30 Daftar Bahan Kimia Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Daftar Bahan Kimia Berbahaya – Bahan kimia berbahaya adalah bahan kimia jumlah kecil yang menimbulkan keracunan pada manusia atau mahluk hidup lainnya. Salah saru bahan kimia yang masuk dalam kategori berbahaya adalah bahan kimia yang mempunyai sifat beracun.

Berdasarkan KepMen 87 tahun 1999 bahan kimia berbahaya adalah bahan kimia dalam bentuk tunggal atau campuran yang berdasarkan sifat kimia dan atau campuran yang berdasarkan sifat kimia dan atau fisika dan atau toksikologi berbahaya terhadap tenaga kerja, instalasi dan lingkungan.

Bahan kimia dapat dinyatakan sebagai bahan beracun jika pemaparan melalui mulut LD50 > 25 atau 200 mg/kg berat badan, atau pemaparan melalui kulit LD50 > 25 atau 400 mg/kg berat badan, atau melalui pernapasan LD50 > 0,5 mg/L atau 2 mg/L.

Pada umumnya, Zat-zat toksik masuk lewat pernapasan lalu beredar ke seluruh tubuh atau menuju organ-organ tubuh tertentu. Zat-zat tersbut dapat langsung mengganggu organ tubuh tertentu seprti paru-paru, hati dan lainnya, Zat tersbut juga dapat berakumulasi dalam tulang, darah, hati, ginjal, atau cairan limfa dan menghasilkan efek jangka panjang untuk kesehatan. Namun zat-zat beracun dari dalam tubuh dapat melewati urine, saluran pencemaan, sel epitel, dan keringat.

Bahan-bahan beracun dalam industri dapat digolongkan dalam beberapa golongan, yakni:

  • Senyawa logam dan metaloid
  • Bahan pelarut
  • Gas-gas beracun
  • Bahan karsinogenik
  • Pestisida

Daftar Zat Kimia Berbahaya

Bahan kimia berbahaya adalah dampak buruk dari reaksi zat kimia yang jika masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ internal. Bahkan, bahan kimia berbahaya tersebut ada juga yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik digunakan dalam skala kecil maupun skala besar yang tentunya tidak baik jika digunakan dalam jangka panjang karena akan sangat berbahay bagi kesehatan.

Daftar Zat Kimia Berbahaya Berdasarkan Golongan

Berikut daftar bahan kimia berbahaya menurut golongannya, jenis dan bahaya yang ditimbulkan:

a. Golongan Senyawa Logam dan Metaloid

  • Arsen (AS), bahaya yang ditimbulkan biasanya terjadi pada iritasi dan kanker
  • Krom (CR), bahaya yang ditimbulkan biasanya terjadi pada kanker
  • Cadmium (P) , bahaya yang ditimbulkan biasanya terjadi pada hati, ginjal dan darah
  • Fosfor (P), bahaya yang ditimbulkan biasanya terjadi pada metabolisme, karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh
  • Hg, bahaya yang ditimbulkan biasanya terjadi pada syaraf dan ginjal
  • Pb (TEL,PbCO3), bahaya yang ditimbulkan biasanya terjadi pada syaraf, ginjal dan darah

b. Golongan Bahan Pelarut

  • Hidrokarbon alifatik (bensin, minyak tanah), bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan pusing dan koma
  • Hirokarbon terhalogenasi (Khloroform CCI4) , bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal
  • Alkohol , bahaya yang ditimbulkan dapat merusak syaraf pusat hingga leukimia.

c. Golongan Gas-gas beracun

  • Aspikisian sederhana (N2, Argon, He), bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan sessak napas dan kekurangan oksigen.
  • Aspikisian kimia (Asam sianisa (HCN), Asam sulfida (H2S)), baha yang ditimbulkan dapat menyebabkan sesak napas, kejang, dan hilang kesadaran.
  • Karbon Monoksida (CO), bahaya yang ditimbulkan pada tubuh menyebabkan sesak napas, gangguan pada otak, jantung, kerusakan syaraf, dan hilang kesadaran.
  • Nitrogen oksida (NOx), bahaya yang ditimbulkan pada tubuh seperti sesak napas, iritasi hingga kematian.

d. Golongan Karsinogen

  • Benzena , bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan Leukimia
  • Asbes , bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan paru-paru
  • Bensidin , bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan kerusakan pada kandung kencing
  • Krom, bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru
  • Naftil, bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru
  • Vinil klorida, bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan kerusakan hati, paru-paru, syaraf pusat dan pada darah.

e. Golongan Pestisida

  • Organoklorin dan organofosfat bahaya yang ditimbulkan dapat menyebabkan pusing, kejang, kehilangan kesadaran hingga kematian.

Daftar Zat Kimia Berbahaya Berdasarkan Produk Makanan

Terdapat beberapa jenis bahan kimia yang terdapat dalam produk makanan, antara lain:

a. Nitrosamin (Sodium Nitrit)
Nitrosamin adalah garam dengan warna semu kekuningan dengan bentuk bubuk, kristal atau bongkahan. Zat kimia Nitrosamin biasanya terdapat pada sosis, kornet, dendeng dan lain-lain. Penggunaan zat Nitrosamin dalam kadar tinggi akan bersifat karsinogenik yang dapat menyebabakan keracunan.

b. Sakarin saccharin
Sakarin saccharin memiliki bentuk bubuk halus berwarna putih, sakarin merupakan bahan kimia yang cenderung tidak memiliki bau dan memiliki rasa yang sangat manis bahkan lebih manis 500 kali dari gula biasa. Sakarin saccharin sering digunakan sebagai pengganti gula, namun penggunaan dalam jumlah berlebihan secara terus menerus sehingga masuk dalam tahap kecanduan dapat menyebabkan sel kanker mukosa, kanker kandung kemih, kemandulan, dan kegagalan sperma bagi pria.

c. Siklamat (Cyclamate)
Siklamat atau sering disebut sebagai pemanis buatan, karena memiliki rasa manis melebihi gula tebu. Jika dikonsumsi terlalu banyak maupun jangka panjang dapat menimbulkan kerusakan atau kelainan pada kromosom sel-sel tubuh. Siklamat sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan bayi menderita cacat ketika lahir.

d. Monosodium glutamat (MSG)
Monosodium glutamat atau sering disebut dengan vetsin adalah penyedap rasa yang sangat populer karena mampu melezatkan setiap masakan apapun seprti pada bakso, sup, soto, capcay dan tumis-tumisan. Dibalik kelezatannya, vetsin berbahaya bagi tubuh, karena dengan penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan regenerasi dan nekrosi pada sel neuron secara bertahap, dapat merusak DNA, jaringan ginjal, merusak hati, jaringan lemak hingga memicu pertumbuhan sel kanker pasa otak dan memecah serta mutasi sel.

e. Dioxin
Dioxin adalah bahan kimia berbahaya yang biasanya ada dalam produk antibakteri seperti jenis emulsifiers, triclosan dan jenis Etoxylatel cleanser (sodium sulfate). Jika bahan kima tersebut tertelan atau dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan menyebabkan tumbuhnya sel kanker, merusak sistem saraf, mengurangi kulalitas iminutas, menyebabkan keguguran dan bayi lahir cacat.

Daftar Zat Kimia Berbahaya Berdasarkan Produk Kecantikan

Beberapa jenis bahan kimia yang terdapat dalam produk kecantikan, antara lain:

a. Benzoyl peroxide
Benzoyl peroxide adalah bahan kimia pada pembersih atau obat jerawat. Namun bahayanya jika digunakan secara berlebihan atau dalam jangka panjang akan merusak DNA, iritasi kulit dan jaringan mata serta gangguan sistem pernafasan dan memicu tumbuhnya sel tumor.

b. DEA (diethanolamine), MEA (Monoethanolamine), TEA (Triethanolamine)
Diethanolamine, Monoethanolamine dan TEA (Triethanolamine) terdapat pada produk sampo. Bahan tersebut digunakan sebagai bahan dasar untuk menghasilkan busa pada sabun, penghalus kulit serta pelembut dan pelembab kulit . Jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, merusak jaringan sel kulit dalam, merusak jaringan mata dan masalah dermatitis kontak, merusak pada gangguan kolagen, merusak jaringan kulit terluar, memicu munculnya sel kanker pada ginjal dan hati, serta menyebabkan kulit mengelupas.

c. Parabens (Metyl, Propy, Etyl, Butyl
Parabens (Metyl, Propy, Etyl, Butyl biasanya cenderung digunakan pada produk deodorant, jika digunakan dengan berlebihan akan menyebabkan iritasi, peradangan, muncul benjolan pada ketiak serta memicu tumbuhnya sel kanker payudara pada wanita.

d. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laurent sulfate (SIES)
Kandungan bahan kimia Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laurent sulfate (SIES) terdapat pada produk sampo, sabun madni, pembersih tubuh, sabun wajah, dan pasta gigi. Jika digunakan dalam jangka panjang akan menyebabkan gangguan pada otak, kerusakan mata hingga menyebabkan katara, merusak paru-paru, merusak jantung dan hati secara bertahap, merusak jaringan kulit karena bahan kimia tersebut sangat cepat meresap kedalam pori-pori.

e. PEG (Poly ethylen egylcol)
PEG (Poly ethylen egylcol) adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam produk kecantikan pada kulit. Jika digunakan dalam jangka panjang akan menyebabkan munculnya penuaan dini, warna kulit menjadi belang, semakin banyak bakteri yang berkembang dalam kulit sehingga menyebabkan bagian kulit dalam mengalami kerusakan.

Bahaya penggunaan bahan kimia jenis apapun dapat dihindari atau diminimalisir selama digunakan secara wajar dan tidak digunakan secara terus menerus. Terimakasih, semoga bermanfaat.