23 Gejala dan Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami AMPUH TERBUKTI

Posted on

Gejala dan Cara Mengobati Asam Lambung – Asam lambung adalah cairan yang mengandung asam klorida (HCl) yang diproduksi dalam organ pencernaan. Fungsi asam lambung yaitu mendukung sistem pencernaan, mendeteksi kuman atau bakteri dari makanan dan minuman, serta membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12. Namun kelebihan atau kekurangan asam lambung ini juga dapat menyebabkan penyakit.

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi yang ditandai dengan adanya rasa nyeri di ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Penyebab umum penyakit asam lambung ini yaitu tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES) yaitu lingkaran otot yang terdapat di bawah esofagus. LEs ini berfungsi sebagai pintu otomatis dimana saat makanan atau minuman turun kelambung maka akan terbuka dan jika makanan atau minuman sudah masuk maka akan menutup kembali agar asam dan makanan yang ada dilambung tidak naik ke esofagus lagi.

Selain itu, penyebab penyakit asam lambung biasanya karena faktor keturunan, stres, konsumsi obat tertentu, hamil, obesitas, hiatus hernia, konsumsi makanan mengandung banyak lemak atau gastroparesis.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Adapun gejala penyakit asam lambung diantaranya yaitu:

  • Bagian dada seperti terbakar atau nyeri di bagian ulu hati. Nyeri tersebut akan semakin sakit setelah menelan makanan dan saaat membungkuk.
  • Mulut akan merasa asam dan pahit
  • Sulit menelan makanan
  • Merasa seperti ada benjolan pada esofagus atau kerongkongan saat menelan makanan atau minuman.
  • Batuk kering secara terus menerus terutama pada saat malam hari
  • Dada terasa sakit
  • Mengalami kerusakan gigi
  • Bau nafas atau bau mulut kurang sedap
  • Mendadak jumlah air liur meningkat
  • Sering sendawa dan perut kembung
  • Tenggorokan sakit dan kadang disertai batuk berdahak
  • Tubuh lemah, tidak bersemangat dan mudah sakit
  • Kulit terlihat kusam, demam dan rambut rontok.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Sejumlah sumber mengatakan bahwa orang yang mengalami gangguan asam lambung membutuhkan obat yang mengandung antasida. Obat dengan kandungan antasida dapat membantu meringankan sakit perut dan mengatasi gangguan asam lambung. Tapi jika berlebihan dalam mengonsumsi antasida ini dapat menimbulkan penyakit. Nah untuk mengatasi masalah asam lambung, anda dapat mengkonsumsi bahan alami seperti:

1. Cara mengobati asam lambung dengan Pisang
Pisang mengandung banyak kalium yang diperlukan tubuh untuk membantu menyeimbangkan produksi asam lambung. Pisang akan membantu meningkatkan produksi lendir dalam tubuh sehingga akan membantu menurunkan kadar adam lambung daam tubuh. Untuk mengatasi asam lambung berlebihan dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang sebelum makan atau saat perut tidak nyaman.

2. Cara mengobati asam lambung dengan Jahe
Jenis tanaman rimpang satu ini juga efektif untuk membantu mengatasi masalah asam lambung. Jahe mengandung zat khusus yang dapat membantu mengatasi perut sakit akibat kadar asam lambung terlalu tinggi. Cara mengobati asam lambung dengan jahe yaitu dengan memasukkan jahe yang telah disangrai ke dalam minuman teh atau susu. Minum ramuan tersebut sebelum tidur dan anda akan merasakan manfaatnya setelah bangun tidur.

3. Cara mengobati asam lambung dengan Daun Jambu Biji
Daun jambu biji juga bisa kita manfaatkan sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan asam lambung. Cara pengobatan dengan daun jambu biji yaitu dengan merebus daun jambu biji dengan 2 gelas air, lalu tunggu hingga sisa air rebusan tertinggan satu gelas. Minum ramuan tersebut selagi hangat.

4. Cara mengobati asam lambung dengan Susu segar
Susu yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah asam lambung adalah susu murni tanpa campuran. Karena susu murni mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar asam lambung. Selain itu, mengkonsumsi susu murni segar akan membuat perut menjadi lebih nyaman, susu segar juga mampu meningkatkan pH dalam saluran pencernaan dan mengurangi kandungan asam kambung berlebih.

5. Cara mengobati asam lambung dengan Kunyit
Kunyit efktif untuk memabntu menurukan asam lambung, selain itu kunyit juga membantu mengatasi infeksi pada bagian selaput lendir dan membantu mengurangi rasa sakit akibat kekejangan otot pada bagian dinding lambung. Cara pengobatannya yaitu dengan memarut 2 ruas kunyit lalu peras airnya, dan minum perasan kunyit secara rutin.

6. Cara mengobati asam lambung dengan Bawang putih
Tidak heran lagi, bawang putih memang memiliki banyak sekalig kandungan manfaat untuk kesehatan. Bawang putih juga mampu digunakan untuk mengatasi asam lambung, karena bawang putih mengandung anti inflamasi yang mampu mengusir bakteri dan kuman didalam atau diluar tubuh. Cara pengobatannya yaitu dengan mencampurkan bawang putih ke dalam segelas air matang, lalu minum airnya secara rutin pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

7. Cara mengobati asam lambung dengan Apel
Rasa asam manis pada buah apel juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan produksi asam lambung. Apel bekerja dengan membantu enzim dalam tubuh untuk mengatur produksi asam lambung. Jadi sangat disarankan untuk anda penderita asam lambung untuk sering mengkonsumsi buah apel.

8. Cara mengobati asam lambung dengan Teh Hangat
Teh menjadi ramuan alami untuk membantu mengatasi masalah lambung karena teh mengandung senyawa khusus yang bisa membantu menenangkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung dalam waktu yang sangat cepat. Untuk mengatasi asam lambung sebaiknya anda jangan meinum teh pada keadaan panas karen bisa meningkatkan produksi asam lambung, namun konsumsi teh dalam keadaan hangat.

9. Cara mengobati asam lambung dengan Makanan kaya vitamin B
Jenis makanan yang mengandung vitamin B seperti hati, berbagai jenis kacang-kacangan, bayam, ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden, sangat baik dikonsumsi untuk anda penderita asam lambung. Jenis makanan yang mengandung vitamin B, Terutama B2 dan B6 mampu menekan produksi asam lambung. Tips ini sangat disarankan untuk para ibu hamil agar bisa menghilangkan ganggunan asam lambung yang bisa muncul selama proses kehamilan.

10. Cara mengobati asam lambung dengan Kacang Hijau
kacang hijau memiliki manfaat untuk megatasi sakit maag, kacang hijau mampu bekerja untuk menebalkan lapisan lambung. Selain itu kacang hijau juga mampu menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Cara mengatasi asam lambung dengan kacang hijau yaitu anda cukup dengan mengkonsumsi bubur kacang hijau yang dimasak tidak terlalu lama tanpa menggunakan santan secara rutin.

Itulah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi asam lambung secara tradisional dan alami. Untuk pengobatan tradisional, sebaiknya anda lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terimakasih semoga bermanfaat.