31 Tips dan Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil

Posted on

Tips dan Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami – Sebuah keluarga akan terasa sempurna jika dikaruniai seorang bayi yang lucu dan menggemaskan. Tangisan seorang bayi menjadi suara yang sangat didambakan bagi sebuah keluarga baru. Namun kenyataanya, banyak dari mereka yang telah lama hidup berrumah tangga tapi belum memiliki keturunan.

Permasalahan seperti ini pada umumnya sering terjadi dalam rumah tangga, masalah jenis ini telah banyak dialami oleh masyarakat luas sehingga banyak dari mereka yang mulai menshare dan mencari solusi terbaik untuk mendapatkan keturunan. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor masalah seperti adanya penyebab kemandulan pada wanita, rahim kurang subur, kualitas sel telur buruk atau masalah lain seperti adanya kista ovarium, adanya penyebab endomestrosis atau penyakit lainnya.

Anda dapat melakukan solusi tepat untuk dapat segera diberikian keturunan yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan berikhtiar selama hal tersebut masih mampu dilakukan dan aman bagi kesehatan anda. Namun menilik dari segi pembiayaan, dengan manjalankan program kehamilan dengan dokter spesialis memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun sah-sah saja jika anda memiliki kemampuan untuk melakukannya.

Untuk anda yang mencari solusi alami untuk mengatasi permasalahan ini, coba ikuti beberapa tips berikut untuk membantu menyuburkan rahim anda dengan mengkonsumsi jenis makanan penyubur kandungan. Meskipun sebenarnya, para ahli masih memperdebatkan kaitan antara makanan dengan kehamilan karena nyatanya ada wanita yang bisa hamil walau tidak mengonsumsi makanan penyubur kandungan. Tapi untuk beberapa wanita yang sulit hamil, mungkin mereka butuh asupan gizi yang lebih terarah untuk menyuburkan kandungan. Hal itu sejalan dengan pemikiran para ahli yang pro terhadap hal ini. Mereka mengatakan apa yang Anda makan turut memengaruhi tubuh Anda.

Berikut ini beberapa tips dan cara menyuburkan rahim agar cepat hamil secara alami.

Tips Menyuburkan Kandungan Secara Alami

  1. Tips pertama untuk menyuburkan kandungan yaitu dengan menjalani pola hidup yang sehat seperti tidak merokok, dan tidak minum minuman beralkohol.
  2. Konsumsi makanan bergizi yang dapat meningkatkan kesuburan pada rahim.
  3. Rutin berolahraga seprti berenang, lari atau olah raga ringan lainnya.
  4. Rutin catat masa subur yang dialami kaum wanita
  5. Jika mengalami keputihan segera tangani dengan tepat agar tidak berakibat fatal
  6. Tidak hanya pada istri, suami juga dapat ikut serta berusaha untuk memperbaiki kualitas spermanya
  7. Lakukan konsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui kesuburan janin.
  8. Cerdas mengatur aktivitas berhubungan intim dengan pasangan secara tepat dan benar
  9. Siklus menstruasi pada wanita juga dapat mempengaruhi keseuburan kandungan, cepat konsultasikan ke dokter jika siklus menstruasi tidak lancar.

Tidak hanya dengan cara diatas, anda juga harus banyak mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung vitamin yang baik untuk meningkatkan kesuburan pada kandunga. Berikut beberapa sumber vitamin yang dapat adna konsumsi untuk menyuburkan kandungan, antara lain:

  1. Vitamin B12 yang terdapat pada susu, ikan, dan hati
  2. Vitamin E yang terdapat pada telur, pepaya, taoge, biji bunga matahari, gandum
  3. vitamin B yang berguna untuk menstabilkan hormon progesteron dan hormon estrogen pada kaum hawa
  4. Vitamin B6 yang terdiri dari jenis makanan sayur bayam, brokoli, kacang hijau, kacang tanah, aspargus, sereal, pisang, selada, lemon, dan jamur
  5. Brokoli, jambu merah, pepaya, wortel, tomat, dan buah apel merupakan salah satu sumber makanan dari vitamin C

Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

Cara menyuburkan kadungan secara lami paling terbaik yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dengan cerdas. Selain bertujuan untuk menyuburkan kandungan, dengan menjalani pola hidup sehat akan membantu anda untuk tetap menjaga kesehatan pada diri anda dan keluarga. Pola hidup sehat yang dapat anda lakukan yaitu seperti melakukan akitivtas fisik, konsumsi makanan sehat dan menjaga pola hidup sehat. Simak uraian dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

1. Cukupi asupan air putih
Tidak hanya berfungsi untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh, dengan tercukupi asupan air putih dalam tubuh juga membantu untuk membuang racun dalam tubuh dan mampu meingkatkan peredaran darah dalam tubuh. Salah satu penyebab terjadi masalah rahim tidak subur adalah adanya pengentalan darah yang mengakibatkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Sehingga masalah ini menyebabkan rahim tidak menjadi subur. Dengan tercukupi asupan air putih dalam tubuh, anda sudah berperan dalam menyuburkan kandungan dalam rahim.

2. Rutin berjalan kaki setiap hari
Jalan kaki sangat penting untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah bagian rahim. Cobalah untuk berjalan kaki setiap pagi selama kurang lebih 30 hari dan lihat efek baik yang akan terasa, biasanya akan memberikan efek haid tidak terlalu sakit dan lebih lancar. Berjalan kaki juga membantu panggul bergerak dengan baik sehingga juga meningkatkan aktifitas jantung, dan membuat peredaran darah menjadi lancar.

3. Lakukan pijatan pada titik kesuburan
Pemijatan ini dilakukan untuk membantu menentukan titik aliran darah bagian rahim, pemijatan ini juga akan meningkatkan aliran oksigen ke rahim dan bagian reproduksi lainnya. Pemijatan ini dilakukan oleh ahli terapi dengan metode pemijatan dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak sistem reproduksi. Pemijatan titik kesuburan ini dilakukan setelah haid benar-benar selesai dan sudah masuk ke masa subur.

4. Berolahraga
Dengan melakukan olahraga maka semua bagian tubuh akan bergerak lalu aliran darah ke seluruh tubuh akan meningkat. Selain itu, dengan berolahraga, kualitas sel telur akan meningkat dan proses ovulasi akan berjalan baik. Bagi anda penyandang kelebihan berat badan atau obesitas sebaiknya anda melakukan olahraga secara teratur karena obesitas dapat menyebabkan anda sulit hamil. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, menari ataupun berlari dapat membantu membuat masa subur lebih lama. Manfaat olahraga yang lain yaitu dapat mengatasi penyebab hais tidak teratur.

5. Penuhi tubuh dengan senyawa antioksidan
Antioksidan memiliki peran yang sangat penting untuk membantu meningkatkan kesuburan. Antioksidan membantu untuk mempertahankan sel telur dan juga berpengaruh pada kondisi kesehatan reproduksi. Konsumsi antioksidan alami yang terdapat pada sayuran, buah dan ikan untuk membantu meningkatkan kesuburan.

6. Hindari Stres
Stres menimbulkan tekanan bagi tubuh dan pikiran. Untuk tetap menjaga siklus keseimbangan hormon pada tubuh terjaga dengan baik, untuk itu hindari stress karena stress dapat membuat suasana hati menjadi tidak baik sehingga memperngaruhi kualitas sel telur menjadi tidak baik. Stress juga dapat ebrdampak pada masalah kesehatan lainnya seperti pada jantung dan tekanan darah yang juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Terdapat banyak cara untuk melawan stress seperti bepergian dan bersenang-senang dengan pasangan.

7. Konsumsi jenis makanan penunjang
Menjaga pola makan dan memilih jenis makanan sehat penunjang kesuburan juga dapat anda lakukan.  Jenis makanan penunjang tersebut ada pada daging, jenis tumbuhan berprotein tinggi, ikan, produk susu, karbohidrat kompleks, ubi dan makanan yang mengandung banyak Zinc. Simak beberapa jenis makanan penunjang kesuburan berikut ini.

Jenis Makanan Penunjang Kesuburan

1. Cara menyuburkan kandungan dengan Telur
Telur adalah jenis bahan makanan sederhana yang banyak mengandung protein, lemak dan omega 3 yang diperlukan dalam proses pembentukan hormon kewanitaan seperti estrogen dan progesteron. Karena itu telur dapat dijadikan sebagai salah satu jenis makanan penyubur kandungan.

2. Cara menyuburkan kandungan dengan Gandum utuh
Gandum utuh adalah jenis karbohidrat kompleks yang menyehatkan serta baik digunakan untuk membantu meningkatkan kesuburan kandungan. Selain gandum utuh, jenis karbohidarat kompleks lain yang dapat dikonsumsi adalah roti gandum, beras merah, jagung dna havermut, jenis makanan tersbeut tidak akan mempengaruh kadar darah dan insulin, sehingga juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pada wanita karena jenis makanan tersebut bagus bagi insulin.

3. Cara menyuburkan kandungan dengan makanan berprotein
Jenis makanan yang mengandnung protein tinggi terdapat pada jenis kacang-kacangan seperti kedelai, kacang polong atau kacang tanah. Selain itu, kacang-kacangan juga rendah lemak dan kalori sehingga tidak akan menambah berat badan anda. Menurut ahli, mengkonsumsi protein hewani dan nabati juga bisa untuk meningkatkan kesuburan.

4. Cara menyuburkan kadungan dengan Daging
Untuk meningkatkan kesuburan, anda juga dapat mengkonsumsi daging sapi atau daging ayam rendah lemak. Selain memang mengandung banyak protein, daging juga termasuk dalam jenis makanan yang kaya akan zat besi. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi daging lebih dari tiga kali dalam sehari, karena berlebihan mengkonsumsi protein hewani juga dapat menurunkan kesuburan. Konsumsilah sewajarnya saja.

5. Cara menyuburkan kandungan dengan Produk olahan susu
Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, produk olahan susu seperti susu, yoghurt dan keju juga bagus untuk membantu kesuburan kandungan. Namun pilih produk yang mengandung rendah lemak atau bebas lemak.

6. Cara menyuburkan kandungan dengan Buah dan sayuran segar
Jenis sumber makanan yang baik untuk membantu menyuburkan kandungan banyak terdapat dari buah dan sayuran segar. Pilih jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale dan selada air, sedangkan jenis buahnya terdapat pada alpukat, jeruk dan strawbery. Jenis makanan ini juga mengandung tinggi asam folat yang baik untuk kehamilan karena meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu juga dapat membantu mengembangkan sistem syaraf yang sehat, mencegah bayi cacat lahir, mencegah penurunan syaraf pada janin dan memproduksi sperma yang sehat.

7. Cara menyuburkan kandungan dengan makanan vitamin C
Pilih jenis makanan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, kiwi, anggur dan jenis buah lainnya. Vitamin C mampu menambah kesehatan sperma yang bekerja dengan mencegah penggumpalan darah. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan pembuahan dan melepaskan sel telur dari rahim.

8. Cara menyuburkan kandungan dengan konsumsi ikan salmon
Ikan salmon masuk dalam daftar makanan penyubur kandungan karena ikan salmon mengandung banyak omega 3 yang dapat membantu produksi hormon.

9. Cara menyuburkan kandungan dengan Kurma Muda


Kurma muda dipercaya memiliki manfaat bagi pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan. Kurma muda berwarna merah dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan dan merawat vitalitas pada pria. Sedangkan untuk wanita pada masa nifas dapat mengkonsumsi kurma muda berwarna kuning dan hijau yang kaya kandungan kalsium dan zat besi.

Menurut ahli, kurma muda memiliki kandungan hormon Bitoson. Hormon tersebut berperan khusus untuk kerja gerak peristaltic dalam jaringan darah dan rahim, sehingga kurma dipercaya bisa membantu menghindari terjadinya perdarahan rahim. Buah kurma juga mengandung hormon yang mirip hormon Oksitosin, yakni hormon yang dihasilkan oleh neurohipofisa. Hormon tersebut bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama berhubungan intim dan membantu proses kelahiran. Hormon oksitosin tersebut akan menyatu dengan reseptornya untuk memulai kontraksi otot yang teratur secara bertahap sehingga menyebabkan perluasan leher rahim, dari situ akan terjadi proses kelahiran. Hormon oksitosin dialirkan melalui darah menuju payudara. Hormon tersebut akan merangsang otot-otot yang mengelilingi pabrik ASI untuk berkontraksi sehingga ASI diperas keluar menuju saluran ASI.

10. Cara menyuburkan kandungan dengan buah Zuriat/buah adam hawa


Buah zuriat atau sering disebut dengan buah adam ahawa hanya ada di Mekkah atau Madinah, dipercaya ampuh untuk merawat masalah kesuburan sperma pria dan wanita, menambah air mani pada pria, memperkuat dinding rahim wanita, sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang menantikan buah hati.

Selain itu, buah zuriat memiliki nilai medis yang sangat tinggi, buah zuriat bersifat anti kanker, anti mikroba, antioksidan tinggi, menstabilkan lipid atau lemak kolesterol lemak, mengobati diabetes, menyembuhkan darah tinggi, jantung dan saraf pada seluruh tubuh.

Itulah Tips dan Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil. Terimakasih, semoga bermanfaat.