20 Cara Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah Secara Alami dengan Cepat dan Tuntas

Posted on

Cara Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah – Meskipun berada pada bagian paling bawah tubuh, kaki tidak luput menjadi perhatian oleh banyak orang. memiliki kaki yang sehat menjadi impian bagi semua orang. Namun sebagian banyan orang memiliki masalah pada bagian kaki seperti telapak kaki pecah-pecah yang membuat pemiliknya merasa tidak nyaman karena biasanya dapat menimbulkan nyeri dan sakit saat berjalan.

Umumnya telapak kaki yang sering mengalami pecah-pecah adalah bagian tumit. Tumit pecah-pecah adalah masalah yang paling umum dialami oleh banyak orang. Tumit pecah-pecah disebabkan karena daerah tumit kurang lembab, karena terlalu lama menggunakan sepatu, atau bahkan terlalu lama terrendam air.

Selain karena beberapa gejala penyebab diatas, munculnya tumit pecah-pecah juga dapat dikarenakan beberapa hal. Untuk lebih lengkap, simak penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi kaki pecah-pecah berikut .

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan timbulnya kaki pecah-pecah. Diantaranya:

  1. Tumit pecah-pecah disebabkan kulit yang kering, kondisi ini diperparah jika pada sekitar pingggiran tumit menjadi tebal (callus)
  2. Terlalu lama menggunakan sepatu
  3. Berdiri terlalu lama pada lantai yang keras
  4. Kelebihan berat badan yang berpengaruh dengan meningkatkan tekanan pada bantalan lemak normal dibawah tumit.
  5. Penggunaan sepatu yang pada bagian tumitnya terbuka yang dapat memungkinkan lemak pada bagian bawah tumit meluas kesamping hingga meningkatkan tekanan untuk menjadi pecah
  6. Beberapa kondisi medis yang berpengaruh pada tumit pecah-pecah seperti predisposisi kulit kering, neuropati otonom, misal pada penderita diabetes menyebabkan kurang berkeringat, tiroid menurunkan tingkat metabolisme tubuh dan pengurangan keringat, hal ini akan mengarah pada kekeringan di kulit. Penderita
  7. Kondisi pada psoriasis dan eksim.
  8. Kondisi cuaca yang terlalu panas dan terlalu dingin
  9. Terlalu sering berenang dikolam yang mengandung kaporit tinggi.
  10.  Terlalu sering mandi dengan air panas

Gejala Kaki Pecah-Pecah

Berikut adalah beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita kaki pecah-pecah, meliputi:

  1. Kulit kaki menjadi kasar
  2. Kulit pada kaki menjadi kemerahan hingga menimbulkan sisik
  3. Pada kulit kaki bagian kaki terdapat rekahan
  4. Rasa gatal yang diakibatkan karena menyusutnya lapisan kulit yang menyebabkan peregangan kulit bagian bawah.
  5. Terjadi ruam pada kulit kaki akibat rasa gatal yang tidak ditangani
  6. Jika tidak ditangani dengan benar maka dapat terjadi pendarahan kulit atau keluarnya cairan pada kaki yang pecah-pecah.

Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kaki pecah-pecah dapat menyebabkan kondisi menjadi lebih parah dan menyebabkan beberapa komplikasi tambahan seperti:

  • Rasa sakit untuk berjalan
  • Infeksi pada kaku
  • Rasa gatal dan sensasi terbakar pada kaki
  • Jika di abaikan semakin lama akan memperparah keadaan

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Cara mengatasi kaki pecah-pecah dapat dilakukan sendiri dengan cara alami tanpa memerlukan biaya mahal. Hanya saja, anda perlu melakukan secara rutin perawatan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Simak beberapa tips dan cara perawatan dibawah ini:

1. Cuci kaki dengan Air Hangat
Cara paling mudah untuk merawat kaki pecah-pecah yaitu dengan rajin mencuci kaki dengan air hangat setelah pergi dari luar dan sebelum tidur malam hari.

2. Batu Apung
Perawatan kaki menggunakan batu apung yaitu dengan terlebih dahulu merendam kaki selama 10 menit dengan air hangat lalu gosokkan batu apung secara perlahan pada kaki pecah-pecah untuk menghilangkan sel kulit mati dengan cepat.

3. Air Mawar
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah yaitu dnegan menggunakan air mawar dan gliserin. Cara yang digunakan yaitu dengan terlebih dahulu membersihkan kaki dengan air bersih dan keringkan, lalu oleskan air mawar pada kaki yang pecah-pecah untuk melembabkan.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang dipercaya memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat minyak zaitun yaitu mampu mengatasi kaki kering dan pecah-pecah. Cara perawatannay yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun setiap hati pada kaki yang pecah-pecah secara rutin. Minyak zaitunn bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit kaki.

5. Buah Pisang
Cara selanjutnya untuk mengatasi kaki pecah-pecah yaitu dengan menggunakan buah pisang. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan menghaluskan satu buah pisang lalu oleskan pada tumit yang pecah-pecah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Buah Mentimun
Mentimun memnag dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kelembaban kulit. Untuk melakukan perawatan dengan mentimun yaitu dengan cara menghaluskan mentimun lalu gunakan untuk memijat tumit kaki yang pecah-pecah.

7. Jeruk Nipis
Selain mentimun, jeruk nipis juga cukup ampuh untuk membasmi kulit pecah-pecah. Cara perawatan yang dilakukan cukup mudah yaitu hanya mengunakan jeruk nipis yang telah dibelah menjadi dua lalu gosokkan secara langsung pada tumit yang pecah-pecah. Lakukan cara ini secara rutin agar kaki kembali menjadi halus dan terhindara dari pecah-pecah.

8. Buah Alpukat
Cara lain untuk mengatasi kaki peca-pecah yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Cara perawatan yang digunakan yaitu dengan menghaluskan daging buah alpukat lalu oleskan pada kaki pecah-pecah. Alpukat memiliki banyak kandungan vitamin. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Vitamin A berfungsi untuk meregenerasi kulit untuk meregenerasi jaringan kolagen baru.

9. Buah Lemon
Cara selanjutnya untuk mengatasi kaki pecah-pecah yaitu dengan menggunakan perasan air lemon. Lemon bekerja untuk membantu meregenerasi sel kulit mati dan membentuk jaringan baru. Cara perawatan yang digunakan yaitu dengan merendam kaki yang pecah-pecah dengan menggunakan perasan air lemon, cara ini akan terasa sangat perih, hal ini menandakan bahwa kulit menerima vitamin pada buah lemon.

10. Madu
Madu memang sudah dipercaya dari sejak jaman dahulu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk masalah kecantikan dan mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Madu berfungsi untuk melembabkan kulit kaki yang kering. Cara perawatannya yaitu dengan mengoleskan madu pada bagian kaki yang pecah-pecah secara rutin.

11. Cuka
Cara selanjutnya untuk mengatasi kaki pecah-pecah yaitu dengan menggunakan cuka. Perawatan yang dilakukan yaitu dengan mencampurkan cuka pada air hangat, lalu rendam kaki selama beberapa menit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Beri gosokan lembut pada kaki agar sel kulit mati terangkat dengan sempurna. Setelah itu oleskan pelembut pada kulit kaki.

12. Minyak Mustard
Minyak mustard mengandung zat biologis aktif seperti vitamin A, E, D, B3, B4, B6, P, K, Vitamin F – asam lemak tak jenuh ganda, pitosterol, yang mudah menguap, klorofil, glikosida, minyak. Minyak ini banyak dimanfaatkan untuk banyak hal,salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Cara perawatan yang digunakan yaitu anda hanya harus lebih rutin mengoleskan minyak mustard pada kaki lalu beri gosokoan halus. Untuk lebih efektifnya oleskan pada malam hari lalu bungkus kaki dengan kaos kaki, dan pada pagi hari akan terasa lebih baik.

13. Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Minyak kelapa bekerja untuk membantu membunuh bakteri dan kuman sekaligus melembutkan kulit kaki. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan merendamkan kaki pada minyak kelapa yang telah dicamputkan dengan air hangat selama 10 menit dengan beri gosokan secara halus.

14. Gliserin
Gliserin dipercaya memiliki kandungan yang bermanfaat untuk melembabkan. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mencampurkan satu sendok gliserin dengan perasan air lemon,lalu gosokkan secara perlahan pada tumit kaki. Cara ini paling efektif digunakan pada malam hari dengan membungkus kaki dengan kaus kaki dan bersihkan pada pagi hari.

15. Petroleum Jelly
Petroleum Jelly memiliki banyak kegunaan untuk mengatasi masalah kesehatan. Petroleum Jelly dapat manfaatkan untuk melembabkan kaki pecah-pecah. Cara perawatannya yaitu dengan oleskan pada area yang kering, pecah-pecah ataupun iritasi secara berkala untuk mengurangi dampaknya.

16. Oatmeal
Oatmeal memang banyak dipercaya ampuh untuk mengatasi permasalah pada kulit. Salah satunya yaitu digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki pecah-pecah. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mencampurkan oatmeal dengan beberapa tetes minyak jojoba aduk hingga menjadi pasta dan gunakna sebagai scrub untuk menggosok kaki yang pecah-pecah.

17. Tepung beras
Selain dengan oatmeal, anda juga dapat menggunakan tepung beras untuk dijadikan scrub untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mencampurkan satu genggam tepung beras dan campurkan dengan cuka sari apel dan aduk hingga membentuk pasta. GUnakan sebagai scrub untuk menggosok kaki yang pecah-pecah.

18. Minyak Wijen
Selain minyak zaitun dan minyak kelapa, minyak wijen juga dapat anda gunakan untuk mengatasi msalah kaki pecah-pecah. Selain untuk menjaga kelembaban kaki, minyak wijen juga bekerja untuk menghaluskan kulit pada kaki. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengolesakan secara langsung minyak wijen pada kaki pecah-pecah yang telah anda rendam dengan air hangat selama 1o menit.

19. Banyak minum air putih
Cara paling simple untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Air putih berperan untuk mengembalikan kelembaban kulit pada tubuh. Untuk itu perbanyak konsumsi air mineral.

20. Lilin Parafin
Lilin parafin juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan kaki pecah pecah. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan terlebih dahulu melelehkan 1 blok lilin parafin lalu campurkan dengan 2 sendok minyak kelapa atau minyak zaitun. Tunggu sampai lebih dingin dan terbentuk lapisan tipis di atasnya. Setelah itu, celupkan kaki Anda ke dalam campuran tersebut dan rendam selama 10 detik, angkat dan celupkan lagi. Lakukan hal ini selama beberapa kali saja. Sesudahnya, Anda bisa menutupi kaki Anda dengan plastik lalu tinggalkan ½ jam sebelum akhirnya Anda melepas plastik tersebut dan membersihkan kaki dari lilin yang menempel. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh penderita yang memiliki sirkulasi darah kurang lancar seperti riwayat diabetes.

Itulah penjelasan tentang Cara Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.