30 Manfaat Minyak Wijen Efektif Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Minyak Wijen –¬†Minyak wijen adalah minyak nabati yang berasal dari ekstraksi biji wijen. Ada dua jenis minyak wijen yaitu minyak wijen dari biji wijen yang tekah di sangrai dan dari biji wijen mentah. Wijen adalah tanaman dari jenis semak yang banyak dibudidayakan karena memiliki sumber minyak nabati yang besar. Selain diolah menjadi minyak, biji wijen juga banyak digunakan sebagai pelengkap beberapa jajanan tradisional di Indonesia seperi kue onde-onde, keciput, jenang kudus dan jenis panganan lainnya.

Minyak wijen dibuat dengan mengambil ekstrak biji wijen yang telah disangrai lalu di press menggunakan mesin. Minyak wijen mengandung vitamin E, vitamin A, vitamin B, kalsium, asam amino dan magnesium. Di berbagai negara minyak wijen banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan dan kuliner. Di India minyak wijen digunakan sebagai minyak pijat pada pengobatan Ayurveda. Di India Selatan dan Myanmar minyak wijen yang berasal dari biji wijen mentah digunakan untuk memasak sebagai penyedap dalam masakan Korea, Cina dan Taiwan. Sedangkan di Korea, setiap masakan selalu menggunakan minyal wijen sebagai penyedap masakannya.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa minyak wijen memiliki banyak manfaat pada tubuh. Minyak wijen bermanfaat untuk mencegah, melawan juga unutk memulihkan berbagai macam penyakit. Dalam 1 ons minyak wijen mengadnung 0.7 mg mangan, 0.7 mg tembaga, 277 mg kalsium, dan 99.7 mg magnesium, dan senyawa antioksidan sesamol dapat membantu menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat Minyak Wijen

Terdapat dua jenis minyak wijen yaitu minyak wijen yang berasal dari biji wijen yang di sangrai dan minyak dari biji wijen mentah. Meskipun demikian, tidak akan merubah kandungan manfaat yang berasal dari minyak wijen. Ketahui banyak manfaat yang didapat dari minyak biji wijen berikut ini:

1. Antibakteri
Minyak wijen dapat digunakan sebagai cairan antibakteri untuk membersihkan kulit yang terluka atau berdarah. Selain itu minyak wijen juga mampu untuk menghancurkan patogen kulit, Patogen adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Sesamin dan sesamol yang terkandung pada minyak wijen merupakan kandungan lemak baik yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mencegah Diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 dapat dicegah denganrutin mengkonsumsi minyak wijen. Karena minyak wijen mengandung magnesium dan nutrisi baik lainnyan yang dapat membantu untuk terhindar dari diabetes. Magnesium berfungsi dalam merangsang produksi insulin dalam tubuh dan mampu untuk meningkatkan obat antidiabetes oral bagi penderita diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan mulut
Minyak wijen mampu digunakan untuk menyingkirkan plak gigi dan meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Selain itu berdasarkan sebuah riset menyebutkan bahwa berkumur dengan minyak wijen dapat meningkatkan kesehatan mulut serta secara efektif untuk memutihkan gigi. Selain itu minyak wijen juga mampu menurunkan bakteri streptococcus di gigi dan air liur.

5. Menyehatkan rambut
Minyak wijen juga bisa dijadikan sebagai obat oles rambut yang ebrfungsi untuk menghitamkan rambut. Fungsi minyak rambut untuk rambut yaitu untuk melindungi rambut dari sengatan sinar UV agar rambut tetap sehat.

6. Merawat kulit
Minyak wijen banyak mengandung zink, yaitu mineral esensial yang bermanfaat dalam proses pembentukan kolagen dan membuat kulit menjadi lentur. Zink juga dapat membantu memprbaiki kerusakan yang terjadi pada jaringan kuli-kulit yang rusak dan memulihkan luka bakar.

7. Memelihara kepadatan tulang
Zink yang terdapat pada minyak wijen juga bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Kandungan mineral kalsium dalam minyak wijen juga penting untuk menjaga kesehatan pada tulang.

8. Menjaga kesehatan usus
Untuk anda yang memiliki masalah pencernaan, baiknya gunakan minyak wijen sebagai pengganti minyak sawit. Minyak wijen terbukti mampu menyembuhkan masalah pencernaan dan membantu memelihara kesehatan usus.

9. Menetralisir radikal bebas
Kandungan anti-oksidan yang terdapat pada minyak wijen mampu digunakan untuk menetralisir radikal bebas pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi keriput. Minyak wijen bekerja dengan mudah menembus kulit dan memberikan hasil makanan bagi setiap sel kulit. Sehingga mampu meremajakan kulit.

10. Menurunkan kolesterol
Minyak wijen memiki kandungan senyawa fitosterol yaitu senyawa yang memiliki manfaat sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

11. Mencegah kanker
Minyak wijen memiliki kadnungan mineral yang sangat penting untuk membantu proses munculnya sel kanker jahat dalam tubuh. Minyak wijen bekerja dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

12. Pereda sakit dan peradangan sendi
Untuk anda yang sering mengalami sakit pada sendi karena adanya peradangan, dapat mengkonsumsi minyak wijen, Kandungan yang terdapat pada wijen dapat membantu meredakan sakit yang disebabkan olah adanya peradangan pada bagian persendian.

13. Baik untuk kesehatan hati
Minyak wijen bermanfaat untuk membunuh racun dan kuman serta mampu membantu fungsi kerja dari hati. Dengan demikian, hati akan bekerja lebih ringan serta sebagai cara untuk proses detoktifikasi.

14. Mecegah osteoporosis
Wijen memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk proses pencegahan oasteoporosis. Selain itu wijen juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan memperbaiki kerusakan pada tulang.

15. Menjaga kesehatan mata
Selain rajin mengkonsumsi vitamin A, mengkonsumsi minyak wijen juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai gangguan pada mata.

16. Menyegarkan kulit
Pada masyarakat india, minyak wijen digunakan sebagai bahan untuk menyegarkan dan menyejukkan kulit. Minyak wijen mampu menyegarkan kulit sehingga mampu membuat kulit nampak cerah dan bersih.

17. Menurtisi kulit
Minyak wijen dapat digunakan untuk membuka pori-pori pada kulit dan nutrisi akan terserap melalui pori-pori yang terbuka, hal ini akan membuat kulit menjadi lebih cerah.

18. Meremajakan kulit
Kandungan anti-oksidan dan vitamin K pada minyak wijen mampu digunakan untuk meremajakan kulit yang tampak kusam, lelah dan tidak bercahaya.

19. Moisturizing
Minyak wijen mampu melembutkan kulit, mengurangi kekeringan pada kulit dan membantu memperahankan kulit. Selain itu minyak wijen juga dapat digunakan untuk mengobati eksim atau psoriasis.

20. Mengatasi flu
Menghirup minyak wijen juga mampu melegakan hidung yang sedang terserang flu dan melegakan sesak di bagian dada.

21. Menghilangkan ketombe
Untuk mencegah atau mengatasi ketombe, anda dapat mengoleskan minyak wijen ke bagian rambut secara menyeluruh.

22. Mengurangi sodium
Studi di universitas Yale yang diterbitkan di jurnal Biology menyebutkan, mengkonsumsi minyak wijen tak hanya membantu kurangi tekanan darah, tetapi juga menurunkan level sodium pada tubuh.

23. Sebagai minyak pijat bayi
Memijat bayi menggunakan minyak wijen dapat membantu pertumbuhan bayi dan membantu bayi agar dapat tidur nyenyak, pendapat tersebut berdasarkan Studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Medical Research di tahun 2000.

24. Kesehatan pernapasan
Kandungan magnesium dalam minyak wijen mencegah serangan asma, menurunkan tekanan darah dan kejang pada pembuluh darah.

25. Melindungi rambut dari pengaruh sinar UV
Minyak wijen dapat menghalangi sinar UV, sehingg arambut tidak mengalami kerusakan. Senyawa anti-oksidan yang terkandung dalam minyak wijen bermanfaat untuk melindungi kerusakan rambut.

26. Menghitamkan rambut
Sama seperti minyak kelapa dan minyak kemiri, minyak wijen juga dapat digunakna untuk menghitamkan rambut. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengembalikan kondisi rambut yang beruban.

27. Leave on conditioner alami
Anda tidak perlu lagi menggunakan Leave on conditioner dari pabrik, karena anda dapat menggunakan Leave on conditioner alami dengan minyak wijen. Dengan cara ini rambut akan jadi lebih mudah diatur.

28. Memperbaiki wambut rusak
Minyak wijen memiliki manfaat untuk mendinginkan rambut, karena itulah minyak wijen efektif digunakan untuk perawatan rambut rusak secara alami.

29. Memperbesar Payudara
Minyak biji wijen mengandung banyak jenis vitamin dan mineral yang dapat membantu proses pembesaran payudara anda. Cara yang dilakukan yaitu dengan emijat payudara anda dengan minyak wijen, lakukan secara rutin untuk terbukti sangat efektif.

30.  Menjaga kelembaban kulit
Minyak wijen dapat digunakan setiap hari pada wajah, tangan, atau kaki untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Untuk menghilangkan aroma minyak yang kuat, anda juga bisa mencampurkan dengan minyak almond. Selain itu, penggunaan minyak wijen juga efektif untuk menyembuhkan siku, telapak kaki atau lutut yang kering.

Demikianlah informasi tentang manfaat luar biasa dari minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.