30 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda dengan Cepat dan AMAN

Posted on

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata – Adanya kantung mata dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang karena membuat wajah cenderung terlhat lebih tua dan terlihat lelah. Kantung mata muncul karena adanya pembengkakan yang disebabkan karena penumpukkan cairan disekitar mata atau disebut dengan edema periorbital. Kantung mata yang disebabkan karena cairan tersebut bersifat sementara, berbeda dengan kantung yang disebabkan karena penuaan.

Pada wanita muda yang memiliki kantung mata mungkin akan terganggu dengan munculnya kantung mata hingga rela mengeluarkan biaya lebih untuk menghilangkan kantung mata demi mendapatkan penampilan yang lebih cantik. Ada cara lebih mudah, murah dan aman yang bisa anda lakukan untuk menghilangnya kantung mata.


loading...

Penyebab Kantung Mata

Cara cerdas yang bisa dilakukan sebelum mengobati yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya suatu masalah. Demikian pula dengan cara mengatasi kantung mata, ada baiknya kita cari lebih dahulu penyebab munculnya kantung mata. Berikut ini merupakan penyebab munculnya kantung mata, selengkapnya.

1. Kurang tidur
Durasi waktu tepat untuk tidur yaitu sekitar 7-9 jam per harinya, tidur nyaman selama waktu tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan segar. Munculnya kantung mata yang disebabkan karena kurang tidur terjadi karena pembuluh darah di bagian bawah mata melebar dan menimbulkan warna gelap. Ganati pola tidur yang sehat agar terhindar masalah kantung mata.

2 Kebanyakan tidur
Selain kurang tidur, kebanyakan tidur juga termasuk penyebab munculnya kantung mata. Hal tersebut terjadi karena mata merasa lelah karena durasi tidur yang terlalu lama, sehingga terjadi penumpukan cairan pada bawah mata.

3. Pola makan tidak baik
Hindari pola makan tidak sehat untuk menghindari munculnya kantung mata, ganti dengan pola makan sehat. Jaga pola asupan gizi dan pola makan yang baik, minum air mineral minimal 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi dengan baik. Karena kekurangan cairan dan protein dapat mempengaruhi kesehatan dan mepengaruhi area dibawah mata.

4. Dehidrasi
Kurang cairan dalam tubuh akan menyebabkan munculnya kantung mata. Hal ini sangat perlu dilakukan oleh anda yang bekerja di depan monitor komputer, disarankan agar minum air putih lebih banyak lagi. Hal tersebut dilakukan agar mata tidak terasa kering dan cepat lelah. Jika sudah dehidrasi maka kantung mata dapat muncul.

5. Alergi
Alergi yang terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada rongga hidung atau rinitis alergi dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Hal ini terjadi karena gejala yang timbul karena alergi ini seperti bersin-bersin dan mata berair yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata dan lingkar hitam dibawah mata.

6. Merokok
Menghisap asap rokok selain tidak menyehatkan juga memiliki efek samping mengerikan untuk kulit dan mata. Sering menhisap rokok menyebabkan mata terasa kering sehingga sering dikucek. Jika mata sering dikucek dengan menggunakan tenaga berlebihan akan mengakibatkan mata menjadi iritasi dan menimbulkan kantung mata.

7. Penuaan
Penyebab munculnya kantung mata karena faktor penuaan terjadi karena bertambah usia, sehingga otot dan struktur jaringan disekitar mata menjadi melemah. Kulit mulai mengendur dan cairan mulai berkumpul dibagian bawah mata. Selain itu mata terlihat bengkak atau muncul kantung mata. Perubahan ini akan bertambah seiring dengan waktu dan bersifat permanent.

8. Faktor genetik
Faktor genetik atau keturunan termasuk penyebab munculnya kantung mata. Jika keluarga memiliki masalah kantung mata, kemungkinan besar anda memiliki masalah kantung mata.

9. Kehamilan dan Menstruasi
Siklus bulanan pada wanita yaitu haid atau menstruasi menjadi salah satu penyebab munculnya kantung mata. Saat menstruasi terjadi, maka terjadi perubahan hormon yang mengakibatkan retensi cairan. Begitu pula pada kehamilan.

10. Menangis
Setelah menangis maka mata terlihat bengkak dan pada bagian bawah mata sedikit besar. Air mata mengandung garam yang bisa membuat kantung mata menjadi membesar apabila berada dikelopak mata dalam waktu lama.

Selain penyebab-penyebab diatas, ada penyakit yang menyebabkan munculnya kantung mata seperti penyakit ginjal atau tiroid.

Cara Mengatasi Kantung Mata

Selain karena riwayat penyakit dan penuaan, penyebab munculnya kantung mata dapat dibilang sebagai penyebab sepele, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mengatasi masalah kantung mata. Cukup dengan menggunakan cara alami dan mudah kita bisa mengatasi masalah sendiri. Berikut ini merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kantung mata dengan cara alami tanpa efek samping dan sederhana.

1. Mengatasi Kantung Mata dengan Kompres Air Dingin
Kompres bagian mata yang membengkak atau berkantung dengan handuk atau kain bersih yang telah di celupkan ke air es. Air es yang dingin mampu mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan kantung mata agar halus kembali.

2. Mengatasi Kantung Mata dengan Teh celup
Kantung teh celup dapat anda manfaatkan untuk mengkompres mata. Caranya dengan mendiamkan kantung teh celup dalam kulkas hingga dingin lalu gunakan untuk mengkompres mata. Ulangi cara ini jika kantung mata kembali muncul.

3. Mengatasi Kantung Mata dengan Irisan mentimun, kentang dan bengkoang
Bengkoang, kentang dan timun memiliki banyak kandungan air yang bersifat mendinginkan. Kompres mata dengan irisan Irisan mentimun, kentang dan bengkoang utnuk mengatasi kantung mata. Kompres selama 15 hingga 20 menit.

4. Mengatasi Kantung Mata dengan cukupi Minum Mineral
Dehidrasi adalah salah satu penyebab munculnya kantung mata, untuk menghindari munculnya kantung mata usahakan kita tercukupi oleh asupan air dalam tubuh. Minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari untuk menghidnari dehidrasi.

5. Mengatasi Kantung Mata dengan Pola Tidur Cukup
POla tidur cukup dan berkualitas mampu membantu mengurangi munculnya kantung mata. Selain untuk menghindari kantung mata, tidur cukup akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

6. Mengatasi Kantung Mata dengan Pola Hidup Sehat
Kantung mata yang muncul karena pola hidup tidak sehat seperti merokok dan alkohol dapat diatasi dengan mengganti pola hidup yang sehat seperti mengganti rokok dan alkohol dengan aktivitas bermanfata seperti olahraga, pola makan sehat dan tidur cukup.

7. Mengatasi Kantung Mata dengan Tidur dengan bantal lebih tinggi
Tidur dengan posisi kepala lebih terangkat mampu mencegah munculnya kantung mata. Saat tidur dengan kepasa mendatar akan membuat cairan terakumulasi dan terkumpul disekitar mata. Dengan merubah posisi kepala lebih tinggi tentu akan mengurangi kantung mata dan mencegahnya kembali muncul.

8. Mengatasi Kantung Mata dengan Kompres dengan sendok
Jika anda tidak ingin repot, gunakan sendok untuk mengkompres mata. Caranya dengan memasukan sendok bersih kedalam kulkas selama kurang lebih 5-10 menit atau dirasa cukup dingin dan tidak menyakiti mata. Lalu kompreskan pada kantung mata. Cara ini efektif untuk mengencangkan bagian bawah mata yang mulai mengendur.

9. Mengatasi Kantung Mata dengan hindari garam berlebih
Hindari penggunaan garam berlebih untuk mengatasi kantung mata. Dengan mengurangi kadar garam dalam makanan, maka kecenderungan tubuh mempertahankan kelebihan air akan berkurang.

10. Mengatasi Kantung Mata dengan Madu
Madu memiliki senyawa antiinflasmi yang mampu mengurangi peradangan dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengkompreskan madu yang telah dicampur dengan minyak zaitu atau susu pada bagian kantung mata, dan biarkan hingga 15 menit hingga mengering. Bersihkan dengan air hangat.

11. Mengatasi Kantung Mata dengan Air mawar
Air atau sari bunga mawar dapat mengurangi kelelahan dan peradangan pada mata yang menyebabkan munculnya kantung mata. Untuk mengatasi kantung mata dnegan air mawar yaitu dengan mengoleskan air mawar pada bagian bawah mata dengan lembut sembari berbaring santai atau sebelum anda pergi tidur.

12. Mengatasi Kantung Mata dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh yang banyak bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Asam lemak pada minyak zaitun baik untuk mengatasi peradangan pada kantung mata sekaligus melembabkan. Minyak zaitun kaya kan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk merawat kekencangan kuliy dan menghambat proses penuaan. Cara melakukan perawatan ini yaitu dengan mengkompres atau oleskan kapas yang telah dibasahi dengan minyak zaitun sebelum tidur dan pada pagi harinya basuh dnegan air hangat.

13. Mengatasi Kantung Mata dengan Cuka sari apel
Asam malat yang terdapat dalam kandungan dalam cuka apel dapat dimanfaat untuk mengatasi epradangan pada area mata. Perawatan ini dilakukan dengan mengoleskan cuka apel pad sekitar mata dengan menggunakan kapas halus dan diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hangat.

14. Mengatasi Kantung Mata dengan Lemon
Lemon dipercaya mampu digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Asam askorbat dan Vitamin C yang terkandung dalam sari lemon dapat digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit dan merangsang terbentuknya sel kulit baru pada daerah sekitar mata. Cara mengatasi kantung mata dengan lemon yaitu dengan mengoleskan air perasan lemon pada area kantung mata dengan kapas dan biarkan hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif hindari mengunakan cara ini karena dapat memicu reaksi peradangan dan membuat kulit merah.

15. Mengatasi Kantung Mata dengan Lidah Buaya
Lidah buaya adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki efek anti peradangan dan menyejukkan kulit. Gel lidah buaya mengandung zat alose yang mampu mengurangi peradangan pada kulit sekaligus mencerahkan kulit pada area kantung mata. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada daerah sekitar mata dan biarkan mengering selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan perawatan secara rutin agar kantung mata cepat menghilang.

16. Mengatasi Kantung Mata dengan Kulit Jeruk
Bubuk kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang dapat digunakan sebagian masker untuk mengurangi peradangan dan kantung yang muncul pada area sekitar mata. Caranya dengan mencampurkan bubuk jeruk dengan perasan air lemon atau madu sehingga membentuk pasta lalu oleskan pasta pada daerah sekitar mata, diamkan hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat.

17. Mengatasi Kantung Mata dengan Putih Telur
Putih telur mengatasi asam amino dan serta vitamin dan mineral yang dapat membantu dan menghilangkan kantung mata sehingga memicu pergantian sel kulit. Caranya dengan mengoleskan putih telur pada area sekitar mata dan diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

18. Hindari gunakan makeup saat tidur
Makeup yang dipakai mengandung bahan-bahan kimia yang mampu mengiritasi bagian mata. Usahakan untuk membersihkan wajah sebelum pergi tidur untuk menghindari iritasi pada wajah dan mata sehingga dapat menyebabkan munculnya kantung mata.

19. Mengatasi Kantung Mata dengan Stroberi
Kandungan alpha hidroxy aciddi pada stroberi dipercaya mampu menghaluskan kulit, dan menjadikankulit tampak lebih awet muda dan segar. Cara perawatannya yaitu dengan mendingikan terlebih dahulu buat stroberi dalam kulkas sekitar 30 menit, lalu iris buah menjadi 2 dan kompreskan pada bagian bawah mata untuk mengatasi masalah kantung mata.

20. Mengatasi Kantung Mata dengan minyak Almond
Kandungan mineral alami yang ada pada minyak almond seprti kolagen, asam folat, magnesium, serta kalsium baik digunakan untuk perawatan kulit wajah. Kolagen yang terkandung dalam minyak almond mampu mengatasi kantung mata dan memudarkannya sehingga baik untuk mengencangkan kulit bagian bawah mata.

21. Mengatasi Kantung Mata dengan susu
Susu diketahui dapat digunakan untuk mengatasi masalah kantung mata, susu bekerja untuk menenangkan mata yang kelelahan. Caranya dengan mencelupkan kapas pada susu lalu tempelkan kapas pada bagian bawah mata. Lakukan cara ini untuk memudarkan kantung mata secara rutin.

22. Hindari polusi dan sinar matahari langsung
Atasi kantung mata dengan menghindari paparan polusi dan sinar matahari secara langsung. Karena terlalu lama terkena paparan polusi dan sinar matahari secara langsung dapat merusak kulit dan kolagen dalam tubuh.

23. Mengatasi Kantung Mata dengan Ampas Teh
Selain dengan menggunakan kantung teh celup, ampas teh juga efektif untuk mengatasi dan menghilangkan kantung mata. Dalam kandungan teh terdapat kandungan zat tanin yang bermanfaat untuk mencegah penuaan , mencegah munculnya jerawat dan pigmentasi kulit. Cara yang digunakan yaitu dengan menggunakan ampas teh yang telah di dinginkan dalam kulkas selama 10-20 menit lalu gunakan sebagai masker ke seluruh permukaan wajah. Biarkan beberapa menit hingga ampas tidak dingin lagi lalu bilas dengan bersih.

24. Mengatasi Kantung Mata dengan Rajin Olahraga
Olahraga sanagt baik dilakukan untuk tetap menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Jenis olahraga seperti jogging, berjalan kaki, berlari, yoga dan aktivitas lainnya bagus dilakukan untuk menghilangkan kantung mata. Jenis olahraga tersebut adalah jenis olahraga yang mampu melancarkan sirkulasi darah, dan ketika sirkulasi darah mulai lancar secara otomatis kantung mata bisa memudar.

25. Hindari Minum Sebelum Tidur
Banyak minum air putih memang disarankan untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh, tapi konsumsilah pada pagi hingga sore hari. Kurangi minum air putih pada malam hari hingga menjelang tidur. beberapa dokter menganjurkan agar kita tidak minum air sebelum tidur karena akan menimbulkan retensi air sehinggga menjadi faktor pemicu munculnya kantung mata.

26. Mengatasi Kantung Mata dengan Yogurt
Kandungan nutrisi, protein dan vitamin yang terdapat pada yogurt dapat mengurangi mata bengkak dan mencegah munculnya kantung mata. Asam laktat pada yogurt juga bermanfaat utnuk mengurani peradangan dan ampuh untuk mengencangkan kulit. Caranya dengan mencampurkan yogurt dengan perasan air lemon atau madu lalu olesakan pasta pada area sekitar mata selama 15 menit. Dan bilas dengan air bersih.

27. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur-sayuran mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi. Senyawa yang terkandung dalam buah dan sayur tersebut mampu untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit serta mencegah efek radikal bebas yang menyebabkan munculnya kantung mata.

28. Mengatasi Kantung Mata dengan Perawatan dari Dokter Kecantikan
Cara cepat yang digunakan untuk mengatasi kantung mata dapat dilakukan dengan cara perawatan dokter kecantikan. Prosedur yang dilakukan antara lain dengan melakukan laser resurfacing yaitu pengurangan jaringan yang terdapat pada kantung mata dengan teknik laser. Cara lain dengan chemical peel yaitu pengelupasan kulit sedikit demi sedikit dengan menggunakan bahan kimia. Ada juga Dermal filler yaitu penyuntikan zat tertentu di atas tulang rongga mata untuk menghilangkan lingkaran mata panda.

30. Mengatasi Kantung Mata dengan Operasi Blefaroplasti
Selain perawatan ke dokter kecantikan, cara lain untuk mengatasi kantung mata yaitu dengan melalui prosedur operasi yang dinamakan dengan blefaroplasti. Prosedur operasi blefaroplasti dilakukan untuk usia 35 tahun. Untuk menghindari resiko, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai efek samping dan sejarah dari prosedur kesehatan tentang blefaroplasti.

Lakukan cara alami secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terimakasih semoga informasi yang diberikan bermanfaat.


loading...