25 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Cepat

Posted on

Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami ¬†–¬†Gigi adalah organ penting dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai penghancur makanan sebelum makanan masuk kebagian pencernaan selanjutnya. Gigi menjadi tempat pertama makanan diproses untuk selanjutnya dibwa ke bagian alat pencernaan lainnya. Berbagai jenis makanan yang setiap hari kita konsumsi semua masuk kedalam mulut dan di kunyah dengan gigi. Mulut menjadi sarang bakteri dari semua jenis makanan yang telah kita makan, hal tersebut juga akan mempengaruhi gigi, kotoran dan bakteri yang ada pada mulut akan berubah menjadi kerak pada gigi, membuat gigi berlubang, dan membuat gigi menjadi kuning serta masalah kesehatan gigi lainnya.

Gigi memiliki struktur padat dan keras sebagai pelindung yang sangat baik untuk menjaga dan melindungi gigi agar tidak mudah rusak dan berlubang. Struktur tersebut adalah Email gigi, sementum gigi dan tulang gigi. Email gigi adalah lapisan pelapis dari makhota gigi, email gigi berfungsi sebagai pelindung alami pada gigi. Email gigi memiliki struktur keras namun semakin kebawah akan semakin tipis dan tingkat kekerasannya berkurang. Email gigi tidak berwarna putih sepenuhnya namun berwarna keabu-abuan, lapisan email gigi berfungsi untuk melindungi gigi dari bagian luarnya.

Meskipun fungsi email gigi adalah untuk melindungi gigi, jika tidak kita rawat akan menyebabkan gigi berlubang, gigi menguning, gigi rapuh dan sensitif. Berbagai jenis makanan yang masuk kedalam rongga mulut akan menyebabkan kerusakan ketahanan dan kesehatan gigi terutama merubah warna gigi menjadi menguning.

Gigi menguning bukanlah tergolong sebagai jenis permasalah gigi yang tergolong parah, namun akan merusak penampilan senyum anda. Anda akan merasa tidak percaya diri ketika senyum dengan penampilan gigi yang kuning. Karena itulah anda perlu melakukan perawatan gigi secara rutin untuk tetap menjaga fungsi utama dari gigi dan menjaga penampilan anda.

Untuk melakukan perawatan gigi menguning sebenarnya bukan cara yang sulit, kita dapat melakukan perawatan gigi secara sederhana untuk mengembalikan gigi menjadi putih kembali. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang sering kita jumpai disekitar untuk melakukan perawatan ini. Lakukan cara dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat gigi menjadi putih kembali.

Cara Memutihkan Gigi secara Alami

1. Cara Memutihkan Gigi dengan Siwak
Kayu siwak mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi karena batang siwang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plaque, mencegah gigi berlubang, dan dapat meenjaga gusi tetap sehat. Senyawa pada kayu siwak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memutihkan gigi serta dapat menjaga kesehatan gusi dan mulut anda, maka hal ini cukup menjadi alasan bila direkomendasikannya batang siwak ini untuk dijadikan sebagai solusi kesehatan gigi dan mulut anda mulai hari ini.

2. Cara Memutihkan Gigi dengan kulit jeruk
Memutihkan gigi dapat dilakukan snegan menggunakan kulit jeruk. Kandungan senyawa zat pektin dan minyak astiri yang terdapat pada kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan memutihkan gigi. Cara menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih pada gigi yang kuning. Lalukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Cara Memutihkan Gigi dengan Daun Salam
Cara lain untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan daun salam. Daun salam mengandung serat, minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium, ekstrak ethanol. Senyawa yang terkandung pada daun salam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan kesehatan mulut. Cara menggunakan daun salam untuk memutihkan gigi yaitu dengan menghaluskan daun salam terlebih dahulu lalu campurkan dengan sedikit air sehingga menjadi pasta, lalu gosokkan secara merata pada gigi. Cara ini sangat ampuh untuk membuat gigi menjadi tampak putih kembali jika dilakukan secara rutin.

4. Cara Memutihkan Gigi dengan lemon dan garam
Buah lemon mengandung pektin, minyak atsiri 70%, alpha terpinen, beta pinene, citral felandren, koumarins, bioflavonoids geraniol asetat, asam citratlinalil asetat dan nutrisi vitamin A, B1, B2, Vitamin C, kalsium , fosfor, zat besi, serat protein. Sedangkan pada garam mengandung, yodium, phospor, cobalt, kalsium, kalium, zinc atau seng, sulfur dan belerang. Kedua bahan ini jika di kombinasikan dapat dijadikan sebagai pasta gigi untuk membantu memutihkan gigi kembali. Cara memutihkan gigi dengan lemon dan garam yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dan garam sehingga membentuk pasta lalu gosokkan pad gigi yang kuning. Cara ini ampuh digunakan untuk membantu mengembalikan gigi agar tampak putih kembali. Namun jangan terlalu sering menggunakan garam untuk merawat gigi karena dapat mengikis lapisan gigi.

5. Cara memutihkan gigi dengan baking soda
Baking soda yang sering digunakan sebagai bahan pengembang kue ternyata dapat dimanfaatkan juga untuk menyulap gigi menjadi putih kembali. Cara memutihkan gigi dengan menggunakan baking soda yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi sebuah pasta lalu gosokkan pada gigi dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu gosok kembali menggunakan pasta gigi. Namun lakukan cara ini jangan terlalu sering, lakukan satu kali dalam smeinggu karena pemakaian terlalu sering akan membuat gigi mudah rapuh dan terkikis.

6. Cara memutihkan gigi dengan buah pinang
Buah pinang mengandung arecoline yang merupakan ester metil, tetrahidrometil, -nikotinat yang berwujud minyak basa keras, kandungan senyawa lainnya yang terkandung dalam buah pinang arecaidine atau arecaine, choline atau bilineurine, guvacine, dan tanin dari kelompok ester glukosa, yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tanin bermanfaat untuk menyehatkan dan memutihkan gigi serta mengencnagkan gusi serta dapat menghentikan pendarahan yang terjadi pada gusi. Cara memutihkan gigi menggunakan pinang yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu haluskan sampai lembut, setelah itu gosokkan pasta buah pinang pada gigi yang kuning dan gunakan sabut pinang sebagai sabut untuk menyikat gigi. Lalukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

7. Cara memutihkan gigi dengan buah strawberi
Cara memutihkan gigi selanjutnya yaitu dengan menggunakan strawberi, kandungan vitamin C dan asam malat dalam strawbery berfungsi untuk mengikis noda pada gigi. Selain itu strawbery juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut. Cara memutihkan gigi dengan strawberu yaitu dengan menglumatkan strawberi lalu gosokkkan pada gigi yang kuning. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan berkumur atau dengan menggosok gigi dengan pasta gigi.

8. Cara memutihkan gigi dengan konsumsi susu
Selain baik untuk kesehatan tubuh, susu juga baik untuk menjaga gigi dan tulang. Susu dilansir baik untuk menjaga gigi karena susu mengandung banyak mineral dan kalsium yang bermanfaat dalam proses pembentukan gigi yang kuat. Jika tubuh tidak tercukupi oleh kalsium dengan baik, maka akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi yang mengakibatkan tulang mudah keropos dan patah. Susu mengandung fosfor dan magnesium yang sangat penting untuk gigi. Kandungan tersebut yang dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi kuning. Caranya yang dilakuakn untuk memutihkan gigi dengan susu yaitu dengan rajin mengkonsumsi susu setiap hari.

9. Cara memutihkan gigi dengan buah apel
Cara mudah untuk memutihkan gigi yaitu dengan mengkonsumsi buah apel. Serat yang terkandung pada buah apel dapat bekerja untuk membantu membersihkan noda membandel pada gigi. Konsumsi apel secara rutin akan membuat gigi nampak lebih putih. Namun perlu diperhatikan, anda jangan langsung menggosok gigi setelah makan apel, tunggu hingga 30 menit hal ini akan berdampak tidak baik untuk gigi .

10. Cara memutihkan gigi dengan arang
Arang memiliki sifat alkali yang dapat merubah sekitar arang menjadi basa, dan kadar basa tersebutlah yang dapat dimanfaatkan untuk memabntu memutihkan gigi yang kuning. Penggunaan arang dalam kadar ringan masih cukup aman digunakan sebagai alternatif memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan arang yaitu dengan menggunakan arang batok kelapa yang telah dihaluskan lalu dicampurkan dengan pasta gigi, dengan perbandingan 2:1 lalu aduk sampai dengan tercampur rata, lalu gunakan untuk menggosok gigi. Gunakan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Cara memutihkan gigi dengan daun mimba
Daun yang mirip dengan daun kedondong namun memiliki ukuran lebih kecil memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun mimba mengandung senyawa berupa Hyperoside, Nimbolide, Quercetin, Rutin, Azadiracthin dan Nimbine. Karena kandungan senyawa tersebut, daun mimba biasanya digunakan sebagai obat dari segala macam penyakit, selain itu pemanfaatan daun mimba lainnya yaitu dapat memutihkan gigi dengan ampuh dan aman. Cara memutihkan gigi dengan daun mimba yaitu dengan mengambil kadar minyak pada daun mimba dan campurkan pada pasta gigi lalu gunakan untuk menggosok gigi secara rutin 2x sehari.

12. Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang
Jangan buang kulit pisang secara sembarangan, kulit pisang dapat digunakna untuk memutihkan gigi dengan sederhana. Kulit pisang mengandung unsur-unsur senyawa diantaranya karbohidrat, air, VItamin C, kalium, lutein, anti oksidan, kalsium, vitamin B, lemak protein, beragam vitamin B kompleks, diantaranya vitamin B, minyak nabati, serat, serotonin. unsur-unsur senyawa asam salisailat, dan asam sitrat. Unsur-unsur tersebut berkhasiat untuk kesehatan tubuh, selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk membantu memutihkan gigi dengan aman. Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang yaitu menggosokkan bagian putih pada kulit pisang lalu diamkan hingga 2 menit, lalu bersihkan dengan menggosok gigi dengan pasata gigi sperti biasanya. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

13. Cara memutihkan gigi dengan coklat hitam
Coklat hitam atau coklat yang tidak mengandung gula adalah coklat yang mengandung zat yang bermanfaat untuk memperkuat lapisan gigi dan memutihkan gigi yang kuning. Cara memutihkan gigi dengan menggunakan coklat hitam yaitu dengan mengkonsumsi coklat hitam seacar rutin dan menggosokkan coklat hitam pada gigilalu bilas.

14. Cara memutihkan gigi dengan jahe
Selain sebagai bahan bumbu dapur, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan jahe adalah menggosokkan gigi dnegan parutan gigi lalu diamkan kurang lebih 3 menit dan bilas dengan menggosok gigi seperti biasanya.

15. Cara memutihkan gigi dengan permen karet tanpa gula
Permen karet berfungsi untuk membasmi bakteri dalam mulut dan gigi. Mengunyah permen karet dengan rutin akan membuat gigi menjadi putih dan lebih bersih.

16. Cara memutihkan gigi dengan cuka sari apel
Cara memutihkan gigi selanjutnya yaitu dengan menggunakan cuka sari apel, cara yang dilakukan sangat mudah yaitu dengan mencampurkan cuka sari apel dengan minyak zaitun, lalu rendam sikat gigi pada campuran tersebut selama 3 menit dan gunakan untuk menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari.

17. Cara memutihkan gigi dengan air hangat
Cara sederhana selanjutnya untuk memutihkan gigi yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dan garam dengan air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk merendam sikat gigi, lalu gunakan untuk menggosok gigi. Kemudian sisa campuran air tersebut gunakan untuk berkumur-kumur selama 1 menit dan bilas 15 menit kemudian.

18. Cara memutihkan gigi dengan minyak cengkeh
Cengkeh mengandung minyak atsiri, eugenin, asam oleanolat, asam galatanat, dan vanillin, kesemua unsur senyawa ini selain bermanfaat untuk mengobati sakit gigi juga bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning. caranya oleskan minyak cengkeh secara merata pada gigi kemudian lanjutkan gosok dengan menggunakan sikat gigi.

19. Cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa
Minyak kelapa juga dapat anda gunakan untuk memutihkan gigi. Caranya dengan mencampurkan bahan lain yaitu 3 sdm minyak kelapa, 3 sdm baking soda, 25 tetes minyak esensial pappermint dan satu sachet stevia. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata, lalu gunakan campuran tersebut dengan untuk membersihkan gigi dan bebas dari bau mulut.

20. Cara memutihkan gigi dengan wortel dan tomat
Wortel dan tomat mengandung zat dan vitamin yang membantu menghilangkan noda pada gigi. Caranya cukup mudah yaitu hanya dnegan mengunyah wortel atau tomat selama beberapa menit sehari sekali. Lakukan cara ini secara rutin untuk dapat melihat hasil dengan cepat.

21. Cara memutihkan gigi dengan rajin menggosok gigi
Agar tetap menjaga kesehatan gigi, rajinlah melakukan perawatan dengan rajin menggosok gigi 2 kali sehari yaitu bangun tidur dan sebelum tidur.

22. Cara memutihkan gigi dengan konsumsi brokoli, bayam dan daun selada
Jenis sayuran brokoli, bayam dan daun selada dipercaya dipercaya sangat mampu, manjur dan aman untuk urusan mencegah plak, noda dan kotoran pada gigi putih anda.

23. Cara memutihkan gigi dengan obat kumur
Agar gigi tetap terlihat putih dan bersih anda juga harus rajin menggunakan obat kumur. Selain itu obat kumur juga dapat membuat nafas menjadi lebih segar. Gunakan obat kumur yang tidak berwarna karena obat kumur yang memiliki warna semakin lama digunakan akan membuat gigi menjadi lebih gelap.

24. Cara memutihkan gigi dengan minyak mustard dan garam
Menggosok gigi dengan mengunakan campuran minyak mustard dan garam secara rutin selama satu bulan dipercaya mampu untuk membantu membersihkan gigi dan mengikis plak yang menempel pada gigi. Gunakan Campuran minyak mustard dan garam untuk membersihkan gigi secara rutin.

25. Cara memutihkan gigi dengan menghindari penyebabnya
Cara memutihakn gigi selanjutnya yaitu dnegan meninggalkan segala jenis penyebab yang membuat gigi menjadi menguning. Penyebab gigi kuning antara lain sebagai berikut:

  • Malas menggosok gigi
  • Terlalu sering menggunakan obat tetes mata
  • Berenang
  • Menggosok gigi setalh konsumsi makanan atau minuman manis
  • Minuman bersoda
  • Minuman beralkohol
  • Karena rokok
  • Riwayat penyakit diabetes
  • Faktor usia
  • Obat pemutih gigi
  • Teh herbal
  • Konsumsi obat tertentu
  • Konsumsi kopi

Itulah beberapa cara yang digunakan untuk memutihkan gigi secara alami dnegan cepat dan ampuh, semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Terimakasih.