Cara Diet Karbo yang Benar Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Posted on

Cara Diet Karbo yang Benar Ampuh  – Ada beragam jenis diet yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, salah satunya adalah diet karbo. Diet karbo adalah jenis diet dengan mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat, sehingga diet karbo lebih sering menggunakan sejumlah bahan seperti dari biji-bijian, sayuran dan buah-buahan sebagai menu utamanya.

Meskipun rendah karbohidrat, selama menjalankan diet karbo anda masih mendapatkan asupan energi yang didapatkan dari asupan makanan berprotein dan lemak sehat. Meskipun demikian, pada diet karbo juga memiliki sejumlah larangan tergantung dari jenis dan porsi karbohidrat yang disantap.

Selain diyakini dapat menurunkan berat badan secara ideal diet karbo juga bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini karena dengan menjalankan diet karbo akan terhidari dari resiko penyakit berbahaya yang berhubungan dengan proses metabolisme tubuh seperti penyakit diabetes type 2.

Karbohidrat memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh, salah satu fungsi karbohidrat ketika masuk dalam tubuh akan diubah menjadi energi dalam tubuh. Nasi merupakan salah satu jenis makanan tinggi karbohidrat dan serat yang sangat baik untuk meningkatkan energi dan melancarkan pencernaan dalam tubuh. Nasi juga memiliki kandungan asam amino tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan massa otot dalam tubuh.

Selain nasi, makanan lainnya yang mengandung tinggi karbohidrat yaitu gula, tepung sagu, jagung, mie instan, singkong, pasta, pisang, nanas, mangga, apel, dan lain sebagainya. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki manfaat seperti :

  • Mengatasi sembelit
  • Menambah stamina tubuh
  • Menyehatkan sistem pencernaan
  • Meningkatkan kinerja otak
  • Mengatur kenaikan kadar gula darah
  • Mengendalikan berat badan yang berlebih
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Menurunkan resiko penyakit jantung
  • Menjaga terjadinya kerusakan pada otot tubuh

Namun, berlebihan mengkonsumsi karbohidrat juga dapat menimbulkan masalah untuk kesehatan, seperti :

  • Stroke
  • Sembelit
  • Jantung koroner
  • Merusak Enamel gigi
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Terserang penyakit Diabetes 2
  • Terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh
  • Tubuh dapat memproduksi melak yang berlebih
  • Pengerasan atau penyumbatan pada pembuluh darah

Penerapan diet karbo dapat anda lakukan untuk mencegah beberapa masalah penyakit seperti diatas. Selain itu, diet karbo juga bisa dilakukan untuk membantu menurunan berat badan. Tina Toon adalah salah satu publik vigur yang berhasil menurunkan berat badan hingga 25 kg selama 8 bulan dengan menjalankan diet karbo dan menghapus nasi dari menu makanannya.

Tips Melakukan Diet Karbo

Sebelum membahas menu makan diet karbo, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan diet karbo agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kurangi Porsi Nasi Putih
Nasi putih merupakan makanan pokok yang selalu dikonsumsi setiap hari. Nasi memiliki kadar karbohidrat tinggi, kadar gula tinggi yang jika dikonsumsi berlebihan dapat berakibat buruk pada kesehatan. Oleh karena itu pada diet karbo sebaiknya mengurangi porsi nasi putih.

Pada dasarnya diet karbo hampir sama dengan jenis diet pada umumnya yaitu memperbanyak konsumsi sayur dan buah tinggi serat sehingga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan tidak membuat kenaikan berat badan.

Dilarang Menambahkan Lemak dan Protein
Meskipun harus mengurangi porsi karbohidrat bukan berarti anda dapat bebas menambahkan asupan protein dan lemak pada menu harian tubuh untuk menambah tenaga.

Anda harus tetap mengkonsumsi lemak dan protein dalam jumlah wajar agar berat badan dapat turun dengan cepat dan tidak mengganggu masalah kesehatan. Kelebihan lemak dalam tubuh dapat membuat kenaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan timbulnya penyakit kanker dan serangan jantung.

Imbangi dengan Olahraga
Selain memperhatikan asupan menu makanan pada diet karbo, hal lain yang penting dilakukan yaitu kita juga harus melakukan olahraga teratur untuk membantu pembakaran lemak secara cepat dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Menu Diet Karbo

Berikut ini beberapa menu sehat yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk menjalankan diet karbo, antara lain:

Menu Sarapan

Selalu jaga ketepatan waktu sarapan sebelum jam 9 pagi dengan mengkonsumsi menu ringan seperti, 1 gelas air putih, 6 sendok nasi putih dan 1 butir telur rebus, serta kan salad sayuran dengan minyak zaitun dan perasan air lemon, dan konsumsi 1 gelas susu rendah lemak.

Menu Makan Siang

Pada menu makan siang, anda dapat mengkonsumsi makan berat dengan menambahkan porsi lebih banyak, karena aktifitas siang hari lebih membutuhkan sumber energi yang cukup banyak. Menu makan siang anda bisa meliputi 15 sendok nasi putih, 1 porsi dada ayam panggang, salad sayuran ditaburi minyak wijen, serta segelas jus jeruk.

Menu Makan Malam

Pada malam hari, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan lewat dari jam 8, dan dianjurkan untuk mengurangi porsi makan. Menu yang dianjurkan meliputi 1 buah kentang rebus, 1 lembar roti tawar , 1 buah apel dan 1 gelas susu rendah lemak. Jangan langsung tidur setelah makan karena akan menaikkan asam lambung. Tidurlah 2 jam setelah makan.

Camilan

Melakukan diet karbo juga masih dapat makan cemilan ringan di waktu senggang. Namun anda dianjurkan untuk menghentikan ngemil gorengan, es krim, dan cake, dengan mengganti cemilan sehat seperti apel, pir, melon, semangka, dan roti gandum.

Konsumsi Air Putih

Tetap penuhi kebutuhan air putih dalam tubuh sesuai aturan yaitu sekitar 8-12 gelas setiap hari. Hindari minum air dingin atau air es, ganti dengan air putih suhu ruang atau air hangat lebih baik.

Diet karbo dilarang bagi ibu hamil dan ibu menyusi karena dapat mengganggu kesehatan janin dan bayi. Namun, ibu hamil dan ibu menyusui masih dapat mengganti nasi dengan sumber karbohirat lainnya seperti beras merah, kentang dan ubi-ubian.

Itulah penjelasan tentang Cara Diet Karbo yang Benar Ampuh Menurunkan Berat Badan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.