32 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Tepat Secara Alami TERBUKTI

Posted on

Cara Mengatasi Keputihan – Sebagian besar munculnya keputihan adalah hal yang normal terjadi, namun kondisi tersebut sering membuat penderitanya menjadi cemas dan tidak nyaman. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina selain darah haid. Keputihan sebenarny ahal yang normal dan sehat, karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang berfungsi memproduksi cairan untuk menjada kesehatan organ intim wanita. Normalnya keputihan berwarna jernih, putih susu dan tidak berbau. Kadar cairan keputihan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, atau pada masa menstruasi dan setelahnya. Keputihan jenis ini tidak memerlukan penanganan khusus, anda hanya perlu memperhatikan kebersihan pakaian dalam yang anda kenakan.

Namun terdapat pula jenis keputihan yang dapat dikatakan tidak normal, sepeti kekentalan lendir yang keluar, warna dan baunya busuk serta disertai nyeri perut dan gatal diarea miss V. Keputihan jenis ini dapat terjadi dikarenakan beberapa penyebab, seperti infeksi vaginosisi bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur.

Keputihan juga diartikan sebagai efek tubuh yang terlalu lelah sehingga hormon dalam tubuh tidak seimbang tapi jika tidak ditangani dengan cepat dapat menimbulkan penyakit kronis lainnya. Stress berlebihan juga dapat menjadi faktor munculnya keputihan, karena itulah penting bagi wanita untuk memahami keputiahabn yang dialaminya sehingga anda menemukan cara tepat untuk menghilangkan keputihan.

Untuk membantu anda mengatasi keputihan, berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi keputihan dengan tepat.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

1. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Jahe
Jahen merupakan tanaman yang kaya manfaat, salah satunya yaitu untuk mengatasi infeksi yang disebabkan karena bakteri, termasuk juga untuk mengatasi masalah keputihan di area miss V. Cara penanganannya yaitu dengan merebus 1 ruas jahe dengan satu gelas air hingga mendidih kan keluar sari jahenya. Setelah itu, saring dan minum ramuan selagi hangat.

2. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Bawang putih
Cara alami lainnya untuk mengatasi keputihan yaitu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih bersifat anti bakteri dan antivirus, sehingga sangat tepat digunakna untuk mengatsi keputihan. Cara yang digunakan untuk mengatasi keputihan dengan bawang putih yaitu dengan mengiris bawang putih menjadi 2 bagian lalu letakkan bawang putih pada bagian miss V anda diamkan selama semalam, cuci bersih pada pagi harinya.

3. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Daun Sirih
Banyak orang dahulu menggunankan daun sirih sebagai kinangan sekaligus sebagai obat untuk mengatasi keputihan. Daun sirih banyak mengandung anti bakteri dan anti jamur. Cara pengelolahan daun sirih untuk mengatasi keputihan yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga mendidih. Gunakan ramuan ini sebagai pembersih area miss V untuk membantu menghilangkan gatal-gatal secar berlebih dan berbau pad aorgan intim wanita.

4. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Kunyit
Selain dimanfatakan sebagia bumbu dapur, kunyit memang telah banyak juga dimanfaatkan sebagai jamu pada ramuan tradisional. Kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan karena kunyit mengandung antibakteri yang dapat membantu menghilankan keputihan secara total. Caranya penggunaannya yaitu dengan menghaluskan beberapa ruas kunyit lalu peras hingga sari air nya keluar, minum sari kunyit tersebut 2kali seharu secara teratur.

5. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Daun sambiloto
Daun sambiloto dapat digunakna untuk mencegah timbulnya peradangan sekaligus dapat digunakan untuk menghilangkan keputihan pada wanita. Selain itu, daun sambiloto juga dapat digunakan untuk menurunkan demam pada anak-anak. Cara yang digunakan untuk mengatasi keputihan dengan sambiloto yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan satu gelas air hingga mendidih, dan minum selagi hangat.

6. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Buah pisang
Cara paling mudah untuk mengatasi keputihan adalah dengan rajin mengkonsumsi buah pisang setiap hari. Karena dalam buah pisang memiliki manfaat yang berfungsi untuk mengatasi gangguan reproduksi dan menyeimbangkan hormon dalkam tubuh.

7. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Cuka Apel
Cara mengatasi keputihan lainnya dapat menggunakan cuka apel. Cuka apel bekerja untuk membantu menyeimbangkan pH, meningkatkan jumlah bakteri, serat menjaga miss V supaya tidak bau. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan ssscuka apel dengan satu sendok makan madu dalam satu gelas air hangat dan diminum secara rutin setiap harinya.

8. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Biji Ketumbar
Cara selanjutnya untuk mengatasi keputihan yaitu dengan menggunakan biji ketumbar. Cara penggunaanya dengan merendam setengah gelas biji ketumbar dengan satu gelas air mineral, biarkan biji ketumbar terendam semalaman. Pada esok harinya minum rendaman air ketumbar pada pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong dan belum mengkonsumsi makanan apapun.

9. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan vitamin E dan C yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik, lidah buaya memiliki kandungan antiseptik yang berfungsi untuk melawan bakteri, jamus dan virus pada masalah keputihan. Cara penggunaannya dengan merebus daging lidah buaya dan tambahkan daun sambiloto dengan 4 gelas air, rebus hingga hangat dan gunakan untuk membasuh area miss V. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

10. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Biji Fenugreek
Cara lain untuk mengatasi keputihan yaitu dengan menggunakan biji fenugreek. Biji fenuugreek dapat dimanfatakan untuk mengatasi keputihan karena kandungannya dpaat memmabntu meningkatkan pH dalam vagina. Cara penggunaannya yaitu dengan rendam satu sendok makan biji fenugreek dalam air mineral hangat selama 24 jam, kemudian saring dan tambahkan satu sendok makan. Lalu minum airnya ketika Anda belum makan pagi.

11. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Jus Delima
Jus delima mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting yaitu meningkatkan keseimbangan hormon dan mencegah perkembangan bakteri dan virus. Bahkan termasuk membunuh semua bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Karena itulah jus delima sangat baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi keputihan, caranya dengan meminum jus delima setiap hari secara rutin.

12. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan daun basil dan susu
cara lain untuk mengatasi keputihan yaitu dengan menggunakan daun basil dan susu. Daun basil diakui sebagai tanaman yang juga mampu utnuk membantu mengatasi keputihan karena senyawa dalam kandungannya dapat meningkatkan kesehatan rongga vagina serta mampu mengendalikan kondisi pH didalamnya. Cara mengatasi keputihan dengan daun basil yaitu dengan menghaluskan beberapa lembar daun basil dan campurkan dengan satu gelas susu rendah lemak, lalu minum ramuan tersebut secara rutin selama satu atau dua minggu.

13. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Yoghurt
Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang sangat tinggi, serta kandungan bakteri baik didalamnya juga dapat berfungsi untuk membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina. Yoghurt dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi keputihan dengan melawan infeksi jamur pada vagina, yogurt juga dapat membantu memelihara organ reproduksi dari dalma tubuh. Untuk mengatasi keputihan, anda dapat mengkonsumsi yogurt setiap hari.

14. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan Jus anggur dan madu
Anggur mengandung zat yang bisa melawan bakteri dan virus penyebab keputihan. Bahkan kandungan warna alami unggu dan merah pada anggur bisa meningkatkan kadar pH alami pada rongga vagina. Anda bisa membuat jus anggur tanpa mengupas kulitnya dan campurkan dengan satu sendok madu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat maka jangan mencampurkan air pada jus anggur. Jus anggur yang murni akan membantu menyembuhkan keputihan dengan cepat.

15. Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dengan menghindari makanan berminyak
Makanan berminyak mengandung lemak yang bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih parah. Makanan yang berminyak bisa menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Kadar hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan merubah keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan kondisi metabolisme tubuh terhambat. Jadi selama keputihan maka sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berminyak.

Cara penanganan secara mandiri pada Keputihan

  1. Untuk meredakan gatal dan pembengkakan yang disebabkan karena keputihan , anda dapat melakukan pengkompresan dingin pada miss V.
  2. Jika keputihan yang dialami karena adanya infeksi jamur, gunakan krim atau gel anti jamur.
  3. Gunakan alat kontrasepsi atau tunda berhubungan badan dengan pasangan hingga sepekan setelah anda melakukan pengobatan.
  4. Jika keputihan yang dialami berlangsung lebih dari seminggu, segera kunjungi dokter
  5. Tetap jaga kondisi miss V untuk tetap kering agar tidak lembab, untuk itu anda perlu mengeringkannya setelah buang air kecil.
  6. Gunakan celana dalam berbahan cotton, hindari menggunakan bahan sintetis. Karena celana cotton memungkinkan udara lebih banyak ke vagina dan mencegah kelembaban.
  7. Hindari menggunakan celana dalam terlalu ketat
  8. Tidak terlalu sering menggunakan stoking
  9. Gunakan celana longgar saat tidur
  10. Basuh kemaluan dari arah depan ke belakang setelah buang air, untuk mencegah bakteri masuk ke dalam area miss V.
  11. Hindari menggunakan cairan pembersih vagina, karena justru akan beresiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur didalamnya.
  12. Hindari mencuci celana dalam dengan pelembut atau deterjen yang beraroma kuat
  13. Hindari mengunakan tisu toilet beraroma
  14. Hindari menggunakan pembalut berparfum
  15. Hindari terlalu sering berendam di air hangat
  16. Ganti pembalut secara teratur
  17. Konsumsi makana sehat dengan gizi seimbang

itulah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi keputihan secara alami. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jaga selalu kebersihan organ intim anda agar terhindar dari infeksi dan virus penyebab keputihan. Semoag bermanfaat.