21 Cara Alami Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan TUNTAS

Posted on

Cara Alami Menghilangkan Komedo – Selain masalah jerawat, komedo menjadi masalah kedua yang banyak membuat wanita menjadi resah dan tidak percaya diri. Komedo adalah tumpukan lemak yang terakumulasi disekitar hidung, pipi dan sekitar mata. Sama seperti jerawat, komedo timbul karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah yang disebabkan oleh jerawat, atau kotoran sel kulit mati.

Jenis Komedo

Terdapat 2 jenis komedo, antara lain:

1. whitehead (Komedo tertutup)
whitehead (Komedo tertutup) adalah komedo yang terbentuk dari pori-pori tersumbat yang tidak meradang. whitehead (Komedo tertutup) terletak dibawah permukaan kulit,tersumbat oleh lemak atau kotoran. Karena berada dibawah permukaan kulit, komejo jenis ini membentuk benjolan kecil dan sulit dihilangkan dibandingkan dengan blackheads.

2. Blackheads (komedo terbuka)
Blackheads atau whiteheads sama-sama jenis komedo yang terbentuk akibat penyumbatan pori-pori yang meradang. Hanya saja, blackheads adalah jenis komedo terbuka, yaitu dapat dilihat dan terkena udara terbuka sehingga menyebabkan blackheads berwarna hitam akibat efek oksidasi minyak dan keratin.

Cara Mengatasi Komedo Secara Alami

Jika tidak segera ditangani dnegan baik, komedo akan meninggalkan bekas bintik-bintik hitam pada kulit wajah. Untuk mengatasinya, simak cara berikut ini tentang cara mengatasi komedo dengan bahan alami, dengan digunakan secara rutin maka hasil yang didapatkan akan maksimal dan komedo dapat hilang secara tuntas. Simak beberapa cara berikut:

1. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan madu dan kayu manis
Madu memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu digunakan untuk membunuh bakteri apda kulit dan berfungsi untuk melembabkannya. Sedangkan kayu manis memicu kolagen, protein yang berperan penting dalam regenerasi kulit.

Cara perawatan : Tuangakan 3sdm madu dan 1 sdm bubuk kayu manis ke dalam wadah dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan.

2. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Putih Telur
Putih telur memiliki kandungan nutrisi yang mampu membantu menghilangkan komedo dan mengencangkan pori-poro dan mencegah komedo timbul kembali.

Cara perawatan : Kocok putih telur hingga berbusa dan oleskan pada wajah atau bagian yang berkomedo, diamkan selama 10-15 menit hingga mengering lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

3. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Baking Soda
Selain untuk membantu menghilangkan jerawat, baking soda juga efektif untuk membantu menghilangkan komedo pada wajah. Baking soda bekerja sebagai eksfolian atau pengikis sel kulit mati yang menyumbat pori-pori penyebab komedo.

Cara perawatan : Campurkan 1 sdm baking soda dengan 2 sdm air hangat, lalu oleskan pada wajah sambil diberi pijatan ringan selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

4. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Lidah buaya
Lidah buaya juga cocok digunakan untuk membantu membersihkan komedo karena gel lidah buaya mengandung hormon giberelin dan auksin yang mampu membantu mengurangi peradangan pada kulit dan melembabkan kulit.

Cara perawatan : Pisahkan gel dari kulit lidah buaya, oleskan gel pada area wajah berkomedo, diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Lemon
Lemon adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan asam alpha-hydroxy pada lemon sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat dan komedo. Asam sitrat dalam lemon juga mampu mengencangkan pori-pori wajah dan membersihkan sel kulit mati.

Cara perawatan : Iris lemon menjadi 2 bagian, teteskan madu pada irisan lemon dan gosokkan irisan lemon pada bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama 5-8 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini selama 3-4 kali seminggu.

6. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Minyak pohon Teh
Kandungan antiseptik yang ada pada minyak pohon teh dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab komedo dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara perawatan : Beri 5 tetes minyak pohon tes pada setengah gelas air, basahi kapas dengan larutan tersebut dan oleskan pada area wajah yang terkena komedo, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

7. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Pasta gigi
Pasta gigi juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo, saat dioleskan pada kulit, pasta gigi akan menimbulkan rasa panas seperti terbakar, tapi hal tersebut tidak menjadi masalah.

Cara perawatan : Oleskan secara langsung pasta gigi pada komedo, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan 2-3 kali atau lakukan setiap malam dan bilas pada pagi harinya.

8. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Teh Hijau
Senyawa antioksidan yang terkandung pada teh hijau ampuh untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Teh hijau bekerja menyerap kelebihan minyak dan mengatasi komedo yang menyumbat pori. Jika cara ini dilakukan secara rutin teh hijau juga mampu untuk mencegah timbulnya jerawat.

Cara perawatan: Rendam daun teh hijau dengan air panas selama 5-10 menit, celupkan kapas pada larutan teh hijau dan oleskan pada wajah. Jika menggunakan teh kantung, rendam kantong teh selama 3-5 menit lalu tiriskan, dan langsung gosokkan dengan lembut pada wajah.

Jika mengunkana teh hijau bubuk, buat pasta dengan mencampurkan 1sdm bubuk teh hijau dengan 1sdm air. Aduk rata lalu oleskan pada area yang terkena komedo, pijat lembut secara memutar selama 2-3 menit dan bilas dengan air hangat.

9. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Kulit jeruk
Kulit jeruk memiliki kadar vitamin C dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi sehingga efektif untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan kotoran pada wajah. Selain itu, kulit jeruk juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati, dan jika digunakan secara rutin, penggunaan masker kulit jeruk juga dapat membantu untuk menghilangkan komedo dan noda bekas jerawat.

Cara perawatan : Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk dibawah matahari hingga benar-benar kering, lalu haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Gunakan bubuk tersebut sebagai masker wajah dengan mencampurkan air atau air mawar dan aduk hingga rata. Oleskan masker kulit jeruk pada wajah dan tunggu hingga kering, bilas dengan air hangat.

10. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Gula
Gula murni memiliki kandungan AHA dan asam glikolat yang baik digunakan untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati serta efektif untuk menghilangkan komedo dan noda bekas jerawat. Gula juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara perawatan: Campurkan 2sdm gula dengan 1sdm air, aduk hingga menjadi pasta. Gunakan scrub gula pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat lalu keringkan.

11. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Terapi Uap
Terapi uap telah lama digunakan oleh masyarakat Korea untuk mengatasi permasalahan kecantikan seperti wajah dan rambut. Terapi uap bermanfaat untuk membantu membuka pori-pori pada wajah, sehingga membuat kulit wajah dapat bernafas. Uap juga mampu digunakan untuk menyingkirkan produksi minyak berlebih, sehingga mampu membuat kulit terbebas dari jerawat.

Cara perawatan: Isi wadah dengan air panas, lalu letakkan wajah pada wadah yang berisi air panas untuk mendapatkan uap panasnya, biarkan beberapa menit, dan lakukan hingga 10 kali treatment, dan bilas dengan air hangat.

12. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Cuka Apel
Cuka apel dapat digunakan untuk mengatur tingkat keasaman atau pH pada kuliy dan mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat. Cuka apel yang bersifat antiseptik mampu menghilangkan bakteri penyebab komedo sekaligus membersihkan pori-pori dari minyak berlebih.

Cara perawatan: Campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air, lalu oleskan pada bekas jerawat menggunakan cotton bud atau kapas. Diamkan selama 10 hingga 20 menit lalu bilas dnegan air hangat. Agar lebih efektif, gunakan cara ini sebelum tidur dan diamkan selama semalam.

13. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Oatmeal dan Yoghurt
Yoghurt dan oatmeal merupakan kombinasi baik untuk membantu menghilangkan komedo. Yoghurt bekerja untuk menyerap produksi berlebih pada wajah serta melembutkan kulit sedangkan oatmeal bekerja untuk mengikis sel kulit mati serta membantu menutrisi dan mencerahkan kulit wajah.

Cara perawatan: Buat pasta dengan mencampurkan 2 sdm oatmeal dan 2 sdm yoghurt tawar. Aduk rata dan oleskan merata pada wajah, diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

14. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Pepaya
Enzim papain yang terkandung dalam pepaya berfungsi untuk mengikis sel kulit mati dan antioksidan serta vitamin dalam pepaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah, mencerahkan kulit kemerahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara perawatan : bersihkan dan potong beberapa bagian pepaya, lalu haluskan hingga menjadi bubur, tambahkan madu atau perasan lemon, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

15. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Jeruk nipis
Jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan pada banyak jenis produk kecantikan, jeruk nipis dimanfatakan untuk menghilangkan jerawat membandel diwajah. Namun cara ini tidak disarankan untuk anda yang memiliki kulit sensitif karena akan menyebabkan iritasi pada wajah yang disebabkan karena tingginya tingkat keasaman pada jeruk nipis. Dalam perasan jeruk nipis mengandung vitamin C untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, vitamin B digunakan untuk membantu menghaluskan kulit sehingga nampak cerah dan halus. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam amino dan belerang.

Cara perawatan: Ambil perasan jeruk nipis dan campurkan dengan madu, gunakan campuran tersebut pada wajah yang terkena jerawat, diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan satu kali sehari hingga jerawat hilang. Hentikan perawatan jika terjadi peradangan.

16. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Tomat
Tomat memiliki banyak kandungan vitamin C yang berguna untuk membantu mengatasi komedo. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah.

Cara perawatan: Sediakan 1 buah tomat segar, iris tipis-tipis lalu tempelkan pada jerawat, dan diamkan selama 10-15 menit. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

17. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Es Batu
Cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengatasi komedo yaitu dengan menggunakan es batu. Es batu bekerja untuk menenangkan kulit dan mengurangi peradangan akibat komedo.

Cara perawatan : Siapkan es batu lalu bungkus dengan kain bersih dan gunakan untuk mengkompes jerawat selama beberapa detik. Ulangi proses tersebut hingga beberapa kali pada area lain. Lakukan perawatan ini 3 kali sehari.

Lebih efektif lagi, anda buat es batu dengan ekstrak teh hijau dan gunakan untuk mengkompres wajah. Teh hijau mempu mengurangi peradangan lebih baik dibandingkan dengan teh hijau.

18. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Garam
Garam ampuh untuk membantu menghilangkan komedo. Garam bekerja seperti scrub yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan kadar minyak yang bersembunyi di pori-pori.

Cara Perawatan : Siapkan 3 sdm garam dan campur dengan air hangat, lalu gunakan larutan garam untuk mencuci wajah lalu diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.

19. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Kedelai
Kacang kedelai memiliki kandungan protein, kalsium dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Sehingga kacang kedelai ampuh untuk mengatasi komedo dengan cepat.

Cara perawatan : Rendam kacang kedelai 5mg selama 3-4 jam, cuci bersih lalu blender hingga halus, gunakan untuk mengoleskan pada wajah secara merata pada wajah yang berkomedo, diamkan beberapa menit dan kemudian cuci kembali hingga bersih.

20. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Baking Soda
Baking soda dapat digunakan untuk menetralkan keasaman kulit yang membuat bakteri penyebab komedo mampu hidup dan berkembang diwajah anda. Baking soda juga bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat serta menyerap produksi minyak berlebih pada wajah.

Cara perawatan: Sediakan 2 sdm baking soda dan campurkan dengan 1 sdm air, adauk hingga membentuk pasta. Gunakan pasta baking soda sebagai masker pada wajaha dan noda jerawat. Biarkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan wajah anda.

* Sebelum menggunakan cara diatas, ada baiknya anda cek reaksinya pada kulit anda.

21. Cara Mengatasi Komedo Secara Alami dengan Gandum
Selain efektif untuk membantu memutihkan wajah, pasta gandum juga ternyata efektif untuk membantu menghilangkan komedo.

Cara perawatan: Siapkan 2 sdm tepung gandum, tambahkan air hangat hingga menjadi pasta, lalu oleskan secara merata pada wajah seperti menggunakan masker. Diamkan hingga mengering dan bilas dengan air dingin.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Lakukan perawatan secara rutin terutama bila komedo membandel dan sulit dihilangkan. Terimakasih, semoga bermanfaat.