Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel dengan Mudah Secara Alami

Posted on

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel  -Komedo adalah masalah yang sering dan banyak dialami oleh kulit, yang paling umum terdapat di area hidung dan sangat mengganggu penampilan. Komedo merupakan istilah untukpori-pori wajah yang tersumbat oleh kotoran dengan kondisi tertutup atau terbuka. Komedo dibagi menjadi 2 jenis yaitu komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads. Kali ini kita akan membahas tentang komedo hitam.

Komedo hitam atau blackhead adalah komedo dengan warna hitam pada kulit yang mengandung unsur melanin, pigmen yang berpengaruh pada warna rambut kulit dan mata. Komedo hitam biasanya terletak di permukaan kulit sehingga mengalami oksidasi langsung dengan udara yang menyebabkan warnanya menghitam.

Mengatasi komedo hitam tidak semudah mengeluarkan komedo putih. Biasanya komedo hitam lebih keras dan tampak lebih menempel pada kulit dan nampak di kulit wajah. Karena itulah komedo hitam akan sangat mengganggu penampilan karena sangat terlihat.

Karena itulah, saat ini sudah banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah komedo hitam. Ada yang menggunakan alat untuk memencet komedo, ada juga vacuum cleaner komedo, menggaruk komedo dnegan kuku, atau menggunakan plester khusus untuk mengangkat komedo. Selain dengan cara tersebut, saat ini juga sudah banyak produk kecantikan khusus mengatasi masalah komedo. Namun dibandingkan dengan perawatan tersebut, ada cara ampuh dan mudal lainnya untuk mengatasi masalah komedo, yaitu dengan menggunakan cara alami.

Selain karena lebih mudah dan aman digunakan, perawatan secara alami akan lebih menghasilkan efek yang lebih baik tanpa memberikan efek samping. Berikut beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah komedo hitam secara alami.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

1. Perawatan Pasta gigi dan garam
Salah satu cara alami yang mudah anda lakukan untuk menghilangkankomedo hitam adalah dengan menggunakan campuran pasta gigi dan garam. Cara yang digunakan yaitu dnegan membersihkan kulit wajah terlebuh dahulu lalu oleskan campuran pasta gigi dan garam pada area wajah yang memiliki bagian komedo hitam dengan secara perlahan menggosokkan pelan-pelan pada area komedo hitam dengan menggunakan sikat lembut, lalu bilas wajah hingga bersih. Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 2-3kali seminggu.

2. Menggunakan Es Batu
Salah satu penyebab munculnya komedo hitam adalah pori-pori besar, untuk itu penggunaan es batu bertujuan untuk mengecilkan pori-pori pad wajah. Melakukan perawatan dengan es batu dilakukan dengan menggosokan es batu pada area komedo hitam dengan terlebih dahulu wajah dibersihkan dengan facial wash. Usapkan selama 5-10 menit setiap hari untuk memaksimalkan hasilnya.

3. Masker Pepaya
Buah pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam pada kulit wajah. Cara menghilangkan komedo hitam dengan pepaya yaitu dengan meaplikasikan masker pepaya pada area wajah yang berkomedo, lalu diamkan selama 10-15 menit, dan bilas dengan bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari saat bangun pagi dan sebelum tidur.

4. Putih Telur
Selain efektif mengatasi jerawat, putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo hitam. Caranya dengan oleskan putih telur pada wajah berkomedo secara merata, diamkan selama 10-15 menit hingga kering, dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Lemon
Kandungan asam alpha hidroksi pada lemon bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam kulit dan juga dapat membantu menghilangkan komedo hitam. Caranya dengan mengoleskan perasan air lemon pada area wajah dan diamkan selama 15 menit hingga mengering, lalu bilas hingga bersih.

6. Jeruk Nipis
Kandungan antioksidan dan vitamin C pada jeruk nipis sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah. Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam, caranya dengan oleskan perasan jeruk nipis pada area wajah yang berkomedo, diamkan selama 15 menit hingga mengering, lalu bilas hingga bersih.

7. Masker Kulit Jeruk
Kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan seperti mengatasi jerawat, hingga menghilangkan komedo hitam yang membandel. Caranya yaitu dengan terlebih dahulu membuat bubuk kulit jeruk, lalu campurkan bubuk kulit jeruk dengan air hingga membentuk pasta lalu oleskan pada wajah yang berkomedo, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

8. Masker Tomat
Tomat memiliki senyawa Lycopine yang terbukti baik untuk menangkal radikal bebas, sehingga ampuh untuk mencegah munculnya komedo. Cara perawatannya yaitu dengan menghaluskan tomat lalu oleskan pada wajah berkomedo selama 30 menit hingga mengering, lalu bilas hingga bersih.

9. Kedelai
Kandungan antioksidan pada kacang kedelai bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk membantu menghilangkan komedo hitam di wajah. Caranya dengan terlebih dahulu rendam kacang kedelai selama 1 hari, lalu blender tanpa air, lalu oleskan masker kacang kedelai pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

10. Lidah Buaya
Lidah buaya memang terbukti baik untuk merawat kulit wajah, seperti menyegarkan, mencerahkan, mengecilkan pori-pori dan membersihkan komedo. Caranya yaitu dengan oleskan gel lidah buaya pada area komedo, lalu diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

11. Madu
Selain baik untuk mencerahkan kulit wajah, madu juga kaya antioksidan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan komedo. Caranya dengan oleskan madu pada kulit wajah secara merata selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

Itulah Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel dengan Mudah Secara Alami. Jika anda rajin melakukan perawatan wajah secara alami dengan rutin maka anda akan membuktikan hasil yang lebih efektif dan komedo hilang dengan maksimal dibandingkan dengan menggunakan produk kimia. terimakasih, semoga bermanfaat.