagian otot dan organ tubuh, termasuk pada mata. Ketika tubuh kelelahan karena kurang tidur dan stress dapat membuat lingkaran mata menjadi lebih jelas sehingga menyebabkan kantung mata menajdi bengkak dan menghitam.

11. Akibat konsumsi obat
Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dikenal dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi membesar, misalnya seperti obat tidur. Hal tersebut terjadi karena lapisan pada kulit bagian bawah mata merupakan lapisan paling tipis sehingga kantung mata pada wajah terlihat menjadi hitam.

12. Akibat merokok dan alkohol
Kandungan zat beracun dalam rokok dapat melemahkan kolagen pada bagian bawah mata. Sedangkan alkohol menyebabkan dehidrasi yang dapat membuat kulit sekitar mata menjadi lebih tenggelam dan melemah.

13. Penggunaan Make-Up berlebih
Terlalu berlebihan menggunakan make-up tanpa menghapusnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga menyebabkan kantung mata menjadi lebih hitam karena mekanisme perlindungan tubuh.

14. Sinar matahari
Terus menerus terkena paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan munculnya mata panda dan lingkaran mata menghitam. Hal ini terjadi karena tubuh terpaksa memproduksi lebih banyak melanin sehingga dapat menyebabkan penggelapan pada area bawah mata.

15. Terlalu sering menangis
Terlalu lama dan sering menangis dapat membuat cairan terperangkap pada bagian bawah mata sehingga mata terlihat bengkak dan menghitam.

Cara Mengatasi Mata Panda

Masalah kantung mata sebenarnya bukan masalah yang serius ditangani melalui tindakan medis. Karena masalah mata panda pada dasarnya hanyalah masalah kecantikan semata. untuk mengatasi masalah mata panda, simak beberapa tips berikut ini.

1. Jika munculnya mata panda karena hiperpigmentasi, cara perawatan yang dapat anda lakukan yaitu dengan menggunakan masker kunyit untuk membantu meratakan warna kulit dan mengurangi pigmentasi.

2. Jika mata panda muncul karena adanya alergi, cara perawatannya yaitu dengan tidak memberikan garukan atau mengucek bagian bawah mata.

3. Dehidrasi dapat juga menyebabkan mata menghitam, cara sederhana untuk melakukan perawatan yaitu dengan mengkonsumsi lebih banyak air minum untuk menghindari dehidrasi.

4. Jika mata panda yang anda alami karena masalah kesehatan maka cara untuk mengatasinya yaitu dengan berkonsultasi langsung pada dokter.

5. Masalah munculnya mata panda dapat disebabkan karena proses kehamilan dan masa menstruasi. Cara mengatasi masalah lingkar mata panda karena sebab ini yaitu dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau, daging unggas, ikan, gandum, kacang-kacangan dan jenis makanan mengandung tinggi zat besi.

6. Jika munculnya lingkar mata hitam dikarenakan faktor kurang tidur dan kelelahan cara mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara menjaga kualitas tidur dengan baik dan cukup.

7. Jika munculnya mata panda dikarenakan pengaruh obat, cara mengatasinya yaitu dengan lebih selektif dalam memilih obat dan hindari ketergantungan mengkonsumsi obat.

8. Untuk mengurangi mata panda atau lingkar hitam pada mata yang disebabkan karena rokok dan alkohol yaitu dengan menghindari rokok dan alkohol.

9. Jika lingkar mata atau mata panda muncul karena sering terkena paparan sinar matahari, cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan sunblock untuk membantu mengatasi kantung mata yang menghitam ketika keluar ruangan.

10. Hindari banyak konsumsi minuman mengancung caffein, karena dapat menyebabkan gangguan penyerapan air kedalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Sedangkan dehidrasi merupakan salah satu penyebab munculnya kantung mata.

11. Hindari minuman mengandung soda karena minuman soda banyak mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan dapat menyebabkan bagian disekitar mata terlihat menghitam atau membengkak.

12. Gunakan krim mata khusus untuk area mata yang mengandung vitamin C dan E, hindari menggunakan jenis krim untuk bagian lain.

13. Menggunakan irisan mentimun. Dengan rutin memberikan irisan timun pada kelopak mata dapat membantu menghilangkan pembengkakan dan lingkaran hitam di area mata.

14. Gunakan irisan kentang untuk mengkompres bagian bawah mata atau pada kelopak mata. Kandungan enzim catecholase didalamnya dapat membantu untuk menyamarkan lingkaran hitam diarea mata.

15. Jika lingkar mata hitam yang terjadi karena penyakit anemia maka anda dapat mengkonsumsi suplemen yang banyak mengandung zat besi, vitamin B12 dan B6.

16. Aplikasikan parutan bengkoang untuk area bawah mata untuk membantu mengurangi masalah mata panda. Bengkoang dipercaya efektif untuk menghilangkan lingkar hitam mata karena mengandung vitamin B1 dan Vitamin C.

Itulah penjelasan tentang Penyebab dan Cara Menghilangkan Kantung Mata . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.