25 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Agar Tampil Lebih Muda dan Bersinar

Posted on

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah –¬†Munculnya kerutan diwajah terjadi akibat proses penuaan dini secara alami akibat proses kolagen dan elastin pada jaringan kulit yang melemah dan rusak, selain itu juga disebabkan oleh terpaparnya sinar matahari terlalu banyak, akibat merokok, stress berlebihan dan kekurangan vitamin E.

Kerutan pada area wajah biasanya muncul dibagian dahi, bawah mata, pipi dan area wajah lain. Meskipun bukan masalah yang serius, munculnya keriput diwajah menyebabkan wajah menjadi nampak tua.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kerutan di wajah yang bisa kamu lakukan. Baik dengan melakukan perawatan secara alami atau dengan melakukan perawatan kecantikan. Namun ada baiknya anda lakukan perawatan alami terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan medis. Karena perawatan secara alami lebih baik dan lebih aman untuk wajah.

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah

1. Gunakan Krim Malam
Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mendukung proses regenerasi sel kulit. Karena itulah penting untuk menggunakan krim malam pada wajah untuk membant melembabkan kulit wajah serta mengurangi anti penuaan dini untuk menyamarkan kerutan di wajah.

2. Rajin Mengunakan Pelembab
Untuk menghindari kulit wajah dari kerutan anda bisa mengoleskan pelembab untuk menimalisir keriput dan garis halus pada wajah. Namun anda juga harus memperhatikan jenis pelembab yang cocok untuk jenis kulit wajah anda.

3. Gunakan Tabir Surya
Untuk melindungi kulit wajah dari jahatnya sinar matahari yang juga menyebabkan kerutan pada wajah anda dapat menggunakan tabir surya. Tabir surya berperan untuk melindungi kulit dari pembentukan keriput dan efektif mengurangi kerutan di wajah.

4. Masker Putih Telur
Cara selanjutnya untuk menyamarkan kerutan di wajah adalah dengan menggunakan masker putih telur. Oleskan masker putih telur pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Kandungan protein pada putih telur berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada wajah.

5. Cukupi Asupan Air Mineral
Munculnya kerutan diwajah dipengaruhi oleh kurangnya asupan mineral dalam kulit. Untuk itu, anda perlu mencukupi asupan konsumsi air putih setiap hari. Kurangi konsumsi air mengandung berwarna dan bersoda, atau tambahan yang kurang baik untuk kesehatan.

6. Oleskan Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan omega 3 yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit. Oleskan minyak zaitun pada wajah sebelum tidur, agar kulit wajah menjadi lebih lembab, elastis, dan bebas kerutan. Dengan penggunaan secara rutin maka kerutan dan garis senyum yang mengganggu penampilan anda akan segera tersamarkan dengan sempurna.

7. Beri Pijatan di Wajah
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah kerutan adalah dengan memijat wajah secara lembut. Anda hanya cukup menggunakan minyak kelapa kaya omega 3, lalu beri pijatan ringan pada seluruh permukaan wajah untuk melancarkan peredaran darah. Dengan cara tersebut, produksi kolagen pun akan mengalami peningkatan jika dilakukan pemijatan secara rutin.

8. Mengkonsumsi Buah Segar
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah kerutan di wajah adalah dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan segar. Buah segar mengandung berbagai vitamin, mineral dan serat yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu kandungan kalori dan gula didalam buah segar sangat baik untuk mengurangi keriput pada wajah.

Menghilangkan Kerutan dengan Bahan Alami

  1. Menghilangkan kerutan diwajah dengan menggunakan masker susu bubuk yang dicampurkan dengan madu dan air hangat,
  2. Menghilangkan kerutan diwajah dengan masker buah nanas, lalu berikan pijatan ringan agar kandungan vitamin C nya meresap dalam kulit.
  3. Menghilangkan kerutan diwajah dengan menggunakan masker buah pisang dan campuran madu.
  4. Menghilangkan kerutan dengan rutin menggosokkan irisan mentimun pada wajah.
  5. Mengatasi kerutan dengan menggoleskan minyak almond pada kulit wajah, sekaligus mengatasi keriput pada area sekitar mata.
  6. Mengatasi kerutan selanjutnya adalah dengan menggunakan bagian putih kulit buah semangka. Menggosokkan kulit semangka dapat menyegarkan kulit wajah kusam dan melembutkan kulit wajah.
  7. Mengatasi kulit wajah berkerut dengan campuran madu dan lemon, lalu oleskan pada kulit hingga beberapa menit dan bilas hingga bersih.
  8. Menghilangkan kerutan diwajah dengan menggunakan masker tepung beras dengan tambahan air mawar.
  9. Mengatasi kerutan di wajah dengan menggunakan masker buah pepaya dan campuran madu.
  10. Mengatasi masalah kerutan dengan menggunakan masker stroberi dan beri tambahan madu.
  11. Menghilangkan kerutan di wajah dengan menggunakan masker alpukat dan campuran madu secara rutin.

Tips Mencegah Kerutan di Wajah

Selain dengan menggunakan perwatan diatas, anda juga dapat menghindari kerutan diwajah dengan melakukan pencegahan dengan melakukan berbagai cara berikut ini:

1. Hindari membilas wajah dengan air panas
Mencuci muka dengan air dengan kondisi cukup panas dapat menghilangkan minyak pelindung kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kerutan akan lebih tampak jelas. Untuk mencuci wajah sebaiknya gunakan air suhu rendah atau cukup dengan air hangat, yang berfungsi membantu minyak dan lapisan terluar kulit tetap terhaga. Selain itu hindari juga mencuci wajah terlalu sering, usahakan cukup 2 kali sehari.

2. Terapkan pola hidup sehat
Cara lain untuk mencegah dan mengatasi kerutan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti jenis sayur dan buah berwarna cerah memiliki kandungan sumber antioksidan alami yang berperan untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, sehingga menjadikan kulit tampak lebih muda dan bersinar. Selain itu konsumsi asam lemak omega 3 yang banyak terdapat dari Kacang, Telur dan ikan salmon bermanfaat untuk memelihara kulit agar tetap kenyakl. Namun juga harus diimbangi dengan konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, agar kulit tetap terhidrasi.

3. Hindari kebiasaan mengerutkan wajah
Melakukan kebiasaan mengerutkan wajah secara berulang seperti mengerutkan dahi akan membuat otot wajah bekerja lebih keras. Jika kebiasaan tersebut sering dilakukan dapat menyebabkan kulit wajah timbul kerutan dan garis-garis halus.

4. Lindungi kulit wajah dari sinar UV
Untuk melindungi kulit wajah selanjutnya adalah dengan menghindari kontak langsung dengan sinar UV. Gunakan kacamata anti sinar UV untuk melindungi area sekitar mata dari sinar matahari dan mencegah munculnya kerutan di wajah dan area mata.

5. Posisi dan Kualitas tidur yang tepat
Cara selanjutnya untuk menghindari kerutan di wajah adalah dengan melakukan posisi tidur yang tepat. Tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping dapat memperbanyak lipatan pada wajah. Disarankan untuk tidur dengan posisi telentang.

Selain posisi tidur, kualitas waktu tidur yang tepat adalah sekitar 7 hingga 8 jam. Kualitas tidur yang cukup dapat membantu menghilangkan keriput, rona kusam dan kantung mata. Hal ini karena produksi hormon pertumbuhan selama tidur yang menjadikan kulit elastis dan mencegah kerutan.

6. Hindari merokok
Kebiasaan selanjutnya yang sebaiknya dihindari adalah kebiasaan merokok yang juga dapat menyebabkan kerutan di wajah. Selain itu kelola stressmu dengan baik seperti dengan melakukan Yoga atau menghirup aromaterapi.

Itulah penjelasan tentang Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.