Cara Mengecilkan Pori-pori pada Wajah penyebab Munculnya Jerawat Secara Alami dan Permanen

Posted on

Cara Mengecilkan Pori-pori pada Wajah – Pori-pori pada wajah sebenarnya memiliki peranan yang sangat penting karena pori-pori merupakan askes untuk pernafasan kulit yang pada akhirnya akan meregenerasi sel-sel kulit itu sendiri. Bagi sebagian orang, pori-pori pada wajah menjadi sesuatu yang diperhatikan, apalagi jika pori-pori wajah memiliki ukuran yang besar dan lebar. Meskipun bukan perkara yang berbahaya, pori-pori yang besar pada wajah tentu dapat mempengaruhi penampilan dan menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat.

Pori-pori atau titik-titik pada permukaan wajah merupakan folikel rambut yang terbuka, folikel tersebut mengandung kelenjar minyak. Salah satu faktor penyebab pori-pori terlihat besar atau membesar adalah penggunaan make-up. Hal ini dikarenakan make-up dapat menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Selain make-up, paparan sinar ultraviolet dan menurunnnya kadar kolagen pada wajah juga menjadi penyebab pori-pori wajah membesar.

Pori-pori wajah yang membesar, tersumbat dan terbuka akan menjadi pemicu munculnya jerawat dan komedo. Untuk mencegahnya, simak cara mengecilkan pori-pori wajah berikut ini.

Cara Mengecilkan Pori-pori Secara Alami

1. Pepaya
Pepaya memiliki senyawa enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit, vitamin A,C dan E berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat membantu menutrisi dan melembabkan kulit wajah. Dengan memanfaatkan pepaya sebagai masker wajah selama 30 menit secara rutin bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah, meregeneasi sel kulit wajah, membersihkan kotoran pada wajah, serta menjadi tabir surya alami untuk kulit wajah.

2. Alpukat
Alpukat memiliki banyak kandungan karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C yang sangat baik untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini. Rutin menggunakan masker alpukat bermanfaat juga untuk membasmi penyebab pori-pori membesar, sehingga pori-pori wajah akan tertutup dengan sendirinya.

3. Pisang
Pisang memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan wajah seperti menjaga ke elastisitas kulit wajah, menjaga kolagen agar tetap kenyal serta membantu memutihkan wajah. Dari manfaat tersebut dapat disimpulkan jika pisang juga bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. Untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan pisang adalah dengan menghaluskan pisang dengan tambahan madu lalu oleskan pada wajah sebagai masker.

4. Strawberry
Strawberry memiliki kandungan Ellagic yang bagus untuk membantu menghilangkan kotoran dan menyingkirkan sel kulit mati pada wajah sehingga pori-pori pada wajah menjadi kecil. Gunakan masker Strawberry dan susu untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah.

5. Tomat
Senyawa lycopine pada tomat menjadi anti oksidan yang terbukti mampu menangkal radikal bebas sehingga mencegah sel kulit mati menumpuk dan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Selainitu, tomat juga bermanfaat baik sebagai tabir surya yang meminimalisir kerusakan akibat sunar UV. Cara mengecilkan pori-pori dengan tomat adalah dengan rutin menggunakan masker tomat pada wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Jeruk Nipis
Kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang Kaya pada jeruk nipis bermanfaat baik untuk membantu kulit terhindar dari masalah jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih dan mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan begitu jeruk nipis juga efektif untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah dengan jeruk nipis adalah dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis pada wajah selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Lemon
Selain jeruk npis, lemon juga kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang vermanfaat sama untuk wajah. Lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Untuk mengeciilkan pori-pori pada wajah oleskan perasan lemon pada wajah dan biarkan selama 15 menit.

8. Jeruk
Selain memiliki rasa yang segar, perasan air jeruk juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Lakukan secara rutin untuk membuat pori-pori nampak lebih kecil.

9. Kulit Jeruk
Jika dibandingkan dengan dagingnya, kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin C. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengecilkan pori-pori..Carannya dengan membuat kulit jeruk menjadi bubuk lalu buat pasta dengan mencampurkan sedikit air dan oleskan sebagai masker pada wajah. Diamkan masker selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

10. Es Batu
Cara simple dan sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengeceilkan pori-pori adalah dengan menggunakan es batu. Dengan rutin mengoleskan es batu yang telah dibungkus dengan kain selama 10 menit secara rutin dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Jangan terlalu lama mengoleskan es batu pada wajah karena dapat menyebabkan wajah menjadi kering.

11. Mentimun
Mentimun memiliki banyak mineral dan vitamin penting yang berguna menjaga kesegaran kulit wajah dan membantu mengecilkan pori-pori. Cara melakukan perawatan dengan mentimun adalah dengan menempelkan irisan mentimun pada wajah selama 30 menit atau dengan menggoleskan air perasan mentimun pada wajah selama 30 menit secara rutin.

12. Kentang
Kentang memiiki kandungan mineral yang dapat berubah menjadi antibiotik alami yang berguna memperlambat penuaan dan meregenerasi sel kulit mati pada wajah sehingga pori-pori pada wajah menjadi kecil. Selain itu, antioksidan alami juga berfungsi baik untuk membantu menyamarkan noda hitam atau flek pada wajah. Caranya dengan tumbuk kentang yang telah direbus lalu tambahkan susu hingga menjadi pasta dan oleskan sebagai masker wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

13. Bengkoang
Selain bermanfaat untuk membantu memutihkan wajah, bengkoang juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah. Hal tersebut karena bengkoang memiliki kandungan vitamin B dan C yang berguna mencegah penumpukan sel kulit mati pada wajah yang mengakibatkan pori-pori menjadi besar. Caranya dengan peras air parutan bengkoang dan ambil endapan sarinya lalu oleskan sebagai masker pada wajah.

14. Lobak Putih
Lobak putih memiliki kandungan vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu menggunakan masker lobak putih untuk wajah juga bermanfaat mengecilkan pori-pori wajah serta menjaga kelembaban kulit.

15. Putih telur
Putih telur bermanfaat untuk mengencangkan dan mengenyalkan wajah serta ampuh pula untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah karena putih telur kaya akna protein dan sumber mikronutrien. Gunakan putih telur sebagai masker dan diamkan hingga mengering, untuk menghilangkan bau amisnya, anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis atau perasan lemon.

16. Susu
Kolagen pada wajah berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap kenyal, tidak berkerut dan menjaga pori-pori tidak membesar. Susu memiliki kandungan vitamin D yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen, sedangkan vitamin B6 berfungsi merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab. Caranya dengan campurkan 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu dan oleskan pada wajah sebagai masker selama 30 menit dan bilas.

17. Yoghurt
Yoghurt memiliki kandungan kalsium yang berperan penting mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangakan zinc memiliki peranan membantu mengatasi masalah kulit wajah, dan kandungan vitamin B kompleks nya dapat menyehatkan wakah serta menyamarkan pori-pori besar. Gunakan yoghurt plain sebagai masker wajah.

18. Minyak Zaitun
zat linoleic acid pada minyak zaitu memiliki manfaat untuk membantu menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga mencegah penuaan dini. Minyak zaitu juga memiliki banyak kandungan anti oksidan yang disebut dengan polifenol yang bermanfaat membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah yaitu dengan mencampurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1sdm madu dan gunakan sebagai masker.

19. Cuka Apel
Kandungan asam pada cuka apel memiliki manfaat untuk meregenerasi kulit, mengikis dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cuka apel juga berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah. Campurkan 11 sdm cuka dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan sebagai toner pada wajah.

20. Teh hijau
Teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel kulit mati sehingga pori-pori walah mengecil. Anda dapat menggunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker. Anda juga bisa menggunakan rendaman teh hijau untuk masker dan daiamkan selama 15 menit. Jika dengan menggunakan bubuk, campurkan 1 sdm bubuk teh hijau tambahkan dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

21. Kopi dan gula
Kopi dan gula dapat anda gunakan sebagai scrub yang berfungsi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang memicu pori-pori semakin melebar.

22. Air beras
Air rendaman beras memiliki kandungan asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Cukup biarkan air beras agar mengendap, lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

23. Madu
Madu kaya akan kandungan anti-oksidan yang bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit serta mengangkat sel kulit mati. Madu juga berguna untuk membantu mengecilkan pori-pori kecil pada wajah dengan cara mengoleskan madu pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

24. Baking Soda
Baking soda dapat digunakan sebagai scrub yang berguna menyeimbangkan pH kulit dan menghilangkan partikel kotoran dari permukaan wajah. Untuk membantu mengecilkan pori-pori dengan baking soda yaitu dengan mencampurkan 1 sdm baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu balurkan pada wajah dengan gerakan memijat lembut. Pijat selama 30 detik dan bilas bersih ramuan baking soda dari wajah dengan air dingin. Jika kulit Anda tidak menunjukan tanda-tanda iritasi karena baking soda, Anda bisa mengulangi perawatan ini setiap hari selama 7 hari, kemudian mengurangi frekuensi pengulangannya menjadi 3 sampai 5 kali saja setiap minggu.

25. Apel
APel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu apel juga berkhasiat untuk membantu mengecilkan masalah pori-pori wajah dengan cara memhaluskan daging apel lalu gunakan sebagai masker pada wajah selama 20 menit dan bilas dengan bersih.

26. Oatmeal
Selain untuk menghaluskan kulit, oatmeal juga berguna untuk membantu menghilangkan produksi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori membesar. Caranya dengan mencampurkan 2 sdm oatmeal, 5 sdm madu dan 2 sdm susu segar. Oleskan pada wajah dengan memberikan pijatan melingkar lembut dan biarkan mengering selama kurang lebih 15 menit lalu gosok masker yang sudah kering lalu bilas hingga bersih dengan air dingin.

Cara Mengatasi Pori-Pori Besar

Setealh mengetahui penyebab dan cara mengecikan pori-pori pada wajah, sebaiknya kita juga ketahui pula cara tepat mengatasi pori-pori besar melalui perawatan. Berikut ini beberapa cara perawatan yang dapat anda lakukan untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah, antara lain:

1. Bersihkan wajah secara rutin setiap malam
Usahakan setiap malam sebelum tidur lakukan aktivitas rutin untuk membersihkan kulit wajah. Hal ini untuk mencegah sisa-sisa kotoran make-up dan debu pada wajah yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar. Jangan lupa untuk pilih jenis facial foam yang cocok untuk jenis kulit wajah anda dan memiliki banyak kandungan monsturizer serta bahan-bahan alami lainnya.

2. Eksfoliasi
Eksfoliasi adalah perawatan yang bertujuan untuk mengangkat kotoran, debu, sisa keringat dan komedo yang menyumbat pori-pori wajah, perawatan ini lebih dikenal dengan scrubing. Anda dapat melakukan Eksfoliasi menggunakan bahan-bahan alami sperti menggunakan gula pasir, teh, kopi gula dan lainnya.

3. Lindungi wajah dari sinar UV
Usahakan untuk menjaga kulit wajah agar terhindar dari paparan sinar UV secara langsung terlalu lama, karena sinar uV sangat buruk untuk kesehatan kulit. Gunakan pelindung seperti sunblock, payung, topi dan lainnya untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV secara langsung.

4. Bersihkan produksi minyak berlebih pada wajah
Selalu bersihkan wajah anda secara rutin dari debu, kotoran dan minyak berlebih, dengan selalu membawa tisu atau kain sapu tangan kemanapun anda berada. Produksi minyak yang berlebih dapat membuat pori-pori wajah membesar dan memicu munculnya jerawat.

5. Lakukan perawatan
Anda bisa melakukan perawtan uap (steam) pada wajah sesekali waktu untuk membuka pori-poru dan mengeluarkan kotoran didalamnya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Mengecilkan Pori-pori pada Wajah penyebab Munculnya Jerawat yang perlu anda ketahui . Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..