21 Cara Memutihkan Bola Mata yang Kuning Karena Iritasi Secara Alami

Posted on

Cara Memutihkan Bola Mata yang Kuning Karena Iritasi – Salah satu bagian tubuh paling penting adalah indera penglihatan atau mata. Dengan mata kita dapat melihat keindahan yang ada di dunia. Tidak terlepas dengan perannya yang sangat penting, ada berbagai macam gangguan yang dapat menyerang mata salah satunya yaitu pada bagian bola atau scalera. Gangguan yang terjaid pada bagian bola mata yaitu seperti kusam, kuning-kuningan, coklat, atau kotor. Hal tersebut akan menggangu kenyamanan anda ketika melihat.

Mata yang sehat ditandai dengan Bola mata (skelar) yang berwarna putih jernih dan bersih yang menunjukkan bahwa anda memiliki mata yang sehat. Jika bola mata berwarna kusam, kuning, coklat atau kotor maka bisa menandakan adanya masalah kesehatan dalam tubuh dan akan mengganggu penglihatan.

Penyebab Gangguan Mata

Faktor penyebab mata kusam dan kotor

  • Adanya Alergi
  • Adanya racun dalam tubuh
  • Faktor kelehanan
  • Kurang waktu istirahat
  • Jam kerja yang panjang tanpa istirahat yang cukup
  • Terlalu lama berhadapan dengan layar monitor
  • Kekurangan gizi
  • Terlalu banyak minum
  • Dehidrasi
  • Merokok
  • Adanya gangguan pada fungsi hati.

Cara Pengobatan Ganguan Mata

Ada beberapa pilihan cara pengobatan untuk membuat mata anda kembali putih dan bersih yaitu dengan mengobatinya langsung ke akar penyebabnya, namun anda juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasai gangguan pada mata, yaitu dengan menggunakan cara dibawah ini:

1. Dengan mentimun
Mentimun dapat digunakan untuk menenangkan mata kusam dan mata lelah. Kandungan air yang terdapat mentimun sangat tinggi yang mampu untuk membantu mencerahkan mata lelah, selain itu mentimun juga mampu untuk mengurangi lingkaran hitam dan bengkak pada area bawah mata jika dilakukan dengan cara teratur. Cara yang dilakukan yaitu dengan menutup mata dengan irisan mentimun yang telah disimpan dalam lemari es selama 10 hingga 15 menit. Lakukan hingga irisan mentimun menjadi tidak dingin. Lakukan proses ini secara teratur untuk hasil maksimal.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Untuk kesehatan mata, minyak kelapa bermanfaat untuk membuat mata menjadi jelas dan menjadi berkilau. Selain itu minyak kelapa juga mampu membantu mengurangi mata bengkak, keriput dan menghilangnya garis-garis halus disekitar mata.

Cara perawatan:

  • Tuang minyak kelapa ditelapak tangan
  • Oleskan minyak kelapa pada area sekitar mata
  • Beri pijatan lembut dengan jari-jari
  • Diamkan selama 2 hingga 3 jam, lalu cuci bersih dengan air bersih

3. Konsumsi wortel secara teratur
Wortel terbukti memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang baik untuk kesehatan mata. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi wortel akan sangat bai untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung pada wortel mampu menghilangkan zat asing yang menumpuk pada bagian putih mata. Wortel merupakan jenis sayuran ajaib yang mampu membantuk mencerahkan penglihatan secara alami.

4. Minyak Lavender
Minyak esensial yang memiliki kandungan lavender baik utnuk membuat mata menjadi lebih rileks. Kandungan lavender didalamnya mampu mengurasi ketegangan yang menyebabkan mata menjadi merah atau kuning. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengkompres mata dengan minyak esensial lavender yang telah dicampur dengan air dingin.

5. Konsumsi minyak sehat
Untuk kesehatan mata, sebaiknya anda meninggalkan mengkonsumsi minyak sawit karena kurang sehat untuk kesehatan mata. Ganti dnegan minyak yang lebih sehat yaitu yang mengandung omega 3 dan minyak canola yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu suplemen yang mengandung omega 3 juga baik dikonsumsi untuk kesehatan mata anda.

6. Kantung teh celup
Kantung bekas teh celup yang telah digunakan berfungsi untuk mengkompres mata. Hal tersebut terbukti karena kantung teh celup memiliki kandungan alami seperti flavonoid yang akan membuta mata menjadi lebih rileks. Bahan alami tersebut juga berfungsu untuk mengurangi resiko peradangan akibat terjadinya infeksi atau bakteri pada mata. Cara yang dilakukan untuk mengkompres mata dengan kantung teh celuo yaitu dengan mencelupkan kantung tehcelup pada air lalu simpan dilemari selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gunakan kantung teh celup untuk mengkompres mata, biarkan hingga 15 menit kemudian bersihkan mata dengan kapas atau handuk halus.

7. Susu Dingin
Salah satu rahasi auntuk membuat mata lelah menjadi lebih segar yatiu dengan mengkompreskan susu dingin pada mata. Susu akan memberikan efek yang menenangkan pada mata. Caranya yaitu dengan mencelupkan kapas pada susu dingin dan kompreskan pada mata. Lakukan cara ini berulang ulang hingga mata menjadi segar.

8. Stroberi
Stroberi beku atau stroberi dingin penting digunakan untuk membuat mata menjadi segar dan sehat. Stroberi juga mampu mengatasi mata merah dan tidak cerah. Cara yang dilakukan yaitu dengan memotong buah stroberi beku atau dingin lalu meletakkan pada kelopak mata untuk mengkomres. Diamkan hingga stroberi tidak lagi dingin dan bersihkan mata.

9. Daun mint, madu dan minyak almond
Campuran bahan alami seperti Daun mint, madu dan minyak almond sangat baik digunakna untuk menjaga agar mata tetap menjadi cerah dan bersinar. Caranya yaitu dengan menumbuk halus beberapa lembar daun mint lalu campurkan dengan madu dan minyak almond. Kompreskan campuran bahan tersbut langsung pada mata sekitar 10 menit saja untuk menghindari masuknya cairan ramuan pada mata. Bersihkan dengan air dingin.

10. Kompres dengan air dingin
Air dingin juga mampu untuk membantu meredakan memar dan bengkak pada mata. Selain itu air dingin juga dapat membuat mata menjadi lebih cerah dan menjadi lebih segar. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengkompreskan handuk yang telah direndamkan pada air es atau air dingin, lalu kompreskan pada mata. Selain itu cara ini juga akan membuat mata menjadi lebih rileks.

11. Cukupi asupan air mineral
Selain bermanfaat untuk menjaga daya taha tubuh, dengan mengkonsumsi cukup air mineral juga dapat membuat mata mejadi sehat. Dehidrasi akan membuat mata menjadi layu dan menguning. Karena itu kita harus cukupi asupan air mineral sebanyak 8-10 gelas perhari sehingga mata menjadi cerah dan sehat.

12. Gunakan obat tetes mata
Fungsi obat tetes mata yaitu untuk menghilankan iritasi yang terjadi pada mata agar mata tidak terasa perih. Iritasi tersebut menyebabkan mata menjadi tidak cerah dan memerah. Gunakan obat tetes mata ringan yang sesuai dengan aturan yang ada pada label. Lalu pejamkan mata beberapa saat untuk beristirahat. Namun jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata karena akan menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya untuk mata.

13. Hindari sumber penyebab iritasi
Terjadinya perubahan warn apada mata adalah karena iritasi yang disebabkan karena asap kendaraan, debu, serbuk sari bunga, asap rokok, dan sumber lainnya. Jika anda telah mengetahui sumber dan penyebab terjadinya iritasi pada mata anda, maka hindari sumber iritasi tersebut.

14. Hindari kontak langsung dengan matahari

Tidak hanya dapat merusak kulit, sinar matahari juga dapat menyebabkan rusaknya mata. Jika terlalu sering terkena sinar matahari, maka bagian putih pada bola mata akan berubah menjadi merah atau kuning dan tidak cerah lagi. Hal tersebut adalah salah satu gejala berbahaya jika terlalu sering melihat matahari secara langsung dan bahaya dari radiasi sinar matahari. Cara terbaik untuk melindungi diri yaitu dengan selalu menggunakan kacamata yang mampu melindungi dari UVA DAN UVB.

15. Lakukan latihan otot mata
Melakukan olahraga mata dapat membantu lensa secara optimal. Untuk melakukan latihan otot anda tidak harus bekerja keras, lakukan latihan ringan dengan mencari posisi duduk yang nyaman dengan memandang arah yang paling jauh. Lalu secara bergantian tutup mata satu persatu selama 10 detik untuk melihat kearah kanan dan kiri, dan lakukan latihan ini secara teratur.

16. Istirahat cukup
Mata yang terlalu lelah dan kemerahan maka obat paling terbaik yaitu tidur yang cukup. Ciri mata yang kurang tidur dan lelah yaitu berwarna merah dan layu. Dengan tidur cukup maka akan membantu anda beristirahat dari berbagai aktifitas dan akan membuat syaraf mata menjadi lebih santai.

17. Istirahat dari komputer, gadget dan televisi
Kebiasan bekerja di depan layar komputer, menonton televisi dan menggunakan gadget secara berlebihan akan berakibat buruk pada mata. Hal ini terjadi karena pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik dan cahaya yang bisa merusak mata. Maka cara terbaik yaitu dengan mengistirahatkan sejenak mata anda dari kegiatan yang berkaitan dengan layar komputer, gadget dan televisi.

18. Gunakan antibiotik alami
Untuk membantu membuat mata lebih putih yaitu dengan menggunakan antibiotik alami seperti propolis zat resin alami, selain mampu melindungi mata, propolis juga bermanfaat untuk memperkuat melawan penuaan. Propolis telah lama dikaitkan dengan anti penuaan serta mampu melawan infeksi dan konjungtivis hingga mampu mengurangi katarak mata.

19. Kompres Dengan wortel
Selain dikonsumsi secara langsung, anda juga bisa menggunakan wortel untuk mengkompres mata. Caranya yaitu dengan menghaluskan wortel dan aplikasikan ampasnya untuk mengkompres mata.

20. Jangan gunakan daun sirih
Banyak orang beranggapan jika daun sirih bisa untuk menyembuhkan masalah pada mata seperti mata merah atau mata kotor. Anggapan ini kurang tepat karena daun sirih justru bisa merusak mata. Daun sirih sering memiliki jamur yang tidak terlihat dan akan sangat berbahaya jika digunakan untuk pengobatan mata. Selain itu, rebusan daun sirih memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan tidak cocok digunakan untuk mata. Karena itu hindari penggunanan daun sirih untuk pengobatan mata.

21. Kunjungi dokter
Jika cara diatas tidak menyembuhkan mata anda, cara selanjutnya yaitu dengan mengunjungi dokter dan memeriksakan kondisi mata lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih serius pada mata.

Terimakasih, semoga infoemasi yang diberikan bermanfaat.