Cara Mengatasi Mata Merah Dengan Aman dan Cepat EFEKTIF

Posted on

Cara Mengatasi Mata Merah – Salah satu masalah kesehatan mata yang sering dialami banyak orang adalah masalah mata merah. Bukan hanya mengganggu penampilan, kondisi mata merah juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena mereka yang terkena gangguan mata merah biasanya akan mengalami rasa gatal pada mata, merasa pusing, penglihatan kabur, dan mata menjadi berair. Hal tersebutlah yang menyebabkan penderita merasa terganggu aktifitasnya.

Kondisi mata merah terjadi akibat adanya peradangan pada selaput-selaput yang menutupi bagian putih pada mata dan selaput bagian dalam kelopak mata. Pada beberapa kasus, mata merah juga disebabkan oleh virus yang memiliki sifat dapat menular. Karena itulah, kebanyakan orang sering menghindari berkontak langsung dengan seseorang yang sedang sakit mata dan mata merah untuk menghindari ketularan. Selain dari kedua penyebab tersebut, masih ada beberapa penyebab dan faktor lainnya yang menjadi penyebab mata merah.

Gejala yang sering muncul akibat mata merah selain dapat mengganggu aktifitas, juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada mata, seperti gangguan penglihatan dan mata perih. Karena itulah penting bagi kita untuk segera melakukan penanganan.

Cara Mengatasi Mata Merah

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu menghilangkan mata merah, antara lain:

Menghindari Alergi
Penyebab mata merah salah satunya adalah alergi seperti dari debu atau polusi. Selain membuat mata merah, juga akan membuat mata menjadi perih dan sering berair. Untuk itu cara mengatasi mata merah karena alergi adalah anda menghindari penyebab alergi.

Melepas Lensa Mata
Mata merah dapat pula disebabkan oleh pemakaian lensa mata yang menimbulkan iritasi karena lensa mata menghalangi kornea mendapatkan udara. Kornea membutuhkan udara untuk keberlangsungan hidupnya, sehingga melepas lensa untuk beberapa saat dapat dijadikan cara untuk membantu mengatasi mata merah.

Mengkompres mata
Anda dapat mengkompres mata untuk membantu mengatasi mata merah. Kompres mata bida dilakukan dua cara yaitu dengan menggunakan kompres air hangat dan kompres air dingin. Kompres air dingin dilakukan untuk mengatasi mata merah akibat alergi (debu), sedangkan kompres air hangat dilakukan untuk mengatasi mata merah akibat infeksi. Namun perlu diketahui jika keadaan infeksi pada mata dapat menularkan infeksi pada mata lainnya, jadi gunakan 2 kain yang berbeda untuk mengkompresnya.

Membuat Air Mata Buatan
Mata merah juga busa disebabkan karena sidrom mata kering atau dry eye syndrome. Cara untuk mengatasi mata merah akibat dry eye syndrome adalah dengan menggunakan air mata buatan atau artifical tears. Sindrom mata kering disebabkan karena kelenjar air mata tidak cukup untuk menghasilkan air mata, atau kualitas air mata yang dihasilkan kurang baik. Jika anda mengalami maslah ini sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganya.

Mengurangi Cahaya Monitor
Terlalu lama menatap layar monitor dapat membuat mata menjadi merah. Masalah ini sering terjadi pada pegawai kantoran yang bekerja full time didepan monitor, biasanya pegawai sering lupa berkedip sehingga menimbulkan mata merah, perih dan berair. Untuk mengatasi mata merah karena layar monitor, anda perlu sejenak mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali, atau dengan sengaja sering mengedipkan mata agar mata tetap lembab.

Konsultasi ke Dokter
Bila kondisi mata merah tidak kunjung sembuh, sehingga disertai dengan penurunan daya penglihatan, solusi selanjutnya yaitu segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Meskipun penyebab mata merah bukan pertanda adanya suatu penyakit, namun bila tidak segera ditangani akan membahayakan kesehatan dan mengganggu aktivitas.

Tips Mencegah Mata Merah

Untuk mencegah mata merah anda dapat melakukan beberapa cara pencegahan, seperti :

  • Tidak menggosok mata terlalu sering dan keras karena zat dan kotoran pada tangan dapat menyebabkan peradangan sehingga mengiritasi mata.
  • Selalu gunakan lensa kontak yang bersih dan baik, penggunaan lensa kontak yang tidak baik dapat menjadi media tumbuhkan kuman yang dapat mengiritasi mata.
  • Hindari penggunan obat tetes mata terlalu sering karena dapat menyebabkan mata lebih mudah merah.
  • Jangan membeli obat tetes mata yang mengandung obat seperti antibiotik dan kortikosteroid tanpa resep dokter, karena dapat menyebabkan mata merah hingga mengakibatkan glukoma yang dapat menimbulkan kebutaan.
  • Konsultasikan ke dokter jika kondisi mata merah tidak segera pulih beberapa hari.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Mata Merah Dengan Aman dan Cepat  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.