22 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari Paling Ampuh

Posted on

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari –¬†Mengantuk adalah perihal yang biasa terjadi dan dialami oleh semua orang, karena hal tersebut pertanda tubuh membutuhkan istirahat. Namun, akan menjadi hal yang tidak biasa jika secara terus menerus merasa ngantuk. APalagi jika merasa ngantuk pada waktu pagi hari, sangat tidak wajar jika hal tersebut terjadi, padahal tubuh telah tercukupi waktu tidur pada malam hari.

Rasa ngantuk dipagi hari sangatlah tidak membuat nyaman, hal tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena tidak fokus terdapat pekerjaan, seperti dapat mengganggu waktu pekerjaan, sekolah bahkan mengganggu dalam perjalanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang cukup ampuh dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk dipagi hari.

Cara Menghilangkan Kantuk di Pagi Hari

1. Mematikan Lampu Sebelum Tidur
Kondisi kamar yang terlalu terang saat kita tidur dapat membuat kinerja mata menjadi lebih berat dan membuat tubuh lebih sulit tidur karena tubuh menjadi tidak rileks. Tidur lebih membutuhkan intensitas cahaya ruangan yang rendah, untuk itu anda dapat mematikan lampu tidur untuk membuat tubuh lebih rileks.

2. Jauhkan diri dari barang elektronik
Sebelum pergi tidur sebaiknya anda menghindari bermain dnegan barang eletronik seperti ponsel dan komputer. Batasi penggunaannya sebelum tidur dengan mematikan atau menjauhkan dari posisi tidur kita. Bermain ponsel dapat dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.

3. Cukupi waktu tidur malam hari
Pastikan tubuh untuk tercukupi waktu tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Jika kualitas tidur tercukupi dengan baik, maka pada pagi harinya anda akan terhindar dari rasa kantuk di pagi hari.

4. Menghindari Tidur Siang
Ada sebagian orang yang tidak bisa melakukan tidur siang, karena pada malam harinya mereka akan kesulitan untuk tidur. Jika sudah demikian cara paling ampuh untuk menghindari kantuk dipagi adalah dengan menghindari tidur siang.

5. Melakukan Peregangan Tubuh
Saat mulai merasa kantuk menyerang, anda bisa melakukan peregangang. Peregangan tubuh sangat berfungsi dalam meningkatkan hormon endorfin sekaligus juga membuat aliran darah lebih lancar. Inilah yang akan membuat tubuh lebih bertenaga dan menghilangkan rasa ngantuk secara efektif.

6. Mandi Pagi
Mandi pagi adalah cara paling tepat untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah bangun tidur. Mandi pagi ampuh untuk menghilangkan ngantuk sekaligus meningkatkan kesegaran, terutama mandi subuh-subuh.

7. Menahan Napas
Untuk mengatasi rasa kantuk dipagi hari, seperti pada saat disekolah atau di tempat kerja anda dapat mencoba menarik nafas dalam-dalam, lalu tahan beberapa detik, dan hembuskan melalui mulut. Lakukan secara perlahan dan jangan langsung dikeluarkan seluruhnya.

8. Berjemur di Pagi Hari
Berjemur adalah cara tepat untuk mendapatkan asupan lebih vitamin D dalam tubuh. Selain vitamin D, berjemur pagi hari juga bermanfaat untuk menghindari tubuh merasa ngantuk. Sinar matahari pagi berperan untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menjadi lancar.

9. Jangan Lewatkan Sarapan
Sarapan penting sekali dilakukan untuk membuat tubuh lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas. Namun, hindari makan terlalu banyak, dan makanan berkarbohidrat tinggi karena dapat menyebabkan rasa kantuk. Konsumsi susu, sereal, roti gandum, serta buah-buahan sangat dianjurkan saat waktu sarapan.

10. Olahraga Pagi
Melakukan olahraga ringan dipagi hari seperti jalan kaki disekeliling rumah. Cara tersebut dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

11. Minum Air Putih saat Bangun Tidur
Cara menghilangkan kantuk di pagi hari selanjutnya adalah dengan minum satu gelas air puti setiap kali bangun tidur. Hal tersebut untuk membantu mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang pada waktu tidur.

12. Mengkonsumsi Air Lemon
Cara selanjutnya untuk mencegah rasa kantuk pada pagi hari adalah dengan mengkonsumsi air lemon setiap pagi. Selain untuk menghidrasi tubuh dan menghindarkan dari rasa ngantuk, tubuh juga akan terdetoksifikasi dengan air lemon.

13. Mengkonsumsi Teh Hijau
Selain mengkonsumsi air lemon, konsumsi teh hijau juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk dipagi hari. Teh hijau dapat menyediakan energi dan stamina dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari rasa kantuk.

14. Gunakan Aromaterapy
Cara selanjutnya untuk mengusir kantuk dipagi hari adalah dengan menggunakan aromaterapy. Selain mengusir rasa kantuk, aromaterapy juga bisa mengatasi rasa lelah, sakit kepala, dan meningkatkan energi.

15. Konsumi makanan omega 3
Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa ngantuk dipagi dari adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan tinggi kandungan omega-3. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dapat membuat tubuh menjadi lebih semangat menjalani aktifitas sehari-hari.

16. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula
Cara yang sangat disukai oleh banyak orang untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula. Pastikan permen yang adalah permen bebas gula, karena jika tinggi gula dapat berpengaruh pada kesehatan anda.

17. Hindari konsumsi kafein
Agar kualitas tidur tercukupi dengan baik, pada siang hari disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung tinggi kafein seperti kopi, red wine dan coklat, karena dapat membuat tidur menjadi lebih sulit. Sehingga pada pagi harinya anda akan merasa ngantuk.

18. Hindari Makan Malam
Selain tidak baik untuk kesehatan, tidak memberi jeda waktu 2-3 jam setelah makan malan lalu pergi tidur dapat membuat lambung tidak bisa mencerna semua makanan dengan baik, sehingga mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan anda merasa ngantuk pada pagi harinya.

19. Hindari Stress
Fakta membuktikan jika kemarahan, kecemasan, dan emosi dapat membuat tubuh susa tidur. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk menjernihkan pikiran sebelum tidur karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur dan saat bangun tidur tubuh akan menjadi lebih rileks.

20. Hindari tidur diatas jam 3 sore
Tidur pada waktu sore hari membuat mata pada malam hari tidak bisa terlelap tidur, karena mengganggu ritme sirkadian. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah pada pukul 1-3 siang saja selama 30 atau 90 menit. Untuk menghindari puyeng saat bangun, jangan tidur kurang dari 30 menit atau lebih dari 90 menit.

21. Mencuci Wajah
Cara yang sering dilakukan ketika rasa kantuk menyerang pada pagi hari adalah dengan mencuci wajah. Mencuci wajah dapat menyegarkan kulit sehingga rasa kantuk akan sedikit hilang.

22. Mengatur Jam Tidur
Cara selanjutnya untuk mencegah rasa kantuk pada pagi hari adalah anda harus bisa mengatur waktu tidur dengan baik. Waktu normal tidur adalah 7-9 jam, maka jika anda ingin bangun pada pukul 05 pagi, anda harus sudah tidur pada pukul 10. Dengan kualitas tidur yang baik, anda akan terbebas dari rasa kantuk dipagi hari.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..