45 Cara Perawatan Mengatasi Jerawat Secara Alami Berdasarkan Jenisnya

Posted on

Cara Mengatasi Jerawat secara Alami – Jerawat adalah bintik-bintik atau benjolan kecil yang muncul pada kulit seperti wajah, punggung atau dada. Bintik-bintik tersebut biasanya berwarna merah, berbentuk komedo, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah atau kista. Jika tidak ditangani dengan baik makan akan meninggalkan bekas luka seperti bintik-bintik hitam atau lubang-lubang kecil pada permukaan kulit.

Munculnya jerawat disebabkan karena adanya pori-pori pada kulit yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya benjolan berwarna merah dan mengandung nanah.Jerawat timbul karena adanya perubahan hormon yang dialami oleh penderitanya seperti sedang mengalami menstruasi, kehamilan, serta mengalami stress berlebih. Penyumbatan pori-pori tersebut disebabkan karena adanya bakteri Propionobacterium acnes yang berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Propionobacterium acnes melepaskan semacam zat iritan yang akan mengiritasi kulit. Efek dari iritasi inilah yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak, disamping itu juga menyebabkan timbulnya nanah di balik kulit.

Jerawat merupakan masalah kulit yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Pada umumnya jerawat sering muncul dibagian wajah, sehingga sangat mengganggu penampilan bagi penderita. Banyak orang merasa tidak percaya diri dengan kondisi wajah jerawat. Hal tersebut membuat kita harus ekstra menjaga kesehatan kulit untuk terhindar dari jerawat. Dalam dunia medis, terdapat banyak jenis jerawat yang harus kita diperhatikan.

Jenis-Jenis Jerawat

Cara cerdaa untuk mengatasi jerawat adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis jerawat yang sedang diderita. Berikut ini adalah jenis jerawat uang paling umum terjadi yang dikenal dengan istilah Acne Vulgaris.

1. whitehead (Komedo tertutup)
whitehead (Komedo tertutup) adalah komedo yang terbentuk dari pori-pori tersumbat yang tidak meradang. whitehead (Komedo tertutup) terletak dibawah permukaan kulit,tersumbat oleh lemak atau kotoran. Karena berada dibawah permukaan kulit, komejo jenis ini membentuk benjolan kecil dan sulit dihilangkan dibandingkan dengan blackheads.

2. Blackheads (komedo terbuka)
Blackheads atau whiteheads sama-sama jenis komedo yang terbentuk akibat penyumbatan pori-pori yang meradang. Hanya saja, blackheads adalah jenis komedo terbuka, yaitu dapat dilihat dan terkena udara terbuka sehingga menyebabkan blackheads berwarna hitam akibat efek oksidasi minyak dan keratin.

3. Jerawat Papula/Papules
Papula/papules adalah jenis jerawat meradang akibat pori-pori yang tersumbat. Iritasi yang terjadi pada komedo whiteheads atau blackheads yang meradang merupakan penyebab munculnya papula. Papula memiliki ciri-ciri jerawat membengkak, warna berubah merah, dan terasa sakit.

Papula memiliki bentuk kecil berwarna merah dan terasa lembut jika disentuh. Ukuran jerawat papula sangat kecil namun berisi nanah. Hindari memencet dengan jari karena menyebabkan timbulnya parut dan bintik hitam pada wajah.

4. Jerawat Pustula
Jerawat pustula adalah jenis jerawat meradang yang memiliki bentuk ukuran lebih besar seperti kubah, keras, dan penuh nanah. Pada bagian tengah jerawat berwarna putih atau kuning sehingga mirip dengan gunung yang hendak meletus dan bekasnya akan menimbulkan luka parut pada wajah. Pustula biasanya muncul karena adanya perubahan hormon dalam tubuh.

5. Jerawat Nodul
Jerawat nodul adalah jenis jerawat yang lebih parah, nodul muncul dibawah bagian kulit, lalu berubah menjadi komedo meradang dan keras. Nodul biasanya menimbulkan rasa sakit ketika disentuh, memiliki ukuran lebih besar, ketika jerawat mengempis akan meninggalkan bekas luka merah dan hitam pada wajah.

6. Jerawat batu
Jerawat madu memiliki tekstur mirip dengan nodul namun ukurannya lebih besar, dan dipenuhi dengan nanah. Jerawat batu cenderung lunak, menimbulkan sakit, dan akan meninggalkan bekas luka hitam pada kulit. Jerawat batu cenderung mencolok sehingga membuat anda tidak percaya diri.

itulah beberapa jenis jerawat yang sering muncul pada wajah. Jika anda sudah telanjur memiliki jerawat, kali ini bukumedis akan memberikan tips dan cara alami untuk mengatasi jerawat dengan tuntas.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Tidak harus menggunakan produk-produk kecantikan kimia untuk membantu mengatasi jerawat, selain karena harga yang relatif mahal, produk kimia juga memiliki efek jangka panjang yang buruk bagi kesehatan anda. Banyak penelitian membuktikan, bahwa bahan-bahan alami juga dapat anda gunakan untuk mengatasi jerawat. Simak jenis-jenis bahan alami yang digunakan dibawah ini.

1. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Lemon
Lemon ampuh untuk membantu mempercepat produksi kolagen pada kulit dan membantu merangsang terbentuknya sel kulit baru. Selain efektif untuk membantu mencerahkan kulit wajah, lemon juga efektif untuk menghilangkan noda bekas karena jerawat.

Cara perawatan : Siapkan satu buat lemon, tekan dengan menggulingkan lemon bolak balik untuk mengeluarkan kandungan air lebih banyak, belah jadi 2 bagian lalu ambil perasan airnya. Gunakan perasan air lemon pada wajah dan area bekas jerawat. Biarkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelah membersihkan wajah, karena lemon dapat mempengaruhi kulit menjadi kering.

2. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Kulit jeruk
Kulit jeruk memiliki kadar vitamin C dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi sehingga efektif untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan kotoran pada wajah. Selain itu, kulit jeruk juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati, dan jika digunakan secara rutin, penggunaan masker kulit jeruk juga dapat membantu untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Cara perawatan : Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk dibawah matahari hingga benar-benar kering, lalu haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Gunakan bubuk tersebut sebagai masker wajah dengan mencampurkan air atau air mawar dan aduk hingga rata. Oleskan masker kulit jeruk pada wajah dan tunggu hingga kering, bilas dengan air hangat.

3. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Madu

Madu memiliki banyak kandungan manfaat yang tidak diragukan lagi. Selain bermanfaat dalam kesehatan, madu juga digunakan untuk masalah kecantikan. Madu juga efketif untuk membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya, sedangkan senyawa antiseptik pada madu dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada wajah dan melembabkan wajah. Madu baik untuk digunakan pada semua jenis kulit, terutama pada kulit snesitif.

Cara perawatan: Oleskan madu secara langsung pada wajah dan noda bekas jerawat, diamkan hingga madu mulai mengering dan lengket, lalu bilas dengan air gingin dan keringkan. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

4. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Es Batu
Cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jerawat yaitu dengan menggunakan es batu. Es batu bekerja untuk menenangkan kulit dan mengurangi peradangan akibat jerawat.

Cara perawatan : Siapkan es batu lalu bungkus dengan kain bersih dan gunakan untuk mengkompes jerawat selama beberapa detik. Ulangi proses tersebut hingga beberapa kali pada area lain. Lakukan perawatan ini 3 kali sehari.

Lebih efektif lagi, anda buat es batu dengan ekstrak teh hijau dan gunakan untuk mengkompres wajah. Teh hijau mempu mengurangi peradangan lebih baik dibandingkan dengan teh hijau.

5. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Cuka Apel
Cuka apel dapat digunakan untuk mengatur tingkat keasaman atau pH pada kuliy dan mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat.

Cara perawatan: Campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air, lalu oleskan pada bekas jerawat menggunakan cotton bud atau kapas. Diamkan selama 10 hingga 20 menit lalu bilas dnegan air hangat. Agar lebih efektif, gunakan cara ini sebelum tidur dan diamkan selama semalam.

6. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Lidah Buaya
Lidah buaya dipercaya ampuh untuk merawat kecantikan kulit, lidah buaya juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat. idah buaya mengandung aloesin, suatu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Senyawa dalam lidah buaya juga ampuh dalam membantu pembentukan sel kulit baru dan memudarkan bekas jerawat.

Cara perawatan: potong dan bersihkan lidah buaya, ambil dagingnya dan haluskan. Oleskan daging lidah buaya yang sudah dihaluskan pada kulit wajah dan bekas jerawat, diamkan hingga 15 menit lalu bilas denganĀ  air hangat lalu keringkan. Lakukan cara ini dua kali sehari selama satu bulan, dan lihat perubahan pada wajah anda.

7. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Alpukat dan Madu
Alpukat dan madu adalah kombinasi terbaik yang dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi jerawat. Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, karena madu memiliki kandungan hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Sedangkan alpukat memiliki kandungan vitamin E yang mampu menembus pori-pori kulit dan mengurangi peradangan.

Cara perawatan : Haluskan alpukat dan campurkan dengan satu sdm madu lalu aduk rata. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon dalam campurannya. Gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Baking Soda
Baking soda dapat digunakan untuk menetralkan keasaman kulit yang membuat bakteri penyebab jerawat mampu hidup dan berkembang diwajah anda. Baking soda juga bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat serta menyerap produksi minyak berlebih pada wajah.

Cara perawatan: Sediakan 2 sdm baking soda dan campurkan dengan 1 sdm air, adauk hingga membentuk pasta. Gunakan pasta baking soda sebagai masker pada wajaha dan noda jerawat. Biarkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan wajah anda.

* Sebelum menggunakan cara diatas, ada baiknya anda cek reaksinya pada kulit anda.

9. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Pasta gigi
Pasta gigi memiliki bahan aktif seperti Fluoride, triclosan, dan hidrogen peroksida yang dapat bermanfaat untuk mencegah iritasi, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah akibat jerawat.

Cara perawatan: Oleskan pasta gigi lengsung pada jerawat, hindari mengoleskan pada seluruh wajah. Diamkan sekitar 2 jam hingga semalaman. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

10. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Mentimun
Mentimun kaya akan kandungan antioksidan, mineral, asam amino dan vitamin C yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, juga membantu membersihkan jerawat dan melembabkan kulit.

Cara perawatan: Iris tipis mentimun lalu tempelkan pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, dan bilas wajah dengan air hangat. Sedangkan untuk perawtan dari dalam anda dapat minum jus mentimun yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Jus mentimun digunakan untuk membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam.

12. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)
Minyak pohon teh berasal dari tanaman malaeuca dari Australia. Minyak pohon teh mengandung zat terpenoid yang dapat membantu mengusir bakteri penyebab jerawat.

Cara perawatan : Campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air, lalu oleskan pada bekas jerawat menggunakan cotton bud atau kapas. Diamkan selama 10 hingga 20 menit lalu bilas dnegan air hangat. Agar lebih efektif, gunakan cara ini sebelum tidur dan diamkan selama semalam.

13. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Putih Telur
Putih telur dapat dimanfaatkan untuk membantu mengecilkan pori-pori pada kulit serta membantu mengurangi produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. Sedangkan enzim lysozim pada putih telur digunakan untuk menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga ampuh digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat.

Cara perawatan: Siapakan putih telur lalu kocok hingga berbuih, oleskan putih telur pada wajah dan tungu hingga mengering. Bilas dengan air hangat.

14. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Pepaya
Enzim papain yang terkandung dalam pepaya berfungsi untuk mengikis sel kulit mati dan antioksidan serta vitamin dalam pepaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah, mencerahkan kulit kemerahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara perawatan : bersihkan dan potong beberapa bagian pepaya, lalu haluskan hingga menjadi bubur, tambahkan madu atau perasan lemon, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

15. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Bawang Putih
Bawang putih efektif untuk membantu mengatasi jerawat, senyawa thiacremonon sulfur pada bawang putih mampu membantu mengeringkan jerawat serta senyawa allicin bersifat antiseptik yang mampu menangkal penyebab munculnya jerawat.

Cara perawatan : Haluskan bawang putih lalu oleskan pada jerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat. Anda juga dapat mencampurkan bawang putih dengan cuka sari apel untuk hasil optimal.

16. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Scrub Gula
Gula murni memiliki kandungan AHA dan asam glikolat yang baik digunakan untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati serta efektif untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Gula juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara perawatan: Campurkan 2sdm gula dengan 1sdm air, aduk hingga menjadi pasta. Gunakan scrub gula pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat lalu keringkan.

17. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Tomat
Tomat memiliki banyak kandungan vitamin C yang berguna untuk membantu mengatasi jerawat.

Cara perawatan: Sediakan 1 buah tomat segar, iris tipis-tipis lalu tempelkan pada jerawat, dan diamkan selama 10-15 menit. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

18. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Jeruk nipis
Jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan pada banyak jenis produk kecantikan, jeruk nipis dimanfatakan untuk menghilangkan jerawat membandel diwajah. Namun cara ini tidak disarankan untuk anda yang memiliki kulit sensitif karena akan menyebabkan iritasi pada wajah yang disebabkan karena tingginya tingkat keasaman pada jeruk nipis. Dalam perasan jeruk nipis mengandung vitamin C untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, vitamin B digunakan untuk membantu menghaluskan kulit sehingga nampak cerah dan halus. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam amino dan belerang.

Cara perawatan: Ambil perasan jeruk nipis dan campurkan dengan madu, gunakan campuran tersebut pada wajah yang terkena jerawat, diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan satu kali sehari hingga jerawat hilang. Hentikan perawatan jika terjadi peradangan.

19. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Daun Pepaya
Daun pepaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat membantu menghilangkan jerawat.

Cara perawatan: Pilih daun pepaya yang masih muda, jemur hingga kering dan haluskan. Lalu campurkan dengan air bersih hingga berbentuk pasta. Oleskan merata pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

20. Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami dengan Terapi Uap
Terapi uap telah lama digunakan oleh masyarakat Korea untuk mengatasi permasalahan kecantikan seperti wajah dan rambut. Terapi uap bermanfaat untuk membantu membuka pori-pori pada wajah, sehingga membuat kulit wajah dapat bernafas. Uap juga mampu digunakan untuk menyingkirkan produksi minyak berlebih, sehingga mampu membuat kulit terbebas dari jerawat.

Cara perawatan: Isi wadah dengan air panas, lalu letakkan wajah pada wadah yang berisi air panas untuk mendapatkan uap panasnya, biarkan beberapa menit, dan lakukan hingga 10 kali treatment, dan bilas dengan air hangat.

Tips Mencegah Munculnya Jerawat

Selain menggunakan cara perawatan diatas, anda tentu juga perlu melakukan perawatan untuk mencegah munculnya jerawat. Berikut ini beberapa jenis perawatan yang dapat anda lakukan.

1. Rajin bersihkan wajah
Rawat kesehatan kulit wajah dengan rutin mencuci wajah minimal 2 kali sehari dengan pembersih wajah. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan aman untuk kulit.

2. Hindari menyentuh jerawat atau memencet jerawat
Jangan pernah menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan kotor. Memencet jerawat dapat memperparah kondisi kulit dan menimbulkan bekas jerawat yangsulit untuk dihilangkan.

3. Hindari penggunaan make up berlebih
Terlalu sering menggunakan make up berlebih akan membuat wajah menjadi berat dan kotoran tertimbun pada wajah. Gunakan make up sesuai dengan jenis kulit. Jangan lupa, bersihkan wajah sebelum tidur.

4. Rajin olahraga
Dengan rajin berolahraga akan membantu menyeimbangkan hormon serta mengurangi stress yang berdampak pada timbulnya jerawat. Mandi dengan air hangat setelah berolahraga dapat membersihkan tubuh dari keringat dan minyak yang dapat menyebabkan jerawat.

5. Jaga Pola makan sehat
Dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang akan membantu menjaga kesehatan kulit. Konsumsi buah dan sayur secara rutin dipercaya dapat membersihkan wajah dari racun serta membantu mengatasi jerawat dari dalam. Hindari sering mengkonsumsi makanan berminyak, lemak tinggi, junk food dan kafein.

Itulah Jenis, cara perawatan dan cara pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jerawat. Jika anda rajin melakukan perawatan wajah secara alami dengan rutin maka anda akan membuktikan hasil yang lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan produk kimia. terimakasih, semoga bermanfaat.