20 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan TUNTAS

Posted on

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Ketombe adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat rontokan di bahu. Ketombe merupakan suatu masalah yang hampir dialami oleh setiap orang. Meskipun tidak menular dan bukan penyakit serius, ketombe bisa membuat penderita terlihat memalukan dan kurang percaya diri. Ketombe adalah masalah pada kulit kepala.

Ketombe muncul karena adanya masalah kesehatan pada rambut yang disebabkan pengelupasan sel-sel kulit mati dikepala. Pengelupasan sel kulit mati pada kepala wajar-wajar saja terjadi pada mereka yang tidak memiliki ketombe, namun untuk mereka yang memiliki masalah ketombe, pengelupasan ini terjadi secara berlebihan sehingga menyebabkan munculnya sel-sel kulit mati berwarna putih pada bagian kulit kepala.


loading...

Jika anda memiliki masalah dengan ketombe, buku medis kali ini akan memaparkan penjelasan terlengkap tentang masalah ketombe, seperti faktor penyebab dan cara mengatasi ketombe secara alami.

Penyebab Ketombe

Sebelum anda mengetahui tentang cara mengatasi ketombe, anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan munculnya ketombe. Dengan mengetahui penyebab munculnya ketombe, anda akan lebih mudah mengatasi dan menghilangkan ketombe. Berikut ini beberapa penyebab munculnya ketombe:

1. Kondisi kulit kering
Kondisi kulit kepala yang kering adalah salah satu faktor penyebab munculnya ketombe. Ketombe yang disebabkan karena kulit kepala kering biasanya berukuran lebih kecil dan lebih kering. Anda bisa melihat gejala dan tanda kulit kepala kering pada bagian kulit lain seperti tangan dan kaki.

2. Iritasi dan dermtitis seboroik
Iritasi dan dermtitis seboroik atau kulit kepala berminyak juga menjadi penyebab munculnya ketombe. Ketombe yang muncul karena kulit kepala berminyak biasanya berwarna merah dengan serpihan kulit putih atau bersisik berwarna kekuningan.

3. Jarangan mencuci rambut
Jarang mencuci rambut menjadi alasan utama mengapa ketombe sering muncul pada kulit kepala anda. Jarang mencuci rambut akan membuat minyak dan sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala. Jika minyak dan sel kulit mati menumpuk tidak heran jika ketombe bisa tumbuh dengan subur.

4. Jamur Malassezia
Jamur Malassezia adalah jamur yang terdapat dikulit kepala semua orang dan umumnya tidak membahayakan. Namun, Jamur Malassezia juga menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala. Hal tersebut dikarenakan jamur mengkonsumsi minyak dan sel-sel kulit mati dikepala. Setelah itu Jamur Malassezia akan menghasilkan asam lemak yang membuat kulit kepala menjadi kering. Hal ini yang menyebabkan sel kulit kepala mengelupas dan berubah menjadi butiran kecil yaitu ketombe.

5. Eksim atau eksema
Eksim adalah peradangan kronis yang terjadi pada kulit. Eksim akan membuat kulit kepala mejadi terasa gatal sehingga memunculkan serpihan.

6. Psoriasis
Psoriasis adalah kondisi sel kulit mati yang kering dan kasar menumpuk sehingga menyebabkan kulit menjadi bersisik. Psoriasis trjadi ketika sistem kekebalan tubuh memicu banyak sel untuk tumbuh di berbagai bagian tubuh termasuk pada kulit kepala, sehingga menyebabkan timbulnya ketombe.

7. Sensitif terhadap produk perawatan rambut
Salah memilih produk perawatan rambut juga menjadi salah satu penyebab kulit menjadi merah, gatal dan bersisik sehingga menyebabkan ketombe.

8. Stress
Tingkat stress yang dialami, juga menjadi salah satu penyebab masalah yang muncul pada kulit kepala. Selain menyebabkan ketombe, stress juga menyebabkan kerontokan pada rambut, jika terjadi secara berlebihan dan terus menerus akan membuat rambut menjadi rusak.

9. Makanan
Faktor makanan juga menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala. Sering konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia dan pengawet akan membuat jumlah ketombe pada kulit kepala menjadi lebih parah.

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Masalah ketombe merupakan masalah yang banyak orang alami. Ketombe akan membuat anda tidak nyaman, karena ketombe menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala dan menyebabkan kerontokan. Namun anda tak perlu risau, kali ini adalah cara mengatasi ketombe secara alami yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Simak beberapa cara dan tips berikut ini:

1. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Garam
Cara pertama untuk mengatasi ketombe yaitu dengan menggunakan garam. Garam juga memiliki kandungan manfaat yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe.

Cara Penggunaan:

  • Bilas rambut dengan air dingin
  • Berikan garam pada bagian kulit kepala yang terdapat ketombe atau balurkan kesuluruh permukaan kulit kepala
  • Diamkan selama 15 menit, agar proses penyerapan garam dapat masuk ke bagian kulit kepala secara merata dan semua ketombe bisa hilang
  • Setelah itu, bilas rambut menggunakan sampo hingga sisa garam pada rambut hilang dan rambut tidak menjadi lengket.

2. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang tinggi dan anti bakteri yang juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Cara penggunaan:

  • Siapkan beberapa buah jeruk nipis dan potong hingga menjadi beberapa bagian kecil
  • Gunakan potongan jeruk nipis untuk mengoles kulit kepala secara merata sambil diberi pijatan-pijatan lembut
  • Diamkan hingga 10 menit agar kandungan air jeruk nipis terserap dalam kulit kepala
  • Setelah itu, bilas rambut menggunakan sampo seperti biasanya hingga bersih.

3. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Lidah Buaya
Sudah sejak dahulu lidah buaya dipercaya ampuh untuk mengatasi kerontokan pada rambut, namun selain ampuh mengatasi kerontokan, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala.

Cara penggunaan:

  • Siapkan satu batang lidah buaya
  • Lalu kupas kulitnya, karena yang digunakan adalah gel lidah buaya
  • Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala, diamkan selama 15 menit agar gel terserap pada kulit kepala
  • Setelah gel menyerap, bilas rambut dengan menggunakan sampo seperti biasanya hingga bersih.

4. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan soda kue
Baking soda atau soda kue tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan pengembang untuk membuat kue. Soda kue juga dapat digunakan untuk membanti mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Cara penggunaan

  • Siapkan 1 sdm soda kue dalam mangkok yang berisi air panas, Campur dan aduk hingga rata
  • Oleskan secara merata pada rambut kulit kepala anda. Diamkan hingga mengering
  • Bilas dengan menggunakan sampo
  • Ulangi cara rutin ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Daun Neem
Daun neem memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Ketombe yang berlebihan dapat dihilangkan dengan daun neem, cara nay yaitu:

Cara penggunaan:

  • Ambil beberapa lembar daun neem
  • Iris lembut daun neem dan campurkan dengan sampo
  • Gunakan campuran daun neem dan sampo untuk berkeramas
  • Pemakaian daun neem secara rutin untuk menghilangkan ketombe dengan maksimal.

6. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Bawang Merah
Selain sebagai bumbu wajib dalam masakan indonesia, bwang merah juga efektif digunakan sebagai cara herbal untuk mengatasi ketombe. Berikut caranya:

Cara penggunaan:

  • Siapkan beberapa butir bawang merah yang telah dibersihkan
  • Tumbuk halus bawang merah, bisa dicampurkan dengan beberapa tetes madu
  • Lalu oleskan secara merata pada bagian kulit kepala yang terkena ketombe dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas rambut dengan menggunakan sampo hingga bersih.

7. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Daun Pandan
Daun pandan memiliki aroma harum yang khas sehingga sering digunakan sebagai bahan pewarna masakan atau kue. Tapi ternyata sari daun pandan juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe.

Cara penggunaan:

  • Siapkan beberapa lembar daun pandan
  • Tumbuk halus daun pandan lalu saring airnya
  • Oleskan sari daun pandan pada kulit rambut secara merata
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan sampo hingga bersih.

8. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Lemon
Kandungan dalam lemon memiliki tingkat keasaman yang mampu menjaga pH kulit kepala agar tetap seimbang. Hal tersebut pula yang mampu mencegah jamur ketombe tumbuh di kulit kepala. Selain itu, lemon juga berperan sebagai agen bakteri dan anti jamut yang dapat langsung membunuh jamur penyebab ketombe.

Cara penggunaan:

  • Siapkan 1 buah lemon segar lalu peras airnya
  • Campurkan sari perasan lemon dengan satu gelas air
  • Basahi terlebih dahulu rambut anda
  • Lalu tuang campuran perasan air lemon ke kepala secara merata
  • Diamkan sekitar 20-15 menit. Biasanya akan menimbulkan rasa gatal , biarkan karena hal tersebut adalah keadaan normal
  • Bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan keramas seperti biasanya.
    * Beri 2 sdt minyak kelapa untuk memberikan vitamin E pada kulit kepala

9. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Cuka Apel
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan para ahli, menyebutkan bahwa cuka apel mampu membantu menghilangkan ketombe pada rambut. Hal tersebut terbukti dengan adanya sifat asam pada cuka apel yang mempu mengubah pH kulit menjadi seimbang sehingga kulit kepala terhindar dari penyebab ketombe. Selain itu, cuka apel juga mampu pula digunakan untuk meredakan rasa gatal dan mencegah kulit kepala kering.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan botol spray
  • Masukkan sekitar 50% cuka apel dalam botol dan campurkan dengan 50 ml air bersih, perbandingan 1:1.
  • Semprotkan secara merata pada kulit kepala
  • Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 30-60 menit
  • Setelah itu, bilas rambut hingga bersih
  • Lakukan cara ini 2x dalam seminggu hingga anda terbebas dari ketombe.

10. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat digunakan untuk membantu menghilangkan ketombe karena minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan jamur ketombe pada kulit kepala. Minyak kelapa juga memiliki kandungan vitamin E yang biak untuk menutrisi dan menjaga kesehatan kepala serta rambut anda.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan sekita 1 sdm minyak kelapa lalu oleskan ke seluruh bagian kulit kepala hingga merata.
  •  Beri pijatan ringan pada kulit kepala dan diamkan selama 30-60 menit
  • Lalu keramas dengan menggunakan sampo seperti biasanya.

11. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Yoghurt
Sifat asam yang terkandung dalam yoghurt juga mampu dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dalam kulit kepala. Selain itu, yoghurt juga mampu memberikan kelembutan pada rambut dan membuat rambut mejadi berkilau.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan sekita 2 sdm yoghurt plan, dan biarkan selama 1 hari dalam keadaan terbuka pada suhu ruang agar proses fermentasinya berjalan dengan baik.
  • Oleskan yoghurt mulai dari kepala, pangkal dan ujung rambut secara merata.
  • Diamkan hingga 1 jam lalu bilas hingga bersih menggunakan sampo
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini 3x seminggu

12. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Bawang Putih
Bawang memiliki kemampuan yang dapat membantu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe pada rambut. Bawang ampuh digunakan untuk menghilangkan ketombe namun memiliki bau yang tajam sehingga sebagian orang tidak menyukai dengan cara ini.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 2-3 siung bawang putih, lalu haluskan
  • Untuk mengurangi bau tajamnya campurkan madu dan jahe
  • Gosokkan pad kulit kepala secara perlahan
  • Bilas dengan air bersih lalu lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

13. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Minyak Lavender
Minyak lavender juga dapat dimanfaakan untuk membantu menghilangkan ketombe dan menjaga kelembaban kulit kepala. Selain itu, minyak lavender juga dapat digunakan untuk mengurangi gatal yang disebabkan karena ketombe.

Cara Penggunaan:

  • Ambil 1 sdm minyak lavender lalu ratakan pada telapak tangan
  • Pijatkan telapak tangan pada kulit kelapa ,beri pijatan ringan dan diamkan selama 15 menit
  • Setelah itu, keramas menggunakan sampo seperti biasanya.

14. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Tomat
pH kulit kepala yang tidak seimbang merupakan penyebab munculnya jamur ketombe pada kulit kepala. Tomat merupakan salah satu solusi yang dapat anda gunakan untuk membantu menyeimbangkan pH pada kulit karena kandungan asamnya.

Cara Pengunaan:

  •  Ambil 2 buah tomta besar lalu hancurkan
  • Campurkan dengan 1 sdm minyak kelapa
  • Lalau oleskan secara merata pada kulit kepala sambil diberi pijatan halus
  • Diamkan hingga 1 jam lalu lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa.

15. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Jahe
Jahe dapat digunakan untuk mengatasi ketombe karena jahe memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan pada kulit kepala yang mengakibatkan munculnya ketombe dan menghambat pertumbuhan jamur. Selain itu, jahe juga mapuh digunakan untuk meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala sehingga memicu pertumbuhan rambut yang baru.

Cara Penggunaan:

  • Parut jahe dan rebus hingga mengeluarkan sari nya
  • Campurkan sari jahe dengan 1 sdm minyak wijen
  • Gunakan campurah jahe dan minyak wijen untuk berkeramas dan diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

16. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Selain dapat mengurangi resiko jantung, diabetes, stroke, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Minyak zaitun dapat pula dimanfaatka untuk mengatasi ketombe secara alami.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan terlbeih dahul minyak zaitun
  • Pastikan rambut dalam keadaan bersih sebelum menggunakan cara ini, jadi pastikan rambut sudah dikeramas.
  • Setelah rambut keramas, oleskan minyak zaitun keseluruh area kulit kepala seperti menggunakan conditioner
  • Pijat lembut selama 5 menit dan diamkan selama 30 menit
  • Bilas menggunakan air dingin hingga bersih

17. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Kangkung
Selain untuk bahan masakan, kangkung juga ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit kepala karena kangkung memiliki senyawa mineral essens. Bahkan snegan rutin menggunakan cara ini juga dapat membantu mengatasi kerontokan pada rambut.

Cara Penggunaan:

  • Sediakan satu ikat kangkung
  • Rebus dengan mengunakan 2 gelas air hingga mendidih dan saring
  • Gunakan rebusan kankung untuk keramas, dan beri pijatan halus serta diamkan selama 30 menit
  • Setelah itu bilas seperti keramas seperti biasanya.

18. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Mengkudu
Mengkudu banyak dimanfaatkan untuk membantu menurunkan darah tinggi. Ternyata mengkudu juga memiliki manfaat lain yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Cara Penggunaan:

  • Siapakan buah mengkudu masak, dan cuci bersih
  • Haluskan buah mengkudu hingga terbentuk seperti bubur
  • Oleskan bubur mengkudu pada rambut secara merata
  • Diamkan hingga 30 menit
  • Bilas rambut dengan keramas seperti biasa dengan bersih agar rambut tidak lepek dan kusut.

19. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Tea Tree Oil
Ta Tree Oil memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Seperti manfaat minyak kelapa, Tea tree oil juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, menghilangkan ketombe dan merawat kulit rambut supaya terhindar dari kutu.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 10 tetes tea tree oil dalam wadah, lalu beri tambahan gel lidah buaya, 3 sdm santan, dan beri tetesan minyak lavender agar lebih wangi.
  • Aduk sampai merata campuran bahan-bahan tersebut
  • Gunakan campuran tersebut sebagai sampo untuk berkeramas 2 kali sehari.
  • Lihat hasil baiknya selama pemakaian sekitar satu bulan.

20. Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dengan Minyak Almond
Minyak almond juga memiliki manfaat seperti jeruk nipis, yaitu bertindak untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kepala.

Cara Penggunaan:

  • Campurkan minyak almond dengan gooseberry
  • Gunakan campuran tersebut pada rambut dengan mengoleskan secara merata dan beri pijatan ringan
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian cuci bersih rambut seperti biasanya.

Itulah 20 cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Gunakan salah satu cara dan lakukan dengan teratur. Semoga bermanfaat dan membantu dalam mengatasi ketombe membandel di kepala Anda.Semoga bermanfaat, terimakasih.


loading...