30 Cara Mengatasi Perut Kembung Berdasarkan Penyebabnya Untuk Dewasa dan Pada Bayi dengan Mudah

Posted on

Cara Mengatasi Perut Kembung – Perut kembung adalah kondisi perut terasa penuh, terasa kencang dan bergas serta membuat perut terasa tidak nyaman yang merupakan salah satu gangguan pencernaan. Selain ditandai dengan kondisi perut yang nampak membesar, penderita perut kembung biasanya juga disertai dengan gejala sering buang angin atau kentut, sendawa berlebihan dan perut terasa bergejolak.

Kondisi ini akan membuat penderita merasa terganggu karena ketidak nyamanan yang dialami ketika beraktivitas sehari-hari. Dibandingkan dengan orang yang memiliki kondisi perut normal, pendertita perut kembung biasanya lebih sering sakit, sering mengkonsumsi obat-obatan atau sering mengunjungi dokter. Untuk mengetahui lebiih lengkap tentang masalah perut kembung, simak ulasan dibawah lebih lengkap.

Penyebab Perut Kembung

Perut kembung terjadi karena terdapat gas berlebihan pada saluran pencernaan yaitu pada lambung dan usus. Kelebihan gasa pada lambung atau pada usus bagian atas akan membuat perut terasa kembung, terasa penuh dan akan bersendawa berlebihan. Sedangkan kelebihan gas pada usus bagian rendah akan membuat perut menjadi kembung serta akan meningkatkan frekuensi buang angin berlebihan. Selain itu kelebihan gas pada salah satu usus dapat menyebabkan terjadinya kram seperti perut terasa melilit dan tanpa pola yang jelas. Munculnya gas berlebihan pada lambung memiliki berbagai macam penyebab, lebih lanjut simak beberapa penyebab munculnya perut kembung berikut.

1. Terlalu banyak menelan udara
Udara yang masuk dalam tubuh dikeluarkan melalui snedawa dan buang angin. Cara ini adalah reaksi normal yang disebabkan karena adanya udara yang berlebihan dalam sistem pencernaan. Beberapa contoh kasus erlalu banyak menelan udara yang sering anda lakukan seperti:

  • Makan terlalu ceat
  • Minum terlalu cepatterutama pakai sedotan
  • Bicara sambil makan
  • Mengunyah permen karet
  • Mengisap permen yang keras
  • Minum minuman bersoda
  • Merokok

Menelan udara terlalu banyak juga dapat terjadi karena gangguan magh. Saat lambung naik ke kerongkongan biasanya penderita akan lebih banyak menelan udara dan sering bersendawa. Inilah yang menjadi salah satu penyebab perut kembung.

2. Pilih Jenis Makanan dan Minuman
Terdapat jenis makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gas. Untuk terhindar dari perut kembung, ada baiknya anda mengurangi sedikit konsumsi jenis jenis makanan dan minuman dibawah ini sperti :

  • Sayuran: kol, kubis, brokoli, asparagus, kacang-kacangan, kembang kol, selada, paprika hijau, kentang, bawang bombai, dan biji-bijian utuh.
  • Makanan yang mengandung lemak, seperti gorengan.
  • Makanan dalam kemasan yang mengandung laktosa tinggi, seperti roti dan sereal.
  • Minuman yang mengandung soda, misalnya softdrink, bir, kola, dsb.
  • Gula dan pemanis buatan.
  •  Susu dan produk olahannya, terutama bagi kamu yang memiliki masalah terhadap susu dengan laktosa.
  • Buah-buahan: apel, pir, melon, pisang, dan pepaya.

3. Jenis obat-obatan dan suplemen nutrisi
Ada beberapa jenis obat atau suplemen yang juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Beberapa jenis obat-obatan dan sumplemen tersebut antara lain:

  • Obat-obatan untuk diare
  •  Obat-obatan antasida
  •  Obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit
  • Obat untuk penyakit kencing manis (diabetes)
  • Obat-obatan untuk kontipasi
  • Aspirin dan sejenis obat sakit kepala lainnya.
  • Pil multivitmin dan suplemen penambah zat besi.

4. Karena kondisi medis
Terdapat beberapa jenis kondisi medis yang juga bisa menyebabkan perut kembung seperti

  • Gangguan pencernaa
  • Kontipasi atau susah buang air besar
  • Penyakit celiac
  •  Intoleransi laktosa.
  • Adanya kanker usus besar.
  • Penyakit crohn.
  • Adanya batu empedu.
  • Gangguan pada bagian pankreas.
  • Nyeri di bagian ulu hati.
  • Munculnya penyakit asam lambung.
  • Kanker ovarium.

5. Penyebab Lain
Selain sebab diatas, berikut ini adalah beberapa penyebab lain yang dapat mengakibatkan perut menjadi kembung, sperti

  • Proses kehamilan
  • Kegemukan
  • Perubahan level hormon pada wanita sebelum haid
  • Mengalami stress atau cemas

Cara Mengatasi Perut Kembung

Mengatasi perut kembung dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya. Untuk mengethaui cara mengatasi perut kembung, simak cara penangannya berikut ini:

1. Tingkatkan konsumsi cairan dalam tubuh
Bila normalnya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas dalam sehari. Pada penderita perut kembung anda dapat meingkatkan porsi lebih banyak untuk membantu mengurangi perut kembung. Namun anda jangan mengkonsumsi banyak sekaligus, bagi menjadi 1 gelas secara rutin setiap 2 atau 3 jam sekali.

2. Makan secara perlahan dan porsi kecil
Makan terlalu cepat dapat mengakibatkan perut menjadi kembung, untuk itu usahakan makan dnegan mengunyah secara perlahan dan dalam porsi kecil.

3. Kurangi makanan mengandung banyak gas
Salah satu penyebab kelebihan gas pada lambung terjadi karena beberapa jenis makanan dan minuman. Untuk itu cara tepat mengatasi perut kembung adalah dengan mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang telah di sebutkan diatas.

4. Kurangi makanan berlemak tinggi
Usus 5x lebih berat untuk mencerna lemak, karena itu untuk mengatasi perut kembung sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan dengan tinggi lemak, seperti konsumsi gorengan.

5. Kurangi konsumsi susu
Jika anda termasuk salah satu orang yang alergi akan laktosa, ada baiknya anda mengurangi konsumsi produk susu atau anda dapat mengantinya dengan produk lain rendah laktosa seperti yoghurt.

6. Hindari minum melalui sedotan
Meskipun dianggap praktis, minum menggunakan sedotan akan membuat perut menjadi kembung karena terdapat banyak volume udara yang masuk kedalam lambung, Untuk itu sebisa mungkin anda menghindari minum dengan menggunakan sedotan.

7. Hindari Merokok
Merokok merupakan salah satu pembunuh terbesar. Merokok banyak menimbulkan masalah gangguan perut seperti nyeri pada ulu hati, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Merokok juga dapat meningkatkan intensitas udara yang masuk kedalam lambung. Untuk itu hindari merokok untuk terhidar dari perut kembung.

8. Rutin Olahraga
Selain memang menyehatkan ctubuh, dengan olahraga maka pembuangan gas dalam tubuh akan berjalan lebih cepat ketika kita melakukan aktivitas fisik. Untuk mengatasi perut kembung anda dapat meluangkan waktu selama 30 menit untuk melakukan olahraga seperti senam ringan, jalan-jalan atau melakukan jogging.

9. Hindari terlalu banyak konsumsi suplemen penambah serat
Serat memang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit. Namun penelitian di Jepang membuktikan bahwa makanan berserat juga dapat meningkatkan produksi gas dalam usus dan lambung. Untuk itu hindari mengkonsumsi suplemen penambahan suplemen serat.

10. Sering kentut dan bersendawa
Ketika perut kembung sebaiknya jangan tahan diri untuk kentut dan bersendawa karena cara tersebut adalah cara ampuh untuk mengatasi perut kembung. Semakin sering anda kentut dan bersendawa maka volume gas dalam perut akan berkurang.

11. Konsumsi Jahe
Jahe memiliki bahan aktif gingerol dan shogaols yang bermanfaat untuk mengatasi dan mengurangi masalah peradangan usus. Anda yang bermasalah pada perut kembung didarankan untuk rutin mengkonsumsi air rebusan jahe untuk mengurangi jumlah tumpukan gas di bagian usus kecil sehingga akan membantu meredakan masalah perut kembung.

12. Konsumsi makanan mengandung probiotik
Probiotik adalah mikroorganisme baik dalam usus yang berfungsi membantu melancarkan proses pencernaan. Untuk mengatasi masalah perut kembung, anda dapat mengkonsumsi jenis makanan mengandung probiotik seperti mengkonsumsi yoghurt.

13. Hindari minum soda
Minuman bersoda sangat digemari oleh kebanyakan orang, namun perlu diketahui bahwa minuman bersoda tidak baik untuk kerja pada organ pencernaan. Minuman berkarbonasi dapat mengakibatkan resiko tumpukan gas didalam tubuh, sehingga akan memperparah kondisi pada perut kembung.

14. Konsumsi teh chamomile
Teh bunga chamomile berperan sebagai anti inflamasi dna anti spasmodik yang dapat membuat organ dalam perut menjadi nyaman. Untuk itu cara mengatasi perut kembung anda dapat mengunakan teh chamomile yang ditambahkan dengan satu sendok madu.

15. Konsumsi Jus Jeruk
Jeruk merupakann jenis buah yang mengandug banyak vitamin C, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menigkatkan kekebalan tubu serta mengatasi masalah perut kembung.

16. Konsumsi rebusan daun pepaya
Daun pepaya memiliki manfaat untuk mengatasi perut kembung yang dikarenakan masuk angin. Untuk pengobatannya yaitu dengan merebus daun pepaya lalu minum air rebusan selagi masih hangat. Untuk mengurangi rasa pahitnya, anda dapat menambahkan madu.

17. Hindari konsumsi makanan dingin
Makanan yang dingin akan membuat volume gas dalam perut menjadi berlebihan. Untuk itu sangat penting untuk menghindari konsumsi makanan dingin ketika perut kembung. Makanan yang cocok untuk anda konsumsi pada saat perut kembung adalah jenis makanan dan minuman yang hangat.

18. Atur pola makan yang teratur
Kondisi perut kosong akan sangat mudah terkena masuk angin. Karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kondisi perut agar tidak kosong.

19. Gunakan jaket ketika berkendara pada malam hari
Untuk menghindari masuk angin, anda harus menggunakan jaket saat berkendaran pada malam hari menggunakan sepeda motor.

20. Konsumsi Pappermint
Pappermint mengandung minyak mentol yang berperan sebagai anti-spasmodik yang bermanfaat untuk mengurangi masalah pada perut kembung.

21. Hindari tiduran setelah makan
Hindari untuk rebahan setelah makan karena akan membuat membuat sistem pencernaan dan metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik, dan disarankan untuk bergerak selama 10 menit setelah makan.

22. Ramuan bawang merah dan minyak tellon
Bawang merah juga ampuh untuk mengatasi masalah perut kembung, caranya dengan memarut bawang merah lalu campurkan parutan tersebut dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Gunakan campuran tersebut untuk ditempelkan pada perut untuk membantu mengatasi perut kembung.

23. Konsumsi nanas
Nanas tinggi akan kandungan enzim bromelain yang membantu memecah protein, meringankan pencernaan dan mengurangi rasa kembung pada perut. Untuk mengatasi perut kembung dengan nanas, anda dapat mengkonsumsinya langsung atau dengan jus.

24. Konsumsi labu
Labu juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah perut kembung. Anda dapat mengkonsumsi labu dengan cara dipanggang, dikukus atau digunakan untuk membuat soup yang telah dicampur dengan beberapa jenis sayuran lainnya.

25. Hindari konsumsi makanan tinggi garam
Makanan yang tinggi akan kandungan garam akan membuat perut manjadi cepat kembung. Untuk itu kurangi konsumsi makanan dengan kandungan tinggi garam seperti nugget dan snack kemasan lainnya.

Cara mengatasi Kembung pada Bayi

Bayi juga rentan mengalami perut kembung, gejala perut kembung pada bayi biasanya seperti perut membuncit, perut kencang, dan ketika ditepuk berbunyi nyaring. Pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan biasanya akan lebih sering mengalami perut kembung, karena bayi belum bisa mencerna makanan dengan baik. Namun jika bayi anda mengalami peurt kembung, anda tidak perlu panik, berikut adalah beberapa tips mengatasi perut kembung pada bayi.

26. Tepuk lembuk bagian punggung bayi
Tepuk-tepuk punggung bayi secara lembut dan perlahan sambil digendong, lakukan cara ini selama kurang lebih lima menit sampai bayi bersendawa.

27. Beri minyak telon pada perut bayi
Gosokkan minyak telon pada perut bayi secara perlahan. Aroma khas dan rasa hangat dari minyak telon akan membuat bayi merasa nyaman dan membantu mengeluarkan angin dari perut bayi.

28. Berikan air hangat pada bayi
Beri sedikit air hangat pada bayi untuk membantu membuat perut bayi menjadi nyaman. Anda juga perlu memandikan bayi dengan air hangat.

29. Beri latihan pada bayi
Untuk memberikan latihan pada bayi anda dapat posisikan bayi dalam keadaan berbaring terlentang. Kemudian pegang kedua kakinya sampai ia aktif bergerak. Latihan sederhana ini dapat membantu meningkatkan kinerja lambung dan usus dalam mengurangi gas berlebih.

30. Perhatikan kandungan susu formula
Tidak semua bayi kebal dengan kandungan laktosa pada susu formula. Laktosa dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Karena itu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ketika hendak memberikan susu formula pada bayi.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Perut Kembung . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.