17 Cara Mengatasi Biduran Secara Terus Menerus Paling Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Biduran – Biduran atau disebut juga dengan kaligata adalah reaksi kulit yang ditandai dengan munculnya bilur berawarna merah dan terasa sangat gatal. Biduran merupakan reaksi yang terjadi akibat suatu alergi pada bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Biduran atau dalam istilah kesehatan disebut dengan urtikaria memiliki ukuran bilur yang berbeda-beda, mulai berukuran kecil hingga berukuran besar melebar. Selain menimbulkan rasa gatal, ruma juga akan terasa perih dan menyengat. Ruam dan bilur dapat muncul diseluruh bagian tubuh termasuk di wajah, bibir, lidah, tenggorokan dan telinga yang bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Biduran merupakan kondisi yang umum dialami oleh smeua orang pada segaa usia. Namun, biduran lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki riwayat alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya. Untuk mengatasi biduran, berikut ini merupaka beberapa cara yang digunakan untuk mengatasi biduran.

Penyebab Biduran

Munculnya penyakit biduran biasanya disebabkan oleh beberapa pemicu. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab munculnya masalah biduran, antara lain:

  1. Alergi terhadap beberapa makanan tertentu seperti ikan laut, daging, susu, kacang, seafood, atau telur dan makanan jenis lainnya.
  2. Adanya riwayat infeksi seperti hepatitis, demam kelenjar dan lain-lain.
  3. Alergi terhadap beberapa benda tertentu seperti bulu binatang, lateks, dan lainnya.
  4. Alergi terhadap zat adiktif lainnya atau tambahan makanan seperti pengawet, penguat rasa, pemanis, pengental, perwarna atau lainnya.
  5. Alergi terhadap bahan pakaian yang dikenakan.
  6. Alergi akibat efek samping obat seperti antibiotik, aspirin, ibuprofen dan lainnya.
  7. Akibat faktor kondisi cuaca seperti cuaca dingin atau cuaca panas.

Hal diatas adalah penyebab paling umum yang sering muncul akibat biduran. Namun ada beberapa faktor yang dapat memperburuk gejala biduran seperti mengkonsumsi akkohol, minuman tinggi kafein, stress dan suhu udara panas.

Cara Mengatasi Biduran

Masalah penyakit biduran atau kaligata memiliki gejala penyebab yang berbeda-beda, selain itu biduran juga memiliki 2 kategori jenis, yaitu kategori jangka pendek (utrikaria akut) dan jangka panjang (utrikaria kronis). Urtikaria kronis bisa saja merupakan gejala dari suatu penyakit lain yang sedang diderita, misalnya penyakit tiroid atau lupus.

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah biduran, antara lain:

1. Daun Sirih
Daun sirih memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah biduran. Untuk menyembuhkan biduran dengan daun sirih sangatlah mudah, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih untuk mengatasi masalah biduran.

2. Minum Air Kelapa Hijau
Air kelapa hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat air kelapa hijau adalah untuk menetralisir racun dalam tubuh. Karena itulah air kelapa hijau dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan biduran. Konsumsi air kelapa hijau yang masih segar untuk menyembuhkan biduran.

3. Kompres air dingin
Cara mudah selanjutnya untuk mengatasi biduran adalah dengan mengkompres air dingin pada biduran. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa gatal yang ditimbulkan akibat biduran.

4. Tanaman leunca
Tanaman leunca memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit, salah satunya adalah untuk mengatasi biduran. Cara mengatasi biduran dengan tanaman leunca adalah dengan menumbuk halus tanaman leunca lalu balurkan pada bagain tubuh yang terkena biduran sebanyak 2 kali sehari hingga pulih.

5. Konsumsi temulawak dan asam
Cara lain untuk mengatasi biduran adalah dengan mengkonsumsi jamu temulawak dan asam jawa. Caranya dengan siapkan 15 gram temulawak dan buah asam jawa serta beri tambahan gula aren, rebus hingga mendidih dan air menjadi setengah bagian. Saring dan minum ramuan temulawak dan asam jawa selagi hangat untuk membantu menyembuhkan biduran.

6. Minyak kayu putih dan minyak zaitun
Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi biduran adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak zaitun pada bagian yang biduran. Cara ini digunakan untuk meredakan rasa gatal dan menghilangkan bilur-bilur pada kulit. Oleskan minyak kayu putih dan minyak zaitun saat biduran muncul.

7. Bawang Merah dan Daun Kelor
Cara selanjutnya untuk menyembuhkan masalah biduran adalah dengan memanfaatkan daun kelor dan bawang merah. Cara yang dilakukan untuk menyembuhkan biduran dengan daun kelor dan bawang merah adalah dengan merebus 3 lembar daun kelor, 1 siung bawang merah, sedikit pulosari dan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 2 gelas, dan minum 1-2 kali sehari untuk menyembuhkan biduran.

8. Kayu Manis dan Daun Meniran
Cara alami lainnya untuk menyembuhkan masalah biduran adalah dengan daun meniran dan kayu manis. Caranya adalahh dengan menumbuk halus daun meniran dan kayu manis lalu campurkan dengan satu gelas air hangat, aduk dan konsumsi 2 kali sehari untuk menyembuhkan biduran.

9. Kunyit dan Daun Sambiloto
Kedua bahan ini adalah yang juga dianggap terbaik dalam mengatasi masalah biduran. Dengan kunyit 20 gram ditambah dengan sambiloto 10 gram serta lain-lainnya seperti bawang merah 3 siung, adas 1 sendok makan serta daun kelor 30 gram akan semakin mantap dan efektif obat biduran ini. Semua bahan dapat ditumbuk bersama-sama sampai lembut setelah dicuci sampai bersih, baru kemudian dilanjutkan dengan merebusnya ke air sebanyak 600 cc sampai mendidih dan tinggal tersisa sepertiganya. Saringlah dulu dan tunggu hingga dingin baru bisa diminum; takaran yang dianjurkan adalah sehari 3 kali.

10. Daun Jombang
Daun jombang memiliki manfaat yang ampuh untuk mengatasi masalah biduran. caranya adalah dengan siapkan daun jombang sebanyak 30 gram lalu direbus bersama air 400 cc, tunggulah hingga sisanya cuma tinggal setengahnya, biarkan hangat baru bisa dikonsumsi. Untuk aturan konsumsinya sendiri, bisa dilakukan setiap hari supaya hasil terbaik didapatkan segera.

11. Jahe dan Cuka Beras Hitam
Untuk menyembuhkan biduran, anda dapat membuat ramuan dari bahan cuka beras hitam sebanyak 100cc, jahe 30gram, dan sedikit gula merah. Caranya dengan tumbuk jahe terlebih dahulu hingga memar, lalu rebus dengan cuka beras hitam dan tambahan gula merah. Tunggu hingga mendidih dan konsumsi ketika masih dingin untuk menyembuhkan biduran.

Cara Meredakan Biduran atau Kaligata

  1. Mengenakan pakaian longgar dari bahan yang lembut
  2. Hindari menggaruk bagian yang muncul bilur atau ruam
  3. Jangan memakai sabun yang mengandung bahan kimia yang keras
  4. Usahakan area kulit yang terkena biduran tetap dingin, tidak tertutup pakaian ketat, dan diolesi losion penyejuk, atau diberi kompres dingin
  5. Gunakan pakaian yang longgar dan ringan.
  6. Hindari faktor pemicu seperti zat aditif di dalam makanan, minuman beralkohol, obat pereda rasa sakit, kondisi panas atau dingin dan stres.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Mengatasi Biduran Secara Terus Menerus yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..