27 Penyebab dan Cara Menghilangkan Kerutan pada Area Mata Secara Alami dan Cepat

Posted on

Cara Menghilangkan Kerutan pada Area Mata – Cara Menghilangkan Kerutan pada Area Mata – Area bawah mata yang mulai berkeriput akan membuat sebagian besar merasa kesal karena keriput sebagai proses dari penuaan. Keriput ini dapat terjadi karena proses alamiah dan terjadi pada siapa saja, termasuk anak muda sekalipun. Keriput yang muncul akibat penuaan adalah proses alamiah yang terjadi karena faktor usia dan mulai mengendurnya kulit pada area mata, sedangkan jika kerutan terjadi mereka yang masih muda maka akan membuat penderita merasa jengkel dan membuat mereka tidak percaya diri dengan penampilannya.

Kerutan yang terjadi pada usia muda disebut dengan proses penuaan dini. Penuaan dini adalah proses yang terjadi karena penuaan kulit yag lebih cepat dari seharusnya. Kerutan yang terjadi pada area mata bukanlah masalah kesehatan yang serius sehingga memerlukan perawatan khusus, namun kerutan pada area mata akan merusak penampilan khususnya bagi wanita. Adanya keriput pada area mata akan membuat wajah menjadi tampak lebih tua. Namun keriput pada area mata tidak melulu dikarenakan proses penuaan, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya keriput pada mata. Simak penjelasannya.

Faktor Penyebab Keriput pada Mata

Selain proses penuaan, terdapat faktor yang menyebabkan munculnya keriput pada area bawah mata, seperti :

  • Kulit pada area mata yang tipis sehingga menyebabkan kulit area mata mudah berkeriput karena radiasi sinar ultraviolet, iritasu dan faktor lingkungan seperti udara dan polusi.
  • Kandungan kelenjar minyak pada kulit yang sedikit, sehingga menyebabkan tipisnya kulit disekitar mata. Fungsi kelenjar minyak adalah untuk melembabkan kulit disekitar mata.
  • Menyempitnya pembuluh darah disekitar mata yang mengakibatkan proses penuaan sehingga kerutan mudah terlihat.
  • Kurangnya kandungan kolagen pada kulit area mata sehingga kulit menjadi kurang elastis.
  • Lapisan kulit disekitar mata yang tipis sehingga menyebabkan kulit terasa tidak kenyal ketika ditekan.
  • Kurangnya perawatan kulit disekitar mata.
  • Seringnya berkedip sehingga menyebabkan timbulnya garis-garis halus dan kerutan disekitar mata.

Cara Mengatasi Kerutan pada Area Mata

Kerutan pada area mata dapat diatasi dengan menggunakan cara-cara alami tanpa memerlukan biaya mahal, hanya dengan rajin melakukan perawatan, anda dapat mengatasi kerutan dengan mudah. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil maksimal.

1. Cara mengatasi kerutan dengan putih telur
Oleskan putih telur pada area mata untuk membantu mengencangkan dan mengurangi kerutan pada area mata. Gunakan putih telur pada area mata, begitu kulit terasa tertarik atau kencang, anda dapat membilas masker putih telur tersut. Jangan biarkan masker putih telur melekat terlalu lama karena akan membuat semakin susah ditarik atau dibersihkan.

2. Cara mengatasi kerutan dengan air mawar
Air mawar adalah toning yang membantu kulit agar tetap awet muda, air mawar juga berguna untuk mencegah serta mengatasi kerutan dibawah area mata dan mencegah kulit mengendur. Cara mengatasi kerutan dengan air mawar yaitu membubuhkan air pada pada area bawah mata, lalu biarkan hingga mengering. Lakukan cara ini 2kali sehari untuk mencegah munculnya garis halus dan kerutan pada bawah mata.

3. Cara mengatasi kerutan dengan Alpukat
Buah alpukat kaya kandungan lemak yang dapat menutrisi kulit dan mencegah munculnya kerutan pada area bawah mata. Caranya dnegan menempelkan irisan buah alpukat pada bagian bawah mata lalu diamkan selama 15 menit. Diamkan agar minyak alami dalam buah alpukat menutrisi kulit serta menghilangkan kerutan dan lingkar hitam disekitar mata. Selain dengan menempelkan, anda juga dapat melumatkan buah alpukat terlebih dahulu lalu aplikasikan kebawah mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas.

4. Cara mengatasi kerutan dengan minyak zaitun
Jenis minyak yang bermanfaat untuk melembabkan kulit adalah minyak zaitun. Sperti madu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengunci kelembaban kulit. Cara menggunakannya yaitu dnegan memanaskan sedikit minyak zaitun dan aplikasikan pada area bawah mata selagi masih hangat. Lalu beri pijatan lembut pada area bawah mata menggunakan jari telunjuk beberapa menit dan diamkan selama semalaman.

5. Cara mengatasi kerutan dengan Minyak Kelapa
Kandungan asam yang ada pada minyak kelapa dapat menutrisi kulit dan mencegah timbulnya kerutan serta garis halus pada area bawah kulit mata. Caranya dengan menggunakan minyak kelapa murni sebagai krim pijat, oleskan minyak kelapa pada area bawah mata selama 10 menit dengan diberi pijatan kecil, lalu diamkan selama semalaman. Lihat efek pagi harinya, anda akan merasakan kulit bawah mata menjadi lebih halus dan lembut serta kerutan perlahan akan mulai hilang.

6. Cara mengatasi kerutan dengan jahe dan madu
Fungsi madu dalam cara ini yaitu untuk melembabkan sedangkan jahe berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah. Cara menggunakan jahe dan madu untuk menghilangkan kerutan dibwah mata yaitu dengan mencampurkan 1 sdt ekstrak jahe dengan 1/2 sdt madu, lalu gunakan campuran tersebut sebagai krim pijat. Pijat secara lembut pada area bawah mata sekitar 10 menit setiap harinya, lalu diamkan selama 1 jamii sebelum dibilas.

7. Cara mengatasi kerutan dengan Mentimun
Irisan timun memberikan efek segar pada wajah, selain itu irisan timun juga bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit bagian bawah mata. Cara mengunakannya yaitu dengan menempelkan irisan timun yang telah didinginkan pada area bawah mata. Selain untuk mengencangkan kulit, irisan timun juga bermanfaat utnuk menghilangkan lingkar hitam pada mata. Lakukan cara ini selam a15 menit secara rutin setiap harinya.

8. Cara mengatasi kerutan dengan minyak rosemary
Cara mengatasi kerutan pada area bawah mata selanjutnya menggunakan minyak esensial rosemary. Aplikasisan minyak rosemary pada area bawah mata lalu pijat area bawah mata secara perlahan dengan gerakan keatas, lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Cara mengatasi kerutan dengan minyak jarak (Castor Oil)
KOndisi area bawah mata harus tetap lembab, karena tekstur area kulit area bawah mata sangat lembut dan tipis. Untuk terbebas dari kerutan kita harus ekstra menjaga kondisinya agar tetap lembab. Cara yang dilakukan untuk membuatnya tetap lembab dapat dilakukan dengan membubuhkan minyak jarak pada area bawah mata lalu diamkan selama semalaman.

10. Cara mengatasi kerutan dengan nanas
Perasan nanas mengandung enzim aktif yang disebut dengan bromelain yang bersifat anti radang namun bentuk alami dari AHA (alpha hydroxy acid) juga dapat mengatasi kerutan. Nanas juga mengandung astringent yang dapat merangsang pengelupasan sel kulit mati. Cara mengatasi kerutan dengan nanas yaitu cukup membubuhkan air nanas kearea bawah mata lalu diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin karena air nanas juga dapat digunakan untuk mengurangi garis halus pada kerutan kulit lainnya.

11. Cara mengatasi kerutan dengan susu bubuk dan madu
Penyebab munculnya kerutan salah satunya adalah karena kondisi kulit yang kering. Campuran susu bubuk dan madu dipercaya ampuh untuk mengembalikan kelembaban pada kulit bagian bawah mata. Cara menggunakannya yaitu dengan menyediakan 4 sdm susu bubuk dan 2 sdm madu serta 2 sdm air hangat. Aduk rata ketiga bahan tersebut sehingga menjadi pasta lalu oleskan pada area bawah mata dan pada wajah, setelah itu diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

12. Cara mengatasi kerutan dengan es batu
Cara sederhana yang bisa anda untuk mengatasi masalah kerutan pada area bawah mata yaitu dengan menggosokkan es batu pada bagian bawah mata dan bagian yang berkerut pada wajah selama 5 menit setiap harinya. Lakukan secara rutin untuk melihat hasilnya.

13. Cara mengatasi kerutan dengan tomat dan madu
Tomat memberikan perlindungan yang maksimal untuk kulit anda. Selain efektif untuk mengatasi kerutan pada wajah secara alami, kandungan antioksidan yang ada pada tomat juga efektif untuk membasmi efek jahat radikal bebas. Cara mengatasi kerutan dengan tomat dan madu yaitu cukup mencampurkan daging tomat dengan madu lalu oleskan pada area bawah mata atau wajah yang berkerut. Tunggu sampai meresap lalu bilas dengan bersih.

14. Cara mengatasi kerutan dengan kentang dan madu
Cara lainnya untuk mengatasi kerutan pada area mata yaitu dengan menggunakan campuran kentang dan madu asli. Cara mengatasi kerutan dengan kentang dan madu yaitu dengan menghaluskan 1/4 kentang dan campur dengan 1/2 sdm madu. Setelah itu balurkan resep tersbut pada area bawah mata menggunakan kapas atau kuas. Tunggu 20 menit hingga mengering lalu basuh hingga bersih. Lakukan secara rutin.

15. Cara mengatasi kerutan dengan madu
Selain dicampurkan dengan berbagai jenis bahan lainnya, anda juga bisa hanya menggunakan madu saja untuk mengatasi kerutan di bagian bawah mata. Untuk mengatasinya anda hanya perlu mengoleskan mada pada area bawah mata lalu tunggu hingga 30 menit dan bilas hingga bersih. Setelah itu anda juga bisa mengoleskan es batu untuk mendinginkan area bawah mata.

16. Cara mengatasi kerutan dengan kulit semangka
Jangan buang kulit semangka, ternyata kulit semangka bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kerutan diarea bawah mata, kulit semangka juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Cara mengatasinya yaitu dengan mengosokan kulit semangka bagian dalam pada area bawah mata atau wajah lalu biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

17. Cara mengatasi kerutan dengan susu dan gula merah
Selain dengan madu, susu juga bisa dikombinasikan dengan gula merah untuk membantu mengatasi kerutan yang ada pada sekitar area bawah mata. Gula dipercaya sangat membantu mengencangkan kulit secara alami dan membuat kulit menjadi lebih bersinar. Cara mengunakannya yaitu dengan mendidihkan susu terlebih dahulu dan tunggu hingga hangat lalu campurkan dengan larutan gula merah. Setelah tercampur, balurkan resep tersbeut pada area bawah mata atau kewajah. Gunakan cara ini secara rutin selama 2 minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

18. Cara mengatasi kerutan dengan kantung teh celup
Selain cara diatas, anda juga dapat memanfaatkan bekas kantung teh celup untuk mengkompres mata dan bagian bawah mata. Kantung teh celup dapat digunakan sebagai perawatan kulit pada area mata dengan menempelkan langsung kantung teh pada mata atau untuk hasil lebih maksimal, anda perlu menyimpan kantung teh celup dalam lemari es selama beberapa saat hingga dingin, dan aplikasikan pada kedua mata anda dengan mengkompresnya.

19. Cara mengatasi kerutan dengan banyak konsumsi air putih
Dengan banyak minum air dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab. Kulit yang selalu terjaga kelembabannya akan lebih tahan terhadap efek penuaan.

20. Cara mengatasi kerutan dengan minyak biji anggur
Untuk terbebas dari kerutan wajah, anda juga dapat mengunakan minyak biji anggur untuk merawat wajah dan melembabkan kulit bagiah area mata. Cara mengatasi kerutan pada mata dengan minyak biji anggur yaitu cukup membubuhkan sedikit minyak biji anggur pada area bawah mata lakuk berikan pijatan halus selama 10 menit, dan diamkan selama semalaman.

Setelah mengetahui cara mengatasi kerutan pada area sekitar mata, cara efektif lain yang digunakan untuk mengatasi kerutan yaitu dengan menghindari penyebab munculnya kerutan. Selalu jaga kondisi kelembaban wajah anda untuk terbebas dari kerutan dan penuaan dini. Terimakasih, semoga bermanfaat.