Cara Mengatasi Alergi Dingin Lengkap Dengan Gejala, Penyebab dan Penyembuhannya

Posted on

Cara Mengatasi Alergi Dingin¬† –¬†Alergi dingin atau disebut dengan urtikaria dingin adalah suatu reaksi yang terjadi akibat suhu dingin sehingga menyebabkan munculnya bilur pada kulit yang terasa gatal dan berwarna kemerahan.

Alergi dingin yang timbul akan berbeda-beda tergantung masing-masing dari kondisi tubuh penderita. Mereka yang mengalami alergi dingin ada yang hanya muncul ruam bintik-bintik merah, kehilangan kesadaran, menurunkan tekanan darah, hingga yang paling parah dapat menyebabkan kematian.

Alergi dingin biasanya sering muncul pada mereka yang memiliki usia remaja, namun kondisi tersebut akan hilang dan membaik dengan sendirinya dalam waktu beberapa tahun.

Gejala Alergi Dingin

Munculnya alergi dingin biasanya disebabkan ketika kulit terpapar oleh air dingin atau cuaca dingin. Selain itu alergi juga bisa muncul dalam kondisi yang berangin dan lembab. Berikut ini beberapa gejala yang kerap terjadi pada alergi dingin.

  • Kulit muncul ruam berwarna kemerahan
  • Tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin atau pada suuhu udara dingin
  • Muncul bilur pada kulit yang terpapar udara dingin dan terasa gatal
  • Saat mengkonsumsi makanan dingin, bibir dan tenggorokan terasa bengkak

Selain karana udara dingin, munculnya alergi juga disebabkan karena makanan yang dapat mengaktifkan reaksi alergi seperti munculnya gatal dan bengkak pada bagian tubuh.

Rasa gatal yang muncul merupakan bentuk pelepasan histamin secara cepat ketika tubuh terpapar oleh temperatur dingin. Gatal yang dirasakan akan bertahan beberapa menit hingga beberapa jam tergantung dari tingkat keparahan.

Reaksi alergi dingin paling parah yang ditimbulkan dapat berpotensi membahayakan nyawa, seperti terjadi pembengkakan pada tenggorokan dan lidah sehingga menyebabkan sulit bernafas, tekanan darah turun drastis, jantung berdebar, pingsan serta terjadi pembengkakan pada lengan dan kaki. Namun pada umumnya, alergi dingin akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa pekan, namun jika bertahan lebih lama seperti menyebabkan pembengkakan pada tenggorokan, lidah, merasa pusing dan sulit bernafas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Penyebab Alergi Dingin

Alergi dingin disebabkan adanya reaksi pelepasan histamin dan zat kimia lain dalam aliran darah yang dipicu oleh suhu udara dingin. Beberapa hal yang diduga menjadi penyebab munculnya alergi dingin seperti faktor genetika yang memiliki sel kulit terlalu sensitif, virus atau penyakit tertentu. Namun penyebab pasti tentang alergi dingin belum diketahui secara pasti. Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena alergi dingin, antara lain:

  • Anak-anak dan remaja merupakan usia paling sering terkena alergi dingin. Alergi ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa tahun.
  • Beberapa jenis gangguan kesehatan seperti penyakit hepatitis dan kanker juga dapat meningkatkan resiko terkena alergi dingin.
  • Masalah infeksi seperti pneumonia atau radang paru-paru lebih berisiko mengalami alergi dingin.
  • Faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki alergi dingin. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Belum ditemukan hasil yang akurat untuk menyembuhkan masalah alergi dingin, anda dapat mengatasi alergi dingin bertujuan agar reaksi yang terjadi tidak menjadi parah. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah alergi dingin.

Mencegah Alergi Dingin

  • Menghindari suhu udara dingin
  • Menghindari berenang dalam air dingin
  • Lindungi tubuh dan kulit dari suhu udara yang tiba-tiba menurun drastis
  • Sebelum terpapar udara dan suhu dingin sebaiknya terlebih dahulu konsumsi antishiamin
  • Mengurangi konsumsi minuman dan makanan dingin untuk mencegah pembengkakan pada tenggorokan

Obat-obatan untuk Alergi Dingin

Pada dasarnya tidak ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan alergi dingin secara tuntas. Pengobatan diberikan hanya untuk mengurangi gejala penyakit dan mencegah gejala agar tidak sering muncul. Berikut ini beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk mengatasi alergi dingin, antara lain:

  • Antihistamin (misalnya fexofenadine dan desloratadine). Obat ini menghambat zat histamin dalam tubuh yang menghasilkan gejala alergi.
  • Cyproheptadine, obat anthistamin yang bekerja dengan cara menghambat reaksi saraf yang menjurus pada gejala alergi dingin.
  • Doxepin. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi kecemasan dan depresi dan diketahui dapat meredakan gejala alergi dingin.
  • Omalizumab. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati asma, namun dapat juga menyembuhkan beberapa penderita urtikaria dingin.

Itulah pembahasan singkat tentang Mengatasi Alergi Dingin Lengkap Dengan Gejala, Penyebab dan Penyembuhan yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..