43 Manfaat Buah Tin (Buah Surga) untuk Kesehatan Teruji

Posted on

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan – Buah Tin adalah buah yang namanya terdapat dalam al-quran dengan nama surah At-tin yang artinya adalah buah tin. Pokok isi dari surah ini adalah Manusia makhluk yang terbaik rohaniah dan jasmaniah, tetapi mereka akan dijadikan sebagai orang yang amat rendah jika tidak beriman dan beramal shaleh, Allah adalah Hakim Yang Maha Adil.

Buah tin juga merupakan tanaman buah yang disukai oleh Rasulullah SAW, Dikisahkan oleh Abu Zar r.a. bahwansannya pernah Rasulullah menemukan satu buah tin lalu Nabi Muhammad SAW mengajak para sahabatnya untuk makan kemudian Rasulullah pun ikut makan seraya berkata “Kalau aku perkataan tentang buah yang dijatuhkan dari syurga, untuk itu aku katakan ini karena buah syurga tak berbiji. Oleh karena itu, makanlah sebaiknya buah ini. Sesungguhnya buah tersebut mengatasi penyakit buasir dan menjaga kesehatan tubuh.” Dari sabda Rasulullah SAW, dapat disimpulkan jika buah tin merupakan buah yang berasal dari surga dan tergolong sebagai buah yang memiliki banyak manfaat seperti yang telah dikatakan oleh Rasulullah.

Sedangkan dari segi etimologi buah tin atau disebut juga dengan buah ara memiliki nama latin Ficus carica L adalah sejenis tumbuhan [enghasil buah-buahan yang berasal dari Asia Barat. Buah tin memiliki 2 jenis yaitu buah tin basah dan kering. Perbedaanya terdapat pada julah kalori yang ada, buah tin kering memiliki enam kali lipat lebih banyak dari buah tin basah, selain itu buah tin kaya akan nutrisi didalamnya.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Sejumlah nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, mineral dan potassium, ada pada buah tin. Kadar nutrisi buah tin adalah protein dengan jumlah 4.3 mg, serat 5.6 mg, energi 274 kkal, kalsium 126 mg, karbohidrat yaitu 63.4 mg, vitamin C sekitar 1 mg. Karena buah tin diperkaya dengan bermacam-macam nutrisi di dalamnya, sehingga tin begitu bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini berbagai manfaat dari buah tin atau buah ara bagi kesehatan, antara lain:

  1. Buah tin mengandung serat makanan (dietary fiber) yang tinggi, buah ini sangat efektif untuk program penurunan berat badan. Buah tin merupakan salah satu buah yang sering dijadikan buah rekomendasi para ahli diet dan ahli gizi di Amerika dan Eropa.
  2. Rutin mengkonsumsi buah tin dapat membantu anda untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker kolon (usus besar). Karena buah ini mengandung “polyphenols” yang tinggi; dimana zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh kita, dimana antioksidan dapat mengurangi efek radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh kita. Selain itu, serat yang tinggi pada buah tin juga dapat mengikat zat karsinogen pemicu timbulnya kanker di saluran cerna.
  3. Pektin adalah serat larut pada buah tin dapat membantu untuk menurunkkan kolesterol darah. Serat pektin ini bekerja dengan menyapu bola-bola kolesterol ketika melewati sistem pencernaan dalam usus dan membawanya keluar dari dalma tubuh.
  4. Buah tin tinggi akan kandungan kalium dan mineral yang berperan untu mengkontrol hipertensi (tekanan darah tinggi), karena itulah buah tin dapat juga dimanfaatkan untuk membantu mengontrol tekanan dalam darah.
  5. Buah tin mengandung Kandungan kalium, omega 3 dan omega 6 bersama fenol dan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga seseorang dari serangan jantung koroner.
  6. Meskipun memiliki rasa yang manis, buah tin dapat juga dikonsumsi oleh penderita diabetes. Malah serat buah tin dapat dimanfaatkan untuk membantu mengperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil. Kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat dalam buah tin adalah gabungan zat yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah.
  7. Buah tin baik dikonsumsi untuk wanita pasca-menopause dan perlindungan dari kanker payudara. Dengan mengkonsumsi buah kaya serat secara rutin setiap harinya, akan membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker dan penyakit degeneratif lainnya.
  8. Buah tin mengandung coumaris yang juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker prostat dan berfungsi juga untuk merawat kulit.
  9. Kandungan kalsium dan kalium pada buah tin bermanfaat untuk mencegah penipisan/pengeroposan tulang (osteoporosis) sekaligus untuk meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan kalium dalam buha tin juga mampu untuk melawan hilangnya kalsium melalui urin sehingga mencegah kandungan tulang untuk menipis.
  10. Kandungan kalsium pada buah tin yang tinggi menjadikan buah tin sebagai sumber kalsium alternatif yang amat baik, yang dapat diterapkan pada terapi pengobatan bagi orang-orang yang alergi terhadap produk susu.
  11. Perpaduan buah tin dan susu dapat dimanfaatkan untuk membantu menambah berat badan.
  12. Buah tin termasuk buah yang mampu merangsang pembentukan hemogoblin darah sehingga dengan mengkonsumsi buah tin juga bermanfaat untuk memulihkan kondisi badan dari kelelahan, meningkatkan daya memori otak dan mencegah anemia.
  13. Buah tin TIDAK mengandung garam, lemak, dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, kalsium, serat dan zat besi. Buah ini mengandung sangat rendah sodium. Buah tin juga kaya akan benzaldehida yaitu senyawa anti-kanker, dan beta-karoten. Selain itu, buah tin / ara juga mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin A, B, dan C.
  14. Kandungan tryptophan pada buah tin mampu memperbaiki kualitas tidur dan membantu menyingkirkan gangguan susah tidur atau insomnia.
  15. Buah tin juga baik dikonsumsi oleh para ibu pasca melahirkan, yang berfungsi untuk menyuplai zat besi alami yang hilang pasca melahirkan. Mengkonsumsi buah tin pasca melahirkan tidak akan menimbulkan konstipasi, berbeda dengan jenis suplemen zat besi yang dijual di pasaran.
  16. Mengkonsumi buah tin dapat membantu proses pencernaan, mengobati sembelit kronis. Karena sejak dahulu buah tin terkenal baik untuk pencernaan.
  17. Bagin penderita ambeien mengkonsumsi buah tin secara rutin dapat dijadikan solusi untuk menyembuhkan. Karena buah tin mengandung enzim flavonoid dan ficin yang sangat baik untuk pencernaan.
  18. Buah tin kaya akan phenol dan benzaldehid alami sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikro-organisme patogen, jamur dan virus dalam tubuh manusia.
  19. Buah tin berfungsi juga untuk menormalkan pernapasan sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi berbagai masalah pernapasan seperti batuk rejan dan asma.
  20. Buah tin yang telah dipanggang juga dapat digunakan untuk membantu mengobati bisul atau infeksi akibat rasang abses (bisul bernanah).
  21. Buah tin juga dapat digunakan sebagai pembersih alami yang sangat baik. Cara perawatannya yaitu dengan melumatkan buat tin segar lalu oleskan pada wajah. Buah tin mengandung beberapa mineral alkali yang bain untuk membantu keseimbangan pH pada tubuh dan kesehatan kulit.
  22. Buah tin mengandung zat-zat aktif yang berguna untuk membantu mengobati luka luar yaitu dengan cara melumuri dengan lumatan buat tin.
  23. Buah tin memiliki lendir yang sangat tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tenggorokan atau mengobati sakit tenggorokan.
  24. Buah tin memiliki rasa manis sehingga diberbagai negara buah tin digunakan sebagai pengganti gula, seperti bahan campuran pembuatan kue, puding, produk roti , selai. campuran selai untuk sarapan dan lainnya.
  25. Buah tin dapat dikonsumsi oleh siapa saja termasuk anak-anak, karena buah tin memiliki rasa manis dan aya akan serat sehingga sangat dikonsumsi bagi kesehatan.
  26. Buah tin dapat dimanfaatkan untuk mengobati kelemahan seksual, dengan cara merendam 2 atau 3 buah tin dalam susu selama semalaman dan minum pada pagi hari nya
  27. Buah tin juga dapat digunakan untuk menambah selera makan. Jadi untuk anda yang ingin menggemukkan badan, konsumsilah buah tin dengan rutin.
  28. Mengkonsumsi buah tin secara rutin juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.
  29. Manfaat buah tin lainnya juga dapat digunakan untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh manusia.
  30. Buah tin mengandung anti bakteri, anti jamur dan anti virus sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan dalam tubuh. Kandungannya juga dapat membunuh mikroorganisme yang dapat menyebabkan virus dan jamur.
  31. Bagi penderita asam urat, buah tin sangat baik dikonsumsi karena buah tin tinggi akan kalsium yang mampu memperkuat tulang dan sendi.
  32. Buah tin mengandung benzaldehis serta fenol yang berkhasiat sebagai zat untuk menangkal tumor.
  33. Buat tin juga digunakan sebagai obat usus dan lambung. Cara pengobatannya dengan menyiapkan 6 buah tin yang telah di potong-potong, campurkan minyak zaitun dan potongan jeruk nipis. setelah di campur rata lalu diamkan semalaman dan minum ramuan pada pagi harinya.
  34. Buah tin juga bermanfaat untuk meningkatkan sperma dan kesuburan bagi seseorang karena didalamanya mengadnung anti oksidan tinggi. Anti oksidan berperan untuk melindungi asam lemak sperma dan mengindarkan dari kerusakan.
  35. Buah tin memiliki kandungan alami yang baik untuk membantu meninggikan badan seperti fosfor, kalsium, mangan, magnesium dan lainnya. Buah tin tidak kalah dengan susu, jadi untuk anda yang alergi susu dapat mengkonsumsi buah tin agar cepat tinggi.
  36. Buah tin mengandung zat besi yang sangat tinggi. Zat besi ini yang menjadi bahan utama dalam pembentukan hemogoblin dalam darah sehingga efektif untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah.
  37. Buah tin juga dapat dikonsumsi untuk mencegah penuaan pada wanita karena tinggi akan serat. Hal tersebut sejalan dengan penelitan yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi buat kaya serat akan mengalami resiko penuaan dini yang lebih rendah.
  38. Selain buahnya, daun buah tin juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tingkat trigliserida, yang merupakan satu bentuk lemak yang ditemukan dalam aliran darah. Caranya dengan seperti meminum teh daun tin dan badan akan mendapat efek lebih segar.
  39. Rebusan daun tin juga efektif untuk peluruh batu ginjal, hal ini karena daun tin mengandung alkaloid dan saponin yang bermanfaat sebagai diuretik (peluruh urine).
  40. Selain itu, rebusan daun tin juga dapat digunakan untuk membantu penderita diabetes, karena rebusannya juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah asupan insulin sehingga dapat pula untuk mengurangi kandungan gula dalam darah.
  41. Rebusan daun tanaman tin dapat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena rebusan daun tin mengandung bio-flavonoid, polifenol, dan vitamin C yang
  42. Rebusan daun tin juga dapat dimanfaatkan untuk anda yang mengalami detak jantung yang tidak stabil. Untuk menormalkannya anda dapat mengkonsumsi rebusan daun tin.

Cara Makan Buah Tin

Buah tin terbagi menjadi 2, yaitu buah tin kering dan basah, berikut ini adalah cara makan benar buah tin.

Cara makan buah tin kering

  • Dimakan secara langsung
  • Direndam didalam air
  • Dimakan bersama roti
  • Dimakan bersama bubur atau oatmeal
  • Dimakan bersama keju atau yoghurt

Cara makan buah tin basah

  • Dimakan secars utuh
  • Untuk menambah rasa, sajikan bersama keju
  • Direbus terlebih dahulu
  • Dimakan bersama kue dan roti

Nutrisi dalam Buah Tin

Menurut data dari California Fig-s Advisory, Nutritional value per 100 g (3.5 oz), berikut ini nutrisi dan kandungan buah tin:

  • Energi 250 kcal 1040 kJ
  • Karbohidrat 63.87 g
  • Gula 47.92 g
  • Dietary fiber (serat) 9.8 g
  • Lemak 0.93 g
  • Protein 3.30 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
  • Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
  • Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
  • Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  • Vitamin B6 0.106 mg 8%
  • Magnesium 68 mg 18%
  • Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
  • Vitamin C 1.2 mg 2%
  • Zinc 0.55 mg 6%
  • Kalsium 162 mg 16%
  • Iron 2.03 mg 16%
  • Fosfor 67 mg 10%
  • Potassium 680 mg 14%

Meskipun buah tin banyak memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, masih sangat jarang masyarakat Indonesia secara rutin mengkonsumsi buah tin. Mulai sekarang cobalah untuk rutin konsumsi buah tin. Semoga bermanfaat.