19 Cara Mencegah Dan Mengatasi Varises Secara Alami dan Medis Lengkap dengan Gejala dan Penyebabnya

Posted on

Cara Mencegah Dan Mengatasi Varises –¬†Varises merupakan masalah yang sering diderita banyak orang. Varises disebabkan karena pembuluh darah tidak mampu mengembalikan sisa darah metabolisme tubuh ke bagian jantung.

Seperti yang kita ketahui, jika pembuluh darah manusia memiliki 2 macam, yaitu pembuluh vena dan pembuluh arteri. Pembuluh arteri berfungsi untuk mengedarkan darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh, sedangkan pembuluh vena bekerja mengedarkan sisa darah dari jaringan ke jantung atau sering disebut dnegan pembuluh balik.

Varises adalah kondisu sirkulasi darah pembuluh veba yang mengalami hambatan, sehingga menyebabkan suatu pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi akibat penumpukan darah. Penderita varises pada umumnya pembuluh vena dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua, yang biasanya berbentuk menyerupai simpul atau tali berpilin.

Varises dapat terjadi pada semua pembuluh vena dalam tubuh, namun paling sering terjadi pada kaki bagian betis, hal in terjadi akibat adanya tekanan yang besar saat berdiri maupun berjalan.

Gejala Varises

Gejala munculnya varises, mudah untuk kita kenali, sebab biasanya penyakit ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Berikut beberapa gejala yang muncul pada penyakit varises, antara lain:

  • Kaki terasa berat dan tidak nyaman
  • Perubahan warna kulit kaki bagian bawah
  • Kulit tampak kering
  • Kram otot kaki
  • Timbul warna kebiru-biruan
  • Pada vena bagian tertentu terasa sakit
  • Muncul borok dipergelangan jika varises sudah parah
  • Pembengkakan pada kaki bagian bawah (termasuk mata kaki)

Penyebab Varises

Seperti penjelasan diatas, varises disebabkan akibat gangguan pembuluh vena yang tidak mampu mengangkut darah sisa metaboliesme kembali ke jantung. Selain karena penyebab tersebut, varises juga muncul akibat beberapa faktor seperti:

  • Faktor usia
    Semkin bertambahnya dan menuanya seseorang maka keelastisan vena yang juga semakin berkurang. Hal tersebut juga akan mengurangi kinerja katup karena ikut melemah, sehingga darah akan dengan mudah melawan arus dan mengendap pada pembuluh vena.
  • Faktor kehamilan
    Pada faktor kehamilan, biasanya varises mulai terlihat ketika rahim mulai membesar dan volume darah meningkat sehingga memberikan tekanan pada vena sehingga terbentuklah varises.
  • Terlalu lama berdiri
    Berdiri terlalu lama merupakan kebiasaan yang dapat menyebabkan darah vena pada kaki menjadi sulit mengalir ke jantung.
  • Faktor Keturunan
    Peluang anda terkena varises akan lebih besar jika dalam keluarga anda terdapat riwayat memiliki penyakit varises.
  • Obesitas
    Obesitas menyebabkan tekanan pada vena kaki akan bertambah, sehingga menyulitkan vena dalam mendorong darah ke jantung. Tekanan tersebut akan melemahkan katup sehingga terjadi arus balik darah.
  • Masalah Kesehatan lainnya juga menyebabkan varises, seperti cacat pembuluh darah, pembengkakan, tumor dalam rongga pinggul dan penyakit-penyakit yang menyebabkan darah menggumpal.

Cara Menghilangkan Varises

Terdapat 2 cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan Varises, yaitu dengan cara alami atau melalui pengobatan medis. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi varises, antara lain:

Menghilangkan varises secara alami

Cara alami untuk menghilangkan varises dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal alami atau dengan mencegah penyebabnya. Berikut beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan varises, antara lain:

1. Jeruk Nipis
Cara menghilangkan varises dengan cara alami dapat dilakukan dnegan menggosokkan potongan jeruk nipis pada bagian tubuh yang terkena varises pada pagi dan malam hari. Karena cara ini alami, maka proses penyembuhannya tidak instan, perlu beberapa waktu dan dilakukan secara rutin agar varises lebih cepat hilang.

2. Kacang Hijau
Kacang hijau sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah untuk menyembuhkan varises. Cara menyembuhkan varises dengan kacang hijau yaitu dengan rutin mengkonsumsi air rebusan kacang hijau, dua kali sehari secara rutin.

3. Blackberry dan Ceri
Blackberry dan Ceri memiliki kandungan antosianin dan proanthocyanidins yang dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko varises. Konsumsi kedua buah tersebut untuk membantu mencegah varises.

4. Dipijat dengan ramuan herbal
Cara selanjutnya untuk membantu menghilangkan varises adalah dengan memijat varises dengan menggunakan ramuan herbal. Anda dapat membuat ramuan herbal dengan mencampurkan 12 siung bawang putih, 6 buah jeruk nipis, dan minyak zaitun secukupnya.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya varises, anda dapat melakukan beberapa tips dibawah ini, antara lain:

  • Hindari berdiri terlalu lama
  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Posisi duduk dengan cara yang benar
  • Menjaga berat badan seimbang
  • Berhenti merokok
  • Hindari pil KB tinggi estrogen
  • Kenakan pakaian yang nyaman
  • Hindari pakaian ketat
  • Istirahatkan kaki
  • Memakai kaus kaki atau stocking kompresi

Menghilangkan varises secara medis

Berikut ini beberapa cara pengobatan yang disarankan untuk menghilangkan varises, antara lain:

1. Injeksi Skleroterapi
Cara ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan khusus ke pembuluh vena yang mengalami varises dnegan tujuan untuk membentuk luka yang dapat menutup saluran darah tersebut,

2. Radiofrekuensi
Radiofrekuensi dilakukan dengan tujuan menutup pembuluh vena yang mengalami pembengkakan cukup besar akibat varises dengan cara membakar dindingnya menggunakan energi Radiofrekuensi.

3. Laser
Metode laser dilakukan dengan cara menembakkan sinar laser dengan tujuan menutup pembuluh vena yang mengalami varises.

4. Bedah Terbuka
Metode ini dilakukan dengan prosedur pengangkatan pembuluh vena yang terkena varises melalui irisan yang dibuat pada permukaan kulit.

Itulah penjelasan tentang Cara Mencegah Dan Mengatasi Varises Secara Alami dan Medis  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.