50 Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar – Menurut bahan kesehatan dunia WHO, pola hidup sehat adalah suatu keadaan dimana mental, fisik dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil, bukan hanya ketiadaan penyakit pada diri manusia. Dapat disimpulkan jika pola hidup sehat sangat penting sekali untuk diperhatikan untuk mendukung kehidupan manusia.

Dengan tubuh yang sehat kita dapat menjalankan aktivitas secara baik. Namun, kita ketahui bahwa manusia tidak selalu hidup sehat, ada masanya daya tahan tubuh menurun atau melemah sehingga menyebabkan tubuh menjadi rentan akan serangan penyakit atau virus.

Tubuh yang sehat sangat penting bagi kita, keadaan tubuh yang sehat akan menjalankan aktivitas rutin secara baik. Menjaga gaya hidup yang sehat tidaklah selalu mahal dan rumit, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup sehat. Berikut ini beberapa cara yang dilakukan untuk mendapatkan hidup sehat, antara lain:

Cara Menerapkan Hidup Sehat

1. Membuat tidur lebih berkualitas
Memiliki kualitas tidur yang baik merupakan penerapan pola hidup sehat yang mudah untuk dilakukan. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh bangun lebih segar, sehat dan bertenaga sebagai modal untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

2. Konsumsi air putih
Sangat disarankan untuk mengkonsumsi 8-10 gelas perharinya. Tubuh yang kekurangan asupan mineral dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tubuh muncul tanda-tanda seperti urine berwarna agak kuning, bibir menjadi kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segera konsumsi minum air karena hal tersebut adalah tanda-tanda tubuh kekurangan cairan.

3. Beristirahat Cukup
Salah satu tanda memiliki kehidupan yang sehat adalah dengan cukup beristirahat. Hal tersebut sangat penting untuk menjalankan aktifitas secara maksimal.

4. Melakukan Meditasi
Meditasi dapat menenangkan jiwa dan pikiran. Pikiran dan jiwa yang tenang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkan dari perasaan stress yang menjadi sumber dari banyak berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

5. Olahraga Secara Teratur
Melakukan olahraga secara teratur bermanfaat luar biasa bagi kesehatan termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Berjalan kaki secara rutin setiap hari juga sudah termasuk menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

6. Lebih Banyak Makan Buah
Makan lebih banyak buah dan mengurangi vitamin sintetis sangat baik untuk menyehatkan tubuh.

7. Lebih Banyak Makan Sayur
Sama seperti buah-buahan, mengkonsumsi sayuran juga penting untuk menyehatkan tubuh. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan atau sayuran.

8. Mengkonsumsi Makanan Berwarna cerah
Makanan dengan warna cerah biasanya tinggi kandungan antioksidan. Sedangkan antioksidan memiliki peran yang penting untuk menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan berwarna jenis seperti putih (Pisang, jamur), Kuning(Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah(Aple, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, Selada, Seledri), Ungu/Biru (Buah Berry, Terong, Buah Plum).

9. Kurangi Konsumsi Makanan Kalengan
Sebaiknya untuk sedikit menghindari jenis makanan olahan atau makanan kalengan. Karena makanan kalengan memiliki nilai gizi yang tidak sempurna, memiliki kandungan pengawet yang berdampak buruk bagi kesehatan.

10. Mengawali hari dengan semangat
Mengawali hidup dengan semangat dan optimime yang tinggi akan membuat mood menjadi baik dan mempermudah menjalankan kegiatan sehari-hari. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menerapkan pola sehat.

11. Cukupi Asupan Protein
Tubuh membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Beberapa sumber protein yang sangat baik ada pada ikan, kacang-kacangan dan daging.

12. Menghindari Beberapa Jenis Makanan
Makanan yang sebaiknya dihindari meliputi kentang goreng, roti putih, dan oatmeal instan. Hal ini untuk menghindari makanan cepat dipecah tubuh dan menjadi zat gula.

13. Mencintai Diri Sendiri
Mencintai diri sendiri akan membuat tubuh terhindar dari dampak buruk yang menyebabkan stress sehingga berakibat buruk terhadap kesehatan. Dengan memiliki pkiran yang positif maka akan membuat pandangan hidup dan kehidupan yang lebih luas sehingga menjadikan pribadi lebih bahagia setiap harinya.

14. Jalan dengan Bertelanjang Kaki
Ada banyak manfaat yang didapatkan dengan rutin bertelanjang kaki seperti memperbaiki postur tubuh lebih baik, mengurangi stress kaki dan sendi. Rutin berjalan kak juga memberian efek pijatan yang menciptakan rasa nyaman dalam tubuh.

15. Jauhkan dari pola pikir negatif
Bagian penting untuk mendapatkan kehidupan sehat adalah dengan memiliki pola pikir positif. Dengan pikiran yang negatif dapat mudah teracuni dengan segala pemikiran yang dapat menyebabkan stress dan berdampak buruk untuk kesehatan.

16. Kendalikan asupan gula dan garam
Mengkonsumsi gula dan garam berlebihan dapat mengganggu kesehatan, untuk itu anda perlu mengendalikan asupan gula dan garam. Namun mengkonsumsi gula dan garam masih tetap diperlukan namun dengan kadar yang tepat.

17. Sering bernafas dalam-dalam
Melatih teknik pernapasan dengan tepat secara rutin bermanfaat untuk mendapatkan performa terbaik. Melakukan teknik pernapasan dalam-dalam dengan benar dapat mengisi paru-paru sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar dan bergairah.

18. Makan dengan porsi kecil
Makan dengan porsi kecil akan membuat tubuh menjadi lebih baik. Karena tubuh dapat mencerna makanan dalam proses metabolisme menjadi lebih sempurna.

19. Beri asupan asam lemak
Asam lemak berkontribusi kepada kita untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Ikan dan biji-biji rami merupakan sumber yang cukup baik untuk asam lemak.

20. Makanan tinggi serat
Makanan tinggi serat dapat membantu mengkontrol kadar kolesterol serta membuat tubuh menjadi lebih kenyang. Makanan kaya serat banyak terdapat pada buah dan sayur-sayuran.

21. Konsumsi Kacang-kacangan
Asam lemak omega 3 merupakan lemak yang baik dibutuhkan oleh tubuh. Asam lemak juga dapat membuat rambut, kulit, dan kuku menjadi lebih sehat. Omega-3 juga dapat membantu untuk menghilangkan ketombe secara alami. Segala macam kacang (almond, kenari, dan kacang tanah) merupakan sumber asam lemak dengan omega 3.

Cara Selanjutnya Melakukan pola Hidup Sehat

  1. Belajar hidup disiplin.
  2. Bergaul dengan orang sehat.
  3. Memperhatikan kesehatan gigi.
  4. Banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.
  5. Menjadi vegan mentah yang sehat.
  6. Mencoba beralih ke vegetarian.
  7. Membuat jus sendiri karena lebih sehat.
  8. Sering minum smoothies sayur dan buah.
  9. Konsumsi cemilan sehat.
  10. Hindari merokok.
  11. Mencoba berhenti merokok.
  12. Konsumsi makanan rendah kalori dan rendah lemak.
  13. Konsumsi salad sehat.
  14. Hindari mengkonsumi alkohol.
  15. Hindari konsumsi soda dan kafein.
  16. Mengkonsumsi makanan organik.
  17. Perhatikan postur tubuh.
  18. Kendalikan kadar gula dalam tubuh.
  19. Hindari konsumsi makanan berminyak.
  20. Cukupi waktu untuk istirahat.
  21. Memperhatikan asupan makanan.
  22. Membiasakan hidup bersih.
  23. Meninggalkan kebiasan buruk.
  24. Menghindari tubuh dari emosi.
  25. Mulai mencintai diri sendiri.
  26. Meningkatkan kepercayaan diri.
  27. Mencegah berbagai macam penyakit.
  28. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan mood
  29. Mengambil kursus latihan seperti kelas tari, aerobik, kelas tenis, musik atau apa saja yang menjadi hobi dan ketertarikan.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..